cara menyimpan daun bawang agar awet

Sedulur membeli daun bawang dalam jumlah banyak sekaligus untuk keperluan hingga beberapa hari ke depan? Tidak usah khawatir, selama tahu bagaimana cara menyimpan daun bawang agar awet, maka hal ini akan sangat efektif untuk lebih menghemat budget pengeluaran sehari-hari.

Seperti yang telah kita ketahui, jika daun bawang merupakan salah satu bahan makanan yang mudah layu dan juga membusuk. Apabila salah dalam menyimpannya, tentu saja daun bawang tersebut akan cepat menguning dan rasanya menjadi pahit.

Nah, supaya tidak membuang-buang bahan makanan, Sedulur wajib tahu sederet cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan daun bawang yang tepat. Untuk itu, berikut ini beberapa cara menyimpan daun bawang agar awet yang perlu diketahui.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi

-->

1. Jangan dipotong

Unsplash/David Trinks

Jika Sedulur belum ingin menggunakan daun bawang ke dalam masakan, maka sebaiknya hindari untuk mencuci dan memotongnya terlebih dahulu. Memotong daun bawang akan mengeluarkan aroma yang kuat ke seluruh ruangan.

Apalagi jika disimpan di dalam kulkas, maka dapat menyebabkan makanan yang lain menyerap aroma dari daun bawang tersebut.

2. Bungkus menggunakan plastik

Sedulur juga bisa membungkusnya dengan plastik untuk mencegah aroma daun bawang menguar makanan-makanan yang lain. Dengan begitu, maka aroma dari daun bawang tidak menyebar dan membuatnya tetap berada dalam keadaan lembab.

Jangan lupa untuk menyimpannya di laci kulkas bagian sayur. Hindari menyatukannya dengan buah-buahan.

3. Bungkus dengan koran

Cara menyimpan daun bawang agar awet berikutnya, adalah membungkusnya dengan koran. Sedulur bisa menyiapkan koran yang telah dibasahi dengan sedikit air, lalu bungkus daun bawang sampai seluruh permukaannya tertutup.

Dengan cara yang satu ini, daun bawang akan tetap awet selama beberapa hari ke depan. Hal ini karena kelembabannya tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA: 6 Cara Menyimpan Mentega Agar Tidak Berjamur

4. Bersihkan akar daun bawang

cara menyimpan daun bawang agar awet
Unsplash/Engin Akyurt

Jika Sedulur ingin daun bawang awet dan juga tahan lama saat disimpan, pastikan untuk membersihkan bagian akarnya terlebih dahulu. Potong atau cabut akar dari daun bawang agar daun bawang tak mudah menjadi layu dan busuk.

5. Jangan bekukan daun bawang

Walaupun menyimpan daun di dalam kulkas membuatnya lebih awet, namun jangan pernah berpikir untuk memasukkannya di dalam freezer. Ya, membekukan daun bawang justru membuat daun bawang jadi lembek dan cepat pahit.

6. Simpan di dalam wadah tertutup

Daun bawang yang akan disimpan sudah dalam keadaan matang? Nah, agar rasa dan aromanya tetap terjaga, bisa disimpan di dalam wadah yang tertutup. Setelah itu masukkan ke dalam laci kulkas, dijamin kualitasnya masih bagus untuk beberapa hari ke depan.

7. Rendam di dalam air

Cara menyimpan daun bawang agar awet berikutnya adalah dengan merendamnya di dalam air. Sedulur bisa menyiapkan botol atau wadah berukuran besar, kemudian tuangkan air dingin ke dalamnya. Rendam daun bawang, maka akan tetap segar hingga 2 atau 3 hari.

Cara yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi Sedulur yang tidak memiliki kulkas, atau kulkasnya sudah penuh dengan bahan makanan lain.

8. Memisahkan bagian batang dan daunnya

cara menyimpan daun bawang agar awet
Unsplash/Christopher Previte

Memisahkan bagian batang dan daun sebelum disimpan bisa dilakukan, karena bagian daun sendiri biasanya lebih cepat busuk dari batang. Jika tidak dipisahkan, maka bagian yang sudah membusuk terlebih dahulu akan mempengaruhi bagian lain yang masih bagus.

Silahkan lakukan cara menyimpan daun bawang agar awet di atas, sehingga tetap bisa digunakan untuk beberapa hari ke depan. Pastikan untuk menyimpan daun bawang di tempat yang cukup dingin, namun hindari menaruhnya di dekat bahan-bahan yang mengeluarkan gas etilen, seperti apel dan tomat.

Keberadaan gas tersebut ternyata mampu membuat daun bawang menjadi cepat layu dan membusuk. Jadi perhatian dan atur penyimpanan sayurmu dengan baik ya!