skincare untuk kulit berminyak

Melakukan perawatan kulit agar menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit membutuhkan strategi khusus. Terlebih lagi bagi yang tipe kulitnua berminyak. Kamu membutuhkan treatment khusus yang berbeda dengan kulit normal dan kering. Terdapat berbagai jenis skincare untuk kulit berminyak yang bisa membantu meningkatkan kondisi kulitmu.

Oily skin memang sangat rentan ditumbuh jerawat dan bisa tampak lebih kusam jika tidak melakukan perawatan yang tepat. Jika salah produk, kulit malah menjadi tidak karuan dan akan timbul berbagai masalah baru. Berikut adalah rangkaian skincare untuk kulit berjerawat yang tepat dan bisa diikuti olehmu.

BACA JUGA: 11 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Alami & Cepat

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat
cetaphil

Langkah pertama dalam perawatan wajah yang benar adalah dengan mencuci wajah secara teratur. Sedulur bisa melakukannya dua kali sehari pada pagi maupun malam hari. Dengan rutin membersihkan wajah, kulit berminyak dapat terjaga kesehatannya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam langkah pertama ini adalah memilih sabun muka yang tepat. Wajah akan menjadi terasa bersih dan segar jika bisa memilih sabun muka yang tepat dan khusus untuk wajah berminyak.

Salah satu rekomendasi skincare untuk kulit berminyak adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Meskipun sebenarnya produk ini ditunjukkan untuk kulit normal sensitif, kandungannya minum SLS (Sodium Laureth Sulfate). Kulit pun terjaga keseimbangan pH nya jika memakai sabun muka yang satu ini. Tak hanya itu, sabun muka ini juga tidak mengandung alkohol dan parfum yang bisa menyebabkan wajah menjadi iritasi. 

2. Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin

facial wash untuk kulit berminyak
shopee

Rekomendasi sabun muka lainnya sebagai langkah pertama rangkaian perawatan wajah adalah Elsheskin Deep Cleansing for Oily Skin. Produk yang satu ini bisa membersihkan wajah secara keseluruhan. Sehingga, wajah akan menjadi tampak lebih sehat dan bersih maksimal. Bagi Sedulur yang sering menggunakan riasan wajah dalam keseharian, produk ini sangat cocok untuk digunakan.

Kandungannya bisa mengangkat riasan wajah secara maksimal. Mulai dari bedak, foundation, eyeliner, dan eyeshadow. Selain bisa mengangkat sisa makeup, Elsheskin Deep Cleansing ini juga bisa mengangkat kotoran wajah yang disebabkan oleh debu dan polusi penyebab komedo dan sebum yang menumpuk di wajah. Sehingga, produk ini menjadi salah satu skincare untuk kulit berminyak dan komedo yang disarankan.

BACA JUGA: Fungal Acne, Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak avoskin
sociolla

Langkah kedua setelah membersihkan muka adalah menggunakan toner. Toner wajah bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi sebum pada wajah. Salah satu skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah Avoskin Miraculous Refining Toner. 

Ada tiga kandungan aktif yang terdapat pada toner yang satu ini, diantaranya adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang merupakan exfoliating agent, BHA (Beta Hydroxy Acid) sebagai pelembab yang cocok digunakan kulit berminyak, dan PHA (Polyhydroxy Acid) yang juga sebagai exfoliating agent yang pas untuk pemilik kulit sensitif dan kering. Selain ketiga bahan aktif tersebut, produk ini juga memiliki kandungan niacinamide untuk mencerahkan wajah dan aloe vera untuk melembabkan wajah dan mengatasi jerawat membandel.

4. Everwhite Hydrating Essence Toner

skincare untuk kulit berminyak dan pori besar
shopee

Rekomendasi toner selanjutnya adalah Everwhite Hydrating Essence Toner. Dengan berbagai bahan utama seperti vitamin B5, hyaluronate, dan galactomyces, kulit akan menjadi lebih terhidrasi secara maksimal. Untuk Sedulur yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak rata, serta bruntusan, maka produk yang satu ini bisa dicoba. Skincare untuk kulit berjerawat dan berminyak ini juga bisa menetralkan tingkat keasaman kulit wajah agar siap untuk tahapan routine selanjutnya.

BACA JUGA: 10 Skincare Untuk Menghilangkan Milia Pada Area Mata & Wajah

5. Some By Me AHA BHA Hydrating Toner

Some By Me AHA BHA Hydrating Toner
sociolla

Jika Sedulur memiliki kulit berminyak, pori besar, bruntusan, dan tidak rata, maka Some By Me AHA BHA Hydrating toner ini bisa menjadi pilihan. Produk asal Korea Selatan ini diklaim mampu menghilangkan jerawat dalam jangka waktu satu bulan saja.

Tak hanya itu, rangkaian skincare ini juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Rekomendasi skincare untuk kulit berminyak dan pori besar ini juga mengandung tea tree oil dan AHA BHA yang ampuh mengecilkan pori, mengeksfoliasi kulit, sekaligus mencerahkannya. 

6. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat
foreverchoose

Setelah memakai toner, tahapan selanjutnya adalah menggunakan serum wajah. Serum bertugas untuk melembabkan wajah sekaligus menjaganya dari berbagai macam masalah pada wajah, seperti jerawat dan bopeng. Salah satu rekomendasi skincare remaja untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah The Ordinary Niacinamide. Kandungan yang terdapat pada produk yang satu ini cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Selain itu, wajah juga akan menjadi lebih lembab, bekas jerawat akan memudar dan teratasi dengan baik. Hal ini berkat adanya kandungan Niacinamide atau vitamin B3 di dalam produk ini. Tak hanya itu, The Ordinary Niacinamide ini juga kaya akan Zinc yang berperan penting untuk mempercepat hilangnya jerawat dan bekas luka.

BACA JUGA: 12 Urutan Skincare Harian yang Benar, Jangan Asal Pakai!

7. Safi Dermasafe Soothe and Hydrate Day Moisturizer

Moisturizer untuk kulit berminyak
bukalapak

Langkah selanjutnya setelah memakai serum adalah menggunakan pelembap atau moisturizer. Moisturizer berfungsi untuk melembabkan dan membuat kulit terjaga hidrasinya. Salah satu skincare untuk kulit berminyak dan pori besar adalah Safi Dermasafe Soothe and Hydrate Day.

Adanya kandungan dari ekstrak bunga chamomile dan licorice membuat pelembap yang satu ini aman untuk dipakai oleh kulit yang sensitif. Selain itu, ada pula kandungan dimethicone dan niacinamide yang bisa mengurangi kilap dan minyak di wajah. Produk ini juga nyaman untuk digunakan karena teksturnya berupa gel ringan yang berbahan dasar air.

8. Innisfree Soybean Energy Essence

essence untuk kulit berminyak dan kusam 1
getiem

Setelah memakai pelembab, jangan lupa untuk mengaplikasikan essence agar kulit semakin terjaga kesehatannya. Rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam ini salah satunya adalah Innisfree Soybean Energy Essence. Produk asal korea ini cocok untuk melindungi kulit yang berjerawat dan berminyak.

Kandungan ekstrak kedelai Jeju dari Korea nya mampu melindungi wajah dari berbagai permasalahan kulit. Produk ini juga mengandung lapisan yang berfungsi untuk melindungi kulit. Sehingga, kotoran dan debu di wajah dapat tersingkirkan dengan mudah. Kulit wajah akan menjadi lebih bersinar jika rutin menggunakan produk ini.

BACA JUGA: Urutan Skincare Pagi & Malam Hari yang Benar, Agar Wajah Glowing

9. Cosrx Advanced Snail 96 Mucin

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin
beautynesia

Rekomendasi essence untuk merawat wajah selanjutnya adalah Cosrx Advanced Snail 96 Mucin. Produk ini mudah untuk diaplikasikan di wajah karena teksturnya bening dan cair. Tak hanya itu, essence yang satu ini juga bisa menjaga elastisitas kulit serta melembapkan secara alami.

Cosrx Advanced Snail 96 Mucin cocok digunakan sebagai skincare kulit berminyak sekaligus sensitif. Kulit akan kenyal dan lembab sekaligus jika menggunakannya secara teratur.

10. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

sunscreen untuk kulit berminyak dan komedo
shopee

Langkah selanjutnya adalah menggunakan tabir surya. Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa kulit wajah yang berminyak tidak perlu menggunakannya, namun ternyata hal ini salah besar. Tabir surya bisa dipakai untuk semua jenis kulit, agar terhindar dari bahaya sinar matahari. Salah satu rekomendasi skincare untuk kulit berminyak ini adalah Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel.

Produk lokal yang satu ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dengan kandungan gel yang ringan serta tidak lengket di kulit. Sehingga, produk ini mudah diserap oleh kulit.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

11. Emina Sun Protection SPF 30++

skincare untuk kulit berminyak untuk remaja
sociolla

Tak hanya Wardah, tabir surya yang mengeluarkan varian skincare untuk kulit berminyak untuk remaja ini juga cocok dijadikan pilihan. Meskipun produk lokal ini mudah dijangkau dengan harga yang murah, formula yang ditawarkan tak main-main. Dengan kandungan SPF 30++ nya, produk ini mampu menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari. Selain itu, tekstur yang ditawarkan dari produk ini terasa tidak lengket dan ringan sehingga mudah untuk diaplikasikan di kulit.

12. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask
thebodyshop

Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan rutin memakai masker wajah. Penggunaan masker wajah yang rutin bisa membantu agar kulit menjadi lebih ternutrisi dan terjaga kelembabannya. Salah satu produk skincare untuk kulit berjerawat yang bisa Sedulur coba adalah The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask.

Apalagi, jika kamu sedang mencari produk yang bersertifikat vegan. Maka, The Body Shop menjadi pilihan yang tepat. Selain no animal tested, produk ini juga bebas kandungan silicone, paraffine, dan paraben. Sehingga, aman untuk kulit yang sensitif.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Peel Off Terbaik Untuk Wajah Cerah

13. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

skincare untuk kulit berminyak murah
ayukhartini

Rekomendasi masker sebagai salah satu rangkaian skincare untuk kulit berminyak dan bruntusan selanjutnya adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask. Kandungan Jeju volcanic cluster sphere nya mampu untuk menyerap minyak dua kali lebih banyak. Pori-pori wajah yang tampak terlihat jelas juga akan tersamarkan. Kulit juga menjadi lebih halus dan kenyal karena adanya kandungan walnut shell powder.

14. Holika Holika Magic Tool Oil Control Paper

Holika Holika Magic Tool Oil Control Paper
koreadepart

Penggunaan kertas minyak tidak kalah penting dari rangkaian skincare lainnya. Salah satu rekomendasi skincare untuk kulit berminyak murah adalah Holika Holika Magic Tool Oil Control Paper.

Produk ini terbuat dari rami alami Jepang yang mampu mengangkat minyak alami serta sebum berlebih dalam wajah. Tak hanya itu, produk ini juga bisa menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Oil control paper ini berisi 100 lembar dan dijual dengan harga sekitar Rp60 ribuan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lip Serum untuk Menyehatkan Bibir

15. Nature Republic Beauty Tool Oil Control Paper

Nature Republic Beauty Tool Oil Control Paper
shopee

Produk perawatan kulit yang berasal dari Korea Selatan ini mampu menyerap kelebihan minyak yang mengganggu penampilan. Selain itu, Nature Republic Beauty Tool Oil Control Paper ini juga bisa membuat wajah menjadi lembab dan tidak kering. Produk ini merupakan rangkaian skincare untuk kulit berjerawat yang bisa dicoba, apalagi jika sedang berpergian dan cuaca yang sedang panas. 

Itu dia rangkaian skincare untuk kulit berjerawat serta 15 rekomendasi produknya agar kulit Sedulur menjadi lebih terjaga kesehatannya. Pastikan untuk memilih produk perawatan wajah secara tepat agar kondisi kulit selalu sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan.