urutan skincare pagi

Perawatan wajah ternyata bukan sesuatu yang bisa sembarangan dilakukan. Kamu wajib mengikuti beberapa urutan penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebenarnya ini semua perkara kimia dan biologi. Ada urutan skincare pagi dan malam yang harus diikuti dan dihindari. Pasalnya, ada beberapa bahan yang seharusnya tidak dipakai secara bersamaan.

Meskipun terkesan agak ribet, proses ini dilakukan supaya waktu dan uangmu tak terbuang percuma. Langsung catat urutan pemakaian skincare pagi dan malam berikut, Sedulur. Jangan sampai salah lagi.  

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

1. Cleansing

urutan skincare pagi dan malam untuk remaja
instagram.com/ruharoma

Pada dasarnya, ritual memakai skincare hanya terdiri dari tiga hal utama. Cleansing, toning, dan moisturizing. Namun dalam prosesnya, seseorang bisa saja membutuhkan tambahan komponen. Misal untuk kulit yang rawan berjerawat, kelewat kering, terlalu berminyak, ataupun sensitif. Sebagai pemula, kamu perlu tahu bahwa membersihkan wajah itu hal yang wajib.

-->

Semager apapun ritual membersihkan ini tidak boleh dilompati, urutan skincare remaja pagi dan malam hingga yang sudah dewasa. Cleansing harus dilakukan dua kali, saat pagi sebelum beraktivitas dan malam menjelang istirahat. Fungsinya membersihkan pori-pori yang tersumbat karena kotoran, mencegah jerawat, dan menyelamatkannya dari kesan kusam. 

Memilih cleanser juga bukan hal sepele, kamu wajib memperhatikan tipe kulitmu. Berikut adalah pedomannya. 

Kulit berminyak dan rawan jerawat sebaiknya memilih pembersih dengan tipe foaming liquid karena bisa membantu menghancurkan polusi atau debu yang terperangkap di pori-pori. 

Kulit kering disarankan menggunakan pembersih berbentuk krim atau lotion. Terutama yang mengandung pelembap seperti shea butter dan glycerin agar kulit bisa bersih tetapi kelembapannya terjaga. 

Kulit sensitif dianjurkan menggunakan pembersih oil-based karena bisa membantu menghindari kekeringan akut karena alkohol. Pilih yang bersifat noncomedogenic karena terbukti tidak menyumbat pori dan teksturnya ringan serta melembapkan. 

Kulit dewasa di sini adalah kulit untuk orang berusia akhir 30-an ke atas. Balm dianjurkan karena bisa membersihkan makeup dan kotoran yang membandel dengan lembut. 

Kulit normal bisa menggunakan micellar water karena bebas sabun dan bisa membersihkan wajah tanpa menimbulkan rasa kering. Sebenarnya semua jenis wajah bisa menggunakan micellar water jika ingin mempraktikan double cleansing. 

2. Toning 

urutan skincare emina pagi dan malam
instagram.com/cosrx

Toner dipakai untuk menyeimbangkan pH kulit yang biasanya rusak karena bahan aktif pada pembersih wajah. Kebanyakan pembersih wajah bersifat basa karena mengandung sabun. Untuk itu, toner diciptakan. Namun, tetap hati-hati dengan toner karena kebanyakan mengandung alkohol atau astringent yang menimbulkan sensasi perih di wajah. Terutama untuk pemilik kulit kering dan sensitif, memilih toner harus benar-benar teliti.

Kamu bisa mencoba toner dengan kandungan hyaluronic acid dan AHA yang melembapkan. Boleh juga cari toner yang mengandung rose water atau green tea karena bisa meredakan iritasi. Untuk pemilik kulit acne prone, bisa coba BHA yang diyakini bisa membersihkan kulit hingga pori-pori terdalam sehingga bisa mencegah munculnya jerawat. 

Untuk pemula dan remaja, kamu bisa mencoba toner keluaran Emina sebagai produk awalannya. Urutan skincare Emina pagi dan malam ini bisa dipakai setelah membersihkan wajah dengan facial foam dalam kondisi sudah kering.

3. Serum

urutan pemakaian skincare pagi
instagram.com/ciwimme

Serum adalah elemen opsional dalam ritual skincare harian. Namun, ia punya fungsi yang super kuat dalam menangani isu-isu kulit. Pada dasarnya, serum adalah larutan dengan kandungan nutrisi, pelembap, dan antioksidan berkonsentrasi tinggi. Berikut beberapa rekomendasi serum yang bisa masuk opsi. 

Vitamin C membantu melawan kulit kusam dan menyamarkan noda hitam

Hyaluronic acid bisa membantu mencerahkan kulit, membantu melembapkan kulit, dan memperkuat barrier kulit

Retinol dan vitamin B3 lebih cocok untuk kulit dewasa karena mendorong produksi kolagen dan elastin yang mampu mencegah kerutan dan mengencangkan kulit.

Niacinamide mampu meredakan ruam merah, inflamasi, dan iritasi. Bahkan bisa mengatasi jerawat karena memiliki agen anti bakteri. 

BACA JUGA: 10 Skincare yang Mengandung Retinol Atasi Penuaan

4. Krim mata 

urutan skincare remaja pagi dan malam
instagram.com/laurajubin_

Sebenarnya, krim mata bisa absen dari urutan skincare remaja pagi maupun malam. Namun, ia disarankan mulai dipakai saat memasuki usia akhir 20-an. Krim mata jauh lebih ringan dibanding pelembap secara konsistensi atau kekentalan. Tak heran jika ia diaplikasikan sebelum moisturizer, mengingat dalam aplikasi produk perawatan wajah, tekstur lebih ringan harus didahulukan sebelum skincare dengan berat massa lebih berat.

Krim mata terdiri dari beberapa fungsi, melawan kerutan dan kantung mata atau untuk menyamarkan hiperpigmentasi. Tergantung kebutuhan Sedulur, untuk isu kerutan dan kantung mata silakan pilih krim mata dengan kandungan peptide, hyaluronic acid, dan kafein. Sementara, untuk fungsi mengatasi hiperpigmentasi, vitamin C dan kojic acid bisa dipilih. 

5. Spot treatment 

spot treatment
instagram.com/corinthsuarez

Sama dengan krim mata, spot treatment atau bahan yang berfungsi memudarkan noda atau bekas jerawat bisa absen bila memang tidak perlu. Bahkan sebenarnya fungsinya bisa digantikan oleh toner, serum, atau retinol. Bila tetap ingin menyertakannya dalam ritual harian, pilih bahan niacinamide atau salicylic acid karena hipoalergenik. 

BACA JUGA: Niacinamide: Kandungan Skincare yang Kaya Manfaat

6. Moisturizing 

urutan skincare pagi moisturizer
instagram.com/positiveskin1

Pelembap masuk salah satu urutan wajib dalam pemakaian skincare pagi maupun malam. Fungsi pelembap adalah mempertahankan kandungan minyak dan air di kulit yang berkurang seiring pertambahan usia. Berikut cara memilih pelembap wajah yang pas dengan tipe kulitmu. 

Kulit kering pilih pelembap dengan tekstur krim yang lembut

Kulit sensitif dan acne prone pelembap berbentuk balm lebih disarankan 

Kulit normal dan kombinasi pelembap dengan konsistensi lotion atau gel

Kulit berminyak disarankan memilih pelembap berbentuk gel karena ringan dan cepat meresap 

Selain berdasarkan tipe, pelembap juga dibedakan siang dan malam. Pelembap untuk pagi atau siang hari biasanya mengandung banyak bahan aktif anti oksidan untuk melawan polusi ketika kamu harus beraktivitas seharian di luar ruangan. Sedangkan krim malam diformulasikan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat penggunaan bahan aktif yang keras dan cenderung mengiritasi seperti retinol misalnya. 

7. Retinol 

urutan skincare malam retinol
instagram.com/blessed_ventas_by_mc

Retinol adalah turunan vitamin A yang mempromosikan produksi kolagen jadi baik untuk menyelesaikan isu-isu penuaan seperti kerutan dan kulit yang mulai kendor. Produk ini juga bisa mengatasi milia atau bintil kecil di dekat mata yang biasanya makin nyata seakan bertambahnya usia.

Meski begitu, retinol termasuk bahan aktif yang cukup keras dan bisa memicu iritasi seperti kulit yang kering, jadi lebih sensitif pada matahari, ruam merah, hingga perubahan warna. Untuk itu, bahan-bahan lain seperti pelembap dan minyak wajah diperlukan untuk melembutkan. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Minum Air Hangat Tiap Hari, Bikin Awet Muda

8. Face oil 

skincare face oil
instagram.com/floragy_skincare

Face oil adalah bentuk ikhtiar kita untuk mengunci semua bahan skincare yang sudah kita aplikasikan sebelumnya agar tidak mudah menguap. Keberadaannya dalam urutan skincare pagi tidak wajib dan ia juga tidak umum digunakan saat malam.

Minyak wajah tidak hanya untuk pemilik kulit kering, tetapi semua tipe kulit. Tergantung pada bahan minyaknya. Bagi kamu yang memiliki wajah berminyak bisa mencoba minyak jojoba dan rosehip yang khasiatnya baik untuk Sedulur dengan masalah jerawat. 

9. Tabir surya 

urutan skincare pagi sunscreen
instagram.com/skin.ken

Setelah semua elemen skincare diaplikasikan pada wajah, jangan lupa untuk menambahkan tabir surya. Terutama untuk ritual perawatan wajah di pagi hari. Ingat eksposur berlebih dari matahari bisa mempercepat penuaan kulit seperti garis di wajah, noda hitam, bahkan memicu munculnya tekstur di wajah. Untuk hasil terbaik, berikut beberapa tips memilih tabir surya. 

  • Pilih dengan SPF minimal 30 
  • Pilih bahan yang ringan, terutama untuk pemilik kulit berminyak dan acne prone 
  • Lebih baik hindari tabir surya dengan bahan-bahan kimia berbahaya seperti paraben
  • Aplikasikan setidaknya 20-30 menit sebelum keluar ruangan  

Beberapa tabir surya bisa membuat wajah jadi kusam atau keabu-abuan. Untuk itu, lakukan percobaan sebelum menyertakannya dalam rezim skincare harianmu.  

10. Rangkuman urutan skincare 

Bila dirangkum, urutan skincare pagi dan malam pada dasarnya sama saja. Bedanya ada pada tabir surya. Kamu tentu tidak memerlukannya di malam hari saat akan tidur. Beberapa orang, terutama untuk usia 30 tahun ke atas mungkin akan menambahkan retinol dalam ritual perawatan kulit di malam hari. Retinol bisa diaplikasikan setelah pelembap dan sebelum minyak wajah. Sedulur juga bisa menambahkan elemen tambahan seperti masker wajah. Gunakan saat ada waktu luang dan bisa dipakai bersama pelembab atau serum. 

Semua urutan di atas berlaku untuk segala merek skincare yang Sedulur pakai, ya. Jadi tidak perlu ragu untuk mempraktikannya. Penting buat Sedulur untuk teliti melihat komposisi skincare. Bila perlu lakukan riset menyeluruh untuk tahu apakah bahan aktif tertentu aman untuk tipe kulitmu. 

Urusan skincare beres, jangan lupakan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan sembako. Semuanya bisa dengan mudah Sedulur akses lewat Aplikasi Super. Mudah, harga akurat, dan barang akan langsung diantar ke rumah. Tunggu apalagi, pasang aplikasinya sekarang.