luas persegi panjang

Persegi panjang adalah bangun dua dimensi yang cukup sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari plafon ruangan, pintu, tegel atau keramik lantai hingga kertas A4 yang bisa kita pakai untuk mencetak dokumen. 

Ia memiliki kemiripan dengan persegi dengan empat sisi, tetapi punya dua macam ukuran yang berbeda. Lebar dan panjang di persegi panjang berbeda satu sama lain, tetapi tetap sejajar hingga membentuk konstruksi yang rapi dan mudah untuk ditata. Apa saja rumus yang berkaitan dengan bangun ini? Berikut rumus luas dan keliling persegi panjang beserta contoh soalnya. 

BACA JUGA: Rumus Lingkaran: Luas, Keliling, Cara Menghitung & Soalnya

Sifat persegi panjang 

luas persegi panjang
Pexels

Sebelum ke kumpulan rumus dan contoh soal, ada baiknya kita mengenal beberapa sifat dan ciri persegi panjang. Sederhana saja, kok. 

-->
  • Punya dua sumbu simetri 
  • Menempati bingkai dengan empat cara 
  • Memiliki empat sudut siku-siku 
  • Memiliki dua garis diagonal yang sama besar dan membagi bidang menjadi dua bagian yang sama besar pula. 
  • Memiliki sisi-sisi berhadapan yang sejajar dan sama panjangnya 

Rumus luas persegi panjang

luas persegi panjang
Pexels

 Singkatnya, luas persegi panjang dihitung dengan mengalikan lebar dan panjang. Begini rumusnya.

L= p x l 

Contoh soal luas persegi panjang sebagai berikut. 

Diketahui sebuah kolam renang memiliki ukuran panjang 14 meter dengan lebar 5 meter. Berapakah luasnya? 

L = 14 x 5 

   = 70 m²

Satuan luas persegi panjang adalah meter persegi dengan simbol pangkat dua di atasnya yang menandakan bahwa ini adalah satuan luas. Tidak hanya meter, bisa pula dikonversi menjadi desimeter, centimeter, milimeter, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: Rumus Luas Balok Beserta Rumus Volume & Contoh Soalnya

Keliling persegi panjang

luas persegi panjang
Pexels

Sedulur juga mungkin membutuhkan rumus keliling yang sebenarnya bisa dihitung dengan mudah. Keliling pada dasarnya adalah penjumlahan dari tiap sisi-sisi sebuah bangun dua dimensi. Maka, untuk persegi panjang yang harus dilakukan adalah menjumlah keempat sisinya. Kebetulan ukuran keempat sisinya ada yang sama besar sehingga bisa disingkat menjadi rumus berikut. 

K = p + l + p + l 

   = 2p + 2l 

atau bisa juga disingkat lagi menjadi K = 2 x (p + l) 

Berikut contoh soalnya:

Diketahui sebuah kertas A5 memiliki panjang 14,8 cm dan lebar 10,5 cm. Hitung kelilingnya! 

K = 2 x (14,8 + 10,5) 

   = 2 x 25,3 

   = 50,6 cm 

Untuk keliling, satuannya tidak menggunakan kubik atau pangkat dua karena memang hanya penjumlahan keempat sisinya. 

Contoh soal lainnya 

Pexels

Jika yang diketahui terbalik, Sedulur tetap bisa menghitungnya dengan mudah, kok. Silakan perhatikan contoh soal berikut. 

Diketahui luas persegi panjang adalah 18 m2. Lebarnya diketahui sebesar setengah dari ukuran panjang. Berapa tepatnya ukuran panjang dan lebar persegi panjang tersebut?

Jika l = ½ p, maka 2l = p 

Kita kembalikan ke rumus luas, maka ditemukan persamaan berikut. 

L = p x l 

18 = 2l x l 

18 = 2l²

l² = 9

l = 3 

Dengan begitu l = 3 dan p = 6

Sebaliknya bila yang diketahui adalah keliling, Sedulur juga bisa menghitungnya dengan cukup mudah. Perhatikan contoh berikut. 

Diketahui keliling sebuah lapangan sepak bola di kampung adalah 64 m. Sementara, diketahui bahwa panjangnya sebesar 3 kali lebar. Berapa ukuran panjang dan lebar lapangan tersebut? 

p = 3l 

K = 2 (p + l) 

64 = 2 (3l +l) 

32 = 4l 

l = 8

Jika l = 8, maka p = 24. Mudah, bukan? 

BACA JUGA: 8 Cara Menghitung Luas Tanah untuk Rumah Mudah & Akurat

Menghitung garis diagonal persegi panjang

Pexels

 Untuk menghitung garis diagonal, Sedulur bisa gunakan rumus pythagoras yang berbunyi. 

a² + b² = c²

Dalam kasus persegi panjang, a bisa dianggap sebagai l, b sebagai p, dan c sebagai garis diagonal 

c² = p² + l²

c² = √ (p² + l²)

Contoh soalnya seperti ini. Bila lebar persegi panjang adalah 3 cm dan panjangnya 4 cm, berapa panjang garis diagonal bidang tersebut? 

c = √ (9+16) 

c = √25

c = 5 

Aplikasi dalam kehidupan nyata

luas persegi panjang
Pexels

Persegi panjang banyak ditemukan di berbagai benda, apa saja? 

  • Mulai dari layar laptop atau TV. Biasanya ukuran 14 atau 21 inci dihitung dari panjang garis diagonalnya. Begitu pula layar ponsel dan berbagai gawai lain yang menggunakan layar LCD. 
  • Membuat meja juga menggunakan prinsip persegi panjang untuk menentukan ukuran dan dimensinya. Seharusnya menggunakan balok karena melibatkan pula ketebalan kayu atau bahan penampang, tetapi karena tipis dan tidak begitu berdampak orang akan fokus pada ukuran panjang dan lebarnya dulu. Selain meja, banyak perabot lain yang menggunakan prinsip persegi panjang seperti matras dan karpet. Perabot lain seperti lemari dan sofa lebih cocok dihitung dengan prinsip balok karena menyangkut ketebalan. 
  • Menghitung volume dan luas keliling balok juga sebenarnya pengembangan dari lebar dan panjang persegi panjang. Nantinya ia bisa dipakai untuk menentukan kemasan produk makanan yang menggunakan karton dan lain sebagainya. 
  • Membuat cetak biru konstruksi bangunan juga banyak menggunakan prinsip-prinsip persegi panjang. Utamanya untuk membuat draft tentang luas tanah dan menentukan keberadaan dinding, pintu, jendela, hingga jumlah ubin yang dibutuhkan. 

Kumpulan luas persegi panjang rumus dan contoh soalnya sudah Sedulur pelajari, bahkan baca contoh soalnya. Semoga jadi pembelajaran berharga untuk tugas atau berbagai kebutuhan lain di kehidupan sehari-hari. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!