cara menghitung luas tanah

Berniat untuk membeli tanah dan membangunnya menjadi sebuah hunian? Ada banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya yang tak kalah esensial adalah tahu soal luas lahan. Supaya hitunganya tepat sasaran, Sedulur perlu mengetahui dan mempraktikkan cara menghitung luas tanah.

Cara menghitung luas tanah di sertifikat harus akurat dan memiliki patokan yang jelas. Supaya tidak ada kesalahan yang akan merugikan kamu di kemudian hari, tak ada salahnya untuk mulai memahami dan mempelajari rumus dan cara menghitung yang benar.

BACA JUGA: Mengenal Rumah Adat Lampung: Sejarah, Jenis & Keunikannya

Mengapa mengukur tanah adalah esensial?

fungsi mengukur tanah
Unsplash

Cara menghitung panjang tanah dan lebarnya untuk menemukan luas yang akurat adalah hal yang penting. Hal ini akan sangat berpengaruh kepada proses pembangunan properti hingga ketahanan bangunan hingga beberapa tahun ke depan.

-->

Selain itu, kamu juga perlu memiliki dokumen legal untuk melakukan klaim sebidang tanah. Kelengkapan ini juga sangat dibutuhkan untuk membayar Pajak Bumi Bangunan. Tak berhenti di situ, kamu juga akan memerlukannya apabila akan melakukan transaksi sewa dan jual beli properti.

Aspek yang perlu disiapkan

1. Satuan luas tanah

Cara menghitung tanah dengan berbagai bentuk & kondisi
Unsplash

Sebelum menerapkan cara menghitung luas m2, kamu perlu memahami apa saja satuan yang perlu dihafalkan untuk ukurannya. Standar yang dipakai ada tiga satuan, yaitu:

  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 are = 100 m²
  • 1 ru = 14.0625 m²

BACA JUGA: Pondasi Cakar Ayam, Pondasi Asli Indonesia yang Mendunia

2. Alat mengukur luas tanah

Alat mengukur luas tanah
Unsplash

Untuk menghitung, diperlukan alat yang harus disiapkan. Kamu bisa memakai cara manual maupun dengan bantuan software maupun aplikasi. Apabila ingin hasil yang akurat, lebih disarankan untuk menghitung manual dengan bantuan benda di bawah ini:

  • Pita ukur
  • Meteran
  • Buku catatan
  • Penggaris
  • Pensil
  • Penghapus
  • Kalkulator

3. Patok tanah 

Patok tanah
Unsplash

Selain memahami soal satuan luas dan alat pengukur yang ada, kamu juga perlu menyiapkan patokan tanah yang dipasang di sudut tanah. Patokan ini bisa menjadi acuan batas atas tanah milikmu dan agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Tahap ini akan sangat membantu proses pembuatan dan penerbitan sertifikat tanah di kemudian hari.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

Cara menghitung tanah dengan berbagai bentuk & kondisi

Apa yang ada di lapangan bakal berbeda dengan teori yang ada. Hal ini juga berlaku untuk menghitung luas tanah. Untuk bentuk persegi panjang, segitiga teratur, hingga segitiga tak beraturan juga memiliki rumus yang berbeda. 

Selain dengan cara manual, kamu bisa juga memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Misalnya saja dengan memakai alat, memanfaatkan aplikasi, maupun software tertentu.

1. Cara menghitung luas tanah persegi panjang

luas = panjang x lebar

Contoh: Bila memiliki tanah dengan panjang 6 meter dan lebar 5 meter, cara menghitungnya adalah 6 meter x 5 meter = 30 m2

2. Luas tanah berbentuk segitiga

luas = (A + B + C) : 2

Contoh: Bila memiliki tanah dengan panjang sisi 6 meter, lebar 5 meter, dan 4 meter, cara menghitungnya adalah 6 x 5 x 4 : 2 = 60 m2

3. Luas segitiga siku-siku

luas = 1/2 x alas x tinggi

Contoh: Bila memiliki tanah dengan panjang sisi 6 meter dan lebar 5 meter, cara menghitungnya adalah 6 x 5 : 2 = 15 m2

BACA JUGA: 15 Gedung Tertinggi di Dunia, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

4. Cara menghitung luas tanah tidak beraturan

Apabila tanah akan diukur memiliki bentuk yang tidak beraturan, ada trik khusus yang bisa diterapkan. Coba bagi bagiannya menjadi bentuk segitiga. Setelah itu, kamu bisa menghitungnya sesuai bentuknya. Apakah segitinya simetris atau yang tidak beraturan.

5. Theodolit

theodolit
training-sdm.com

Theodolit adalah alat yang digunakan untuk mengukur luas proyek pembangunan berskala menengah dan besar. Memiliki buku manual, alat ini bisa dipelajari oleh siapa saja, termasuk orang awam. 

6. Software khusus

Selain secara manual, ada beberapa software dan aplikasi menghitung luas tanah yang bisa dipakai. Di antaranya adalah Autocad, GPS Fields Area Measure, Area Calculator, dan GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement. Kamu bisa belajar mengoperasikannya dengan melihat tutorial di platform video yang ada. 

BACA JUGA: 16 Dekorasi Hiasan Aquarium Terbaik untuk Percantik Rumah

7. Aplikasi di smartphone

Bagi yang berhalangan untuk menghitung ke areanya secara langsung, kamu bisa mencoba untuk menghitung sendiri dengan perkiraan sisi panjang yang ada. Paling tidak, hasilnya cukup akurat meskipun perlu dilakukan pengukuran manual supaya hitungannya bisa lebih valid.

Kamu bisa memakai apps seperti Penghitung Luas Tanah dan Kalkulator Area untuk yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Bagi yang memakai iOS, kamu bisa mengunduh GeoMap – Field Area Calculator.

8.  Google Maps

Google Maps
Unsplash

Apabila sudah nyaman mengecek lokasi dengan Google Maps, Sedulur juga bisa memanfaatkan website maupun aplikasi ini untuk menghitung luas tanah online. Agar tidak salah pencet dan bisa mendapatkan hasil dan angka yang diperlukan, ikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka Google Maps
  • Klik ikon satelit untuk mengganti tampilan layar
  • Cari bidang tanah yang akan diukur
  • Masukkan lokasi pada kolom penelusuran > Enter
  • Jika sudah muncul lokasinya, Zoom in untuk memperbesar tampilan lahan agar lebih jelas
  • Letakkan titik di bagian awal dan akhir tanah
  • Klik kanan di area lahan yang telah ditandai
  • Pilih ikon untuk mengukur jarak

Bila diperhatikan, cara menghitung luas tanah memang tidak sepenuhnya mudah. Bila dirasa terlalu susah, kamu juga bisa memakai jasa ahli topografi untuk mengukur luas sekaligus memberikan insight lain tentang kondisi tanah. Harga yang dibayar akan sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Kamu bisa mencoba untuk mempelajari ilmu ini sebelum benar-benar akan terjun ke fase jual beli properti ini. Bila sudah paham, untuk selanjutnya kamu bisa mengulanginya lagi di kesempatan berikutnya. Semoga informasinya bisa memberi manfaat untuk kamu ya, Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.