Jenis atap kanopi

Ketika berbicara tentang hunian yang nyaman di Indonesia, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah perlindungan dari cuaca panas dan hujan. Dengan semakin berkembangnya zaman, beberapa penemuan dalam bidang infrastruktur ternyata berdampak besar pada sebuah rumah. Misalnya dengan semakin populernya penggunaan atap kanopi sebagai alat pelengkap rumah. Namun, untuk menggunakan kanopi yang sesuai, perlu mengetahui jenis atap kanopi yang cocok dengan tujuan penggunaannya.

Umumnya kanopi ditempatkan pada bagian depan, belakang, atau samping rumah. Dengan tujuan sebagai perlindungan tambahan ketika cuaca bertambah ekstrem. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari ide pembuatan kanopi di rumah, sebaiknya simak jenis atap kanopi berikut ini agar bisa menemukan barang yang tepat. Jadi langsung simak aja ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik Segala Ruangan 2023

Jenis Atap Kanopi

Ada cukup banyak jenis atap kanopi yang tersedia sekarang ini. Berkat semakin berkembangnya teknologi, Sedulur bisa memilih kanopi sesuai kebutuhan yang nantinya juga akan berpengaruh pada harga dan kekuatan kanopi tersebut. Berikut ini beberapa jenis kanopi yang ada di Indonesia dan cukup populer digunakan sebagai pelengkap hunian rumah.

1. Kanopi polycarbonate

Jenis atap kanopi
Awning Works

Atap kanopi polycarbonate adalah pilihan yang paling populer dan sering digunakan. Terbuat dari bahan plastik bening mirip kaca, atap ini memiliki tingkat kejernihan yang tinggi, menjadikannya ideal untuk situasi di mana indeks pembiasan yang tinggi dibutuhkan, seperti partisi ruangan. Selain cocok untuk rumah, atap kanopi polycarbonate juga sering digunakan di area komersial seperti pusat perbelanjaan, lapangan olahraga, hingga atap kolam renang. Kelebihan lainnya adalah ketahanannya yang luar biasa terhadap kerusakan, bobot yang ringan, serta kemudahan pemasangan.

2.  Kanopi alderon

Atap kanopi Alderon dibuat dari bahan unplasticized polyvinyl chloride (uPVC), yang sangat kokoh dan tahan pecah. Tersedia dalam dua tipe, yaitu single layer dan double layer dengan rongga-rongga yang mampu menahan panas dan meredam suara saat hujan turun. Atap Alderon juga mampu menahan beban dengan baik dan tersedia dalam varian doff dan semi transparan yang dapat mengizinkan sekitar 20 persen cahaya masuk. Meskipun tidak sepenuhnya transparan seperti polycarbonate, atap jenis ini tetap memiliki kelebihan dalam hal daya tahan dan kekuatan.

3. Kanopi spandek

Jenis atap kanopi
Pinterest

Atap kanopi spandek memiliki bentuk bergelombang dan terbuat dari campuran aluminium dan seng, sering disebut sebagai zyncalum. Jenis atap ini terkenal dengan kekuatan dan daya tahan yang luar biasa, dengan masa pakai lebih dari 30 tahun. Namun, atap kanopi spandek kurang dekoratif dan lebih kaku dibandingkan dengan polycarbonate. Meskipun demikian, keunggulan utamanya terletak pada ketahanan dan kemampuan bertahan terhadap cuaca eksternal.

4. Kanopi kaca

Atap kanopi kaca adalah pilihan yang sangat elegan yang mampu mengubah gaya rumah minimalis menjadi mewah dan berkelas. Ketika dipasangkan dengan besi hollow hitam, kanopi kaca sangat cocok untuk rumah dengan gaya modern industrial. Namun, perawatan ekstra diperlukan karena kaca cenderung rapuh dan mudah pecah. Untuk menjaga penampilan yang bersih dan estetis, perawatan rutin perlu dilakukan. Dengan memahami berbagai jenis atap kanopi yang tersedia, Sedulur dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumah Sedulur. Keputusan yang tepat akan memberikan perlindungan yang diperlukan sambil meningkatkan penampilan rumah Sedulur.

5. Kanopi solar stuff

Kanopi solar stuff adalah atap kanopi yang terbuat dari bahan polikarbonat bergelombang. Keunggulan yang ditawarkan sangat beragam. Pertama, desainnya elegan dan bahan yang digunakan kuat dan bening seperti kaca. Bahkan, atap kanopi ini memiliki kekuatan 250 kali lebih tinggi dibandingkan kaca dan 20 kali lebih tinggi dibandingkan akrilik. Selain itu, kanopi ini mampu meredam panas tanpa mengurangi cahaya yang masuk, memberikan penerangan alami, menghemat listrik, dan ramah lingkungan. Pemasangan dan fabrikasinya juga mudah dilakukan, serta tahan terhadap perubahan suhu ekstrem dari minus 20 hingga 120 derajat Celsius.

BACA JUGA: 12 Inspirasi & Tips Bikin Model Atap Dapur Paling Praktis, Bebas Sumpek!

6. Kanopi onduline

Jenis atap kanopi
Pinterest

Kanopi onduline adalah pilihan yang cocok untuk rumah minimalis Sedulur. Dikenal karena ketahanannya yang kokoh terhadap korosi dan karat serta kemampuannya meredam suara air hujan, kanopi ini akan meningkatkan kenyamanan Sedulur. Harga yang terjangkau dibandingkan dengan kanopi Alderon menjadikannya pilihan yang menarik. Onduline juga terkenal dalam industri material karena inovasinya menggunakan serat selulosa untuk menciptakan atap berkualitas.

7. Kanopi membrane

Meskipun harganya relatif mahal, kanopi ,embrane memiliki banyak peminat karena daya tahan yang luar biasa. Desainnya yang cantik bisa disesuaikan dengan rangka besi sesuai keinginan Sedulur. Kanopi ini juga tahan terhadap sinar matahari dan sangat elastis sehingga tidak mudah sobek. Dengan harga berkisar antara Rp750 ribu sampai Rp1,8 jutaper meter persegi, pastikan Sedulur memilih besi berkualitas dan desain yang sesuai agar investasi pada kanopi cantik ini berharga.

8. Kanopi awning gulung

Kanopi awning gulung merupakan salah satu jenis kanopi yang sangat praktis dan memiliki kemampuan unik dalam mengatur penutupan atap kanopi. Bahan yang digunakan pada kanopi ini mirip dengan yang digunakan pada kanopi membrane atau kanopi kain, sehingga memberikan fleksibilitas dalam desain. Namun, yang membedakan kanopi ini adalah sistem rangkanya yang dapat digulung atau dilipat dengan menggunakan remote control.

Dengan fitur ini, Sedulur dapat mengendalikan kanopi Awning Gulung dengan mudah dan cepat. Ketika Sedulur ingin menikmati sinar matahari atau membiarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan, Sedulur dapat membuka kanopi ini hanya dengan menekan tombol pada remote. Sebaliknya, jika Sedulur ingin melindungi area di bawahnya dari sinar matahari berlebih atau hujan, Sedulur dapat menutupnya secara otomatis. Hal ini membuat kanopi ini sangat ideal untuk digunakan di berbagai situasi, termasuk di teras, balkon, atau area outdoor lainnya.

9. Kanopi fiber

Rumah dengan kanopi dan kolam renang
Studio MM

Atap fiber terbuat dari serat sintetis yang melalui serangkaian proses pabrikasi hingga menjadi lembaran atap. Jenis atap ini aman digunakan dan memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai kondisi cuaca. Atap fiber sangat cocok digunakan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Biasanya, atap ini digunakan untuk ventilasi cahaya pada bangunan atau struktur yang membutuhkan penyebaran cahaya dengan transmisi panas minimal, seperti pabrik dan gudang.

10. Kanopi kayu 

Kanopi kayu adalah solusi estetis untuk melindungi rumah dari elemen cuaca, menyediakan tempat teduh yang nyaman, dan memberikan tampilan alamiah pada bangunan. Dengan berbagai jenis kayu yang tersedia, Sedulur dapat menyesuaikan desain kanopi sesuai dengan gaya arsitektur rumah Sedulur, mulai dari struktur minimalis hingga rumah tradisional. Selain memberikan perlindungan dari hujan dan sinar matahari berlebih, kanopi kayu juga berfungsi sebagai penyaring cahaya alami, menciptakan lingkungan yang ideal untuk teras, veranda, atau gazebo. 

Meskipun memerlukan perawatan rutin, kanopi kayu dapat menjadi investasi yang memperindah dan memperpanjang umur bangunan Sedulur. Kelebihan kanopi kayu juga terletak pada aspek keberlanjutannya, karena kayu adalah bahan alami yang dapat didaur ulang. Dengan pemilihan kayu dari sumber yang dikelola secara berkelanjutan, Sedulur dapat memastikan bahwa penggunaan kanopi kayu Sedulur mendukung praktik ramah lingkungan.

11. Kanopi daur ulang

Arsitektur kanopi rumah modern
Parallel Architecture

Kanopi daur ulang merupakan kanopi ramah lingkungan adalah pilihan yang sangat cocok jika Sedulur peduli dengan lingkungan. Atap jenis ini terbuat dari baja ringan yang dapat didaur ulang, bebas dari zat berbahaya, tahan terhadap korosi, dan anti karat. Keuntungan lainnya adalah harganya yang terjangkau, seringkali disertai dengan garansi. Tidak perlu khawatir tentang konsep rumah Sedulur, karena kanopi ini cocok untuk semua jenis rumah.  Sedulur dapat mengkombinasikannya dengan rangka atap baja ringan untuk tampilan yang lebih baik.

12. Kanopi kain

Kanopi Kain adalah versi yang lebih ekonomis dari kanopi membrane. Biaya pemasangan biasanya berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp800 ribu. Walaupun harganya lebih terjangkau daripada kanopi membrane, kanopi kain tetap dapat mempercantik hunian Sedulur jika Sedulur memilih warna dan model yang sesuai. Bahkan, jenis kanopi ini cocok untuk berbagai penggunaan, mulai dari kanopi kafe hingga hotel. Sedulur memiliki beragam pilihan bahan kain, seperti kanvas, akrilik, katun, dan benang polyester, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.

Dengan berbagai pilihan jenis atap kanopi yang tersedia, Sedulur memiliki banyak opsi untuk meningkatkan keindahan dan fungsi rumah Sedulur. Mulai dari meningkatkan perlindungan dari panas matahari yang berlebihan, ingin menambah nilai estetika, atau memprioritaskan keberlanjutan lingkungan, terdapat kanopi yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu Sedulur menemukan kanopi terbaik untuk di rumah ya!