genteng yang paling bagus

Kalau mau mencari genteng yang paling bagus tentu banyak sekali pilihannya. Soalnya di pasaran banyak sekali merk genteng yang menawarkan berbagai kualitas. Tentunya kamu juga gak boleh memilih sembarangan. Pasalnya, genteng sendiri merupakan material esensial dalam konstruksi atap rumah. 

Perlu kamu tahu juga bahwa material tersebut memiliki fungsi untuk melindungi bagian dalam rumah dari terik matahari, hujan, dan debu. Itulah kenapa saat kamu membangun rumah, bagian atap juga perlu mendapat perhatian lebih. Kamu harus cermat memilih jenis genteng yang akan digunakan.

Selain memilih genteng dengan material yang kuat, pastikan genteng yang kamu pakai juga bisa menyerap panas agar rumah kamu terasa tetap sejuk di siang hari. bagi kamu yang mungkin membutuhkan beberapa referensi untuk memilih genteng yang paling bagus, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasinya. Yuk, simak sampai selesai!

BACA JUGA: Daftar Harga Semen per Sak dan Panduan Terlengkap di 2023

Tips Memilih Genteng yang Bagus

genteng yang paling bagus
Slavin Home

Pada dasarnya, memilih genteng adalah disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah itu sendiri. Tapi jika kamu bisa menggunakan genteng yang berkualitas, tentu akan memberikan perlindungan yang baik. Untuk itu, berikut ini beberapa tips memilih genteng terbaik.

  • Sesuaikan dengan kekuatan kerangka atap yang akan menopang genteng rumah. Pilih jenis genteng yang kuat ditopang oleh kerangka tersebut.
  • Perhatikan faktor keindahan agar rumah kamu terlihat menarik secara keseluruhan. Pilih genteng yang memiliki tingkat estetika tinggi dan sesuaikan juga pilihan warnanya dengan konsep dari rumah.
  • Cek kekuatan genteng dengan teliti. Periksa juga tingkat ketahanan genteng dalam menahan air agar rumah bebas bocor sekaligus ketahanan terhadap cuaca panas.
  • Pertimbangkan untuk mengutamakan kualitas. Memang tak bisa dimungkiri genteng dengan kualitas jempolan memiliki harga lebih mahal, tapi jika hal itu lebih aman untuk jangka panjang kenapa tidak?
  • Pertimbangkan dalam kemudahan pemasangan untuk memperlancar proses pembangunan rumah. Jadi kamu bisa berkonsultasi dengan tukang yang membangun rumah kamu.
  • Sesuaikan dengan anggaran kamu miliki. Pasalnya biaya membangun rumah tidaklah sedikit, jadi harus diatur sebaik mungkin.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Handle Pintu Rumah Paling Bagus Tahun 2023

Rekomendasi Jenis Genteng Terbaik

Setelah mengetahui tips memilih genteng yang paling bagus untuk hunian rumah. Berikut ini beberapa jenis genteng terbaik yang bisa Sedulur gunakan untuk hunianmu.

1. Genteng tanah liat

genteng yang paling bagus
Pinterest

Genteng tanah liat sudah menjadi genteng yang paling umum digunakan di Indonesia. Dulu, bentuk dan warna genteng jenis ini sangat terbatas sehingga memberikan kesan kuno dan membosankan. Tapi sekarang genteng tanah liat diproduksi dengan berbagai model dan warna yang modern. 

Untuk itu, kamu tak perlu khawatir, karena pilihan genteng tanah liat akan tetap cocok untuk berbagai konsep rumah termasuk minimalis. Harga genteng tanah liat pun umumnya lebih murah dibanding jenis genteng lain. Tapi jangan salah, meski murah, genteng ini sangat bisa diandalkan karena bisa bertahan hingga ratusan tahun. 

Bobotnya juga tidak terlalu berat, lebih kuat, dan juga tahan api. Tapi sayangnya, ketahanan dan kecantikan eksterior genteng ini masih bergantung terhadap cara pemasangannya. Jadi kalau memasangnya tidak benar, genteng ini akan mudah bocor dan warnanya lebih cepat memudar.

2. Genteng beton

Apakah kamu membutuhkan genteng yang paling bagus yang kokoh agar tahan lama dan kuat terhadap cuaca? Nah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan genteng yang terbuat dari beton. Pasalnya, jenis genting ini terbuat dari semen, pasir dan fly ash, yaitu abu bekas pembakaran batu bara. Jadi kualitasnya tak perlu kamu ragukan lagi.

Genteng beton juga tidak membutuhkan perawatan khusus, dan tahan hingga 50 tahun. Apalagi jika kamu memilih produk yang tepat dan mengaplikasikannya dengan benar. Pasti umurnya bisa lebih panjang dari itu. Dilihat secara komponen materialnya, genteng beton juga tahan api serta tidak mudah bocor. 

Walaupun terbuat dari beton, genteng ini tetap memiliki cukup banyak variasi bentuk dan warnanya. Jadi bisa kamu pilih atau disesuaikan dengan bentuk rangka atap dan untuk konsep rumah kamu. Tapi meski begitu, perlu diketahui juga genteng beton memiliki beberapa kekurangan. 

Salah satunya adalah dari segi berat. Genteng beton cenderung sedikit lebih berat dibanding genteng jenis lainnya. Tentunya hal ini bisa membebani struktur hunian. Jadi untuk mengakali kekurangan tersebut, kamu membutuhkan setidaknya rangka baja ringan untuk penopangnya agar lebih kuat.

3. Genteng aspal

Genteng aspal terbuat dari campuran serat kayu dan aspal. Jenis genteng ini sekarang juga sedang jadi tren karena diklaim memiliki banyak kelebihannya. Beberapa di antaranya, genteng aspal dapat digunakan di hampir semua rangka atap. Kamu bisa menggunakannya bersama atap kayu, baja ringan, hingga beton.

Kemudian jenis genteng ini lentur, kuat, dan tahan api. Genteng aspal juga diklaim anti bocor karena bentuknya berlapis dan lebar. Untuk modelnya sendiri simpel dan sangat cocok untuk konsep rumah minimalis. Pilihan warnanya pun beragam, sehingga kamu tinggal menyesuaikannya dengan warna tembok rumah. Untuk pemasangannya sendiri cukup praktis dan bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

Tapi, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan bahwa genteng ini juga memiliki kelemahan. Dari harganya relatif mahal dan pemasangan yang harus dilakukan oleh ahli. Jadi kamu tidak bisa menyerahkannya ke sembarang tukang. Apalagi kalau rusak, kamu harus menghubungi tukang profesional untuk memperbaiki atap.

4. Genteng kaca

Genteng kaca juga menjadi favorit banyak orang. Tapi tentu tisak bisa dipasang di seluruh permukaan atap, karena panasnya siang hari bisa membuat penghuni tidak nyaman. Tapi kamu bisa menyelipkan genteng ini di beberapa tempat yang mungkin tak bisa dipasang jendela, sehingga ruangan tetap bisa mendapat cahaya.

Misalnya, kamu bisa memasangnya di dapur. Jadi akan membuat dapur lebih terang dengan cahaya alami. Selain itu, genteng kaca juga sangat cocok untuk rumah minimalis karena bisa memberi kesan rumah tampak luas dan terang. Tentunya, dengan begini kamu bisa menghemat listrik. 

5. Genteng metal

Genteng metal terbuat dari lembaran metal yang dipres membentuk pola seperti genteng. Jenis genteng ini sangat ringan dan bisa menghemat struktur hunian. Selain cocok dengan tampilan rumah minimalis, genteng metal juga awet dan tahan lama. Namun, tentu saja genteng ini memiliki kekurangan.

Salah satunya adalah materialnya yang mudah menyerap panas dan berisik saat terkena hujan. Jika tak ingin permukaan genteng mengkilap, menyerap panas, dan berisik, kamu bisa memilih genteng metal yang dilapisi dengan butiran pasir dari aspal yang direkatkan, kemudian ditutup dengan cat. Jadi tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan hunian kamu. 

6. Genteng kanopi baja ringan

genteng yang paling bagus
Sheffield Metals

Biasanya untuk jenis genteng kanopi baja ringan ini sifatnya sebagai pemanis rumah. Tapi meskipun begitu juga bisa melindungi tempat parkir kendaraan kamu. Kalau kamu memiliki ruang terbuka ekstra yang mau dijadikan sebagai tempat bersantai, penggunaan genteng ini cocok. 

Selain harga murah, ketahanan dan pilihan warnanya juga menarik. Pemasangannya pun tergolong mudah dan cepat. Jadi tentu saja bisa menghemat budget lebih banyak. Jadi, tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan.

7. Genteng seng

Genteng seng juga paling sering digunakan di rumah-rumah lama atau zaman dulu. Dengan ukurannya yang panjang, kamu bisa menghemat biaya bila ingin menjadikan seng sebagai atap hunian. Untuk proses pemasangannya pun tergolong mudah dan cepat.

Tapi, saat memasang genteng ini ada baiknya diberikan tambahan penguat seperti beberapa paku tebal. Hal ini agar tidak mudah lepas terutama saat ada angin kencang. Pasalnya, genteng seng jika tidak dipasang dengan kuat bisa lepas saat ada angin kencang.

8. Genteng sirap kayu ulin

Genteng sirap kayu ulin biasanya bisa terbuat dari jenis kayu apa pun. Tapi, disarankan untuk mencari yang terbuat dari kayu ulin. Pasalnya, hal ini agar genteng rumah kamu bisa bertahan lama, karena kayu ulin cukup kuat. Genteng ini cocok dipasang di rumah dengan konsep joglo atau kental dengan nuansa kayu.

Selain itu, bentuk jenis genteng ini juga berbeda dari genteng pada umumnya. Biasanya memiliki bentuk memanjang dan ujungnya lancip segitiga. Penggunaan genteng ini bisa memberikan kesejukan, karena memberikan suasana alami. Jadi bisa menjadi salah satu daftar pilihanmu.

9. Genteng keramik

Biasanya keramik kerap dijadikan sebagai bahan membuat tatakan meja atau lantai. Tapi ternyata bahan ini juga dapat menjadi opsi untuk genteng rumah kamu. Dengan memiliki berbagai komposisi warna yang unik atau selaras, kamu bisa membuat atap rumah menjadi lebih menarik.

Genteng keramik cocok untuk kamu yang punya rumah cukup tinggi atau beberapa lantai. Bahan ini dapat membantu menahan terjangan sinar matahari. Alhasil rumah akan terasa sejuk dan tidak begitu panas meskipun sangat terik di luar sana. Tentunya, genteng ini bisa menjadi pilihanmu.

10. Genteng asbes

Zaman sekarang genteng asbes banyak menjadi pilihan banyak orang. Jenis genteng ini memiliki harga yang relatif murah. Jadi, bisa menghemat banyak biaya. Selain itu, pemasangannya juga mudah dan memiliki bahan yang ringan. Rangka atap kamu pun tidak akan kelebihan beban.

Genteng asbes terbuat dari serat yang mudah terlepas jika sudah lama terekspos perubahan cuaca. Jadi, untuk ketahanannya memang tidak bisa lama atau bertahun-tahun. Beberapa orang hanya menggunakan genteng asbes sifatnya hanya sementara, sebelum mengganti dengan jenis genteng lain.

11. Genteng metal galvalum

genteng rumah
Pinterest

Jenis genteng metal galvalum terbuat dari bahan utama karbon atau baja besi berlapis aluminium serta seng. Bentuk genteng ini mirip lembaran seng, tetapi terlihat lebih kokoh dan berkualitas. Daya tahannya terhadap karat pun sangat tinggi, sehingga kamu tidak perlu sering-sering menggantinya.

Keunggulan lain dari genteng metal galvalum adalah harganya yang tergolong ekonomis ketimbang genteng berjenis metal lain. Selain itu, untuk pemasangannya juga mudah dan cepat. Jadi bisa menghemar banyak waktu dan biaya. Gak salah jika jenis genteng ini masuk salah satu daftar incaranmu.

12. Genteng metal pasir

Selain genteng metal yang sudah dijelaskan di atas, ada juga jenis genteng metal pasir. Genteng ini terbuat dari bahan dasar zinc alume, yang berlapis back coat zinc allumunium coating, primary epoxy, dan lain sebagainya. Jadi, secara kualitas memang boleh diadu dengan jenis lain.

Dengan penggunaan bahan-bahan tersebut, genteng jenis ini mampu meredam panas matahari dan suara hujan lebih baik. Jadi, tidak akan terlalu berisik. Kelebihan lainnya juga anti karat atau korosif, tidak mudah terbakar, ramah lingkungan, dan tidak mudah dibuka atau kuat.

Namun meski begitu, genteng metal pasir tetap memiliki beberapa kekurangan. Kemampuannya dalam meredam panas cukup rendah. Kemudian warna genteng ini tidak awet dan mudah terkelupas. Selain itu juga rentan terhadap tekanan yang berat. Jadi, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah tadi beberapa pilihan jenis genteng yang paling bagus untuk hunian kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih genteng rumah ya.