handle pintu rumah paling bagus

Handle pintu merupakan bagian penting dalam rumah, karena fungsinya dapat membuka dan menutup pintu untuk keluar masuk. Banyak yang mempertimbangkan untuk menggunakan handle pintu rumah paling bagus, biasanya banyak yang menggunakan handle pintu biasa.

Namun, tidak ada salahnya menggunakan handle pintu rumah paling bagus, karena demi keamanan rumah. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi handle pintu rumah paling bagus yang bisa jadi pilihan Sedulur.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak rekomendasi handle pintu rumah paling bagus di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

-->

1. Handle pintu Solid

handle pintu rumah paling bagus
The Spruce

Rekomendasi handle pintu rumah paling bagus yang pertama merupakan produk dari Solid. Gagang pintu berjenis lever ini merupakan modifikasi dari bentuk konvensional, namun diubah lekuk dan desainnya menjadi modern, simpel, tapi keren. Solid memiliki lebih dari 700 model gagang pintu, tak ayal hingga kini laris manis dengan pilihan desain yang selalu diperbarui dan mengikuti tren. Handle pintu rumah memang harus dipilih yang berkualitas. Sama halnya saat Sedulur mencari rumah, Sedulur juga harus mencari yang berkualitas.

2. Handle pintu rumah Smart Lock

Di era teknologi yang semakin canggih, terdapat handle pintu rumah paling bagus yang telah menggunakan sistem digital. Handle pintu ini memiliki banyak fungsi dan fitur canggih yang akan membantu menjaga keamanan rumah. Untuk jenis handle pintu Smart Lock paling sederhana yaitu menggunakan bantalan angka di bagian depan untuk dijadikan kunci tombol. Ada pula model yang dapat merekam siapa saja yang membuka atau mengunci pintu. Handle Smart Lock juga dapat terhubung ke berbagai layanan dan sistem keamanan.

3. Handle pintu Holcsher Design

Handle pintu rumah paling bagus selanjutnya berasal dari Italia, pod Holscher Design. Handle pintu dengan nilai dekorasi dan nilai artistik yang tinggi, jelas sekali desainnya digarap oleh seniman. Desain yang menarik tanpa menghilangkan fungsinya yang memudahkan. Sebentuk gagang pintu berjenis liver yang simpel, tanpa banyak lekukan, dan unik karena biasanya tidak dibuat dalam jumlah banyak. Bagi Sedulur yang memiliki jiwa seni yang tinggi, handle pintu dari italia ini bisa jadi rekomendasi.

4. Handle pintu Evomab

Rekomendasi selanjutnya berasal dari Evomab. Berupa gagang panjang dalam material stainless steel berwarna hitam, model handle pintu rumah paling bagus dari Evomab ini dapat diaplikasikan pada berbagai konsep arsitektur. Mulai dari hunian minimalis dengan daun pintu lebar, hingga gaya industrial yang raw. Produk gagang pintu Evomab digemari karena didesain tahan gores dan anti karat. Pilihan warnanya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah Sedulur.

5. Handle pintu geser

Handle pintu rumah paling bagus untuk pintu geser berbeda dengan pintu biasa ya Sedulur. Handle pintu rumah yang satu ini digunakan untuk jenis pintu geser. Jenisnya adalah recessed, yaitu ditanam ke daun pintu. Tampilannya lebih rapi, minimalis, dan elegan. Tak hanya persegi, bentuk lain seperti lingkaran, oval, dan sebagainya pun juga ada. Pintu geser seringkali digunakan untuk mengatasi ruang yang sempit sehingga bisa membuat ruang terlihat lebih luas.

6. Handle pintu klasik

handle pintu rumah paling bagus
Pinterest

Sedulur juga bisa mempertimbangkan handle pintu utama yang klasik ini. Hanya berupa gagang panjang yang diposisikan horizontal dan lubang kecil di atasnya, pintu pun tampak lebih elegan. Pas buat daun pintu berbahan kayu. Tinggal disesuaikan warnanya saja. Di gambar ini gagang berbahan perunggu yang sempurna saat dipadu dengan kusen kayu berwarna cokelat terang. Kontrasnya dapat, kesan earthy-nya menguat. Produk ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

7. Handle pintu rumah unik

Rekomendasi selanjutnya yaitu handle pintu rumah yang unik. Dengan desain yang menyerupai setir kapal atau mobil, knop pintu yang satu ini sudah jadi satu dengan kuncinya sekaligus. Benar-benar praktis dan multifungsi. Secara estetika pun handle ini bisa dianggap unggul di kelasnya. Cocok untuk kebutuhan indoor seperti pintu kamar mandi, pintu kamar atau closet dan lain sebagainya. Handle pintu unik pas untuk kebutuhan rumah yang mengusung konsep minimalis atau industrial.

8. Handle pintu kayu ala Jepang

Untuk kamar atau ruangan, gagang dari kayu seperti ini boleh jadi alternatif. Sederet model handle pintu minimalis terbaru di atas bisa jadi referensi Sedulur saat akan mengganti gagang pintu di rumah yang mulai bobrok atau sudah melewati batas masa pakainya. Elegan dan sederhana, akan sangat sempurna dipasang di pintu yang berwarna terang atau gelap sekalipun. Silakan andalkan selera seni Sedulur saat memadukan warnanya. Bagi Sedulur yang menyukai kesan sederhana ala Jepang, handle pintu rumah paling bagus ini wajib digunakan.

9. Handle pintu panjang

Jika Sedulur menggunakan daun pintu berukuran besar, jangan gunakan gagang pintu yang kecil karena tidak sepadan secara komposisi, juga tingkat keawetannya. Pilih gagang pintu berjenis pull, atau tarikan dengan bidang pegangan atau tarikan yang besar. Disesuaikan dengan komposisi pada daun pintu, sah saja jika handle pintu berupa tarikan dibuat sangat panjang dan estetis. Selain melihat fungsinya, handle pintu ini juga memikirkan sisi estetis dan mengunggulkan kesatuan dekorasi.

10. Handle pintu kokoh dan simpel

Terdapat rekomendasi handle pintu rumah paling bagus dengan desain yang kokoh dan simpel. Desain yang sederhana dan sangat minimalis. Handle pintu sangat kokoh karena terbuat dari material yang tahan lama. Kuncinya pun sangat sederhana, pas untuk pintu kamar atau kamar mandi. Bisa dipasang di berbagai material kusen, mau kayu, besi, atau kaca sekalipun akan serasi dengan desain berikut

11. Handle pintu geser almunium

alumunium door handle
Pinterest

Rekomendasi lainnya bagi Sedulur yang menggunakan pintu geser, bisa menggunakan desain handle pintu satu ini. Desain minimalis seperti ini bisa jadi referensi saat akan ke toko bangunan atau memesan di pengrajin. Handle pintu ini didesain dengan finishing chrome yang mengilap dan tampak mewah. Tak banyak ornamen yang penting praktikal alias bisa berfungsi dengan baik dalam waktu lama.

12. Handle pintu ganda

Sedulur mungkin tertarik memberikan sentuhan klasik di rumah. Tenang, klasik bukan berarti yang berkonsep ramai dengan ornamen yang mengganggu. Justru Sedulur bisa menemukan desain gagang yang seminimalis ini tanpa mengurangi kesan lawasnya. Sistem pengunciannya ganda, sangat aman dan sempurna untuk ruang tamu atau pintu masuk utama.

13. Handle pintu stainless steel

Alternatif lainnya adalah memilih material stainless steel macam ini. Desainnya basic, tapi cocok buat Sedulur yang mengidamkan kesederhanaan di rumah. Pas untuk pintu utama yang berdaun ganda. Komplemen sempurna untuk pintu kayu maupun alumunium karena warnanya yang netral. Namun, akan lebih bagus dipasang di pintu yang berwarna solid, bukan yang bermotif kayu.

BACA JUGA: 22 Inspirasi Warna Cat Rumah Terbaik yang Cantik & Elegan

Tips Memilih Handle Pintu

handle pintu rumah paling bagus
Pinterest

Tentunya jangan hanya melihat estetikanya, pikirkan juga tingkat keamanan lubang kuncinya agar rumah benar-benar jadi tempat berteduh ternyaman di dunia buat penghuninya. Berikut beberapa tips memilih handle pintu yang tepat.

1. Perhatikan desain gagang pintu

Desain adalah aspek pertama yang Sedulur lihat saat memilih gagang pintu. Sejauh ini ada banyak desain klasik sampai yang kekinian, baik yang angular ataupun yang bulat. Ada beberapa yang sudah satu set dengan kuncinya, ada pula yang bagian lubang kuncinya dibuat terpisah dari pegangan.

Tentunya untuk masalah ini, Sedulur perlu menyesuaikan dengan selera serta konsep rumah yang akan direnovasi. Desain handle akan menentukan jenis handle. Sedulur dapat memilih handle dengan jenis yang bervariasi, seperti lever, knob, recessed, pull, dan smart lock door.

2. Perhatikan bahan baku

Bahan tidak boleh diremehkan, sebab ini adalah letak kekuatan dan ketahanan dari gagang pintu. Mengingat kita akan sering memegang dan menggunakannya, maka material yang baik dan kokoh sangat dibutuhkan. Biasanya material yang dipakai adalah stainless steel, brass, aluminium, dan kayu solid.

Namun, lagi-lagi sesuaikan dengan kebutuhan dan posisi pemasangannya. Untuk pintu utama terluar rumah, bahan logam lebih direkomendasikan. Sementara untuk di dalam rumah, misalnya pintu kamar mandi dan kamar tidur, material kayu solid sepertinya tidak masalah.

3. Mode buka tutup yang digunakan

Mode buka tutupnya juga harus dimasukkan pertimbangan. Pintu dengan gagang bulat memang menawan, tetapi ia harus dibuka dengan cara memutar sehingga membutuhkan energi lebih. Sementara gagang lever atau garis akan lebih menghemat energi dan mudah dibuka saat Sedulur membawa barang di kedua tangan misalnya.

Mode buka tutup yang digunakan harus diperhatikan karena akan berkaitan dengan kemudahan dalam pemakaian sehari-hari. Jika mode buka tutup yang selama ini Sedulur gunakan tidak membuat aktivitas semakin mudah, maka kini saat yang tepat untuk menggantinya.

4. Sesuaikan tebal dan lebar daun pintu

Menyesuaikan gagang pintu dengan dengan tebal dan lebar daun pintu adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Hal ini karena semakin lebar, tebal dan berat suatu pintu, maka gagang pintu yang dipasangkan juga harus mengikuti kekuatannya. Jangan sampai, Sedulur hanya mementingkan estetika yang dimiliki gagang pintu tanpa tahu beban yang harus dipikul. Jika salah membeli, potensi gagang pintu patah akan semakin tinggi.

5. Sesuaikan dengan fungsi gagang pintu

Fungsi dari gagang itu sendiri juga harus dimasukkan dalam proses pemilihan nanti. Apakah gagang diperuntukkan pintu utama yang langsung mengakses keluar rumah atau hanya digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan. Tentunya untuk kebutuhan akses keluar masuk pintu utama, handle harus dipilih yang kokoh dan tahan cuaca serta dilengkapi dengan kunci yang aman. Bahkan, beberapa jenis handle menggunakan sistem kode agar tak mudah dibobol.

Demikian tadi rekomendasi handle pintu rumah paling bagus yang bisa jadi pilihan Sedulur. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk handle pintu yang berkualitas, karena keamanan rumah sendiri yang menjadi tujuannya.