Baik wanita atau pria, masalah jerawat merupakan salah satu hal yang paling sering dialami. Percaya diri akan menjadi berkurang karena adanya permasalahan wajah yang satu ini. Berbagai macam jenis jerawat dapat dialami oleh siapapun, salah satunya adalah jerawat batu. Jenis yang satu ini merupakan salah satu permasalahan yang cukup serius. Maka dari itu, cara menghilangkan jerawat batu harus segera dilakukan. 

Kondisi ini bisa membuat wajah menjadi merah dan gatal. Bahkan, benjolan tersebut bisa berisi nanah yang sangat mengganjal. Selain wajah, kondisi ini juga bisa muncul pada bahu, lengan atas, dada, dan punggung. Penyebabnya adalah karena sebum dan minyak yang tersumbat pada pori-pori wajah. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat batu baik secara alami maupun dengan menggunakan obat? Berikut adalah ringkasannya.

BACA JUGA: 10 Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Berjerawat Terbaik yang Ampuh

1. Cuka apel

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Bahan alami pertama yang bisa membuat jerawat yang dikenal dalam dunia medis sebagai jerawat kistik ini adalah cuka apel. Bakteri yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat dapat berkurang karena bahan alami ini mengandung asam organik. Selain itu, minyak yang berproduksi secara berlebihan di wajah juga akan berkurang. Banyak orang yang menggunakan cuka apel sebagai pembasmi jerawat meskipun aromanya cukup menyengat.

-->

Cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan cuka apel cukup mudah untuk dilakukan. Campurkan cuka apel sebanyak satu sendok makan dengan air matang. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kulit wajah atau badan yang memiliki jerawat dengan menggunakan kapas yang steril. Selama kurang lebih 20 detik, tempelkan kapas tersebut. Setelah itu, bilas wajah atau tubuh dan keringkan. Langkah mudah tersebut bisa dilakukan selama 1-2 kali sehari agar hasil bisa maksimal.

2. Es batu

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Es batu dipercaya mampu meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu di pipi dengan mudah dan alami. Untuk mendapatkan hasilnya, gunakan beberapa es batu yang dibungkus dengan kain bersih. Kemudian, tempelkan kain berisi es batu tersebut selama beberapa menit pada area yang berjerawat seperti pipi dan punggung. Ulangi cara yang satu ini sampai kulit kemerahan dan pastikan Sedulur tidak menekan es batu terlalu kencang. Hal ini dapat menyebabkan jerawat menjadi luka dan akan timbul masalah baru lagi.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

3. Minyak kelapa

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Bahan alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Selain digunakan sebagai bumbu dapur dan merawat rambut rontok, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa membuat wajah tidak terlalu banyak menghasilkan minyak. Minyak atau sebum yang berlebihan diketahui dapat memicu timbulnya jerawat. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area tumbuhnya jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara mudah ini secara rutin.

4. Madu

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Madu dikenal sebagai salah satu makanan untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh. Ternyata, makanan manis ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu di wajah. Hal ini dikarenakan adanya antioksidan yang bisa membersihkan kotoran yang ada di wajah. Tak hanya itu, madu juga bisa mencegah terjadinya penyumbatan yang bisa terjadi di pori-pori wajah. Antibakteri yang dimilikinya juga bisa menyembuhkan luka dan peradangan jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke area wajah yang berjerawat menggunakan kapas bersih dan steril. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas dengan menggunakan air bersih.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Jerawat yang Ampuh

5. Putih telur

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Adanya enzim lisozim yang terkandung dalam putih telur dipercaya sebagai cara menghilangkan jerawat batu secara efektif. Langkah yang bisa dipraktekkan adalah dengan memisahkan terlebih dahulu putih telur dengan kuningnya. Kemudian, tambahkan putih telur yang sudah dipisahkan tersebut dengan air perasan lemon. Campurkan keduanya dan oleskan ke area yang memiliki jerawat secara merata. Bilas dengan menggunakan air bersih setelah mendiamkannya selama 15-20 menit.

6. Kentang

cara menghilangkan jerawat batu
pixabay

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Sehingga, cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet nasi. Selain bisa dikonsumsi, kentang juga mampu digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Adanya zat anti peradangan yang terkandung dalam sebutir kentang mampu menjaga kesehatan wajah dan membasmi jerawat yang membandel. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yaitu dengan mengiris kentang tipis dan letakkan irisan kentang tersebut pada bagian wajah yang memiliki jerawat. Bilas dengan menggunakan air bersih setelah mendiamkannya selama 10 menit. 

BACA JUGA: 9 Fakta dan Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan Wajah, Hindari Jerawat

7. Kulit jeruk

cara menghilangkan jerawat batu
pexels

Setelah mengonsumsi buah jeruk, jangan langsung membuang kulitnya. Kulit jeruk bermanfaat untuk menghilangkan jerawat batu secara maksimal. Langkah yang bisa diikuti adalah dengan menjemur kulit jeruk terlebih dahulu sampai kering. Setelah kering, tumbuk kulit hingga halus dan tambahkan pula sedikit air yang bersih dan matang. Campuran tersebut kemudian bisa dioleskan ke wajah seperti masker wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan bilas masker dengan menggunakan air bersih.

8. Lidah buaya

unsplash

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang efektif menjaga kelembaban dan kesehatan wajah. Tak hanya itu, tanaman ini ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras. Peradangan pada wajah yang bisa menyebabkan jerawat bisa dibasmi dengan menggunakan gel lidah buaya. Caranya adalah dengan mengerok gel lidah buaya dan mengoleskannya secara langsung ke area wajah yang berjerawat setelah memakai moisturizer. Bilas dengan air setelah membiarkannya selama 20 menit. Hentikan penggunaannya jika timbul efek samping seperti gatal dan kemerahan pada wajah.

BACA JUGA: Kenali Letak Jerawat dan Artinya dalam Kondisi Kesehatan

9. Tomat

pixabay

Buah tomat terkenal bisa mengatasi permasalahan mata karena kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, tomat ternyata bisa digunakan sebagai skincare untuk jerawat batu yang ampuh. Caranya adalah dengan memotong buah tomat hingga tipis dan tempelkan potongan tersebut di area jerawat. Tunggu hingga kurang lebih 20 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

10. Kunyit

unsplash

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu secara alami lainnya adalah dengan mengkombinasikan jeruk nipis, kunyit, dan madu sebagai masker wajah. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan secukupnya kunyit yang telah dibersihkan dengan jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Ketiga bahan tersebut dicampurkan menjadi satu sampai teksturnya berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan di area wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih setelah mendiamkannya.

BACA JUGA: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

11. Bawang putih

pixabay

Bawang putih ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu secara efektif selain terkenal sebagai salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur. Jerawat yang meradang bisa sembuh seketika dari dalam. Tak hanya itu, bawang putih juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan infeksi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi bawang putih bersama dengan makanan yang biasa dikonsumsi Sedulur. Jangan mengoleskan bawang putih secara langsung agar tidak timbul iritasi yang bisa memperparah jerawat.

12. Teh hijau

unsplash

Peradangan pada wajah bisa dengan cepat berkurang karena adanya kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau. Cara menghilangkan jerawat batu secara alami dalam 1 hari menggunakan teh hijau adalah dengan menyeduhnya terlebih dahulu dan aplikasikan ke wajah yang berjerawat dengan menggunakan bantuan kapas steril. Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih setelah mendiamkannya selama 10 sampai 15 menit.

BACA JUGA:  10 Manfaat Saffron Untuk Wajah Merona dan Bebas Jerawat

13. Minum air putih

pixabay

Pasti Sedulur bisa membayangkan gambar jerawat batu yang bisa mengganggu penampilan. Permasalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan rutin minum air putih. Meskipun terdengar sepele, namun air putih memiliki banyak khasiat terutama bagi pencernaan. Tak hanya itu, dengan minum air putih secara teratur, jerawat bisa hilang dengan mudah. Munculnya jerawat baru juga bisa diatasi dengan meminumnya secara teratur dan cukup. Apalagi, jika Sedulur memiliki tipe kulit yang cenderung kering. Air putih bisa membuat kulit menjadi lebih terhidrasi lagi dan bisa membuatnya menjadi lebih sehat. Dengan konsumsi air putih yang cukup, jerawat tidak akan mudah tumbuh lagi.

14. Menggunakan obat topikal

grid

Selain mengatasinya dengan menggunakan berbagai macam bahan alami, Sedulur juga bisa memilih untuk menggunakan obat topikal. Obat topikal bisa berupa salep atau krim yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Namun, pilihan obat jerawat batu ini tergantung pada lokasi jerawat, tingkat keparahan, dan faktor usia. Beberapa kandungan obat topikal yang bisa digunakan untuk menghilangkannya adalah benzoil peroksida yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu propionibacterium acnes. Selain itu, ada juga asam azelaic yang juga bisa digunakan untuk meratakan masalah warna kulit yang berbeda. Tak hanya itu, Dapson juga bisa digunakan untuk obat jerawat yang ampuh. Sangat disarankan untuk tidak memencet jerawat ketika sedang menjalani pengobatan topikal sebagai penyembuh jerawat. Proses penyembuhan kulit akan menjadi terhambat dan infeksi akan timbul jika memaksakan untuk memencetnya.

BACA JUGA: 12+ Toner Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat Terbaik, Jadi Mulus!

15. Retinoid 

femaledaily

Selain beberapa kandungan bahan di atas, Retinoid juga bisa menjadi salah satu obat oles yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang bisa mencegah adanya kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Seperti yang telah diketahui bahwa kotoran dan minyak yang tersumbat di pori wajah bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat batu di pipi menggunakan retinoid adalah dengan mengoleskannya di area jerawat secara rutin setiap hari.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan jerawat batu pada wajah dan area tubuh lainnya dengan menggunakan bahan alami dan obat topikal yang bisa dibeli dengan bebas di apotek. Selain melakukan hal di atas, tentunya Sedulur juga harus rajin membersihkan wajah selama dua kali sehari, apalagi setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang menyebabkan menumpuknya keringat dan kotoran lainnya. Jangan sekali-kali menyentuh jerawat yang sedang matang, karena akan memperparah kondisinya. Bukannya sembuh, malah iritasi dan masalah lainnya yang akan didapatkan. Semoga bermanfaat!