letak jerawat dan artinya

Bagi sebagian orang, jerawat tidak hanya menjadi tanda bahwa seseorang sudah berada dalam fase pubertas. Hal ini juga menjadi tanda akan soal kondisi kesehatan seseorang. Dari letak jerawat dan artinya bisa disimpulkan masalah kesehatan yang dialami di dalam tubuh. Bahkan dari segi percintaan juga.

Sebenarnya, posisi jerawat hormon dan letak jerawat rindu itu bisa dilihat secara biologis. Jerawat ini bisa muncul karena adanya penumpukan bakteri pada pori-pori kulit. Walaupun penyebab utamanya adalah peradangan pori-pori yang tersumbat, namun pemicu penumpukan tersebut ada banyak.

Beberapa hal yang sangat mempengaruhi timbulnya jerawat seperti bakteri, hormon, dan juga letak dari jerawat itu sendiri. Nah, berikut ini pembahasan mengenai seluk-beluk mengenai arti letak jerawat cinta dan hormon di wajah serta cara mengatasinya.

BACA JUGA: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

-->

1. Jerawat di Pipi

letak jerawat dan artinya
Source: Beauty Glipse

Apakah Sedulur sadar jika ponsel yang digunakan itu penuh dengan kuman dan bakteri. Saat mengangkat telepon, biasanya kamu akan akan meletakkan ponsel di pipi. Arti jerawat di pipi ini adalah terlalu sering menempelkan ponsel di pipi dan tidak membasuh muka ketika sudah selesai. Pada saat itulah bakteri dari ponsel berpindah ke pipi dan menyumbat pori-pori dan membuat jerawat timbul.

Untuk mengatasinya, Sedulur bisa membasuh permukaan ponsel dengan menggunakan tisu basah sebelum ditempelkan ke pipi. Selain itu, alangkah lebih baik untuk menggunakan headset atau hands free di setiap ada panggilan telepon masuk.

2. Jerawat di mulut

Letak jerawat dan artinya jika berada di bagian mulut, yakni berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Residu yang berasal dari makanan seperti cuka dan asam akan menimbulkan iritasi pada kulit. Bahkan beberapa makanan yang berminyak akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga menimbulkan jerawat di dekat mulut.

Cara untuk mencegah jerawat yang timbul di area mulut adalah selalu membasuh mulut setelah makan apapun. Jika Sedulur terlalu repot untuk mencuci mulut dengan air, maka kamu bisa menggunakan tisu basah sebagai alternatif.

3. Jerawat di dagu, leher, dan rahang

Pada saat Sedulur sedang berada dalam masa menstruasi, hormon testosteron yang diproduksi oleh tubuh akan menurun secara drastis. Hal ini akan membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dari sebelumnya. Jika minyak yang diproduksi berlebihan, maka bisa menyumbat pori-pori di bagian dagu, leher, dan rahang. Kemudian akan menimbulkan jerawat di bagian-bagian tersebut.

Sebenarnya dari arti jerawat di wajah dan cara mengatasinya ini, Sedulur bisa pergi ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat. Namun sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan obat terapi hormon dengan resep dari dokter.

4. Jerawat di pelipis dan garis rambut

Kemudian bagaimana soal letak jerawat dan artinya untuk jerawat yang ada di pelipis dan garis rambut? Ya, untuk letak dari jerawat yang satu ini, biasanya dikarenakan oleh produk-produk perawatan dan pewarnaan rambut yang tidak sesuai. Produk-produk tersebut akan menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat tumbuh.

Untuk mencegah terjadinya masalah itu, jangan menggunakan produk perawatan dan pewarnaan rambut secara berlebihan. Jika akan menggunakannya, jangan lupa untuk mencuci tangan. Selain itu, bilas produk perawatan rambut sampai benar-benar bersih jika sudah selesai digunakan.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

5. Jerawat di hidung dan kening

letak jerawat rindu
Source: Mayoon Frills

Mungkin sebelumnya Sedulur pahamnya jika arti jerawat di hidung dalam percintaan itu benar-benar nyata. Ya, itu memang bisa terjadi, namun juga ada penjelasan secara lebih lanjut secara biologis. Jadi, salah satu hal yang mampu menimbulkan jerawat di bagian hidung dan kening itu adalah tingkat stres berlebih. Stres itu akan melepaskan adrenalin yang membuat produksi minyak secara berlebihan.

Tidak ada cara lain untuk mengatasi masalah ini selain melakukan berbagai aktivitas yang menghindarkan diri sendiri dari stres. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan gunakan produk perawatan wajah yang anti jerawat. Gunakanlah produk perawatan tersebut, secara menyeluruh ke semua bagian wajah hingga benar-benar rata.

6. Jerawat di punggung dan dada

Letak jerawat dan artinya di bagian punggung dan dada  adalah karena penggunaan baju dan underwear yang bahannya tidak menyerap keringat. Dengan menggunakan pakaian seperti itu, maka bagian dada atau punggung akan menjadi lembab. Seperti yang telah diketahui, jika daerah tubuh yang lembab itulah jamur dan jerawat akan tumbuh dengan subur.

Cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan satu ini yakni dengan menggunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat. Setelah berolahraga dan bekerja seharian, alangkah lebih baik jika langsung mandi dan ganti pakaian dengan yang masih bersih. Apabila sudah terlanjur timbul jerawat, gunakan produk penanganan jerawat sesuai dengan jenis kulit Sedulur.

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Air Beras untuk Wajah & Cara Pakainya

7. Jerawat di telinga

Bisa dikatakan jika kasus jerawat di bagian telinga ini cukup jarang ditemukan. Letak jerawat dan artinya di bagian telinga ini juga biasa diakibatkan oleh penggunaan sarung bantal tidur yang sudah lama tidak dicuci. Akan tetapi, jerawat yang ada di telinga ini juga bisa dikarenakan adanya masalah pada organ ginjal. Semakin banyak bakteri yang ada di sarung bantal tersebut, maka resiko timbul jerawat di telinga juga semakin besar.

Masalah yang satu ini bisa diatasi dengan secara rutin mencuci sarung bantal yang Sedulur gunakan. Namun kita juga tidak tahu apa yang terjadi di dalam diri kita. Jadi alangkah lebih baik jika Sedulur memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter apabila masalah ini terjadi.

Mungkin hanya itu penjelasan secara singkat mengenai letak jerawat dan penyebabnya. Selain itu, Sedulur juga bisa mempraktikkan cara penanganan yang sudah dijelaskan pula di atas. Terus jaga kebersihan, agar kesehatan pun juga ikut terjaga.

Cara lain untuk menjaga kesehatan wajah adalah dengan menjaga pola makan. Kurangi menyantap junk food dan masakan instan. Sebagai gantinya, kamu bisa memasak sendiri di rumah. Siapkan semua keperluan sembako dan bahan masakan di Aplikasi Super saja. Kamu bisa belanja secara mudah dan diantar sampai rumah. Tinggal pesan deh setelah download di Google Play Store.