Toner untuk kulit berminyak merupakan langkah yang tak boleh dilewatkan. Demi kulit mulus, yuk simak rekomendasi bagi kulit berminyak berikut ini

Memiliki kulit berminyak memang cukup memusingkan. Bukan hanya karena penampilan minyak pada wajah yang kadang mengganggu, namun juga kerentanannya terhadap jerawat, komedo, serta tampilan kulit kusam. Karenanya, penting bagi pemilik kulit berminyak untuk merawat kulit menggunakan skincare yang tepat.

Salah satu step skincare yang tak boleh dilewatkan oleh Sedulur adalah toner. Step ini penting untuk menetralkan pH kulit setelah bersentuhan dengan sabun wajah. Perlu Sedulur ketahui bahwa sabun wajah biasanya memiliki pH yang cenderung basa. Sedangkan pH kulit normal berada di angka 5,4-5,9 atau sedikit asam. Penggunaan toner setelah mencuci muka dapat membantu mengembalikan pH wajah ke angka netral.

Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Ampuh Rawat Kulit!

Jenis Toner untuk Kulit Berminyak

Sebelum Sedulur mencari rekomendasi toner, pertama Sedulur perlu untuk tahu jenis-jenis toner yang tersedia di pasaran. Berikut jenis-jenisnya yang perlu diperhatikan oleh Sedulur dengan kulit berminyak.

-->

Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

Toner jenis ini sesuai namanya, memiliki fungsi untuk menghidrasi atau menambah kadar air dalam kulit. Sedulur dengan kulit berminyak kadang memperburuk kondisi minyak di wajah dengan menggunakan terlalu banyak produk yang bersifat mattifying atau mengeringkan. Hasilnya, kulit justru dehidrasi dan menyebabkan produksi sebum kian meningkat.

Karena itu, Sedulur memerlukan hydrating toner untuk kulit berminyak yang memberikan kelembapan dan menyeimbangkan produksi sebum wajah.

Exfoliating Toner untuk Kulit Berminyak

Exfoliating toner merupakan toner yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Biasanya toner jenis ini mengandung AHA, BHA, atau PHA. Ketiga bahan ini diketahui mampu membantu proses pengelupasan sel kulit mati pada wajah dan membuat kulit terlihat kian glowing.

Bagi pemilik kulit berminyak, exfoliating toner diperlukan untuk menjaga agar tak terjadi penumpukan kulit mati yang berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Meski begitu, Sedulur perlu mengimbangi penggunaan toner jenis ini dengan skincare yang melembapkan dan sunscreen di siang hari. Toner jenis ini juga sebaiknya tidak digunakan setiap hari, cukup 2 hingga 3 kali seminggu.

Cleansing Toner untuk Kulit Berminyak

Toner jenis ini sesuai namanya, memiliki fungsi utama untuk membersihkan dan mengembalikan pH kulit. Cleansing toner biasanya digunakan dengan kapas karena untuk mengangkat residu make up dan kotoran di wajah. Seringkali toner jenis ini memiliki ingredients yang dapat menyegarkan kulit atau bersifat astringent.

Rekomendasi Toner untuk Kulit Berminyak

1. Thayers Witch Hazel Toner

Insommia.net

Merk toner satu ini sebenarnya merupakan produk impor. Sudah lama terkenal dan digunakan di luar negeri, toner ini kini bisa didapatkan di Indonesia. Bahan witch hazel di dalamnya memiliki fungsi untuk mengurangi produksi sebum pada wajah, menyegarkan, sekaligus memperkecil tampilan pori-pori.

Tak berhenti di situ, toner ini juga dilengkapi dengan beberapa kandungan yang melembapkan seperti lidah buaya, gliserin, dan ekstrak grapefruit. Pemilik kulit berminyak dan berjerawat akan menyukai kemampuan toner ini dalam melembapkan, menenangkan kulit yang iritasi atau mengalami inflamasi, dan mengontrol produksi sebum wajah. Tak heran jika produk ini dikenal sebagai toner untuk kulit berminyak dan berpori besar yang terbaik.

2. The Aubree Witch Hazel Toner

review.soco.id

Versi lokal dari Thayers Witch Hazel Toner, The Aubree Witch Hazel Toner ini patut dipertimbangkan. Sama dengan Thayers, toner ini memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit, menenangkan jerawat, mengangkat residu kotoran, dan mengontrol sebum.

Uniknya, kemampuan melembapkan toner ini sangat baik meski terasa ringan di wajah. Teksturnya yang cair membuatnya dapat terserap dengan cepat oleh kulit dan membuat wajah terasa kenyal. Harganya pun cukup terjangkau dengan kualitas yang tidak main-main. Jika Sedulur sedang mencari toner untuk kulit berminyak dan berjerawat remaja, cobalah produk satu ini.

3. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

mykittybeauty.com

Brand Korea satu ini terkenal dengan produk-produk yang berkualitas dan mampu memberikan glass skin ala Korea. Klairs Supple Unscented Toner merupakan hydrating toner untuk kulit berminyak yang ampuh menyeimbangkan produksi sebum wajah. Memiliki kandungan gliserin dan Hyaluronic Acid, toner ini akan menjaga kadar air dan kekenyalan wajah Sedulur.

Sayangnya, toner ini memiliki harga yang cenderung tinggi sehingga tak bisa menjadi alternatif yang baik bagi semua orang. Sedulur bisa memanfaatkan diskon atau aplikasi grosir untuk membeli toner ini dengan harga yang miring.

4. The Body Shop Tea Tree Skin Mattifying Clearing Toner

productnation.co.id

Jika Sedulur mencari toner yang bersifat mattifying atau mengurangi sebum pada wajah secara drastis, toner ini dapat menjadi pilihan. Kandungan ekstrak tea tree dalam toner ini berfungsi mengurangi minyak pada wajah dan melawan jerawat. Toner dari The Body Shop ini termasuk dalam cleansing toner dan mampu mengangkat sisa makeup atau kotoran dari wajah.

Baca Juga: Wajah Berjerawat? 7 Produk Some By Mi Ini Bisa Kamu Coba

5. Somethinc Glow Maker Toner

torichux3.com

Mencari exfoliating toner yang lembut dan cocok untuk kulit berminyak berjerawat, cobalah Somethinc Glow Maker. Toner ini memiliki persentase AHA, BHA, dan PHA yang rendah sehingga cocok bagi Sedulur yang baru memulai menggunakan skincare. Selain itu, kemasan produk ini juga diperhatikan fungsionalitasnya dengan baik. Terdapat pump yang memudahkan Sedulur untuk mengeluarkan produk ke kapas.

6. Benton Aloe BHA Skin Toner

klubwanita.com

Ingin exfoliating toner yang lebih lembut lagi bagi Sedulur dengan wajah berminyak dan berjerawat? Benton Aloe BHA Skin Toner merupakan pilihan yang tepat. Toner ini memiliki kandungan BHA dengan persentase sangat rendah. BHA adalah zat asam yang dapat membersihkan dari dalam pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Hal ini akan membantu menghindari pori tersumbat penyebab jerawat di kulit berminyak.

7. Isntree Hyaluronic Acid Toner

sakuranko.com

Toner jenis ini sebenarnya cocok untuk digunakan oleh kulit normal maupun berminyak. Sesuai namanya, bahan utama dalam toner ini adalah Hyaluronic Acid. Bahan ini merupakan humektan yang berfungsi untuk mengikat kandungan air dalam kulit sekaligus menarik air dari lingkungan sekitar sehingga kulit terjaga lembap.

Harga dari toner ini memang cenderung mahal. Akan tetapi dengan ukurannya dan pemakaiannya yang cukup irit, toner ini jadi terasa murah dalam jangka waktu yang panjang.

8. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Toner

beautywithdummy.com

Toner satu ini juga berfungsi untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Fungsi ini didapatkan dari kandungan ekstrak tea tree dalam toner dari brand Korea ini. Tapi tidak hanya mengurangi produksi sebum, toner ini juga mengandung salicylic acid dan zinc yang baik untuk menyembuhkan jerawat. Tak heran jika toner ini menjadi favorit banyak orang. Terlebih lagi toner ini minim alkohol, tidak mengandung paraben dan pengawet.

9. Avoskin Miraculous Retinol Toner

melsplayroom.com

Avoskin Miraculous Retinol Toner ini merupakan toner untuk kulit berminyak dan kusam. Retinol merupakan ingredients yang sangat baik untuk merawat kulit. Bahan satu ini mampu mempercepat regenerasi kulit, memicu penyembuhan luka, menyembuhkan jerawat, serta mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

Toner ini juga dilengkapi dengan niacinamide dan peptide yang berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit, menyeimbangkan kadar minyak wajah, serta mencerahkan.

10. Wardah Nature Daily Seaweed Primary Skin Hydrating Booster

beautylivs.com

Produk satu ini merupakan toner untuk kulit berminyak di bawah 50 ribu yang direkomendasikan oleh Aplikasi Super. Termasuk dalam jenis hydrating toner, produk ini memiliki kandungan sodium hyaluronate yang berfungsi untuk mengikat kadar air pada kulit. Teksturnya cair sedikit kental, namun sangat mudah untuk diserap oleh wajah.

Penggunaan dari toner ini sebaiknya menggunakan tangan saja. Tepuk-tepukkan toner dengan lembut ke wajah, dan tunggu hingga menyerap sempurna sebelum menyambung dengan langkah skincare selanjutnya. Harga dari toner ini sangat terjangkau, yakni hanya 33ribu untuk 100ml.

11. Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid + Zinc + Tea Tree Water Toner

blog.avoskinbeauty.com

Sedulur dengan kulit berminyak dan berjerawat, toner dari Avoskin Your Skin Bae ini dapat menjadi pilihan. Sesuai namanya, toner dari brand lokal ini mengandung BHA atau Salicylic Acid, Zinc, dan Tea Tree.

Ketiga bahan ini dikenal bagus bagi kulit berminyak dan berjerawat. BHA dapat membersihkan pori-pori serta mencegah munculnya jerawat. Tea tree mampu menjaga produksi minyak wajah dan membantu mengeringkan jerawat.

12. Isntree Green Tea Fresh Toner

sokoglam.com

Masih dari brand Korea Isntree, mereka memiliki koleksi skincare yang diklaim cocok bagi kulit berminyak berjerawat. Salah satunya adalah Isntree Green Tea Fresh Toner. Green tea dikenal sebagai bahan yang mampu menenangkan kulit sekaligus menjaga produksi minyak dan jerawat di wajah.

Toner ini memiliki sensasi segar dan wangi yang menyenangkan. Dibuat dari teh hijau yang diambil dari Pulau Jeju Korea, toner ini menjadi kecintaan bagi banyak orang dengan kulit berminyak.

13. Truetoskin Mugwort Cica Soothing & Hydrating Essence Toner

truetoskin.com

Brand lokal anyar satu ini baru saja mengeluarkan hydrating toner yang sangat menarik. Terkadang kulit berminyak merupakan salah satu pertanda bahwa kulit Sedulur mengalami dehidrasi atau kerusakan pada lapisan pelindungnya. Toner dengan bahan utama mugwort, cica, dan panthenol ini diklaim mampu memperbaiki lapisan pelindung kulit sekaligus mengatasi dehidrasi kulit.

Sedulur yang memiliki kulit berminyak bisa mencoba berbagai rekomendasi toner di atas. Bahkan, Sedulur dapat melakukan Teknik double toning, yakni dengan menggunakan dua toner dengan fungsi berbeda untuk menyempurnakan rangkaian skincare. Misalnya, menggunakan exfoliating toner dan hydrating toner sekaligus dalam satu rutin.

Selain mengatasi kulit berminyak dengan toner, cara lain adalah dengan menjaga konsumsi Sedulur. Konsumsi makanan sehat terbukti dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Sedulur bisa mendapatkan berbagai bahan untuk makanan sehat lewat Aplikasi Super. Install Aplikasi Super sekarang juga untuk mendapatkan bahan makanan berkualitas dengan harga miring!