sabun cuci muka untuk kulit berjerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Masalah yang satu ini bisa hadir pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, Sedulur bisa mencuci muka dengan facial wash atau sabun cuci muka untuk kulit berjerawat secara rutin.

Walaupun terlihat sederhana, namun Sedulur tidak bisa menggunakan sembarang facial wash. Penggunaan facial wash ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan masalah yang dialami. Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibagikan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat.

Selain itu, nantinya akan dibagikan juga rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang bisa Sedulur pilih sesuai dengan kondisi kulit dan masalah yang dialami.

BACA JUGA: Review: Manfaat Serum Scarlett Acne, Atasi Masalah Jerawatmu

Apa penyebab muka mudah berjerawat?

sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
pexels

Penyebab utama munculnya jerawat yakni pori-pori kulit yang tersumbat karena produksi minyak (sebum) dan keringat secara berlebihan. Sel kulit mati dan sebum yang menumpuk akan membuat pori tersumbat dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Nah, pertumbuhan bakteri tersebut yang menyebabkan peradangan. Belum lagi dengan adanya sebum yang memicu iritasi. Dan pada akhirnya, jerawat yang mengganggu pun muncul di wajah Sedulur. Salah satu cara untuk mencegah pori tersumbat, yakni mencuci muka menggunakan produk dengan bahan pembersih yang kuat.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih jenis sabun pembersih muka yang sesuai serta cocok dengan jenis kulit Sedulur. Dengan produk yang tepat dan cara mencuci muka yang benar, maka wajah Sedulur akan terbebas dari masalah berupa jerawat.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Jerawat yang Ampuh

Rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat

sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
pexels

Setelah Sedulur tahu fakta jika pemilihan facial wash ini harus disesuaikan dengan jenis kulit, tentu saja Sedulur sudah paham kan, sabun muka seperti apa yang harus digunakan? Nah, langsung saja berikut ini beberapa rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang bisa Sedulur pilih.

1. Clean & Clear Acne Clearing Cleanse

sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
cleanandclear

Clean & Clear Acne Clearing Cleanse ini telah diformulasikan untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi kemerahan bekas jerawat. Facial wash yang satu ini diklaim mampu mengurangi kemerahan serta mencegah jerawat baru yang timbul berkat formulasi Active Botanical yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, produk besutan Johnson & Johnson ini juga mampu membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat untuk kulit meradang. Adanya formulasi neem leaf extract yang terkandung di dalamnya, juga membantu dalam mengurangi kulit yang keriput, keriput, dan penuaan dini.

Clean & Clear Acne Clearing Clenase direkomendasikan bagi remaja yang mengalami masalah kulit berjerawat, khususnya untuk usia 15 hingga 18 tahun.

2. Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
lensza

Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash dipercaya mampu membersihkan, mencerahkan, dan juga membuat wajah Sedulur jadi tampak glowing. Khusunya bagi kamu hawa, tentu saja kulit yang mulus dan cerah merupakan impian kan?

Nah, jika Sedulur merupakan salah satunya, maka produk dari Emina ini merupakan pilihlah yang paling tepat. Dalam produk ini, terkandung ekstrak double brightening powder dan summer plum yang mampu membuat kulit jadi lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. Formulasinya yang dimilikinya, mampu membuat wajah Sedulur menjadi lebih cerah, bersih, dan juga glowing.

BACA JUGA: 12+ Maker Wajah yang Bagus dan Fungsinya Untuk Kulit

3. Vaseline® Men Face Anti-acne Face Wash

sabun cuci muka untuk kulit berjerawat
vaseline

Bagi Sedulur yang sedang mencari sabun cuci muka yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat pria, maka bisa memilih Vaseline® Men Face Anti-acne Face Wash. Ini adalah sabun wajah yang diformulasikan untuk pria dengan wajah berjerawat dengan tujuh manfaat.

Facial wash ini mampu mengurangi minyak berlebih, noda, bekas jerawat, bintik hitam, serta membasmi 99% bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Vaseline® Men Face Anti-acne Face Wash juga mampu membuka pori-pori, dan timbulnya jerawat dapat dicegah.

Keunggulan lain dari produk ini, yakni aman untuk semua jenis kulit, termasuk juga dengan kulit kering. Hal itu telah teruji secara dermatologis.

4. POND’S Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

farmaku

POND’S Acne Solution Anti-Acne Facial Foam hadir dengan teknologi Thymo-T Essence terbaru yang diklaim mampu mengatasi masalah jerawat hanya dalam 3 hari saja, lho. Jadi jika Sedulur ingin menghilangkan jerawat dalam kurung waktu singkat, maka bisa mencoba produk ini.

Efektifitas dari teknologi tersebut akan terasa dengan pemakaian selama tiga hari secara rutin. Selain itu, produk ini juga mengandung GLUTA-BOOTS, yang mampu menyamarkan bintik hitam dan juga mencerahkan wajah lebih efektif hingga sepuluh kali dibandingkan dengan vitamin C. Tidak perlu khawatir karena harga dari facial foam ini cukup ramah di kantong.

BACA JUGA: 15 Lulur Pemutih Terbaik yang Cepat Mencerahkan Kulit

5. Elshé Skin Acne Cleansing Wash

istyle

Bisa dikatakan jika Elshé Skin Acne Cleansing Wash sangat efektif untuk membersihkan sisa makeup yang ada di wajah. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa pembersihan riasan wajah dengan menggunakan makeup emover atau micellar water saja tidaklah cukup. 

Untuk membersihkan sisa makeup sembari merawat kulit berjerawat, ElshéSkin Acne Cleansing Wash layak Anda coba. Oleh sebab itu, diciptakannya facial wash ini agar kotoran dari sisa riasan yang menempel di wajah Sedulur bisa dibersihkan secara maksimal. 

Tidak hanya itu, kombinasi antara sulfur dan salicylic acid yang terkandung di dalamnya juga akan membantu menenangkan kulit yang bermasalah serta mencegah jerawat baru yang timbul. Bagi Sedulur yang mempunyai jerawat aktif dan juga kulit acne prone, produk ini bisa diandalkan.

BACA JUGA: 9 Fakta dan Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan Wajah, Hindari Jerawat

6. Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser

safi

Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser sabun cuci muka untuk kulit kering dan berjerawat yang berbentuk whipped foam. Sabun wajah ini sangat efektif untuk membersihkan debu secara mendalam.

Jadi bagi Sedulur yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, wajib untuk menggunakannya. Hal ini karena Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser telah dilengkapi dengan formula Anti PM2,5.  Bahkan ada juga Rapid Action Technology-nya yang bertugas untuk mengontrol sebum dan menjaga wajah agar tetap halus dan sehat.

7. SENKA Perfect Whip Acne Care

beautyhaul

SENKA Perfect Whip Acne Care hadir dengan ekstrak chamomile yang berperan sebagai antioksidan dan antibakteri untuk kulit. Produk yang satu ini diklaim mampu melindungi wajah dari bahaya radikal bebas. Selain itu, chamomile ini juga mampu membersihkan sel kulit mat, beragam kotoran, serta minyak berlebih.

Terlebih lagi adanya teknologi Dual Action yang memungkinkan Sedulur untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori kulit terdalam. Jadi jika Sedulur sedang mencari sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat karena kotoran menumpuk, langsung saja coba produk ini.

BACA JUGA: Heboh! Kulit Wanita Ini Gosong Gara-Gara Hand Body Abal-Abal

8. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

cetaphil

Banyak dokter dan ahli kesehatan kulit yang menyarankan penggunaan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Formula yang dimilikinya, terasa sangat lembut di kulit dan juga tidak menyebabkan iritasi. Dengan ini, maka facial wash tersebut sangat aman digunakan oleh berbagai rentang usia, kecuali anak-anak dan bayi.

Menariknya lagi, sabun ini juga bisa dipakai dengan atau tanpa air. Hal ini berarti Sedulur bisa menggunakannya sebagai facial wash sekaligus makeup remover.

9. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

thebodyshop

Tea tree oil yang terkandung di dalam produk ini, dikenal ampuh dalam mencegah peradangan, munculnya noda pasca jerawat, hingga mengontrol produksi minyak yang berlebih. Kandungan ini juga berfungsi sebagai antibakteri alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jika Sedulur mempunyai jenis kulit berjerawat dan berminyak, maka akan sangat cocok untuk menggunakan facial wash satu ini. Aroma mint yang segar, juga memberi ketenangan pada kulit Sedulur.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

10. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

garnier

Rekomendasi yang terakhir datang dari Garnier. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel merupakan salah satu sabun cuci muka yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat terbaik yang bisa Sedulur coba.

Berkat kombinasi witch hazel dan purifying zinc di dalamnya, sabun ini diklaim mampu melembutkan kulit wajah sensitif. Maka dari itu, produk ini akan terasa nyaman pada kulit yang rentan terhadap jerawat dan juga bahan kimia.

Itulah beberapa sabun cuci muka untuk kulit berjerawat yang direkomendasikan kali ini. Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa pemilihan sabun muka atau facial wash itu perlu disesuaikan dengan kondisi kulit wajah Sedulur. Jangan sampai salah memilih produk, karena bisa saja membuat masalah jerawat menjadi lebih parah. Jika Sedulur masih ragu, maka bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli kulit terlebih dahulu sebelum menentukan produk yang akan digunakan.

Jika Sedulur ingin mencoba ragam skincare untuk kulit berjerawat yang lengkap, dapatkan di SuperStyle dari Aplikasi Super. Temukan berbagai skincare untuk semua jenis kulit di sini dengan harga yang miring. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga!