penghilang bekas jerawat

Setelah isu jerawat selesai, Sedulur masih dihadapkan dengan bekasnya yang susah hilang bahkan permanen di wajah. Untuk itu, produk treatment yang perlu dimiliki selanjutnya adalah salep maupun masker penghilang bekas jerawat.

Seyogyanya, kulit punya mekanisme memulihkan kembali permukaannya yang luka dengan memproduksi kolagen. Namun, kadang hasilnya tidak sempurna seperti kulit kita yang masih mulus. Kadang juga warnanya pun ikut berubah atau mengalami hiperpigmentasi. Hal ini mungkin mengganggu buat sebagian orang. Kabar baiknya, Sedulur bisa kok menyamarkan hiperpigmentasi tersebut dengan beberapa krim dan serum penghilang bekas jerawat. Berikut belasan rekomendasinya. 

BACA JUGA: Urutan Skincare Pagi & Malam Hari yang Benar, Agar Wajah Glowing

1. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

penghilang bekas jerawat
instagram.com/deciem

Azelaic acid merupakan bahan aktif yang ampuh mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan jerawat atau lainnya. Cream penghilang bekas jerawat dari The Ordinary ini kental dan padat, tetapi mudah meresap ke kulit dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk ke kulit.

Produk ini bahkan diklaim bisa mencegah jerawat atau setidaknya menjaga jarak munculnya jerawat hormonal. Aman dari bahan-bahan yang rawan iritasi seperti retinoid dan hydroquinon. Harganya lumayan terjangkau akrena masih di angka Rp100 ribuan. 

2. Breylee Acne Scar Removal Gel 

instagram.com/breylee.official

Dengan harga yang sedikit lebih murah, Sedulur bisa mencoba cream penghilang bekas jerawat dari Breylee. Produk ini bisa kamu pakai sejak jerawat mulai menyerang maupun untuk menghilangkan bekasnya saja. Ia juga bisa difungsikan untuk melawan bekas luka yang membandel di bagian tubuh lain. Kuncinya di pemakaian rutin, ya Sedulur. 

3. Clinique Even Better Radical Dark Spot Corrector 

penghilang bekas jerawat
instagram.com/clinique

Sebagai salah satu merek premium, penghilang bekas jerawat dari Clinique pun tidak mengecawakan. Sudah banyak yang puas dengan performanya, apalagi proses menyamarkan noda gelap di wajahnya cukup cepat. Bahkan bisa membantu melembutkan bekas jerawat yang menimbulkan tekstur pada wajah.

Hasilnya yang memukau dan terbukti di banyak pengguna sebanding dengan harganya yang lumayan fantastis. Sediakan dana setidaknya Rp1 juta rupiah untuk merasakan manfaatnya di kulitmu. Relakah Sedulur menggelontorkan dana untuk ini? 

BACA JUGA: Niacinamide: Kandungan Skincare yang Kaya Manfaat

4. Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule

instagram.com/vilobeauty

Harganya ada di angka Rp100 ribuan, serum dari Somethinc bisa jadi solusi tepat mengatasi jerawat membandel dan flek hitam karena sinar UV. Teksturnya kental dan bening seperti serum biasa, bisa dioles ke wajah pada pagi dan malam hari secara rutin untuk dapat hasil optimal. Hipoalergenik karena tidak mengandung bahan-bahan aktif yang rawan iritasi. Bahan aktifnya antara lain sodium hyaluronate dan citric acid. Meski produk lokal, kualitasnya tak kalah dengan produk-produk impor, Sedulur. 

5. Mineral Botanica Purifying Acne Cream

penghilang bekas jerawat
instagram.com/mineralbotanica

Salep penghilang bekas jerawat dari brand lokal ini khusus dipakai di malam hari. Harganya pun tak bikin kantong kering. Cukup sisihkan uang puluhan ribu saja untuk mendapatkannya. Ia bisa dipakai untuk mengatasi jerawat baru, yang sudah matang, maupun bekasnya. Namun, dengan harga murah tentu hasilnya tidak akan instan. Perlu ketelatenan dan kemauan untuk menggunakannya secara rutin, tetapi dijamin hasilnya bakal terlihat. 

6. Bloomka Bakuchiol + Vitamin B3 Anti Acne Brightening Serum 

penghilang bekas jerawat
instagram.com/bloomka_id

Secara fisik serum ini bertekstur kental dan tanpa warna ditambah sedikit aroma obat yang mungkin membuat beberapa orang tak nyaman. Serum ini cocok dipakai saat kulit rewel alias berjerawat dan berminyak. Produk ini bisa meredakan jerawat yang sedang meradang, kemerahan, serta bisa dipakai untuk mencegah serta memudarkan bekas jerawat. Kemasannya gemas dengan harga yang masuk akal. Sebotol 20 ml dihargai Rp115 ribu saja. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kering & Bruntusan

7. Hiruscar Post Acne Gel 

instagram.com/hiruscarmy

Sempat naik daun karena rekomendasi pengguna di media sosial, Hiruscar dibanderol dengan harga Rp100 ribuan. Produk ini berbentuk gel bening yang dengan aplikator runcing yang enak dipakai. Disarankan menggunakannya serutin mungkin, sekitar 2-3 kali sehari pada bagian jerawat atau bekasnya saja. Aromanya netral dan diklaim bisa meratakan tekstur yang rusak karena luka jerawat. 

8. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

penghilang bekas jerawat
instagram.com/kiehls

Untuk kemasan full size 30 ml, penghilang bekas jerawat dari Kiehl’s dibanderol dengan harga Rp 800 ribuan. Namun, Sedulur bisa membeli versi travel size yang lebih murah yaitu Rp150 ribuan untuk isi 10 ml. Efeknya langsung terasa dan setelah penggunaan rutin benar-benar bisa memudarkan bekas jerawat serta noda hitam yang membandel. Sejauh ini, belum ada pengguna yang merasakan efek samping seperti iritasi atau kemerahan. Aman dan ampuh, sebanding dengan harganya. 

9. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence 

instagram.com/misspearskincare

Salah satu produk terlaris dari COSRX adalah essence yang dibuat dari ekstrak lendir siput ini. Produk tersebut diklaim bisa membantu membuat kulitmu tampak lebih bersinar dan mulus. Dengan harga Rp300 ribuan, kamu bisa memiliki botol isi 100 ml. Bisa dipakai untuk beberapa tahun ke depan, bukan? Bahannya membuat tekstur produk ini licin seperti lendir, tetapi tidak berbau dan tidak lengket. Ia cepat menyerap dan terbukti ampuh mengatasi hiperpigmentasi di kulit. 

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

10. Aizen Elixskin Nutritive Cream

penghilang bekas jerawat
instagram.com/bulbulkun

Salep penghilang bekas jerawat berikutnya datang dari brand Aizen Elixskin. Teksturnya seperti salep atau krim yang bisa dioles langsung ke bagian kulit yang bermasalah. Untuk dapat mengembalikan tekstur kulit yang rusak dan mencerahkan noda bekas luka jerawat, Sedulur wajib menggunakannya secara rutin. Ia juga vegan dan aman dari bahan kimia berbahaya, jadi aman dari efek samping. Harga produk lokal ini masih di angka Rp100 ribuan. Masih aman buat kantong Sedulur. 

11. Yves Rocher Pure System Stop Blemish Lotion 

instagram.com/esraudulag_

Produk ini dinilai andal mengatasi breakout atau serangan jerawat yang membandel dan datang bertubi-tubi. Selain untuk mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang, ia bisa dipakai rutin untuk mengatasi luka bekasnya sekalian. Cukup ampuh pula untuk mengatasi muka bruntusan karena biang keringat, komedo, milia. Aromanya pun netral, jadi bebas parfum dan nyaman dipakai. Dari segi harga, Sedulur wajib siapkan setidaknya dana Rp200 ribuan. 

12. Bio Beauty Lab Acne Treatment 

penghilang bekas jerawat
instagram.com/biobeautylab

Serum dari Bio Beauty Lab ini mengandung beberapa bahan aktif seperti minyak tanamu yang dikenal dengan agen anti bakteri dan kemampuan melembabkan. Produsennya sih mengklaim produk ini bisa meredakan jerawat yang inflamasi, memudarkan luka bekasnya, dan dijamin organik. Teksturnya mirip dengan minyak esensial, jadi sepertinya lebih cocok untuk pemilik kulit normal dan kering. Bila tertarik membuktikan, kemasan 5 ml-nya dijual dengan harga Rp90 ribuan. 

Sebelum berekspektasi tinggi pada khasiat produk penghilang bekas jerawat di atas, Sedulur wajib tahu bahwa setiap luka punya karakter sendiri. Jika luka bekas jerawatnya masih dalam bentuk hiperpigmentasi, proses pemulihannya akan lebih mudah dibanding yang bertekstur. Jadi, tetap tekun mencari produk dan perawatan mana yang bekerja buat kasusmu, ya.

Jangan lupa juga kalau skincare adalah komitmen, jadi Sedulur baru akan menemukan perubahannya dalam kurun waktu tertentu dengan pemakaian rutin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan dan menerapkan pola hidup sehat. Kamu bisa memulainya dengan tetap mengonsumsi makanan dari bahan sembako berkualitas yang bisa didapatkan di Aplikasi Super.