tamanu oil

Sudah pernah dengar tamanu oil? Mungkin sebagian besar dari kita lebih mengenal jenis minyak esensial lain seperti zaitun, alpukat, rosehip, dan jojoba. Pohon tamanu sendiri yang banyak ditemukan di kawasan Asia dan Pasifik dan buahnya sudah banyak dipakai sebagai obat-obatan alami oleh penduduk asli negara-negara di Kepulauan Pasifik.

Salah satu manfaat paling kondang dari tamanu adalah kemampuannya membantu regenerasi sel kulit. Bahkan ia dipercaya aman digunakan pada bayi. Minyak berwarna hijau tua ini bisa pula dipakai untuk dicampurkan pada produk skincare lain untuk menambah khasiatnya. Tak perlu basa-basi lagi, langsung saja kita simak fakta dan manfaat tamanu oil berikut ini. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

1. Fakta minyak tamanu 

tamanu oil
instagram.com/thepureoilco

Bernama ilmiah Calophyllum inophyllum, tamanu tumbuh subur di kawasan Asia yang beriklim tropis. Ia kemudian dibawa ke Pasifik dan Oceania oleh pengembara. Selain bijinya yang diekstrak jadi minyak esensial, kayu pohon tamanu dulu banyak digunakan untuk membuat kapal. 

-->

Biji tamanu beraroma seperti kacang dengan warna hijau tua. Di Polinesia, warga aslinya menjuluki minyak tamanu sebagai minyak kecantikan. Ia sering dipakai sebagai pelembab, penghilang bekas luka, dan minyak rambut. 

2. Kandungan nutrisi tamanu oil 

instagram.com/drmichelledaf

Dilansir dari jurnal Oilseeds and fants, Crops, and Lipids (OCL), tamanu mengandung beberapa zat sebagai berikut. 

  • Asam lemak tak jenuh, khususnya asam oleat dan linoleat. 
  • Asam lemak jenuh, yaitu asam stearat dan asam palmitat.
  • Neoflavonoid yang memiliki fungsi antioksidan dan anti mikroba
  • Pyranocoumarins yang dikenal sebagai agen anti jamur, anti bakteri, dan anti inflamasi

BACA JUGA: 17 Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

3. Kegunaan tamanu oil untuk wajah

tamanu oil
unsplash.com

 Dengan kandungan di atas, sebenarnya tak aneh mendengar minyak tamanu digunakan untuk ragam fungsi kecantikan. Berikut beberapa fungsinya. 

Tamanu oil untuk membasmi jerawat dan bekasnya di wajah 

Sudah banyak studi yang membuktikan manfaat ini. Ini karena keberadaan agen anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa meredakan jerawat yang tengah meradang.Ditambah antioksidannya yang mampu mendorong regenerasi sel kulit, sehingga bisa menyamarkan bekas jerawat jika digunakan secara rutin. Dengan begitu, minyak tamanu juga bisa dipakai untuk merawat kulit yang mengalami hiperpigmentasi, bisa karena flek hitam atau bekas luka. 

Mengurangi kerutan pada wajah 

Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam kulit pun berkurang dan munculah tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kulit yang tak lagi kenyal. Kandungan asam lemak pada minyak tamanu bisa melembabkan kulit dan mengembalikan kesegarannya. Ditambah antioksidan mempercepat produksi kolagen serta pertumbuhan sel baru. 

Bisa dipakai untuk meredakan gejala eczema 

Eczema terjadi karena inflamasi pada kulit yang bisa dipicu berbagai faktor. Tamanu memiliki agen anti inflamasi dan terbukti berfungsi dengan optimal. Termasuk untuk para pengidap eczema yang peradangannya bisa terjadi kapan saja, sedia minyak tamanu cukup disarankan.

Melembabkan kulit yang kering 

Pemilik kulit kering bisa mencoba minyak ini untuk membantu menghidrasi kulit. Kulit kering yang terus dibiarkan bisa memicu munculnya kerutan dan rasa bersisik yang tidak nyaman. Untuk itu, produk pelembab sangat disarankan. Bila bisa dapat yang alami seperti minyak tamanu, kenapa tidak dicoba Sedulur? 

BACA JUGA: 8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan & Cara Membuatnya

4. Minyak tamanu untuk kulit secara umum 

 

unsplash.com

Selain untuk wajah, minyak tamanu bisa dipakai untuk mengatasi masalah pada kulit di bagian tubuh lain, seperti kaki, tangan, dan badan. 

Mengobati peradangan karena rambut yang tumbuh ke dalam 

Kadang kamu menemukan kemerahan pada kulit yang disebabkan tumbuhnya rambut ke arah dalam. Biasanya penyebabnya adalah aktivitas mencukur yang tidak tepat arahnya sehingga memicu pertumbuhan rambut yang tidak sempurna. Untuk pria, ini bisa terjadi di area tumbuhnya jambang dan jenggot. Untuk perempuan, biasanya terjadi di bagian ketiak, kaki, dan tangan ketika mencukur. Rasanya sakit dan tidak nyaman, minyak tamanu dipercaya bisa meredakannya. 

Menyamarkan selulit dan bekas luka 

Selulit sering kita temukan di bagian paha bagian belakang atau perut bagi ibu hamil. Meski tidak berbahaya, penampilannya mungkin mengganggu untuk beberapa orang. Dengan perannya mendorong produksi kolagen, minyak ini bisa jadi produk skincare alami yang bisa diandalkan. Ia juga bisa dioles pada bekas luka yang susah hilang. Asalkan jangan digunakan pada luka yang masih terbuka.  

Meredakan gatal karena gigitan serangga 

Rasa gatal, merah, dan panas karena gigitan serangga juga bisa diredakan dengan minyak tamanu. Belum ada riset khusus yang membahas ini, tetapi fungsi anti inflamasi dan anti mikroba dari minyak tamanu sudah terbukti. 

Membasmi kutu air 

Begitu pula dengan agen anti jamur yang terdapat pada minyak tamanu sudah terbukti keampuhannya. Dengan begitu, ia juga bisa dipakai untuk mengobati kutu air pada bagian kulit tertentu. Biasanya kutu air menyerang bagian sela-sela kaki, rasanya gatal dan warnanya merah. Kutu air bisa disebabkan paparan air dan keringat berlebih yang tak segera dibersihkan atau bisa juga karena sering kontak langsung dengan hewan peliharaan yang memiliki kutu air tersebut.  

5. Manfaat minyak tamanu untuk rambut 

tamanu oil
unsplash.com

Selain untuk kulit wajah dan bagian tubuh lain, minyak tamanu aman dipakai untuk menutrisi kulit kepala sekaligus rambut. Kamu bisa menggunakannya untuk memijat kulit kepala dan mendiamkannya sebentar seperti masker. Dengan kandungan antijamur dan anti inflamasi, ia efektif melawan rasa gatal akibat ketombe. 

Selain itu, asam lemaknya juga bisa mengembalikan kelembaban alami rambut yang mungkin terkikis saat kita memakai shampo untuk mencuci rambut. Jadi, cocok digunakan sebagai masker rambut setelah keramas. 

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

6. Minyak tamanu untuk meredakan nyeri 

unsplash.com

Ada beberapa yang menggunakan tamanu oil untuk meredakan rasa nyeri akibat pegal, lelah, bahkan radang sendi dan rematik. Namun, kebenarannya belum pernah diuji secara ilmiah. Meski begitu, riset dari Jerzy Zalewski, dkk. menyimpulkan bahwa ekstrak tamanu mengandung zat analgesik yang bisa meredakan nyeri dan rasa sakit. 

7. Cara memakai minyak tamanu 

tamanu oil
unsplash.com

Ada beberapa cara pakai tamanu oil yang bisa Sedulur praktikan. 

  • Campurkan tamanu dengan carrier oil seperti virgin coconut oil, jojoba oil, argan, rosehip atau extra virgin olive oil sebelum diaplikasikan pada bagian kulit yang dikehendaki. Minyak carrier berfungsi sebagai pelarut agar minyak tamanu bisa meresap di kulit. 
  • Jadikan minyak tamanu sebagai tambahan bahan pada produk skincare yang kamu pakai, misalnya dicampur dengan shampo, krim pelembab, atau lainnya. Sejauh ini minyak tamanu tidak menunjukan resistensi ketika dicampur dengan berbagai bahan aktif lainnya. 

BACA JUGA:  12+ Toner Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat Terbaik, Jadi Mulus!

8. Potensi efek samping 

instagram.com/emmawoolleytropicdiamond

Sebenarnya hampir tidak ada efek samping dari penggunaan minyak tamanu. Namun, ini beberapa sifat tamanu oil yang wajib Sedulur perhatikan sebelum mengaplikasikannya ke kulit. 

  • Masuk kategori kacang sehingga bisa saja menimbulkan efek alergi pada pengidap alergi kacang. 
  • Review tamanu oil menunjukkan bahwa ia sedikit komedogenik. Sifat ini perlu diwaspadai pemilik kulit acne prone dan berminyak. Tetap bisa digunakan, kok, hanya saja aplikasikan dalam kadar yang terkontrol. Bila perlu lakukan percobaan dulu di salah satu spot wajah sebelum mengolesnya ke semua bagian. 

9. Harga minyak tamanu

tamanu oil
instagram.com/alyarizkiramadhan

Tamanu oil bisa kamu temukan di berbagai tempat, termasuk apotek, drugstore, dan berbagai marketplace. Harganya mulai dari Rp 30 sampai 70 ribuan saja, minyak tamanu ukuran 5-10 ml bisa langsung ada di genggaman Sedulur. Jika ingin yang isinya lebih banyak, harganya pun mengikuti bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Cukup terjangkau, bukan? 

Fakta, manfaat, hingga harga tamanu oil sudah dibahas tuntas di sini. Sedulur bisa jadikan referensi dan bahan pertimbangan sebelum membeli. 

Selain kesehatan kulit, kesehatan jasmani juga perlu dipikirkan masak-masak. Olahraga sudah jelas, kebutuhan nutrisi dari makanan sehari-hari jangan sampai terlewat. Belanja semuanya di Aplikasi Super saja.