kalori pisang rebus

Pisang sudah menjadi sumber makanan, bahkan sejak pertama kali kita dilahirkan. Tentu saja hal ini karena manfaat yang diberikan oleh buah tersebut. Seiring dengan perkembangan tren, kini pisang sering dijadikan sebagai makanan utama saat diet. Bagi Sedulur yang ingin mencobanya, mungkin penasaran berapa sih kalori pisang rebus.

Banyak yang mengatakan jika kalori pisang kepok rebus maupun jenis pisang lainnya itu cukup rendah, dan sangat cocok untuk diet. Namun apakah hal itu memang benar? Lalu apa saja manfaat dari pisang tersebut bagi kesehatan? Langsung saja, simak informasi di bawah ini.

BACA JUGA: Kalori Ubi Rebus dan Singkong Rebus, Cocok Untuk Diet?

Pisang rebus berapa kalori?

kalori pisang rebus
Cookpad

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pertanyaan seputar pisang kepok rebus berapa kalori itu sering dilayangkan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Akan tetapi, sebenarnya besaran kalori pada pisang rebus itu tergantung pada ukurannya.

-->

Rata-rata untuk pisang yang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Namun berbeda ukuran, tentunya berbeda pula jumlah kalori yang dikandungnya. Nah, berikut ini daftar kalori pisang rebus kecil hingga yang ukurannya besar.

  • Pisang yang sangat kecil (81 gram): 72 kalori.
  • Pisang kecil (101 gram): 90 kalori.
  • Pisang sedang (118 gram): 105 kalori.
  • Pisang besar (136 gram): 121 kalori.
  • Pisang ekstra besar (152 gram): 135 kalori.
  • Pisang iris (150 gram): 134 kalori.
  • Pisang tumbuk (225 gram): 200 kalori.

Apabila Sedulur merasa kurang yakin tentang ukuran pisang yang akan direbus, maka bisa memperkirakan jika rata-rata satu buah pisang itu mengandung sekitar 100 kalori. Kurang lebih 93 persen kalori pisang berasal dari karbohidrat, 3 persen dari lemak, serta 4 persen dari protein.

Jadi jawaban untuk pertanyaan ‘apakah pisang rebus bikin gemuk’ itu adalah tidak, dan buah ini sangat cocok bagi Sedulur yang sedang menjalani program diet. Selain itu, pisang juga mengandung beberapa nutrisi seperti berikut.

  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Kalori.
  • Zat besi.
  • Kalium.
  • Protein.

Akan tetapi, beberapa studi awal menunjukkan jika perebusan pada pisang itu akan mempengaruhi nilai gizinya dalam batasan tertentu. Misalnya saja, ada penelitian yang menunjukkan jika merebus pisang berkemungkinan untuk melepaskan kandungan vitamin A di dalamnya.

Hanya saja, masih dibutuhkan penelitian secara lebih lanjut guna memahami sepenuhnya keterkaitan antara perebusan pisang dengan pelepasan nutrisinya. Proses pelepasan nutrisi dalam pisang akbitan perebusan juga harus diteliti lagi.

BACA JUGA: Ketahui Kalori Telur Rebus & Fakta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan gizi pada pisang

kalori pisang rebus
Suara

Pisang adalah salah satu buah yang bisa Sedulur jumpai dimana saja. Pisang dikenal luas akan rasa manisnya dan cocok dijadikan snack pengganjal lapar. Tetapi, tahukah Sedulur bahwa pisang ternyata kaya akan bermacam-macam nutrisi yang penting bagi tubuh? 

Pisang berukuran sedang biasanya akan mengandung sekitar 105 kalori. Pisang merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa vitamin dan mineral penting lainnya. Selain menjadi sumber serat, pisang tentunya sangat rendah lemak dan hanya mengandung sedikit natrium, jadi cocok untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung. 

Kandungan serat pisang tadi akan membuat Sedulur merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama ketimbang buah-buahan lain. Pun pisang juga dapat membantu pencernaan. Kandungan nutrisi pada pisang tidak hanya terbatas pada zat-zat yang tadi disebutkan saja, lho Sedulur! Pisang juga merupakan sumber potasium yang baik, membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Lebih daripada itu, pisang kaya akan vitamin B6, yang bermanfaat untuk fungsi otak serta produksi neurotransmiter. Magnesium yang ada di dalamnya bisa menjadi sumber nutrisi untuk mengatur fungsi otot serta saraf. Selain itu, pisang mengandung folat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel, terutama selama masa kehamilan.

Jadi, kalau Sedulur memilih pisang sebagai camilan sehari-hari, ingat juga bahwa pisang bukan hanya sekedar buah yang manis dan mengenyangkan, tetapi juga bergizi, nih!

Untuk melengkapi informasi terkait nutrisi pada satu buah pisang (126 gr), coba cermati daftar kandungannya di bawah ini, yuk!

  • Kalori: 105
  • Lemak: 0,4 gr
  • Sodium: 1 mg
  • Potasium: 467 mg
  • Karbohidrat: 27 gr
  • Serat: 3 gr
  • Gula: 14 gr
  • Protein: 1,3 gr
  • Vitamin C: 9% dari total kebutuhan sehari-hari.
  • Vitamin B6: 20% dari total kebutuhan sehari-hari.
  • Magnesium: 8% dari total kebutuhan sehari-hari.
  • Folat: 6% dari total kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Cara Membuat Keripik Ubi Ungu, Renyah dan Mudah!

Kenapa pisang cocok untuk dikonsumsi pada saat diet?

kalori pisang rebus
Eat This, Not That

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pisang memang disarankan untuk banyak-banyak dikonsumsi pada saat sedang menjalankan diet. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pisang sangat cocok bagi para pelaku diet. Pertama, pisang sangat rendah kalori, dengan hanya sekitar 100-an kalori dalam pisang berukuran sedang. Jumlah kalori ini membuat pisang menjadi pilihan camilan yang pas bagi Sedulur yang was-was terhadap asupan kalori sehari-hari. 

Kedua, pisang sangat kaya akan serat. Dengan begitu, pisang bisa membantu Sedulur merasa kenyang dan puas dalam waktu yang cukup lama. Kalau sudah kenyang, pasti Sedulur akan mengurangi niat untuk ngemil makanan yang kurang bergizi, deh!

Selain serat, pisang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Beberapa di antara vitamin dan mineral yang dikandung oleh pisang adalah potasium. Potasium sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan fungsi jantung. Pisang juga tinggi vitamin B6, yang bermanfaat untuk fungsi otak.

Alasan lain kenapa pisang adalah makanan yang cocok untuk Sedulur yang sedang diet adalah karena pisang rendah lemak dan hanya mengandung sedikit natrium. Pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, bisa mencukupi kebutuhan energi bagi tubuh sehari-hari. Selain itu, pisang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan. Dimakan mentah bisa, ditambahkan ke campuran smoothies bisa, atau digunakan sebagai topping oatmeal atau yogurt pun bisa.

Terakhir, pisang memiliki harga yang relatif murah dan bisa Sedulur temui dimana saja. Maka dari itu, pisang menjadi pilihan pas tanpa menguras dompet buat Sedulur yang ingin menjaga pola makan sehat. Entah itu Sedulur diet untuk menurunkan berat badan, membentuk otot, atau sekadar makan makanan yang lebih bergizi, pisang bisa Sedulur konsumsi secara rutin agar goal untuk hidup sehat Sedulur tercapai.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Cilor Praktis Untuk Camilan di Rumah

Kalori pisang berdasarkan jenis olahannya

Taste of Home

Nah, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pisang memang merupakan buah yang bisa diolah menjadi banyak hidangan. Mulai dari digoreng menjadi pisang goreng, dicampur ke dalam smoothies, atau dijadikan topping oatmeal. Yuk, coba cari tahu lebih lanjut tentang kalori pisang berdasarkan jenis olahannya berikut ini!

1. Kalori pisang goreng

Secara umum, makanan yang digoreng biasanya membuat kandungan lemak dan kalorinya menjadi lebih tinggi. Makanan yang digoreng akan dilapisi dengan adonan atau tepung racikan tertentu. Hal tersebutlah yang menambah kandungan kalori di dalamnya.

Pisang goreng sendiri menjadi salah satu hidangan camilan yang disukai hampir setiap orang. Rasanya yang renyah dan manis, pasti membuat semua orang lahap memakannya. Mengutip dari salah satu sumber terpercaya, jika pisang digoreng maka kalorinya bisa menjadi dua kali lipat, sekitar 378 kalori. Untuk membakar lemak kalori pada pisang goreng yang sudah Sedulur konsumsi, dibutuhkan aktivitas olahraga seperti berjalan (102 menit), berlari (35 menit), dan bersepeda (52 menit).

2. Kalori pisang rebus

Selain digoreng, pisang rebus juga menjadi salah satu hidangan berbahan dasar pisang yang sering kita jumpai. Untuk satu buah kalori pisang rebus berukuran sedang, jumlah kalori di dalamnya hampir sama dengan kalori pisang segar, yaitu sekitar 110 kalori.

Beberapa studi menunjukkan efek merebus pisang mempengaruhi nilai gizi dan nutrisi sehat di dalamnya. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa merebus pisang dapat menghilangkan vitamin A. Padahal, vitamin A ini sangat bermanfaat untuk fungsi tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata.

3. Kalori pisang Ambon

Masyarakat kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis pisang Ambon. Tak kalah dengan jenis pisang lainnya, pisang Ambon memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi semua usia. Pisang Ambon cukup mudah ditemui, kok! Di pasar tradisional, kios buah, atau supermarket, pasti Sedulur bisa menjumpainya. Selain murah dan rasanya yang lezat, pisang Ambon juga kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Mengutip dari salah satu studi, kalori pisang Ambon adalah sekitar 97 kalori dalam pisang berukuran 100 gr. Pisang Ambon memiliki nutrisi penting sekaligus multivitamin yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi, pisang yang satu ini juga mengandung mineral cukup tinggi sehingga cocok untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Kalori pisang Sunpride

Pisang Sunpride adalah salah satu jenis pisang yang dapat Sedulur jumpai di supermarket besar. Kalori pisang Sunpride sendiri tergolong rendah, yaitu sekitar 72 sampai 135 kalori.

Maka dari itu, buah ini menjadi salah satu buah yang pas untuk program diet sehat. Sedulur bisa mencampurkannya dengan yogurt rendah lemak untuk sarapan di pagi hari. Pastinya rasa dari pisang ini lebih manis dengan tekstur lembut. Pisang Sunpride juga menjadi buah pisang yang praktis dan bisa dikonsumsi langsung tanpa harus ribet-ribet diolah terlebih dahulu.

BACA JUGA: 30 Resep Es Lilin Kekinian, Segar dan Praktis

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan

Healthline

Sampai disini mungkin kita sudah bisa memutuskan jika pisang rebus untuk diet itu memang dianjurkan, karena rendahnya kandungan kalori dan juga lemak. Namun tidak hanya sampai disitu, ada beberapa manfaat lain yang bisa diberikannya kepada tubuh kita.

1. Baik untuk pencernaan

Tentu saja Sedulur sudah tahu, jika pisang merupakan salah sati obat alami diare, khususnya untuk pisang hijau. Ya, buah yang satu ini memiliki kandungan prebiotik, probiotik, dan juga serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan.

Bagi seseorang yang memiliki kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan seperti pisang ini sangatlah dianjurkan. Namun selalu diingat, jangan sampai mengonsuminya secara berlebihan, ya.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dan tidak terkontrol, bisa meningkatkan peluang terkena penyakit jantung serta stroke. Nah, adanya kadar potasium yang tinggi dalam buah pisang, dinilai mampu membantu dalam menjaga tekanan darah agar lebih sehat.

3. Menjaga kadar kolesterol tetap sehat

Bisa dibilang bahwa manfaat utama dari pisang rebus itu adalah mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang ada di dalam darah. Tetapi, manfaat kesehatan yang satu ini terbatas pada jenis pisang tertentu. Jadi masih perlu dieksplorasi secara lebih lanjut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kalori pisang rebus dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Perlu untuk Sedulur dipahami, walaupun pisang dianggap sebagai salah satu makanan sehat, namun mengonsumsinya secara berlebihan justru akan berdampak buruk.

Pisang itu kaya akan serat, dan terlalu banyak mengonsumsi serat bisa mengakibatkan kram perut dan juga kembung. Jika Sedulur memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, lebih baik konsultasi dulu mengenai diet dengan buah pisang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!