kalori pisang rebus

Pisang sudah menjadi sumber makanan, bahkan sejak pertama kali kita dilahirkan. Tentu saja hal ini karena manfaat yang diberikan oleh buah tersebut. Seiring dengan perkembangan tren, kini pisang sering dijadikan sebagai makanan utama saat diet. Bagi Sedulur yang ingin mencobanya, mungkin penasaran berapa sih kalori pisang rebus.

Banyak yang mengatakan jika kalori pisang kepok rebus maupun jenis pisang lainnya itu cukup rendah, dan sangat cocok untuk diet. Namun apakah hal itu memang benar? Lalu apa saja manfaat dari pisang tersebut bagi kesehatan? Langsung saja, simak informasi di bawah ini.

BACA JUGA: Kalori Ubi Rebus dan Singkong Rebus, Cocok Untuk Diet?

Pisang rebus berapa kalori?

kalori pisang rebus
pixabay

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pertanyaan seputar pisang kepok rebus berapa kalori itu sering dilayangkan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Akan tetapi, sebenarnya besaran kalori pada pisang rebus itu tergantung pada ukurannya.

Rata-rata untuk pisang yang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori. Namun berbeda ukuran, tentunya berbeda pula jumlah kalori yang dikandungnya. Nah, berikut ini daftar kalori pisang rebus kecil hingga yang ukurannya besar.

  • Pisang yang sangat kecil (81 gram): 72 kalori.
  • Pisang kecil (101 gram): 90 kalori.
  • Pisang sedang (118 gram): 105 kalori.
  • Pisang besar (136 gram): 121 kalori.
  • Pisang ekstra besar (152 gram): 135 kalori.
  • Pisang iris (150 gram): 134 kalori.
  • Pisang tumbuk (225 gram): 200 kalori.

Apabila Sedulur merasa kurang yakin tentang ukuran pisang yang akan direbus, maka bisa memperkirakan jika rata-rata satu buah pisang itu mengandung sekitar 100 kalori. Kurang lebih 93 persen kalori pisang berasal dari karbohidrat, 3 persen dari lemak, serta 4 persen dari protein.

Jadi jawaban untuk pertanyaan ‘apakah pisang rebus bikin gemuk’ itu adalah tidak, dan buah ini sangat cocok bagi Sedulur yang sedang menjalani program diet. Selain itu, pisang juga mengandung beberapa nutrisi seperti berikut.

  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Kalori.
  • Zat besi.
  • Kalium.
  • Protein.

Akan tetapi, beberapa studi awal menunjukkan jika perebusan pada pisang itu akan mempengaruhi nilai gizinya dalam batasan tertentu. Misalnya saja, ada penelitian yang menunjukkan jika merebus pisang berkemungkinan untuk melepaskan kandungan vitamin A di dalamnya.

Hanya saja, masih dibutuhkan penelitian secara lebih lanjut guna memahami sepenuhnya keterkaitan antara perebusan pisang dengan pelepasan nutrisinya. Proses pelepasan nutrisi dalam pisang akbitan perebusan juga harus diteliti lagi.

BACA JUGA: Ketahui Kalori Telur Rebus & Fakta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat pisang rebus untuk kesehatan

kalori pisang rebus
detik

Sampai disini mungkin kita sudah bisa memutuskan jika pisang rebus untuk diet itu memang dianjurkan, karena rendahnya kandungan kalori dan juga lemak. Namun tidak hanya sampai disitu, ada beberapa manfaat lain yang bisa diberikannya kepada tubuh kita.

Baik untuk pencernaan

pexels

Tentu saja Sedulur sudah tahu, jika pisang merupakan salah sati obat alami diare, khususnya untuk pisang hijau. Ya, buah yang satu ini memiliki kandungan prebiotik, probiotik, dan juga serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan.

Bagi seseorang yang memiliki kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan seperti pisang ini sangatlah dianjurkan. Namun selalu diingat, jangan sampai mengonsuminya secara berlebihan, ya.

Menurunkan tekanan darah

pexels

Tekanan darah yang tinggi dan tidak terkontrol, bisa meningkatkan peluang terkena penyakit jantung serta stroke. Nah, adanya kadar potasium yang tinggi dalam buah pisang, dinilai mampu membantu dalam menjaga tekanan darah agar lebih sehat.

Menjaga kadar kolesterol tetap sehat

pexels

Bisa dibilang bahwa manfaat utama dari pisang rebus itu adalah mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang ada di dalam darah. Tetapi, manfaat kesehatan yang satu ini terbatas pada jenis pisang tertentu. Jadi masih perlu dieksplorasi secara lebih lanjut.

BACA JUGA: Fakta Kalori Kurma, Bisa Turunkan Berat Badan?

Itulah sedikit penjelasan mengenai kalori pisang rebus dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Perlu untuk Sedulur dipahami, walaupun pisang dianggap sebagai salah satu makanan sehat, namun mengonsumsinya secara berlebihan justru akan berdampak buruk.

Pisang itu kaya akan serat, dan terlalu banyak mengonsumsi serat bisa mengakibatkan kram perut dan juga kembung. Jika Sedulur memiliki masalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, lebih baik konsultasi dulu mengenai diet dengan buah pisang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.