kalori ubi rebus

Bagi orang yang sedang menjalani program diet, menghitung berapa kalori ubi rebus itu menjadi hal yang sering dilakukan. Seperti yang diketahui, jenis makanan yang satu ini sering menjadi pilihan dalam diet. Hal ini karena ubi itu kaya akan nutrisi, dan kandungan kalorinya relatif rendah.

Ya, prinsip dasar dalam proses penurunan berat badan yakni jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dari jumlah kalori yang keluar dari tubuh. Oleh sebab itu, ubi menjadi pilihan tepat untuk mengganti makanan pokok seperti nasi dan roti.

Lalu sebenarnya ubi rebus berapa kalori? Dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? Langsung saja, mari kita bahas selengkapnya.

BACA JUGA: Panduan Diet Debm yang Efektif Untuk Pemula, Biar Cepat Turun

-->

Kalori ubi rebus

kalori ubi rebus
detik

Nah, berikut ini jumlah kalori yang terkandung dalam 100 gram jenis ubi.

Ubi jalar

Kalori ubi jalar rebus adalah 86 kkal pada setiap 100 gramnya.

Ubi ungu

Kalori ubi ungu rebus adalah 112 kkal untuk tiap 100 gramnya.

Ubi cilembu

Kalori ubi cilembu rebus adlaah 103 kkal dari 100 gramnya.

Manfaat ubi rebus

halodoc

Mengingat rendahnya kalori ubi jalar kukus atau rebus, membuat program diet bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, rasanya yang khas dengan teksturnya yang lembut, membuat banyak orang memilih jenis makanan yang satu ini.

Menariknya, ubi itu kaya akan kandungan nutrisi. Beberapa di antaranya seperti serat, karbohidrat, protein, natrium, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat, dan juga zinc.

Bahkan jenis makanan ini juga mengandung beberapa vitamin yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, C, B6, serta D. Jadi, rutin mengonsumsi ubi rebus akan memberi banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan daya tahan

Ubi itu kaya akan kandungan vitamin serta antioksidan, yang membantu kerja sel darah putih dan juga produksi antioksidan. Dengan ini, maka mengonsumsi ubi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Mengonsumsi ubi rebus dapat membantu menyehatkan kesehatan saluran pencernaan, lho. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan antioksidan dan serat yang baik bagi kesehatan usus. Senyawa tersebut dapat meningkatkan jumlah bakteri probiotik yang berperan menguatkan sel-sel pelapis dinding usus.

3. Menjaga kesehatan mata

Ubi ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Kandungan beta-karoten yang ada pada ubi, merupakan zat warna pembentuk vitamin A. Seperti yang telah diketahui, jenis vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan.

4. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa jenis ubi seperti ubi ungu, disebut mengandung antosianin. Nutrisi yang satu ini bisa membantu melindungi otak serta mencegah peradangan. Dengan mengonsumsi ubi, disebut juga bisa menurunkan risiko kerusakan karena paparan radikal bebas.

BACA JUGA: Panduan Cara Diet OCD yang Aman dan Efektif untuk Tubuh

Kalori ubi rebus vs singkong rebus

klikdokter

Nah, mungkin masih banyak yang bingung untuk memilih ubi atau singkong sebagai menu utama dalam program diet. Seperti yang tadi sudah disebutkan, rata-rata jumlah kalori dalam 100 gram ubi rebus itu tidak lebih dari 120 kkal. Sedangkan singkong rebus 100 gram, mengandung 153 kkal kalori.

Dari informasi tersebut, maka bisa dibilang jumlah kalori dalam ubi rebus itu lebih sedikit ketimbang singkong rebus. Jadi bagi Sedulur yang benar-benar ingin fokus pada program diet, disarankan untuk memilih ubi rebus sebagai makanan pokok.

BACA JUGA: 8 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet yang Efektif

Meskipun begitu, sebenarnya kedua jenis makanan tersebut mengandung jumlah kalori yang rendah, kok. Apalagi jika dibandingkan dengan makanan pokok yang biasa kita konsumsi sehari-hari, seperti nasi maupun roti.

Namun selain kalori ubi rebus yang rendah, hal lain yang tidak kalah penting adalah manfaat yang diberikan. Jadi selain menurunkan berat badan, Sedulur juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.