Salah satu pilihan camilan terbaik adalah keripik ubi ungu, yuk simak cara membuatnya di bawah ini!

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan cara membuat keripik ubi ungu. Resep keripik ubi ungu yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini bisa menjadi pilihan camilan Sedulur. Di tengah musim hujan seperti saat ini, menikmati camilan sambil mendengarkan musik adalah hal yang sangat cocok.

Baik itu cara membuat keripik ubi renyah, cara membuat keripik ubi manis, cara membuat keripik ubi yang renyah dan resep keripik ubi renyah yang umumnya dibuat akan dijelaskan dalam artikel kali ini. Olahan ubi ungu yang simple merupakan pilihan tepat. Yuk, tanpa berlama-lama, kita langsung saja simak langkah dan cara membuat keripik singkong renyah dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Ubi Jalar yang Harus Kamu Tahu, Bikin Sehat!

Cara Membuat Keripik Ubi Ungu yang Super Mudah dan Kriuk!

1. Bahan yang Dibutuhkan

1. Bahan yang Dibutuhkan
nusantaratv.com

Untuk membuat keripik ubi ungu, Sedulur tentu saja membutuhkan bahan-bahan, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 1 kg ubi ungu, pilih yang berkualitas bagus
  • 2 sdm munjung gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 sdm soda kue
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng

2. Kupas dan Iris

2. Kupas dan Iris
cybex.pertanian.go.id

Setelah bahan terkumpul, sebelum mulai pada proses pengolahan, Sedulur harus mengupas ubi ungu dengan baik hingga semua kulitnya terkelupas. Selanjutnya, Sedulur iris tipis ubi ungu. Pastikan ukurannya sesuai selera, karena akan mempengaruhi kualitas keripik ubi ungu nantinya.

3. Cuci dan Rendam Ubi

3. Cuci dan Rendam Ubi
desamodern.com

Langkah selanjutnya dalam membuat keripik ubi ungu adalah mencuci hingga bersih. Cuci bersih berkali-kali, disarankan mencuci hingga empat kali. Hal ini untuk menghilangkan getah yang terdapat pada ubi ungu, agar keripik ubi ungu bisa sangat kriuk. Lalu rendam dengan menggunakan air soda kue sebanyak 1 sdm selama 1 jam lebih, hal ini juga akan mempengaruhi kerenyahan keripik nantinya.

4. Campur dengan Gula dan Garam

4. Campur dengan Gula dan Garam
bisnisukm.com

Langkah selanjutnya setelah direndam selama satu jam adalah mencuci kembali hingga soda kue hilang dan bersih pada ubi ungu yang telah direndam. Lalu campurkan dengan gula, garam dan air. Aduk rata ubi ungu dengan bahan tersebut dan pastikan ubi ungu menyerap air garam dan gula. Agar memiliki rasa yang gurih saat nanti digoreng.

5. Goreng Keripik Ubi Ungu

bisnisusahaindonesia.com

Langkah terakhir adalah menggoreng keripik ubi. Gunakan minyak dengan jumlah yang banyak dan panaskan minyak terlebih dahulu, agar ubi ungu bisa digoreng dengan mudah. Setelah ubi agak kokoh dan kering, kecilkan abi dan beri 1 hingga 2 sdm gula, taburkan pada ubi yang sedang digoreng. Agar rasa ubi bisa lebih manis lagi.

Setelah kering, angkat keripik ubi dan tiriskan. Keripik ubi pun siap dinikmati sebagai camilan di tengah cuaca dingin saat musim hujan ini. Sedulur juga bisa menyiapkan teh hangat untuk menemani menyantap keripik ubi. Menyimak cara membuat keripik ubi di atas, cara yang dilakukan sangat mudah. Sedulur hanya membutuhkan bahan-bahan untuk membuat keripik.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Keripik Singkong Keju Sendiri di Rumah

Beli Bahan Keripik Ubi di Aplikasi Super

Beli Bahan Keripik Ubi di Aplikasi Super
superapp.id

Agar Sedulur lebih untung dan lebih mudah dalam membuat keripik ubi, Sedulur bisa membeli ubi jalar yang dibutuhkan dan beberapa bahan lainnya dengan membelinya di Aplikasi Super. Membeli bahan dan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super dapat membuat Sedulur untung super melimpah, plus Sedulur akan lebih mudah lagi.

Sedulur bisa menyediakan ubi jalar sebagai persediaan dengan membelinya di Aplikasi Super. Jangan lupa juga untuk klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Melalui Super Eats, Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan kebutuhan makanan, baik itu sayuran, buah-buahan, daging dan berbagai bahan lainnya.

Jangan lupa juga untuk klik di sini agar Sedulur bisa mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, karena banyak program menarik yang super menguntungkan untuk Sedulur. Yang paling penting, selalu ada bonus dan kejutan menarik yang dapat membuat Sedulur untung super melimpah dari Aplikasi Super.