kripik ubi ungu

Keripik ubi ungu merupakan salah satu camilan yang digemari banyak orang, khususnya di Indonesia. Hal ini tak lepas dari bahan utamanya, yaitu ubi ungu yang memiliki cita rasa lezat dan kaya akan nutrisi. Tak hanya itu, ubi ungu juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran maupun ditanam sendiri di rumah.

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat keripik ubi ungu sebagai pilihan camilan Sedulur dan keluarga di rumah. Selain bahannya mudah didapatkan, cara membuat camilan ini juga cukup mudah. Sehingga Sedulur bisa mencobanya sendiri. Tertarik untuk membuat camilan keripik ubi ungu? Berikut resep selengkapnya. Catat bahan dan cara membuatnya, ya!

-->

BACA JUGA: 7 Resep MPASI Ubi Ungu yang Sehat untuk Bayi dan Manfaatnya

Resep keripik ubi ungu yang kriuk

Kunci camilan keripik yang lezat tidak hanya terletak pada rasanya, melainkan juga teksturnya yang kriuk. Sayangnya membuat camilan kriuk kerap menjadi tantangan tersendiri. Namun Sedulur tidak perlu khawatir, sebab pada resep kali ini akan dipaparkan cara membuat keripik ubi ungu yang kriuk dan tentunya tahan lama sehingga bisa menjadi stok camilan di rumah.

1. Bahan yang dibutuhkan

keripik ubi ungu
Nusantaratv.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat camilan keripik ubi ungu adalah menyiapkan bahan-bahannya. Berikut bahan keripik ubi yang harus Sedulur siapkan.

  • 1 kg ubi ungu, pilih yang berkualitas bagus
  • 2 sdm munjung gula pasir
  • 50 ml air
  • 1 sdm soda kue
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

2. Kupas dan iris bahan

2. Kupas dan Iris
cybex.pertanian.go.id

Setelah bahan terkumpul, sebelum mulai pada proses pengolahan, Sedulur harus mengupas ubi ungu dengan baik hingga semua kulitnya terkelupas. Selanjutnya, Sedulur iris tipis ubi ungu. Pastikan ukurannya sesuai selera, karena akan mempengaruhi kualitas keripik ubi ungu nantinya. Untuk mendapatkan hasil irisan ubi ungu yang pas, Sedulur bisa menggunakan bantuan alat pemotong.

BACA JUGA: Resep Bola Ubi Kopong Legit Lembut yang Enak

3. Cuci dan rendam irisan ubi

3. Cuci dan Rendam Ubi
desamodern.com

Langkah selanjutnya dalam membuat camilan ini adalah mencuci ubi ungu yang sudah diiris hingga bersih. Sedulur bisa cuci bersih berkali-kali, disarankan mencuci hingga empat kali. Hal ini untuk menghilangkan getah yang terdapat pada ubi ungu, agar keripik ubi ungu bisa sangat kriuk. Lalu rendam dengan menggunakan air soda kue sebanyak 1 sdm selama 1 jam lebih, hal ini juga akan mempengaruhi kerenyahan keripik nantinya.

4. Campur dengan gula dan garam

4. Campur dengan Gula dan Garam
Bisnisukm.com

Langkah selanjutnya setelah direndam selama satu jam adalah mencuci kembali hingga soda kue hilang dan bersih pada ubi ungu yang telah direndam. Lalu campurkan dengan gula, garam dan air. Aduk rata ubi ungu dengan bahan tersebut dan pastikan ubi ungu menyerap air garam dan gula. Agar memiliki rasa yang gurih saat nanti digoreng.

5. Goreng keripik ubi ungu

bisnisusahaindonesia.com

Langkah terakhir adalah menggoreng keripik ubi. Gunakan minyak dengan jumlah yang banyak dan panaskan minyak terlebih dahulu, agar ubi ungu bisa digoreng dengan mudah. Setelah ubi agak kokoh dan kering, kecilkan abi dan beri 1 hingga 2 sdm gula, taburkan pada ubi yang sedang digoreng. Agar rasa ubi bisa lebih manis lagi.

Setelah kering, angkat keripik ubi dan tiriskan. Keripik ubi pun siap dinikmati sebagai camilan di tengah cuaca dingin saat musim hujan ini. Sedulur juga bisa menyiapkan teh hangat untuk menemani menyantap keripik ubi. Menyimak cara membuat keripik ubi di atas, cara yang dilakukan sangat mudah. Sedulur hanya membutuhkan bahan-bahan untuk membuat keripik.

Itu dia cara mudah membuat keripik ubi ungu yang renyah. Selain untuk camilan keluarga di rumah, Sedulur juga mencoba resep di atas sebagai peluang usaha. Terlebih ubi ungu merupakan bahan makanan yang digemari banyak orang.

Agar lebih untung dalam menjalankan usaha camilan keripik ubi, Sedulur bisa membeli bahan-bahan seperti gula pasir, garam, dan minyak goreng di Aplikasi Super. Selain dijamin murah dan banyak diskon, Aplikasi Super juga menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sesuai alamat. Sehingga Sedulur tidak perlu khawatir jika perlu membeli banyak bahan untuk membuat keripik ubi ungu.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan dapur dan usahamu!