Telur merupakan sumber protein yang bisa diolah menjadi makanan apa saja. Cara pengolahan telur yang paling umum adalah digoreng, didadar, atau direbus. Tak hanya itu, telur juga bisa menjadi bahan campuran untuk membuat adonan roti atau kue kering. Saking serbagunanya, telur mendapat label super food.

Meski dapat diolah dengan berbagai cara, olahan telur paling sehat untuk dikonsumsi adalah dengan cara direbus. Hal ini disebabkan karena nutrisi terbaik pada telur adalah saat direbus. Kalori telur rebus dianggap lebih rendah dibandingkan dengan telur yang digoreng. Telur rebus sangat baik untuk Sedulur yang sedang menjalani program diet sehat.

Nah, lantas berapa kalori telur rebus? Lalu apa saja manfaat telur rebus? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Membuat Omelet Mie Telur yang Renyah & Enak

-->

1. Kalori telur rebus

kalori telor rebus
Pexels

Sedulur pasti bertanya-tanya telur rebus berapa kalorinya? Nah menjawab pertanyaan ini, yuk simak ulasan lengkap dari laman Fat Secret Indonesia, terkait kalori telur rebus yang wajib diketahui.

  • 1 iris telur rebus mengandung 8 kalori
  • Dalam 1 ukuran kecil telur rebus mengandung 57 kalori
  • Dalam 1 butir telur rebus atau sekitar 50 gram bisa mengandung 77 kalori
  • Dalam 1 butir telur setengah matang mengandung kurang lebih 78 kalori telur rebus setengah matang.  
  • Dalam 100 gram telur rebus maka akan mengandung 154 kalori
  • Terakhir dalam 1 mangkok telur rebus maka akan mengandung 209 kalori saja.
  • Kalori dalam indomie rebus telur mencapai 330 kalori.

Setelah memahami penjelasan di atas, kita mulai tahu bahwa persentasi kalori telur rebus yang matang dan setengah matang tidak jauh berbeda. Keduanya masih sama-sama mempunyai kalori yang cukup rendah. Meski demikian, kalori pada telur rebus akan jauh berbeda dengan yang diolah dengan cara digoreng. Sebab, adanya tambahan minyak goreng untuk memasak telur akan menambah pula jumlah kalorinya.

Dalam menikmati telur rebus, ternyata ada tips dan triknya. Sebagai makanan yang bisa mengenyangkan, telur rebus harus dinikmati dalam keadaan segar dan sehat. Sebab, telur yang direbus cukup bermanfaat dalam menurunkan berat badan kita.

2. Tips sederhana menikmati telur rebus

kalori telor rebus
Pexels

Berikut adalah tips sederhana menikmati telur rebus. Sebab jika terlalu sering menikmati telur rebus tanpa variasi, akan membuat Sedulur bosan. Nah, supaya menghindari kejenuhan, mungkin bisa mencoba trik sederhana di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah berikan sejumput garam pada telur rebus yang telah matang. Patut diingat, garam tidak mengandung kalori, namun harus tetap diperhatikan mengenai takarannya
  • Menikmati telur rebus dengan sandwich sebagai varian sarapan sehat 
  • Kamu bisa menambahkan makanan ini dengan sajian roti gandum, peterseli, tomat cherry, dan alpukat sebagai pelengkapnya. Sehingga rasanya pasti lebih nikmat

Itulah cara menikmati sajian telur rebus supaya tidak merasa jenuh. Dan jika kalian bertanya, rebus telur berapa menit? Waktu yang umum untuk merebusnya adalah 6 sampai 8 menit untuk soft boiled eggs. Lalu 10  sampai 12 menit untuk hard boiled eggs. Kemudian, jika ingin mendapatkan matang sempurna, bisa merebusnya selama 14  menit. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tingkat kematangan sempurna.

BACA JUGA: 8 Manfaat Telur Ayam Kampung, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

3. Tips mengupas cangkang telur

kalori telor rebus
Pexels

Ada lima langkah cara mengupas cangkang telur yang wajib kamu tahu. Di  antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Letakkan telur ke dalam panci. Lalu tambahkan air secukupnya sampai benar-benar menutupi telur
  • Langkah kedua adalah rebus telur menggunakan api sedang
  • Langkah tiga adalah matikan api dan kemudian tutup pancinya
  • Langkah empat adalah diamkan 10-12 menit jika ingin telurnya menjadi lembut.
  • Terakhir adalah tiriskan telur dan pindahkan telur ke dalam mangkuk air es sekitar 5 menit.

Itulah cara sederhana bagaimana mengupas cangkang telur. Dengan menikmati telur rebus, kamu bisa menurunkan berat badan secara normal dan rendah efek samping.

4. Manfaat mengonsumsi telur rebus

kalori telor rebus
Pexels

Mengonsumsi telur rebus dianggap dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat menurunkan berat badan secara normal. Perlu diketahui, kalori telur rebus dalam satu butirnya adalah 77 kalori. Rinciannya adalah kandungan nutrisi 64%, lalu kandungan lemak mencapai 3% karbohidrat, dan terakhir adalah 33% protein. Dikutip dari laman WebMD, protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D dalam mendorong perkembangan prenatal.

Sehingga, telur rebus adalah makanan yang cukup baik untuk dinikmati oleh Sedulur yang sedang menjalani program hamil. Selain berguna untuk Sedulur yang menjalankan program diet atau masa kehamilan, dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan lain. Di antarannya adalah sebagai berikut:

Menjaga kesuburan

Mungkin ada Sedulur di sini yang kesulitan dalam mendapatkan keturunan? Ya, bisa jadi, ada yang salah dalam pola makan kamu. Sebab, faktor kesuburan ternyata bisa disebabkan karena pola makan yang salah lho Sedulur. Mengatasi masalah ini, maka kamu harus mengonsumsi telur rebus.

Telur kaya akan vitamin B yang penting untuk kesuburan.  Di samping itu, telur mengandung juga asam lemak  omega-3 yang sangat penting untuk  meningkatkan kesuburan. Baik untuk pria ataupun kalangan wanita. Sehingga dianjurkan untuk kamu yang  mengalami masalah dalam hal mendapat keturunan. Rutinlah konsumsi telur rebus setiap hari, agar dapat merasakan manfaatnya.

Menjaga kesehatan mata

Selain bermanfaat dalam menjaga kesuburan pria dan wanita, ternyata mengonsumsi makanan  ini, berguna dalam menjaga kesehatan mata. Perlu diketahui dalam kandungan kuning telur rebus, mengandung banyak zat seperti lutein, zeaxanthin, dan antioksidan yang bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata. Telur juga mengandung zat vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Jadi, sebelum kamu periksa mata ke dokter dan kondisi mata masih sehat, maka tak ada salahnya untuk menikmati  makanan ini. Dan jadikan telur rebus sebagai makanan sehat untuk sarapan pagi Sedulur. Sebab seiring bertambahnya usia, setiap orang perlu merawat kesehatan mata. Supaya dapat terjaga dengan baik dan pandangan tetap jernih melihat apa pun di sekitar kita.

Mengurangi kolesterol

Selain baik untuk kesehatan mata, telur rebus juga baik untuk menekan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Ya, seiring bertambahnya usia, pola makan seseorang mungkin tidak akan terkontrol . Seperti makan larut malam, banyak mengonsumsi alkohol, mengonsumsi gorengan, dan terakhir menikmati sajian makanan cepat atau fast food. Makanan-makanan seperti ini, bisa memicu kolesterol seseorang meningkat pesat.

Akibatnya, penyakit-penyakit kronis mudah menyerang. Seperti serangan jantung, penyakit diabetes, ginjal dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebelum bertambah parah, maka lebih baik mulai mengatur pola makan. Salah satunya, mengambil manfaat kalori telur rebus. Bagian telur rebus yang dianggap punya manfaat lebih adalah di bagian putih telur.

Bagian putih telur dianggap lebih sehat dibandingkan dengan kuning telurnya. Sebab, pada bagian putih telur mampu menjadi cemilan sehat yang rendah kolesterol. Meski demikian, masih perlu kajian lebih lanjut tentang efektifitas putih telur dalam menekan kolesterol.

Kebiasaan makan kalori telur rebus merupakan aktivitas yang baik.  Umumnya orang sehat, mengonsumsi telur tujuh butir dalam seminggu. Hal ini dilakukan agar menekan risiko penyakit jantung yang kerap diderita orang yang berusia lanjut. Tidak hanya menekan risiko sakit jantung,  menikmati makanan ini dipercaya dapat mencegah penyakit stroke.

Meski berguna dalam mengatasi penyakit kronis seperti jantung dan penyakit stroke, namun mengonsumsi telur juga tidak boleh sembarangan. Terlebih jika Sedulur mempunyai riwayat penyakit diabetes, maka disarankan untuk perlu menjaga asupan telur setiap harinya.

Menjaga kesehatan mental

Meski dipercaya dapat mengobati penyakit kronis secara bertahap seperti jantung dan stroke, namun ternyata  telur rebus juga baik untuk kesehatan mental. Sebab, telur mengandung kolin dan nutrisi yang dibutuhkan dalam memproduksi asetilkolin. Ini merupakan semacam neurotransmitter yang mempengaruhi otak yang bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati

Jadi bisa dipastikan, bahwa mengonsumsi telur rebus dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Yuk tak ada salahnya mengonsumsi telur rebus secara rutin, namun tetap perhatikan jumlahnya ya.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

5. Dampak mengonsumsi telur rebus

kalori telor rebus
Pexels

Mengonsumsi makanan ini memang baik untuk kesehatan. Hanya saja, kamu juga perlu mengatur berapa total yang harus dikonsumsi. Sebab, jika kamu melebihi batas yang dianjurkan, yaitu sehari satu butir telur, maka yang ada penyakit ganas dapat menyerangmu. Berikut ini adalah dampak negatif dari menikmati makanan ini. Yuk simak baik-baik.

Kolesterol dan lemak jenuh

Untuk tetap menjaga kesehatan, asupan kolesterol yang baik tidak boleh lebih dari 300 mg dalam sehari. Jika Sedulur makan telur sebanyak dua butir untuk keperluan sarapan pagi, maka takaran kolesterol harian sudah tercukupi. Sementara untuk pendoman diet, direkomendasikan  untuk mendapat maksimal 10 persen kalori dari lemak jenuh.

Bagi kalian yang gemar mengonsumsi telur ayam tak perlu khawatir karena memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit. Kandungannya hanya mencapai sekitar 1,6 gram per telur berukuran besar.

Diabetes

Selain bisa memicu kolesterol jahat jika terlalu banyak makan telur, ternyata juga bisa menimbulkan diabetes. Sebuah studi tahun 2013 di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan ada hubungan  antara konsumsi telur dan peningkatan insiden diabetes tipe 2.

Namun di satu sisi pula, ada studi yang menyebut diabetes tipe 2 sangat rendah dialami mereka yang merupakan pria paruh baya dan lebih tua yang rutin dalam mengonsumsi telur. Dengan variatifnya penjelasan soal dampak mengonsumsi telur, maka belum bisa mendapat kesimpulan secara pasti. Meski demikian, Sedulur bisa memilih protein lain selain telur.

Demikian ulasan tentang  kalori telur rebus, manfaat hingga dampak yang ditimbulkan. Semoga penjelasan ini menambah wawasan kita ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.