tips agar anak rajin belajar

Sebagai orang tua, tentu Sedulur ingin memiliki anak yang rajin belajar. Namun, perlu bimbingan dan arahan dari orang tua supaya sifat rajin belajar tumbuh dalam diri anak. Maka dari itu, sebagai orang tua Sedulur wajib tahu tips agar anak rajin belajar dengan metode yang tepat dan efektif. Tips tersebut tak hanya membuat anak terhindar dari rasa malas, tapi juga menambah kedekatan antara orang tua dan anak.

Namun dalam memberikan bimbingan saat anak belajar, tentu Sedulur harus berhati-hati dalam memilih bahasa yang digunakan agar diterima anak dengan baik. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan orang tua dan bagaiamana tips agar anak rajin belajar? Mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Belajar Membaca Anak TK dan SD, Mudah Diterapkan

1. Jadikan momen belajar menyenangkan

manfaat homeschooling
Parents

Jangan pernah marah dan meluapkan emosi saat anak belajar. Karena hal tersebut akan diingat oleh anak bahwa proses belajar merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan. Hal ini yang dapat membuat anak malas dan tidak mau belajar. Tips agar anak rajin belajar yaitu dengan membuat momen belajar begitu menyenangkan. Sebagai orang tua Sedulur harus sabar, terutama saat menemani anak belajar.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan media digital. Seperti menggunakan lagu atau media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani si kecil belajar. Cara mengatasi anak malas belajar di usia dini ini dapat membuatnya betah duduk di kursi untuk belajar.

2. Pacu dengan hadiah

Memberikan hadiah adalah salah satu cara agar anak mau belajar yang patut dicoba. Hadiah tidak melulu harus berbentuk materi. Pujian, dukungan, dan kasih sayang pun dapat menjadi hadiah yang berharga dan bisa memotivasi anak untuk rajin belajar. Jika Sedulur ingin memberikan hadiah berupa materi, lakukanlah. Namun, cara mengatasi anak susah belajar ini tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang karena bisa membuatnya hanya mau belajar jika diberikan hadiah.

Maka dari itu, orang tua disarankan untuk lebih bijaksana lagi dalam memilih hadiah yang diberikan kepada anak supaya memotivasinya dalam belajar. Hal ini juga dapat memotivasi anak dan membuat anak yakin bahwa belajar merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan.

3. Jangan sungkan beri pujian

Tips agar anak rajin belajar adalah dengan jangan sungkan memberikan pujian. Semakin sering memberikan pujian saat anak belajar dana memberikan motivasi pada anak. Ditambah ketika anak dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Namun, tujuan memberikan pujian bukan saat anak menjawab pertanyaan dengan benar, justru saat anak mau berusaha menjawab pertanyaan. Cara agar anak mau belajar ini dapat membuatnya termotivasi dan lebih percaya diri dalam belajar sehingga tidak ada rasa malas pada benaknya.

4. Ajak anak terbiasa membaca

Agar anak lebih tertarik dalam membaca dan belajar, orang tua disarankan untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah. Tidak perlu buku pelajaran, buku-buku cerita bergambar juga boleh dibaca oleh si kecil. Tips agar anak mau belajar ini dapat meningkatkan imajinasi dan membuatnya menjadi gemar membaca. Nantinya, tidak hanya buku bergambar saja yang dapat mereka senangi, tapi juga buku-buku pelajaran yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

5. Buat jadwal belajar yang teratur

Cara mendidik anak agar cepat tanggap dalam belajar yang patut dicoba adalah membuat jadwal belajar yang teratur. Jadwal belajar yang teratur dapat membuat anak menjadi lebih fokus terhadap waktu-waktu di mana si kecil harus belajar. Setelah belajar, Sedulur juga dapat membuat jadwal bermain agar anak tidak merasa bosan. Seimbangkan jadwal belajar dan bermain anak, agar anak tidak merasa bosan dan tertekan dengan kewajiban untuk belajar.

BACA JUGA: 10 Cara Belajar Menulis Anak TK Beserta Manfaatnya

6. Bimbing anak belajar setiap waktu

manfaat homeschooling
Unsplash

Jangan hanya menyuruh anak belajar dan berharap ia akan rajin belajar. Cobalah untuk berada di sampingnya saat Sedulur memintanya untuk belajar. Cara mengarahkan anak agar mau belajar ini memudahkan orang tua dalam membimbing. Selain itu, tentu saja memberikan dukungan agar si kecil menjadi semangat belajar. Peran orang tua dalam proses anak rajin belajar sangat penting. Bahan keberadaan orang tua menjadi kunci bagaimana anak sangat menyukai proses belajar.

7. Ajak anak aktif bertanya

Terkadang, rasa malas belajar bisa datang saat anak hanya mendengarkan saja, tanpa beropini atau bertanya apa pun. Maka dari itu, orang tua disarankan dapat menyemangati anak untuk rajin bertanya saat sedang belajar. Cara agar rajin belajar ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak. Lebih jauh lagi, rasa ingin tahu atau penasaran yang tinggi bisa memicu motivasi anak untuk belajar.

8. Ikuti gaya belajar anak

Anak-anak tidak selalu mau untuk duduk dan belajar di kursi. Bisa jadi, gaya belajar anak tidak seperti itu. Mungkin, anak Sedulur lebih suka belajar dengan langsung mempraktikannya. Atau, ia lebih suka belajar dengan bantuan gambar, misalnya dengan video. Jika Sedulur sudah menemukan gaya belajar anak, bantu ia untuk memaksimalkannya agar proses pembelajaran menjadi tidak membosankan dan lebih efisien.

9. Dengarkan pendapat anak saat belajar

Apa yang Sedulur anggap benar, belum tentu sama dengan anggapan anak Sedulur. Di dalam proses pembelajaran, biarkan anak menjadi kritis dan izinkan ia untuk beropini. Bahkan, orang tua juga disarankan untuk mendengarkan anak meskipun opininya kurang tepat. Setelah itu, barulah Sedulur bisa membimbingnya. Cara membuat anak pintar dan rajin belajar ini dianggap bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dalam belajar sehingga rasa malas dapat dieliminasi. Maka penting untuk membiasakan mendengarkan pendapat atau opini anak.

10. Tanamkan sikap disiplin

Meskipun orang tua disarankan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan pada proses pembelajaran anak, bukan berarti Sedulur boleh bersikap lembek. Cobalah untuk tetap menanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak agar si kecil tahu kapan waktunya untuk belajar. Meski begitu, jangan bersikap manipulatif dan terlalu menuntut karena hal ini malah bisa membuat anak malas belajar. Tentu Sedulur tidak ingin si kecil malah menjadi malas belajar ‘kan? Oleh karena itu, tips anak rajin belajar satu ini wajib dilakukan.

11. Bangun komunikasi dengan guru

manfaat homeschooling
Verywell Family

Pernahkah Sedulur melihat anak malas belajar subjek atau pelajaran tertentu? Cobalah berdiskusi dengan guru atau wali kelasnya di sekolah. Tanyakan pada gurunya, kira-kira apa yang membuat anak tidak menyukai pelajaran tersebut. Bisa jadi ada suatu hal di sekolah yang membuat si kecil tidak menyukainya. Bersama dengan guru, Sedulur dapat menciptakan strategi agar anak tidak malas belajar dan tentunya meningkatkan nilai-nilai akademisnya di sekolah.

12. Berikan pelajaran dari pengalaman

Sebagai orang tua yang juga pernah mengalami masa kecil dan telah melewati masa-masa belajar, hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan bercerita dan berdiskusi. Sampaikan bahwa dulu juga Sedulur sebagai orang tua melewati proses ini dan akhirnya memberikan manfaat penting bagi kehidupan. Tidak perlu sampai menjelaskan hal yang rumit, ceritakan dengan bahasa yang sederhana dan jadikan sebagai momentum untuk sharing. Si kecil pun akan tertarik dan akan termotivasi belajar meniru orang tuanya.

Demikian tadi tips anak rajin belajar yang bisa jadi rujukan Sedulur agar bisa memberikan arahan dan bimbingan yang tepat kepada anak. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan bisa bermanfaat bagi perkembangan si kecil sehingga bisa menjadi anak yang rajin belajar.