Sebagai orang tua, Ibu Super wajib mengetahui hal penting mengenai psikologi anak. Simak ulasannya di bawah ini.

Sebagai orang tua yang baik, tentu saja wajib memahami psikologi perkembangan anak. Mengetahui dan memahami aspek aspek perkembangan dalam psikologi anak usia dini merupakan hal dasar yang akan menjadi pondasi penting dalam aspek perkembangan anak usia dini.

Bahkan, hal tersebut turut mempengaruhi tingkah laku anak di masa remaja dan dewasa. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas perihal perkembangan psikologi anak. Pengertian perkembangan mental anak berarti segala sesuatu dalam pertumbuhan anak yang non-fisik, seperti pemahaman, pemikiran dan penilaian anak terhadap sesuatu.

Perkembangan mental anak merupakan bagian dari aspek psikologis. Dalam ilmu psikologi anak, pertumbuhan psikologi atau mental anak merupakan hal yang sama pentingnya dengan pertumbuhan fisik anak. Karena, dalam pengertian psikologi anak, perkembangan mental merupakan pondasi bagi anak untuk menghadapi kehidupan.

-->

Perkembangan anak adalah aspek yang tumbuh pada anak, meliputi fisik dan psikis. Konsep perkembangan anak sama dengan perkembangan fisik, hanya aspek yang perhatikan adalah aspek psikis anak, seperti mentalitas, pemikiran, penilaian dan hal lainnya yang berkaitan dengan psikologi. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar hal yang perlu dipahami oleh Ibu Super perihal aspek psikologi anak di bawah ini.

Baca Juga: Cara Belajar Membaca Anak TK [Cepat, Mudah & Efektif]

Daftar Hal yang Perlu Ibu Super Pahami Seputar Psikologi Anak

1. Perkembangan Pada Anak

1. Perkembangan Pada Anak
halodoc.com

Sebagai Ibu Super, terdapat beberapa hal yang harus dipahami berkaitan dengan perkembangan anak. Salah satu hal yang penting adalah perkembangan fisik, namun hal tersebut bukan satu-satunya yang penting. Terdapat juga beberapa perkembangan piskologi anak. Berikut ini terdapat beberapa aspek perkembangan anak yang perlu Ibu Super pahami:

  • Perkembangan fisik: perkembangan ini merujuk pada perubahan yang terjadi pada tubuh dan fisik anak. Aspek perkembangan yang mudah dipahami, karena akan terlihat jelas seiring dengan berkembangnya tubuh anak. Kemampuan motorik termasuk dalam hal perkembangan anak, baik motorik kasar atau halus.
  • Perkembangan kognitif: salah satu aspek perkembangan psikologi anak adalah perkembangan kognitif atau intelektual anak. Perkembangan ini merujuk pada bagaimana anak memperoleh pengetahuan, termasuk bahasa, imajinasi, penalaran dan pola pikir.
  • Perkembangan sosial dan emosional: aspek perkembangan psikologi anak selanjutnya adalah perkembangan sosial dan emosional, yang merujuk pada bagaiman anak-anak berteman dan bermain secara berkelompok. Lalu, bagaimana anak mengungkapkan emosinya, seperti marah, senang, sedih dan emosi lainnya.

2. Pencapaian

2. Pencapaian
kompas.com

Dalam tumbuh kembang psikologi anak, pencapaian merupakan aspek penting untuk menilai sejumlah perkembangan anak. Terdapat beberapa aspek pencapain dalam perkembangan anak, termasuk capaian pada psikologi anak:

  • Pencapaian fisik: hal ini bisa dilihat dari perkembangan kemampuan motorik halus dan motorik kasar anak.
  • Pencapaian kognitif: bisa dilihat pada kemampuan anak  berpikir, menangkap pelajaran atau arahan dan juga kemampuan anak menyelesaikan masalah.
  • Pencapaian sosial dan emosional: dalam aspek ini dapat dilihat dari kemampuan anak bersosialisasi, bermain bersama anak-anak lainnya. Dan juga ketika anak mengungkapkan perasaannya.
  • Pencapaian komunikasi dan bahasa: dapat terlihat ketika anak dapat menyampaikan sesuatu dengan komunikasi yang baik. Baik secara verbal dan non-verbal.

3. Perilaku Anak

3. Perilaku Anak
tempo.co

Faktor lain yang wajib Ibu Super ketahui dalam tumbuh kembang psikologi anak yaitu pada perilaku anak, biasanya anak di usia dini akan bertindak seenaknya dan bertindak kasar, memberontak dan menunjukan perilaku impulsif. Perilaku tersebut merupakan hal yang sangat normal yang dialami oleh anak.

Namun jika Sedulur mendapatkan anak yang memiliki perilaku yang tidak normal, Sedulur bisa meminta bantuan psikolog anak, seperti anak hipersensitif, takut bertemu orang asing dan tidak mau diajak keluar dari lingkungannya. Hal ini merupakan faktor yang menunjukan gejala kelainan pada psikologi diri sang anak, dan harus segera ditangani.

Baca Juga: Begini Cara Jitu Mengajarkan Si Kecil Menghormati Orang Tua

4. Emosi Anak

4. Emosi Anak
parenting.co.id

Setiap anak usia dini biasanya memiliki emosi yang sangat meluap. Ibu Super wajib mengetahui ketika anak mengeluarkan emosi yang meluap, entah itu marah atau gembira. Dengan mengetahuinya, Sedulur bisa memberikan pelajaran dan pengertian pada anak bagaimana cara mengelola emosinya. Terutama amarah yang berlebih dan meluap.

Hal ini juga akan membantu anak-anak seiring mereka tumbuh dan berkembang dan mengetahui perasaan lainnya, seperti rasa malu. Terkejut, bahagia dan lain sebagainya.

5. Bersosialisasi

5. Bersosialisasi
klikdokter.com

Ibu Super sebagai orang tua  wajib sekali mengajak anak bersosialisasi, mengenal lingkungan sekitar, mengenal orang-orang yang ada di lingkungan sekitar, dan mengajak main anak dengan anak-anak yang seusia. Hal ini akan merangsang anak untuk memiliki rasa sosial yang tinggi dan terhindar dari anak yang memiliki perasaan malu dan minder. Karena menjadi anak yang pemalu dan miner akan merugikan anak itu sendiri dalam tumbuh kembangnya.

6. Berkomunikasi dengan Anak

6. Berkomunikasi dengan Anak
tirto.id

Biasakan untuk berkomunikasi dengan anak, berikan cerita kepada anak, baik itu dongeng atau pengalaman Ibu Super sebagai anak-anak di masa lalu. Dengan menjalin komunikasi dengan anak secara rutin, hal tersebut akan merangsang anak untuk terbiasa berkomunikasi dan menyampaikan ide, pemikiran dan perasaan pada anak tersebut. Sangat baik untuk perkembangan psikologi anak.

7. Waspadai Pelecehan Psikologis

7. Waspadai Pelecehan Psikologis
liputan6.com

Hal yang paling rawan dan sangat mengkhawatirkan dalam tumbuh kembang anak adalah pelecehan psikologi, yang menjadi kebiasaan buruk di Indonesia. Psikologi anak akan sangat terganggu dengan bullying. Sedulur wajib mendampingi dan terus memantau perkembangan anak, agar terhindar dari bullying dan pelecehan psikologis.

Mengetahui tumbuh kembang psikologi anak merupakan hal yang sangat penting, bahkan tidak kalah penting dengan pertumbuhan fisik. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi Ibu Super dalam mendidik anak. Jangan lupa juga seimbangi dengan asupan makanan agar fisik dan psikis anak tumbuh seimbang.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai asupan bergizi untuk anak dengan membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan langsung melakukan transaksi untuk setiap kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan gizi anak. Selamat mencoba dan pastikan sang anak tumbuh sebagaimana mestinya.