Belajar membaca baik dilakukan saat kanak-kanak, maka belajar membaca anak TK merupakan waktu terbaik.

Usia kanak-kanak merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan kemampuan, waktu belajar membaca anak yang tepat. Usia kanak-kanak seperti anak TK merupakan bagian tahap kritis dalam kehidupan seseorang. Perkembangan otak terus berjalan sehingga menjadi langkah yang tepat untuk mengajarkannya belajar, salah satunya membaca.

Membaca merupakan gerbang menuju jendela ilmu. Tak hanya di sekolah, orang di sekitar anak sebaiknya mampu untuk mengajak belajar membaca anak TK. Bahkan sebelum memasuki TK, kini sudah bisa belajar membaca untuk anak paud. Menunjukan betapa krusialnya usia dini untuk belajar membaca.

Mengajak belajar membaca anak TK bukanlah sebuah tugas yang mudah. Anak-anak biasanya lebih senang bermain daripada belajar. Itulah mengapa, banyak orang tua yang mencari cara mengajar anak membaca yang efektif hingga mencari metode belajar membaca anak TK. Dengan lebih banyaknya waktu anak di rumah, banyak latihan membaca anak TK yang bisa dilakukan.

-->

Cara mengajari anak TK membaca bisa dengan banyak cara. Tentunya karena satu cara saja tidak cukup. Cara mengajarkan anak membaca bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti bermain. Untuk belajar anak TK, materi belajar membaca untuk anak TK sebaiknya tidak dibuat rumit. Selengkapnya, berikut ini cara belajar membaca anak TK untuk dipraktekan di rumah.

Baca Juga: 15 Film Kartun Anak Sekolah Terbaik, Menghibur & Edukatif!

Lakukan Cara-Cara Ini untuk Membimbing Belajar Membaca Anak TK

1. Memilih Waktu Belajar Yang Tepat

1. Memilih Waktu Belajar Yang Tepat
bimba-aiueo.com

Mengajak belajar membaca anak TK diawali dengan pemilihan waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk belajar membaca anak TK adalah saat anak-anak merasa ingin tanpa paksaan. Selain itu, hindari waktu ketika anak merasa lelah ya, Sedulur. Pasalnya, saat kelelahan, lapar, atau terlalu dipaksa, hal-hal yang dipelajari tidak akan tersampaikan dengan baik.

2. Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan

2. Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan
okezone.com

Anak-anak selalu senang suasana yang ceria. Sedulur bisa membangun suasana belajar anak TK dengan memilih tempat-tempat yang menyenangkan, seperti taman atau teras rumah yang suasananya segar.

Selain mempertimbangkan tempat, cara membimbing belajar membaca anak TK juga harus diperhatikan. Saat belajar, jangan sampai Sedulur terlihat galak sehingga suasana yang terbentuk malah menjadi tegang dan menakutkan.

3. Memperkenalkan Huruf Alfabet

3. Memperkenalkan Huruf Alfabet
popmama.com

Memasuki panduan belajar anak TK, materi pertama yang diajarkan adalah perkenalan huruf alfabet. Pastikan pelafalan anak dilakukan dengan benar. Pelajaran anak TK ini sering kali tidak begitu diperhatikan sehingga beberapa kata sering terbalik dan waktu mengenal menjadi lebih lama. Jangan lupa untuk mengajarkan cara menulis huruf alfabet juga.

Baca Juga: 20 Cerita Fabel Terbaik Untuk Si Kecil, Penuh Pesan Moral

4. Mengajak Anak Menghafal Suku Kata

4. Mengajak Anak Menghafal Suku Kata
morinagaplatinum.com

Untuk belajar membaca anak TK, pastikan huruf alfabet dicerna dengan baik sehingga tahap berikutnya, menghafal suku kata bisa mulai diterapkan. Cara belajar membaca ini dilakukan dengan membaca huruf konsonan A hingga B yang digabungkan dengan huruf vocal, yaitu a, i, u, e, o. Bunyinya seperti ba, bi, bu, be, bo,atau ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya.

5. Mulai Mengenalkan Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

5. Mulai Mengenalkan Anak Membaca Suku Kata Bervariasi
bola.com

Belajar membaca anak TK selanjutnya adalah membaca suku kata yang bervariasi seperti ba-ca, bu-di, ca-ri, dan lain-lain. Cara cepat membaca anak TK seperti ini sudah dilakukan sejak lama dan di panduan manapun. Lakukan dengan sabar karena anak bisa saja perlu waktu lebih lama untuk mengingat-ingat kembali suku kata.

6. Mengajarkan Suku Kata Dengan Huruf Konsonan Mati

6. Mengajarkan Suku Kata Dengan Huruf Konsonan Mati
bimba-aiueo.com

Selanjutnya cara mengajar anak membaca suku kata dengan huruf konsonan mati, seperti “ng” dan “ny”. Pada tahap belajar membaca anak TK yang satu ini, biasanya anak mengalami kebingungan dan waktu yang lebih lama untuk membiasakan diri membaca “ng” dan “ny”. Lakukan dengan sabar dan penuh perhatian agar anak tidak merasa bosan atau tertekan.

7. Membaca Kata Utuh

7. Membaca Kata Utuh
okezone.com

Belajar membaca anak TK berikutnya adalah membaca kata utuh. Apabila anak sudah lancar membaca suku kata, suku kata bervariasi, hingga dengan tambahan konsonan mati, tidak butuh waktu lama untuk bisa membaca kata utuh. Namun, tetap lakukan pengawasan agar anak merasa diperhatikan ya. Berikan juga beberapa kalimat pendek sebagai latihan.

8. Lakukan Permainan Agar Anak Tidak Bosan

8. Lakukan Permainan Agar Anak Tidak Bosan
alodokter.com

Untuk mengajak belajar membaca anak TK, lakukan dengan cara yang kreatif dan variatif. Selingi dengan permainan, mengajak anak membaca buku bergambar, hingga belajar sekaligus bermain bisa dilakukan. Caranya bisa dengan melakukan teka-teki, bermain puzzle, dan memanfaatkan barang-barang di sekitar sebagai media belajar membaca.

Itulah langkah-langkah dan tips yang bisa Sedulur terapkan untuk mengajari anak-anak membaca. Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mengajari anak. Selain membuat anak belajar dengan senang, pastikan agar Sedulur juga mengajari anak dalam keadaan senang dan membuat anak-anak bahagia.Jangan lupa juga perhatikan gizi dan asupan bernutrisi bagi anak-anak.

Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli berbagai bahan olahan makanan bergizi untuk buat hati dengan membelinya di Aplikasi Super. Banyak tersedia bahan makanan yang segar dan berkualitas tinggi, namun dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Hal tersebut merupakan kelebihan dari Aplikasi Super dan harus Sedulur manfaatkan.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan langsung melakukan transaksi pembelian sekarang juga. Gunakan Aplikasi Super agar kegiatan sehari-hari Sedulur lebih mudah dan menguntungkan. Selamat mencoba!