Tingkah laku serta masalah sosial yang terjadi pada masyarakat tentunya akan semakin berkembang dan banyak seiring dengan zaman yang semakin maju. Salah satu permasalahan sosial yang saat ini marak terjadi adalah pergaulan bebas. Pergaulan sendiri merupakan cara seseorang untuk bersosialisasi atau belajar dan mencari jati diri.

Jika salah memilih pergaulan atau pertemanan, maka bisa jadi kita terjerumus dalam hal-hal yang negatif. Bayangkan saja, apa jadinya jika malah terjebak dalam pergaulan bebas karena salah pergaulan? Kira-kira, sebenarnya apa sih arti dari pergaulan bebas itu? Apa saja dampak, penyebab, serta cara mencegahnya? Yuk, ketahui lebih jelas di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Star Syndrome? Ini 20 Ciri & Cara Mengatasinya

Pengertian pergaulan bebas

Suara

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pergaulan merupakan sebuah  kehidupan pertemanan atau cara kita untuk bermasyarakat atau bersosialisasi. Sementara itu, bebas mempunyai arti kata tidak terhalang dan tidak terikat oleh aturan. Secara garis besar, artinya adalah suatu tindakan dalam hal  pertemanan yang tidak terikat oleh segala peraturan dan norma yang berlaku pada masyarakat luas.

-->

Arah dari perilaku menyimpang ini adalah sikap yang negatif. Seringkali, perilaku ini dilakukan oleh para remaja hingga orang dewasa. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila perilaku menyimpang ini juga bisa terjadi pada anak-anak. Terdapat banyak sekali akibat dari perilaku ini yang merugikan remaja, seperti putus sekolah, prestasi yang terus menurun, sampai hamil di luar nikah. 

Sementara itu, terdapat beberapa ciri-ciri pergaulan bebas yang bisa diketahui dengan mudah, yaitu terjerat dalam pesta hura-hura, perilaku yang tidak baik, hingga mabuk dan menggunakan obat-obatan terlarang atau narkoba. 

Pengertian pergaulan bebas menurut ahli

pergaulan bebas
Popmama

Berikut adalah pengertian pergaulan bebas remaja menurut beberapa ahli, seperti:

B. Simanjuntak

B Simanjuntak menjelaskan bahwa pengertian salah satu perilaku menyimpang ini adalah sebuah proses interaksi antara seseorang dengan orang lain tanpa harus mengikatkan diri pada aturan-aturan yang berlaku, seperti undang-undang maupun hukum agama serta adat kebiasaan.

Santrock

Pengertian menurut Santrock adalah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak bisa diterima secara sosial sampai terjadi tindakan kriminal.

Katono

Sementara itu, Katono menyebutkan bahwa pengertiannya adalah  gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, perilaku yang dikembangkan menjadi menyimpang.

Dalam agama Islam

Pengertian pergaulan bebas menurut islam tertuang dalam surah An-Nur ayat 30-31 yang berisi bahwa hendaknya kita semua bisa menjaga pandangan mata ketika sedang bergaul.

Penyebab pergaulan bebas

pergaulan bebas
Kompasiana

Selanjutnya, penyebab pergaulan bebas apa saja, sih? Penyebabnya tentu bisa berasal dari berbagai faktor, seperti kurangnya kontrol terhadap diri sendiri, gaya hidup yang terlalu bebas, serta kurangnya perhatian dari keluarga. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

  • Gaya hidup. Gaya hidup modern dapat menjadi salah satu penyebab dari perilaku menyimpang, terutama untuk remaja yang masih labil. Apalagi, jika gaya hidup yang sedang tren diikuti tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Bisa-bisa, akan memicu adanya berbagai perilaku yang menyimpang. 
  • Kurangnya nilai keagamaan. Pendidikan agama bisa digunakan untuk mendapatkan dan mempelajari nilai dan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan mempelajarinya, maka seorang individu bisa mengerti apa saja hal yang memiliki nilai kebaikan dan apa saja yang sifatnya merusak sehingga bisa dihindari. Apabila pendidikan ini belum bisa ditanamkan dengan baik, maka tentunya seseorang akan menjadi kesulitan dalam menjalankan peranan dalam kehidupan bermasyarakat. 
  • Kontrol diri. Kontrol diri bisa menjadi salah satu penyebab pergaulan bebas. Seseorang yang kontrol dirinya lemah umumnya  tidak bisa membedakan mana saja perilaku yang baik dan yang buruk. Hal ini tentunya membuat seseorang bisa berpotensi untuk melakukan perilaku yang melanggar norma dan sifatnya buruk. Bahkan, walaupun seseorang sudah bisa membedakan keduanya, mereka tetap dapat melanggarnya jika tidak bisa mengembangkan kontrol diri dengan baik dan benar.
  • Internet. Seiring berkembangnya zaman, maka teknologi pun akan semakin maju. Memang, internet memiliki berbagai keunggulan terutama di era yang serba digital ini. Akan tetapi, jika tidak digunakan dan dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab adanya perilaku menyimpang. 
  • Keluarga. Seseorang yang kekurangan perhatian dari keluarga bisa menjadi salah satu penyebab perilaku yang menyimpang. Alasannya, keluarga bisa menjadi salah satu pendidik utama dalam kehidupan seseorang. Jika kontrolnya masih rendah, maka sebuah keluarga akan mempunyai banyak konflik. Ini bisa menjadi salah satu hal yang membuat seseorang bisa jatuh pada kenakalan remaja. 

BACA JUGA: Memahami Broken Home serta dampak & Cara Mengatasi Bagi Anak

Akibat pergaulan bebas

Yedepe

Akibat utama dari pergaulan bebas adalah masa depan yang rusak. Apabila masa depan sudah rusak, maka seseorang akan sulit untuk menjalani hidup. Konsekuensi yang cukup besar itulah yang sering tidak dipikirkan oleh banyak orang. Sehingga, mereka akan lebih mudah untuk terjerumus dalam kenakalan. Berikut adalah beberapa akibat yang bisa ditimbulkan ketika seseorang sudah terjerumus dalam perilaku yang menyimpang.

a. Gangguan kesehatan

Yuksinau

Bahaya pergaulan bebas yang pertama adalah adanya gangguan kesehatan. Akibat dari gangguan kesehatan adalah karena terlalu sering mengonsumsi obat-obatan terlarang, minum minuman keras, merokok, dan lain sebagainya. Adapun beberapa gangguan kesehatan yang bisa mengintai ketika kecanduan mengonsumsi minuman keras dan narkoba adalah:

  • Lamban dalam berpikir.
  • Mual, muntah, sulit tidur, sampai sakit kepala yang berkepanjangan.
  • Rentan terkena penyakit.
  • Terjadi gangguan mental.
  • Malas melakukan sesuatu termasuk makan. Sehingga fisik akan menjadi lebih lemah.
  • Adanya gangguan otot, meningkatnya tekanan darah, serta gangguan keseimbangan tubuh.

b. Kenakalan remaja

pergaulan bebas
ID Pengertian

Fakta tentang pergaulan bebas yang sering didengar oleh masyarakat luas adalah kenakalan remaja seperti narkoba, tawuran, dan lain sebagainya, Kartono sebagai seorang ilmuwan sosiologi menyatakan apabila peristiwa ini merupakan gejala patologis sosial yang kerap dialami remaja. Penyebabnya adalah bentuk pengabaian sosial yang membuat perilaku mereka menjadi menyimpang. Akibatnya pun bisa beragam, seperti mengganggu ketentraman lingkungan, ketertiban, sampai menuju tingkatan yang cukup ekstrim seperti memakai obat-obatan terlarang, berkelahi, merugikan orang lain, serta berjudi. 

BACA JUGA: 12 Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki Remaja, Bunda Wajib Tahu!

c. Seks bebas

pergaulan bebas
iNews

Seks bebas merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja dan bisa menjadi cara seseorang ketika ingin melepaskan dorongan seksual. Asalnya adalah belum matangnya organ seksual yang diakibatkan dari bercumbu, berpacaran, serta melakukan kontak seksual. Apabila dilakukan oleh remaja, maka bisa menjadi satu dari penyalahgunaan norma. Tentunya, hal ini sangat tidak sesuai dengan lingkungan tempat individu berada. Terdapat banyak bahaya yang bisa saja terjadi jika melakukan seks bebas, seperti tertularnya penyakit kelamin, kehamilan yang tidak direncanakan, HIV/AIDS, bahkan hingga kanker prostat atau serviks. 

Cara mencegah pergaulan bebas

Republika

Setelah mengetahui berbagai contoh pergaulan bebas yang tidak terkontrol, tentunya kita tidak mau sampai hal itu terjadi. Supaya tidak terjadi dan mengakibatkan rusaknya masa depan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Tentunya, peran orang yang lebih dewasa sangat penting mengingat kebanyakan perilaku menyimpang ini dimulai ketika masih remaja. Berikut adalah beberapa cara untuk bisa mencegahnya.

  • Menanamkan nilai agama, moral dan etika. Tidak hanya mengajarkan kemampuan intelektual, seseorang juga hendaknya dididik untuk mematuhi nilai agama, etika, dan moral. Sehingga, bisa mengembangkan kemampuan emosional dengan baik serta bisa mengambil keputusan yang tepat. 
  • Memberikan penyuluhan. Penyuluhan yang bisa diberikan diantaranya adalah latar belakang norma yang berlaku, termasuk pandangan dari masyarakat. Gerakan ini bisa dimulai dari keluarga, sehingga bisa diminimalisir sedini mungkin. 
  • Memberikan pendidikan seks. Terkadang, keingintahuan remaja tentang hal yang berkaitan dengan seks tidak bisa tersalurkan dengan benar. Jadi, mereka akan mencari tahu sendiri dengan jalan yang salah. Sepatutnya, pendidikan ini bisa didapatkan anak sejak dini dengan menyesuaikan bahasa yang cocok dengan usia. 
  • Menerima diri sendiri. Alasan seseorang terjerumus dalam pergaulan bebas adalah supaya bisa diterima oleh lingkungannya. Mereka cenderung ingin membuktikan diri dengan menjadi sosok yang bebas tanpa terikat oleh apapun. 

Demikian ulasan mengenai pengertian, penyebab, akibat, hingga cara untuk mencegah adanya pergaulan bebas. Untuk mencegah atau menghindarinya, tentu saja tidak bisa dilakukan hanya dari satu sisi saja. Jadi, seseorang harus memiliki dukungan dari orang-orang disekitarnya serta orang tuanya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!