Sudahkah Sedulu memahami tentang ciri-ciri pubertas pada laki-laki? Masa pubertas merupakan sebuah proses dimana seseorang sudah masuk dalam kategori dewasa. Dan dalam beberapa kasus, pubertas laki-laki dan perempuan ternyata memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Saat seseorang sudah memasuki fase ini, banyak perubahan fisik yang bakal terjadi baik itu suara dan bentuk tubuh.

Ciri-ciri pubertas laki-laki dan perempuan itu memiliki banyak perbedaan mulai dari bentuk fisik dan juga beberapa perubahaan lainya. Sehingga Sedulur  wajib mengetahui beberapa perbedaan yang sangat  penting ini.

Sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk memantau tumbuh kembang anak salah satunya melalui ciri-ciri pubertas pada laki-laki. Berikan anak Sedulur  edukasi pada saat anak sudah memasuki masa puberta. Supaya tidak kaget atau merasa tidak normal.

BACA JUGA : Penting! Imunisasi IPV Pada Anak, Untuk Cegah Polio, Simak Moms

12 Ciri-Ciri Pubertas Anak Laki-Laki

1. Bentuk tubuh

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
Haibunda

Ciri-ciri pubertas anak laki-laki yang pertama adalah dilihat dari bentuk tubuh. Fisik tubuh sebenarnya sudah bisa lihat khususnya yang eksternal. Namun sebelum itu benar-benar bisa kita ketahui, mungkin anak Sedulur akan mengalami pertambahan berat badan. Lonjakan pertumbuhan tinggi badan sering kali biasanya terjadi pada usia 13 tahun.

Pada usia tersebut, anak akan menjadi lebih kuat dan dapat memanfaatkan kekuatan tersebut, dengan melakukan berbabagai aktivitas seperti latihan rutin yang bisa anak Sedulur lakukan.

2. Muncul bau badan dan jerawat

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
suara

Ciri-ciri fisik anak laki-laki selanjutnya adalah, mereka akan mulai memiliki bau badan dan beberapa  jerawat mulai muncul di sekujur tubuh khususnya di wajah. Apabila dua hal itu muncul pada anak laki-laki Sedulur, maka bisa dikatakan bahwa anak Sedulur sudah mulai memasuki masa pubertas.

Masalah kebersihan pribadi mungkin saja menjadi salah satu perubahan terbesar dan juga menjadi bagian dari ciri-ciri pubertas anak laki-laki. Mungkin saja anak laki-laki Sedulur akan mulai sulit diminta cuci tangan atau mandi.

Perubahan hormon yang terjadi secara bertahap pada anak laki-laki akan membuat mereka  menghasilkan lebih banyak minyak dan anak juga akan semakin rentan terhadap pertumbuhan jerawat  yang biasanya menyerang di bagian wajah. Jadi, sebagai orang tua wajib memperhatikan beberapa hal penting ini.

BACA JUGA : 40 Kata Kata Mutiara Untuk Anak Agar Sayang Orang Tua & Sukses

3. Pertumbuhan penis dan testis

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
kompas

Ciri-ciri anak laki-laki adalah di mana mereka akan mulai tumbuh penis dan testis. Penis dan testis memang hanya dimiliki oleh anak laki-laki saja. Dan dua hal ini akan mulai tumbuh ketika memasuki masa pubertas. Penis akan mulai bertambah panjang, dan kemudian pasti akan diikuti dengan bertambah lebar.

Perlu kamu ketahui Sedulur ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki yaitu sekitar  sepertiga pada anak laki-laki memiliki tonjolan kecil pada penis mereka yang disebut dengan papula.  Benjolan akan terlihat seperti bentuk jerawat dan dianggap normal. Meskipun munculnya aktivitas ini juga permanen.

4. Mimpi basah

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
popmama

Sebutkan ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki selanjutnya adalah mereka akan mengalami namanya sebuah fase bernama emisi nokturnal atau biasa dinamakan dengan aktivitas mimpi basah. Pada aktivitas tersebut, anak laki-laki akan mengalami sebuah fase normal yaitu, mengalami ejakulasi di malam hari.

Mungkin banyak orang akan mengenal jika fase mimpi basah akan dinggap sebagai mengompol. Namun penjelasan tersebut ternyata salah besar. Mimpi basah adalah proses keluarnya cairan sperma, sedangkan untuk mengompol adalah keluarnya air kencing yang terjadi secara sengaja atau tidak sengaja. Aktivitas mengompol sendiri biasanya umum terjadi pada anak-anak usia masih belia  berkisar usia 5-10 tahun.

Ereksi  yang tidak disengaja pada masa mimpi basah adalah sebuah peristiwa yang lumrah. Dan apabila anak Sedulur sudah mengalami masa ini, bisa dianggap itu merupakan ciri-ciri pubertas anak laki-laki.

5. Perubahan suara

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
momdadi

Ciri-ciri fisik anak laki-laki selanjutnya adalah perubahan suara. Perubahan suara adalah sebuah kejadian yang cukup lumrah terjadi pada anak-anak laki-laki Sedulur. Dikutip Aplikasi Super dari laman Kompas.com, suara anak akan berubah saat percepatan pertumbuhannya  mulai sedikit melambat.

Ciri-ciri anak laki laki adalah sebelum sepenuhnya  suara berubah, suara mereka mungkin terdengar pecah dan seperti melambung. Maksudnya naik dan tinggi ke rendah dengan  cepat. Mungkin kejadian semacam ini bisa membuat  anak laki-laki Sedulur akan malu diejek teman lain. Orang tua wajib memberikan edukasi tentang perubahan suara pada anak laki-laki Sedulur. Karena hal tersebut bisa dianggap anak sudah masuk usia dewasa.

BACA JUGA : Viral! Mainan Pop It Baik untuk Perkembangan Otak Anak

6. Pertumbuhan payudara

ciri-ciri pubertas anak laki-laki
liputan6

Pertumbuhan payudara juga menjadi awal anak Sedulur sudah memasuki usia dewasa. Ciri-ciri pubertas anak laki-laki dan perempuan memang salah satunya adalah pertumbuhan payudara di tubuh. Ketika anak pertama kali mengalami masa pubertas,  jaringan payudaranya mungkin saja akan  sedikit membengkak selama satu atau dua tahun.

Hal itu bisa saja terjadi karena ada beberapa hormonya berubah menjadi estrogen. Mungkin  bagi sebagian besar anak laki-laki, kejadian ini hanya bersifat sementara dan tidak berlebihan, namun bagi beberapa anak lain akan bisa tampak jelas.  Apalagi apabila anak Sedulur memiliki kelebihan  berat  badan. Dimana aktivitas ini akan terlihat sangat  nyata.

Buat Sedulur  juga harus memantau apakah area payudara anak terlihat bengkak atau pembekakan  terjadi  ketika sebelum atau setelah masa puber, maka kamu sebagai orang tua wajib melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Bisa saja, persoalan pembengkakan payudara bukan  sekadar dari perubahan sebuah hormon.

7. Perubahan suasana hati

kumparan

Ciri-ciri anak laki-laki sudah mengalami masa pubertas lain adalah perubahan suasana hati. Perlu kamu ketahui, jika anak laki-laki akan mengalami masa perubahaan perasaan hati dan itu sangat  wajar saat ketika memasuki masa puber.

Perubahan perasaan hati ini sebenarnya juga terjadi pada anak perempuan. Namun, untuk kasus pada anak laki-laki terjadi karena perubahan hormon, fisik dan emosional yang mereka alami. Hal ini wajar dan menjadi salah satu ciri-ciri fisik anak laki-laki. Jadi, buat orang tua, jangan terlalu mengkhawatirkan anak ya terkait hal ini.

BACA JUGA : Teknik Mudah Campuran Warna Cocok Dikenalkan Ke Anak Balita

8. Tinggi badan mulai berubah

tempo

Ciri-ciri masa pubertas pada anak laki-laki yaitu adalah, mereka akan mengalami perubahan pada tinggi badan. Tinggi anak laki-laki akan cenderung bertambah sekitar 9.5 cm pertahun selama masa pubertas. Jadi bisa dikatakan tinggi badan akan bertambah  sekitar 31 cm selama masa pubertas.

Jadi, ciri-ciri fisik anak laki-laki adalah ketika memasuki masa usia remaja, anak laki-laki akan tetap tetap lebih tinggi dari pada perempuan meski masa pubertasnya lebih lambat. Proses masa puber ini sebenarnya sangat membutuhkan waktu kurang lebih 2-5 tahun. Artinya, selama masa itu, tinggi badan masih bisa tumbuh dengan pesatnya hingga tinggi maksimal.

9. Mulai terbentuk otot-otot di tubuh

alodokter

Ciri-ciri fisik anak laki-laki selanjutya yang mesti kamu tahu adalah, tubuh mereka akan terbentuk otot-otot yang menandakan bahwa anak laki-laki Sedulur sudah benar-benar akan memasuki masa pubertas. Jadi, sebagai orang tua maka kamu, harus benar-benar memahaminya dan tidak boleh memberikan stigma negatif kepada anak.

Ciri-ciri anak laki-laki adalah mereka memang akan memiliki  pertumbuhan otot yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan hormone progesterone. Kedua hormon ini memang bertugas dalam mengurus perubahan tubuh pada masa pubertas. Sehingga dua hormon ini memicu jaringan lemak.Selain itu, kedua hormon itu juga menyebarkan ke tubuh.

BACA JUGA : Penyebab & Tanda Warna Feses Bayi Tidak Cocok Susu Formula

10. Produksi keringat akan bertambah

liputan6

Hal lain yang masih menjadi ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki adalah, produksi kelenjar keringat mereka akan semakin banyak. Meski masa pubertas pada anak laki-laki jauh terlambat dari anak perempuan, namun banyaknya keringat yang keluar dari menjalani berbagai aktivitas adalah hal yang wajar dialami oleh anak laki-laki.

11. Mulai tumbuh rambut di sekitar wajah

kompas

Ciri-ciri anak laki-laki adalah mereka akan mulai memiliki banyak rambut di sekitaran wajah. Beberapa tanda tersebut antara lain munculnya kumis, bewok dan mungkin adalah janggut. Tiga hal ini sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Ketiga hal tersebut bisa diartikan bahwa anak laki-laki sudah memasuki masa pubertas.

Anak laki-laki sangat dipengaruhi oleh hormon testoteron. Dan hormon testoteron akan  meningkat pada masa ini. Akibatnya, pada masa  ini akan tumbuh rambut-rambut halus dan  salah satu ciri-ciri fisik anak laki-laki adalah munculnya kumis dan selanjutnya akan  tumbuh jenggot.

Meski demikian, tidak semua anak laki-laki  ternyata mengalami  ciri-ciri semacam ini. Peristiwa ini sebenarnya terjadi bukan karena gangguan pada hormon.  Namun bisa juga disebabkan oleh faktor genetik atau masalah keturunan. Terkait banyak dan sedikitnya  pertumbuhan hal tersebut, khususnya rambut-rambut halus bisa karena dipengaruhi oleh faktor keturunan.

12. Tumbuh jakun

klikdokter

Ciri-ciri pubertas anak laki-laki selanjutnya yang wajib kamu tahu Sedulur adalah mereka akan memiliki jakun. Pertumbuhan jakun menjadi  perubahan fisik paling nyata yang dialami oleh para anak yang memiliki jenis kelamin laki-laki. Perlu kamu ketahui, jakun ada setiap anak laki-laki itu berbeda.

Peristiwa itu terjadi karena tergantung dari banyaknya kartilago atau kotak suara yang lebih besar dibandingkan dengan pita suara mereka. Nah ini merupakan ciri-ciri fisik anak laki-laki dan menjadi sesuatu yang menjadi pembeda.

Apabila sudah tumbuh jakun, maka akan ditandai dengan dengan suara yang mungkin akan  lebih berat dan dalam lho Sedulur. Perubahan suara dan  tumbuhnya sebuah jakun di kalangan anak laki-laki terjadi bukan karena hal yang instan. Melainkan bahwa proses ini terjadi bertahap dengan semakin beratnya  suara dari waktu ke waktu.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki.  Semoga  menambah ilmu perngetahuan  Sedulur tentang dunia kesehatan khususnya  pubertas.