Membutuhkan tontonan menghibur dan edukatif untuk anak? Simak daftar rekomendasi kartun anak sekolah di bawah ini!

Terdapat beberapa film animasi anak sekolah atau juga kartun sekolahan yang bisa menjadi rekomendasi film anak laki laki dan juga film anak anak kartun. Terdapat beberapa film yang bisa digunakan sebagai animasi belajar di sekolah maupun di rumah. Beberapa film animasi pertemanan juga bisa dijadikan media untuk belajar memaknai hidup untuk anak-anak.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar film animasi anak-anak dan film tentang sekolah. Beberapa film kartun untuk anak anak menjadi favorit dan populer di kalangan anak-anak. Apa saja  film lucu anak anak sekaligus juga film kartun anak lucu mendidik? Yuk, mari kita langsung saja simak daftar film animasi lucu dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

Daftar Film Kartun Anak Sekolah Terbaik, Menghibur dan Edukatif!

1. Upin dan Ipin

1. Upin dan Ipin
liputan6.com

Daftar film kartun anak sekolah pertama yang bisa menjadi rekomendasi adalah Upin dan Ipin. Siapa anak-anak di Indonesia yang tidak kenal kartun anak sekolah. Film kartun yang menceritakan tentang kehidupan anak kembar bernama Upin dan Ipin berasal dari negara tetangga, yaitu Malaysia. Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Upin dan Ipin bersama teman-temannya, baik di sekolah maupun di permainan.

Kehidupan Upin dan Ipin sebagai anak sekolah taman kanak-kanak, yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuan di sebuah rumah sederhana yang tinggal di pedesaan negara Malaysia. Di sekolahnya, Upin dan Ipin memiliki banyak teman, di antaranya Ehsan, Fizi, Mei-mei, Mail, Susanti, Jarjit. Film ini banyak mengajarkan tentang pertemanan, sekeluarga, sopan santun dan beragama.

2. Nussa

2. Nussa
detik.com

Film kartun anak sekolah yang sama populernya dengan Upin dan Ipin adalah Nussa. Film kartun anak sekolah ini menjadi kebanggaan Indonesia, karena asli buatan anak negeri Indonesia. Banyak hal mendidik dan sekaligus menghibur dari film ini. Film ini mengisahkan seorang anak lelaki periang yang bernama Nussa.

Nussa memiliki cita-cita menjadi seorang hafiz penghafal Al-Quran yang juga ingin menjadi astronot. Bersama dengan adik perempuannya bernama Rara yang lucu dan polos. Film ini menceritakan tentang kehidupan Nussa di sekolah yang mendapatkan berbagai pelajaran tentang makna kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik, Kamu Sudah Nonton?

3. Doraemon

3. Doraemon
pikiran-rakyat.com

Film kartun anak sekolah yang legendaris satu ini berasal dari Jepang. Sudah tayang sejak tahun 1980-an dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1990-an. Film kartun anak sekolah yang menjadi kartun lintas generasi. Menceritakan tentang seorang bocah laki-laki bernama Nobita yang ditemani oleh kucing robot masa depan bernama Doraemon.

Nobita merupakan anak laki-laki yang lemah yang selalu diejek oleh Suneo dan Giant, Doraemon selalu membantu Nobita untuk mengatasi kejahilan dari Suneo dan Giant. Nobita sangat menyukai teman perempuannya bernama Shizuka. Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari Nobita dan kawan-kawannya. Salah satu tontonan yang menghibur dan juga sekaligus mendidik.

4. Chibi Maruko Chan

4. Chibi Maruko Chan
idntimes.com

Salah satu kartun anak sekolah dari Jepang lainnya adalah Chibi Maruko Chan, yang sempat populer di tahun 1990-an. Tokoh utama dari film kartun ini bernama Maruko, seorang anak perempuan yang sangat sederhana dan hidup bersama orang tua, kakak perempuan, kakek dan neneknya. Film ini merupakan rekomendasi anak-anak sebagai tontonan yang menghibur.

Film kartun anak sekolah ini mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari Maruko yang sangat sederhana baik di sekolah dan di rumah. Di sekolah, Maruko memiliki beberapa teman yang baik dan banyak kehidupan tentang pertemanan dan persahabatan. Di rumah, banyak pelajaran yang didapatkan oleh Maruko tentang kesederhanaan.

5. Big Hero 6

5. Big Hero 6
detik.com

Film kartun anak sekolah menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Hiro yang memiliki kecerdasan dan senang bereksperimen membuat robot. Saat kota tempat tinggal Hiro mengalami peristiwa dahsyat yang membahayakan umat manusia. Bersama dengan empat orang temannya, dan robot bernama Baymax yang lucu.

Mereka menjadi superhero yang memberantas kejahatan di kota tempat tinggal hiro. Banyak kejadian mengharukan, lucu, dan menegangkan. Perasaan-perasaan yang muncul dari kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran tentang kehidupan bagi anak-anak. Terutama tentang keberagaman, pertemanan, kerja keras dan juga menggapai impian.

6. Up

6. Up
tribunnews.com

Rekomendasi film selanjutnya merupakan film lawan, menceritakan tentang seorang anak bernama Russel yang mengikuti kegiatan pramuka dan ditugaskan mengumpulkan lencana. Russel kemudian bertemu dengan Carl yang memiliki rumah yang akan digusur karena pembangunan.  Carl pun tidak ingin menghancurkan rumahnya, karena penuh kenangan dengan bersama almarhum istrinya.

Carl pun memindahkan rumahnya menggunakan ribuan balon, dan Russel pun tidak sengaja ikut bersama Carl. Dalam perjalanan dan petualangan tersebut, Carl dan Russel menghadapi beberapa kejadian yang memberikan mereka pelajaran. Hal tersebut sekaligus memberikan pelajaran bagi penonton. Sangat wajib menjadi rekomendasi bagi anak-anak.

7. How To Train Your Dragon

7. How To Train Your Dragon
forbes.com

Rekomendasi film kartun anak sekolah selanjutnya adalah How To Train Your Dragon. Memiliki cerita tentang seorang anak dari sejarah dan kebudayaan bangsa viking. Mereka memiliki hewan peliharaan naga yang menjadikan sukunya sangat ditakuti. Terdapat satu naga yang cacar yang hanya bisa ditunggangi oleh anak spesial.

Film ini menceritakan tentang persahabatan tentang seorang anak yang dengan naganya yang menghadapi berbagai kesulitan bersama, terutama peperangan dengan orang-orang jahat yang seringkali menangkap naga dan diperjualbelikan untuk kepentingan sendiri.

8. Toy Story

8. Toy Story
bbc.com

Film kartun anak sekolah legendaris selanjutnya adalah Toy Story, menceritakan tentang berbagai mainan anak-anak yang ternyata memiliki kehidupan. Mereka mengalami kebahagiaan dan kesenangan ketika dimainkan oleh anak-anak. Perlakuan-perlakuan anak-anak yang jorok terhadap mainan, membuat para mainan mengalami hal sedih.

Apalagi ketika sang anak beranjak dewasa dan sudah tidak memainkan mainan lagi, kehidupan para mainan menjadi sepi dan mereka pun sedih. Menonton film ini dapat memberikan pelajaran moral bagi anak-anak untuk menjaga dan merawat mainannya. Selain itu, film ini bisa memberikan imajinasi bagi anak-anak.

9. Lion King

9. Lion King
ohmy.disney.com

Film selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi tontonan anak-anak adalah Lion King. Film ini merupakan film klasik dari Disney. Menceritakan tentang seekor anak singa yang nantinya akan menjadi raja hutan. Namun, anak singa ini harus melarikan diri karena akibat kecerobohannya membuat masalah yang menyebabkan ayahnya mati.

Anak singa tersebut bernama Simba, Simba pun tumbuh menjadi singa yang dewasa yang dan menjadi raja hutan dan memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Banyak hal mendidik dan pesan moral dari film ini, terutama sikap bertanggung jawab dan sikap dewasa.

10. Kung Fu Panda

10. Kung Fu Panda
liputan6.com

Film komedi satu ini menjadi tontonan seru bagi anak-anak, karena banyak adegan komedi dalam film ini yang menghibur. Selain itu, film ini juga bisa menjadi tontonan bukan hanya untuk anak-anak. Menceritakan tentang seekor panda yang belajar kung fu. Walaupun dengan tubuh yang gempal dan gemuk, panda tersebut menunjukan bahwa dia bisa menjadi seorang petarung kung fu yang handal.

11. Zootopia

11. Zootopia
liputan6.com

Film ini menceritakan tentang berbagai ragam jenis hewan yang hidup dalam satu lingkungan masyarakat. Sama seperti manusia yang berbeda suku, bangsa, agama warna kulit yang beragam. Film ini juga menceritakan keragaman hewan-hewan yang hidup bersama dan harus saling menghargai dan memiliki rasa toleransi tinggi.

Sedulur bisa memberikan tontonan ini untuk anak-anak untuk mengajarkan toleransi dan rasa menghargai terhadap perbedaan yang dilihat. Sangat cocok untuk menanamkan nilai keberagaman dan penghargaan terhadap sesama manusia dan makhluk hidup.

12. Kiki Delivery Service

12. Kiki Delivery Service
tribunnews.com

Rekomendasi film kartun anak sekolah selanjutnya berasal dari Studio Ghibli yang terkenal dengan film kartun dengan pesan moral yang tinggi. Gilm ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Kiki sebagai pengantar barang, terutama roti dan kue.

Kiki sering kali mengalami masalah saat mengantarkan makanan. Mengantar barang menggunakan sihir dengan sapu terbang, permasalahan yang kiki alami membuat kiki tidak percaya diri akan sihirnya. Masalah yang Kiki hadapi bisa memberikan pelajaran kepada Kiki dan membuatnya memiliki kekuatan sihir baru dan lebih kuat lagi.

13. Spirited Away

13. Spirited Away
rafu.com

Film kartun terbaik selanjutnya merupakan film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli juga, karya sutradara terkenal dan perfeksionis bernama Hayao Miyazaki. Film-film dari Studio Ghibli memiliki kualitas cerita dan kualitas gambar yang sangat baik dan juga sangat relate ditonton kapanpun, alias timeless atau abadi.

Film ini bercerita tentang Chihiro anak perempuan berusia 10 tahun yang menjalani hidup baru di pedesaan. Terjadi hal aneh yang mengantarkan Chihiro ke sebuah tempat yang dipenuhi arwah dengan bentuk aneh. Chihiro pun harus berjuang agar bisa keluar dari tempat tersebut dan kembali bersama keluarganya.

14. Inside Out

14. Inside Out
kompas.com

Film animasi atau  film kartun terbaik selanjutnya adalah film Inside Out. Film ini menceritakan lima emosi yang terdapat dalam tubuh manusia yang digambarkan dengan visual yang sangat lucu. Dengan sudut pandang yang menarik, film ini dapat mengajarkan anak-anak bagaimana sebuah emosi bekerja dan mengambil alih alam bawah sadar manusia. Film ini dapat mengajarkan anak-anak tentang beberapa emosi yang dimiliki oleh setiap manusia.

15. Coco

15. Coco
imdb.com

Banyak film animasi yang memiliki tema keluarga dan dapat membuat penontonnya lebih tersentuh. Film Coco mampu membuat setiap penontonnya tergugah dan terkuras emosinya. Hal tersebut yang membuat film kartun cocok untuk sebagai tontonan anak-anak.

Coco seorang bocah Meksiko yang periang dan lucu diceritakan telah kehilangan ayah dari neneknya. Seorang pria bernama Miguel pun memiliki kemampuan keluar masuk dunia arwah dan menemukan banyak fakta yang mencengangkan, salah satunya fakta tentang kematian ayahnya Coco. Sedulur harus menyiapkan tisu untuk menonton film satu ini.

Sekian daftar film kartun anak sekolat terbaik rekomendasi dari SUPER. Sebenarnya, masih banyak lagi film kartun yang memiliki alur cerita menarik dan bisa menjadi tontonan sekaligus tuntunan bagi anak-anak. Namun daftar film di atas merupakan film yang sangat cocok ditonton dengan pesan moral yang tinggi.

Kurang pas rasanya nonton film tanpa ngemil. Sedulur bisa menyediakan camilan untuk nonton dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa melihat barang dan camilan yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah hanya melalui smartphone. Selamat menonton!