negara terbersih di dunia

Kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih lokasi tempat tinggal. Bukan tanpa alasan, kebersihan akan memberikan pengaruh besar terhadap kenyamanan orang yang tinggal di suatu tempat. Hal ini jugalah yang membuat kebersihan suatu negara turut menjadi sorotan seperti yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Universitas Yale dan Universitas Kolumbia. Mereka bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia merangking 180 negara untuk menentukan daftar negara terbersih di dunia.

Dikutip dari World Population Review, para peneliti menggunakan takaran Index Kinerja Lingkungan (EPI) untuk merangking hasil penelitian mereka. Adapun penilaian EPI didasarkan pada 32 indikator yang terbagi dalam 11 kategori, meliputi kualitas udara, air, hingga babitat di suatu negara. Selanjutnya 180 negara itu dirangking dari yang dinilai paling bersih hingga paling kotor.

Ingin tahu negara mana saja yang masuk daftar teratas sebagai negara terbersih di dunia 2022? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya.

BACA JUGA: Bunga Wijaya Kusuma: Manfaat, Mitos dan Cara Merawatnya

1. Denmark

negara terbersih di dunia
Liputan 6

Urutan pertama negara terbersih di dunia adalah Denmark. Negara beribukota Kompenhagen ini memperoleh skor EPI sebesar 82,5. Adapun Denmark diketahui telah mendapat gelar sebagai negara terbersih di dunia sejak 2020. Berikutnya menurut EPI 2021, Denmark masih menduduki peringkat satu.

Keunggulan Denmark sebagai negara terbersih di antaranya ditunjukkan dengan pengolahan limbah dan sampah yang baik. Tak hanya itu, negara yang terletak di barat daya Swedia itu juga dianggap memiliki kebijakan yang komprehensif dan efektif dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca hingga mencegah perubahan iklim.

Adapun Ibu Kota Kopenhagen juga mendapat gelar sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Sementara urutan pertama kota paling bersih diduduki oleh Kota Calgary yang terletak di Kanada.

BACA JUGA: 7 Keunikan Rumah Adat Tambi dari Provinsi Sulawesi Tengah

2. Luksemburg

negara terbersih di dunia
Detik

Negara dengan populasi sekitar 600 ribu orang ini didaulat menduduki urutan kedua negara terbersih di dunia dengan EPI 82,3. Luksemburg disebut berhasil membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungannya di tengah perkembangan populasi dan PDB-nya yang cukup pesat.

BACA JUGA: Negara Agraris: Pengertian, Keuntungan dan Potensinya

3. Swiss

negara terbersih di dunia
Detik

Swiss memperoleh total skor EPI sebesar 81,5. Negara dengan ibu kota Bern ini disebut unggul dalam masalah air bersih dan sanitasi.

BACA JUGA: 15 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

4. Inggris Raya

negara terbersih di dunia
Kompas

Inggris Raya turut masuk dalam jajaran 15 negara terbersih di dunia. Duduk di urutan ke 4, Inggris Raya memperoleh skor EPI 81,3 yang dinilai cukup impresif melihat populasinya yang mencapai 66,52 juta. Adapun negara ini mendapat skor sempurna terkait masalah air minum, sanitasi, hingga pengolahan emisi.

BACA JUGA: 20 Negara Terluas di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

5. Prancis

negara terbersih di dunia
UII

Negara ke lima adalah Prancis. Menariknya, Prancis yang dikenal sebagai negara industri sukses menekan emisi karbon yang membuatnya mendapat nilai sempurna terkait masalah emisi. Adapun Prancis dilaporkan mendapat nilai EPI sebesar 80.

BACA JUGA: Kumpulan Daftar Kode Nomor Telepon Negara di Seluruh Dunia

6. Austria

Tripigee

Austria menduduki peringkat ke 6 negara terbersih di dunia dengan skor 79,6. Austria disebut disebut sebagai negara Eropa dengan aturan polusi udara hingga pengolahan limbah paling ketat.

BACA JUGA: Daftar Negara di Benua Eropa Serta Suku dan Karakter Iklimnya

7. Finlandia

negara terbersih di dunia
Bisnis

Finlandia duduk di peringkat 7 dengan skor EPI 78,9. Menurut data, 35 persen energi yang digunakan di Finlandia berasal dari energi terbarukan. Selain itu, negara ini juga unggul dalam masalah kesehatan lingkungan dan kualitas udara. Finlandia sendiri dikenal sebagai negara yang memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

BACA JUGA: Karakteristik Benua Asia serta Luas Wilayah dan Negara-negaranya

8. Swedia

negara terbersih di dunia
Liputan 6

Negara berikutnya adalah Swedia, dengan skor EPI 78,7. Swedia disebut sebagai negara yang berhasil menekan emisi karbon dioksida di samping juga menjadi salah satu negara dengan udara terbersih di dunia.

BACA JUGA: 11 Negara Tertua di Dunia, Berdasarkan Sejarah 

9. Norwergia

negara terbersih di dunia
Kompas

Menyusul Swedia, Norwergia mengumpulkan skor EPI sebesar 77,7. Negara ini memperoleh nilai sempurna dalam indikator sanitasi dan air minum. Pada akhir 2020 lalu, Pemerintah Norwergia mengklaim negaranya berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 30 persen.

BACA JUGA: Berbagai Ritual Merayakan Idul Adha di Berbagai Negara

10. Jerman

negara terbersih di dunia
Detik

Negara benua Eropa sepertinya mendominasi daftar negara terbersih di dunia. Pasalnya pada urutan ke 10 ini, Jerman turut menemani negara-negara Eropa lainnya dengan skor EPI 77,2. Adapun selain dikenal sebagai negara paling bersih di dunia, Jerman juga dianggap sebagai negara dengan perkembangan tekonologi terbaik di dunia.

BACA JUGA: Hibernasi: Pengertian, Proses dan Contoh Hewannya

11. Belanda

negara terbersih di dunia
nationalgeographic

Pada urutan 11 ada Belanda dengan skor EPI 75,3. Adapun beberapa waktu lalu, salah satu wilayah di Belanda yakni Desa Giethhoorn didaulat menjadi desa paling bebas polusi di dunia.

BACA JUGA: Pengertian Konstitusi Beserta Fungsi, Jenis dan Tujuannya

12. Jepang

nationalgeographic
kompas

Situs World Population Review menempatkan Negeri Sakura, Jepang di urutan 12 sebagai negara terbersih di dunia. Menurut berbagai sumber, budaya mencintai kebersihan lingkungan sudah ditanamkan oleh warga Jepang sejak duduk di bangku sekolah.

BACA JUGA: 9 Keunikan Rumah Adat Baileo dari Maluku & Maluku Utara

13. Australia

nationalgeographic
Kompas

Negara yang terletak sebelah timur dan selatan Indonesia ini juga ikut masuk dalam jajaran 15 besar negara paling bersih di dunia. Australia sendiri disebut berhasil meraih penghargaan di tingkat dunia terkait masalah pengelolaan limbah dan lingkungan hidup.

BACA JUGA: Sejarah Candi Borobudur Beserta Fungsi dan Fakta Uniknya

14. Spanyol

negara terbersih di dunia
Ekonomi Bisnis

Mendapatkan skor EPI 74,3, Spanyol berhasil duduk di urutan 14 daftar negara paling bersih. Negara yang berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut itu dikenal memiliki banyak wilayah dataran tinggi.

BACA JUGA: 7 Keunikan Rumah Adat Lamin Asal Kalimantan Timur

15. Belgia

negara terbersih di dunia
Kompas

Belgia menempati urutan ke 15 dengan skor EPI sebesar 73,3. Belgia sendiri dikenal sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

BACA JUGA: Benua: Pengertian, Jenis & Proses Terbentuknya

Indonesia peringkat berapa?

negara terbersih di dunia
BBC

Setelah melihat daftar 15 negara terbersih di dunia, mungkin Sedulur menjadi penasaran, Indonesia berada di urutan berapa?

Dilansir Kompas.com, Indonesia berada di urutan 117 negara terbersih di dunia, tepatnya di bawah Honduras dan di atas Kiribati. Adapun Indonesia mendapatkan skor EPI 37,8.

Demikian tadi informasi mengenai negara terbersih di dunia. Dapat diketahui bahwa kebersihan telah menjadi aspek penting bagi kehidupan manusia. Sebagai orang Indonesia, tentu kita bisa melihat daftar tersebut sebagai motivasi untuk berusaha membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!