Proses sejarah yang panjang mewarnai bagaimana terbentuknya suatu negara. Ada banyak negara yang muncul dan tenggelam atau hilang seiring berjalannya waktu. Dikutip dari Oldest, saat orang mulai berhenti untuk melakukan nomaden, disaat itulah peradaban pada dunia mulai berkembang. Dengan menetap di satu area, orang-orang mulai membangun cikal bakal bentuk pemerintahan. Hingga muncullah negara-negara tertua di dunia yang berasal dari peradaban tertua pula.

Apa aja sih negara tertua itu? Apakah negara-negara ini lantas lebih maju dari yang lainnya? Agar tak penasaran, yuk simak rangkumannya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

1. India

pexels

India adalah salah satu negara yang tertua di dunia. Negara yang mempunyai mayoritas penduduk beragama Hindu ini telah tercatat keberadaannya di lembah kudus sekitar tahun 3300 SM. Pada periode vedic, negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di dunia ini mulai terbentuk peradaban.

-->

Dasar hinduisme dan aspek budaya dari peradaban vedic menjadi salah satu konsep yang bertahan hingga kini. Pada periode itu pun, kerajaan-kerajaan pertama di India mulai terbentuk sekitar 1200 SM. Agama Hindu, Buddha, dan Jainisme mulai terlihat. Setelah itu, pada tahun 1947 India menjadi peradaban modern setelah mereka merdeka dari kerajaan Inggris.

2. Mesir

unsplash

Salah satu negara tertua di dunia selanjutnya adalah Mesir. Negara dengan nama lengkap Republik Arab Mesir ini sudah tercatat sejak tahun 6000 SM, lebih tepatnya saat peradaban mesir kuno. Di lembah sungai Nil, sekelompok pemburu tinggal. Pada tahun 3100 SM, terbentuklah dinasti pertama di Mesir yang juga menjadikan mesir sebagai negara pertama dan paling tua sedunia.

Mesir dipimpin dan didirikan oleh Narmer, yang juga diyakini oleh beberapa peneliti. Pada tahun 1953, terbentuklah peradaban Mesir modern setelah 1952 terjadi Revolusi Mesir.

3. Afghanistan

pexels

Salah satu negara tertua di dunia adalah Afghanistan. Negara yang terdiri dari 34 provinsi ini memulai peradabannya di lembah kudus pada tahun 3000 SM, yang diyakini memiliki sebuah koloni. Salah satu kota pertama di dunia, Mundigak, adalah tempat peradaban ini didirikan. Kemudian, kelompok semi nomaden dari wilayah Asia Tengah kemudian menetap dan tinggal di wilayah ini. Kemudian, wilayah ini dikuasai Darius I dan Alexander the Great, serta yang lainnya. Pada tahun 1973, negara yang berbatasan dengan Pakistan ini menjadi negara kesatuan republik islam.

4. Tiongkok

unsplash

Negara yang sebelumnya bernama Republik Rakyat China ini menjadi dinasti pertama yang berdiri pada 2070-1600 SM dan diberi nama Dinasti Xia. Hingga Dinasti Qing pada tahun 1912, dinasti china ini bertahan.

Pada tahun 1949, negara yang juga menjadi salah satu negara terbesar di dunia ini berdiri sebagai peradaban modern. Mulai dari kertas, bubuk mesiu, percetakan, hingga kompas ditemukan saat peradaban china. Negara ini juga menjadi salah satu peradaban pertama di bidang sains teknologi yang maju.

5. Georgia

Negara tertua di dunia
pexels

Negara yang merupakan penghasil anggur serta surga bagi pecinta anggur merah ini berkembang sekitar tahun 1500 SM pada saat Kerajaan Colchis dan Karliti atau Iberia berkembang. Selama kurang lebih 700 tahun, Roma dan Persia memperebutkan wilayah ini. Salah satu gereja kristen tertua di dunia juga terletak di negara republik ini. Itu karena pada abad ke 4 masehi, orang tertua kedua di dunia sebagai pemeluk agama kristen adalah orang dari Georgia. Namun, Persia dan Rusia lalu menguasai wilayah ini. Pada tahun 1991, Georgia menjadi negara yang merdeka setelah sempat jadi bagian dari Uni Soviet.

6. Ethiopia

unsplash

Negara yang sedang mengalami krisis air ini menjadi salah satu negara tertua selanjutnya. Bukti dari penemuan ini adalah adanya fosil yang berusia jutaan tahun oleh sejarawan.

Dilansir dari sebuah penelitian bernama All The Rooms, ada kerajaan bernama D’mt yang menjadi penguasa di masa lalu. Diktator Italia Benito Mussolini yang berkuasa sekitar tahun 1930 lah yang menjadi satu-satunya bentuk pendudukan Ethiopia dan dan juga menjadi negara yang tidak merasakan jajahan dari bangsa lain.

BACA JUGA: 15 Makanan Khas Maluku yang Populer & Wajib Kamu Coba!

7. Yunani

Negara tertua di dunia
pexels

Negara tempat tinggal dewa dewi dalam mitologinya ini menjadi salah satu negara tertua di dunia. Kisah populer dari yunani ini bahkan tak jarang diangkat dan diadaptasi ke dalam layar lebar saking terkenalnya. Negara ini telah ada sejak 5000 – 6000 tahun lalu.

Politikus, seniman, teknokrat, dan lain sebagainya lahir dari negara yang memiliki banyak pegunungan ini. Konsep revolusioner dunia dan dasar-dasar peradaban barat modern juga tercipta oleh Bangsa Yunani. Di masa lampau, rakyat dari bangsa ini membuat bidang teknologi, sains, sastra, politik, dan juga hukum berkembang dengan pesat. Peninggalan kuno dari bangsa ini salah satunya adalah Kuil Athena.

8. Jepang

Negara tertua di dunia
unsplash

Negeri matahari terbit adalah julukan yang sangat familiar untuk negara ini. Salah satu negara tertua di dunia ini juga menganggap bahwa di dalam mitologi kunonya, Kaisar Jepang yang pertama merupakan keturunan Dewi Matahari secara langsung.

Kaisar Jimmu merupakan kaisar jepang yang pertama dan menjabat pada 660 SM. Kojiki dan Shoki adalah dua periode yang dipimpin oleh Kaisar Jimmu. Sedikit yang membuktikan kebenaran keberadaan Kaisar Jummu. Oleh karena itu, Kaisar Jummu dianggap sebagai legenda dan mitos oleh sejarawan. Warga dari negara pembuat anime ini tetap memperingati hari kenaikan Kaisar Jimmu setiap tanggal 11 Februari, walaupun keberadaannya masih dianggap mitos. Menurut sastra Tiongkok kuno, 300 M merupakan awal munculnya negara Jepang.

9. Iran

Negara tertua di dunia
cnn

Negara yang dulu dikenal dengan Persia ini ada dan berdiri sekitar tahun 550 SM. maka dari itu, negara ini disebut sebagai salah satu negara tertua di dunia. Peradaban di Iran dimulai dengan adanya beberapa kelompok yang menetap di salah satu wilayah disana yaitu wilayah barat dan barat daya, jauh sebelum tahunnya berdiri.

10. San Marino

Negara tertua di dunia
pexels

Negara San Marino ini adalah negara di dunia tts dan dikenal juga sebagai yang paling tua diantara yang lainnya. Tepatnya tanggal 3 September 301 M, negara ini mulai berdaulat. Gereja kecil bernama Monte Titano mulai didirikan oleh Saint Marinus, yang juga tempat berkembangnya menjadi kota San Marino. Selain menjadi yang tertua, negara ini juga menjadi negara yang makmur baik itu dari segi keuangan, jasa, dan wisata, dan juga memiliki pengangguran dengan rata-rata terendah serta tidak memiliki hutang nasional. Negara yang juga menjadi salah satu negara terkecil di dunia ini mempunyai anggaran yang surplus.

11. Portugal

Negara tertua di dunia
pexels

Negara yang memiliki nama latin Lusitania ini termasuk salah satu negara tertua di dunia. Negara ini telah eksis sejak 1.139 masehi dan diidentifikasi dari garis batas antara Portugal dan Spanyol.

Sebelum berubah nama menjadi Portugal, negara ini bernama Portucale pada abad 7 dan 8. Bangsa yang dikenal sebagai bangsa penjajah ini beribukota Lisbon dan disebut sebagai negara yang lebih tua dari Roma.

Nah, itu dia beberapa negara yang menjadi negara yang sudah eksis dari zaman dulu dan masih ada sampai sekarang. Telah disimpulkan bahwa San Marino menjadi negara tertua di dunia tts 30 yang banyak dicari. Jadi, Sedulur sudah pernah mengunjungi negara yang mana, nih?