bunga wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma merupakan salah satu bunga dengan daya tarik yang sangat istimewa terutama bagi kaum wanita. Bunga ini memiliki warna putih terang dan hanya mekar pada malam hari saja. Bunga ini juga dapat ditanam sebagai tanaman hias di rumah.

Harga bunga wijaya kusuma termahal mencapai Rp 2 juta. Selain cantik ketika dijadikan hiasan, bunga ini ternyata juga memiliki banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Mulai dari sang pembawa rezeki hingga mitos mengenai hal supranatural.

Bagaimanakah kebenaran mengenai mitos dan fakta bunga ini? Simak artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Bagian-bagian Bunga Beserta Penjelasan & Fungsinya

-->

Deskripsi singkat 

bunga wijaya kusuma
iStock

Bunga wijaya kusuma memiliki nama ilmiah Epiphyllum oxypetalum, merupakan spesies kaktus dalam keluarga Cactaceae. Bunga ini berasal dari Meksiko di negara bagian Chiapas, Tabasco dan Veracruz. Walaupun berasal dari Meksiko, bunga ini telah banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis serta telah lolos di naturalisasi pada banyak tempat, salah satunya di Cilacap, Indonesia.

Bunga wijaya kusuma juga dikenal dengan nama umum sebagai Queen of The Night atau Princess of The Night. Bunga ini memiliki bentuk yang besar, memiliki aroma harum, dan mulai mekar di malam hari serta layu sebelum fajar. Bunga wijaya kusuma mekar berapa kali? menurut beberapa sumber bunga ini hanya akan mekar sekali dalam setahun.

Karakteristik bunga ini yaitu memiliki hypanthium memanjang, perianthium berwarna putih, dan mekar di malam hari dengan bau manis. Epiphyllum oxypetalum lebih menyukai iklim hangat pada ketinggian mulai dari 75 m hingga 2000 m. Bunga ini juga tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh atau teduh sore hari dengan pH dalam kisaran 5,1 hingga 6,5.

Cara merawat

bunga wijaya kusuma
iStock

Cara merawat tanaman Epiphyllum oxypetalum termasuk ke kategori yang mudah. Hal ini karena bunga ini termasuk ke dalam kategori kaktus. Dengan demikian, bunga ini membutuhkan asupan air yang jauh lebih banyak dengan tanah yang harus terus berada dalam keadaan lembab.

Cara merawat yang pertama adalah dengan tidak terlalu banyak dalam menyiram air. Air dengan jumlah yang berlebihan akan memenuhi isi pot dan dapat membuat akar menjadi busuk. Hal ini nantinya akan membuat tanaman Epiphyllum oxypetalum tidak dapat tumbuh dengan normal lagi.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pot yang memiliki bentuk tertutup. Hal ini sejalan dengan kebutuhan bunga yakni membutuhkan tanah yang lembab. Tidak hanya itu, bunga ini juga cukup diberikan pupuk dalam pot hingga menghasilkan bunga pertama kali saja.

Cara merawat yang terakhir yaitu dengan meletakkan bunga di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Hal ini karena daun tanamanEpiphyllum oxypetalum akan mengering karena tidak memiliki ketahanan yang cukup terhadap sinar matahari.

BACA JUGA: Mengenal Bunga Rafflesia, Bunga Langka yang Ada di Indonesia

Mitos

wijaya kusuma
iStock

Berikut adalah beberapa mitos mengenai bunga dari tanaman Epiphyllum oxypetalum:

  1. Bunga para raja dan ratu

Mitos yang pertama adalah bunga wijaya kusuma merupakan bunga para raja dan ratu. Mengapa demikian? karena bunga ini pada zaman dahulu menjadi primadona para kaum bangsawan.

Selain karena memiliki warna dan kelopak yang cantik, bunga ini juga termasuk spesies langka waktu itu. Sehingga para raja harus mencarinya ke dalam hutan untuk memetik satu wijaya kusuma yang nantinya akan diberikan sebagai hadiah kepada sang ratu. Oleh karena itu, beberapa kerajaan yang memiliki bunga  ini dikenal sebagai kerajaan yang makmur.

  1. Tanaman pembawa rezeki

Mitos selanjutnya adalah tanaman pembawa rezeki. Bunga dari tanaman Epiphyllum oxypetalum ini memiliki makna yang sering disangkut-pautkan dengan kemenangan. Wijaya kusuma terdiri dari dua suku kata, yaitu wijaya yang berarti kemenangan, dan kusuma yang berarti tegak.

Secara keseluruhan, wijaya kusuma dapat diartikan sebagai kemenangan mutlak yang dimiliki oleh seorang raja. Bunga wijaya kusuma mekar pertanda apa? menurut mitosnya, siapa yang melihat bunga ini mekar di malam hari, maka ia akan mendapatkan rezeki atau keberuntungan.

  1. Tanaman asli Indonesia

Mitos selanjutnya adalah tanaman asli Indonesia. Hal ini karena nama wijaya kusuma merupakan kosakata yang diambil dari bahasa Jawa sehingga banyak yang mengira bunga  ini sebagai bunga asli Indonesia.  Padahal bunga ini berasal dari Meksiko, lebih tepatnya di negara bagian Chiapas, Tabasco dan Veracruz.

  1. Mengangkat derajat seseorang

Mitos lainnya yaitu kemampuan bunga wijaya kusuma dalam meningkatkan derajat orang. Hal ini disangkut-pautkan dengan mitos bunga para raja dan ratu, sehingga siapa saja yang menanam bunga ini di rumahnya, maka derajat mereka akan terangkat seperti para raja dan ratu.

Konon katanya, bunga ini juga dapat membuat seseorang yang memilikinya menjadi lebih bersinar dari orang lain, yang akhirnya membuat bunga ini banyak digunakan sebagai perantara penarik jodoh. 

  1. Bunga mistis

Selain semua mitos di atas, bunga ini juga memiliki mitos yang berkaitan dengan hal mistis. Konon katanya, bunga ini merupakan tanaman hias yang menjadi kesayangan Ratu Pantai Selatan. Masyarakat Jawa juga percaya bahwa bunga ini tercipta untuk sesajen dan simbol dari Nyai Roro Kidul.

Fakta

wijaya kusuma
iStock

Selain mengetahui banyak mitos mengenai bunga wijaya kusuma, Sedulur juga harus mengetahui mengenai fakta bunga ini. Bunga ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki bunga dengan aroma yang sangat harum dan mekar dalam waktu yang sangat singkat. 

Bunga ini biasanya akan mulai terbuka ketika memasuki sore hari dan akan bermekaran pada waktu malam hari. Bunga wijaya kusuma mekar jam berapa? Bunga wijaya kusuma akan mulai mekar pada pukul 11 malam dan akan kembali layu saat memasuki pukul 2 dini hari.

Karena waktu mekar yang sangat singkat ini, banyak pecinta tanaman yang meluangkan waktu hanya untuk mengamati bunga ini. Bahkan, bagi sebagian orang yang pernah melihat keindahan bunga saat mekar merupakan pengalaman yang sangat luar biasa.

BACA JUGA: Bunga Teratai: Manfaat, Jenis, Cara Menanam & Merawatnya

Mengobati bisul

bunga
iStock

Manfaat bunga wijaya kusuma yang pertama adalah mengobati bisul. Bisul merupakan salah satu penyakit yang membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu siapa saja yang mengalaminya. Namun, Sedulur dapat memanfaatkan bunga wijaya kusuma ini untuk membantu meredakan bisul tersebut. 

Caranya dengan mengambil 10 gram bunga dan giling hingga menjadi halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air sampai berubah menjadi seperti bubur. Selanjutnya, oleskan ramuan tersebut pada bisul hingga hilang secara rutin.

Mengatasi nyeri lambung

bunga
iStock

Manfaat yang kedua adalah mengatasi nyeri pada bagian lambung. Mengapa demikian? karena penyebab utama terjadinya nyeri lambung adalah konsumsi makanan yang terlalu pedas maupun banyak mengandung asam. Bunga wijaya kusuma mampu mengatasi nyeri yang terjadi karena memiliki pH yang netral dan rasa yang sejuk seperti mint.

Caranya yaitu dengan merebus 5 kuntum bunga dalam air mendidih. Selanjutnya air rebusan disaring dan dibiarkan sebentar hingga dingin. Selanjutnya, Sedulur dapat secara rutin meminum ramuan ini untuk meredakan nyeri pada lambung.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Dandelion Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

Mengobati radang tenggorokan

bunga
iStock

Selain dapat mengatasi nyeri pada lambung, bunga wijaya kusuma juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Bunga ini memiliki rasa seperti mint yang menyegarkan sehingga dapat mengobati radang tenggorokan maupun batuk yang tak kunjung sembuh.

Caranya dengan merebus 5 kuntum bunga wijaya kusuma kemudian menyaringnya dengan bersih. Setelah dingin, Sedulur dapat meminum ramuan tersebut dan dilakukan secara rutin hingga radang tenggorokan maupun batuk mereda.

Mengobati asma

bunga
iStock

Terakhir, khasiat bunga wijaya kusuma dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan yang membuat penderitanya akan kesulitan dalam bernapas. Bunga wijaya kusuma yang asli dapat digunakan sebagai minuman infused untuk meredakan penyakit tersebut.

Caranya dengan mencuci bersih 5 kuntum bunga dan memotongnya menjadi bagian kecil-kecil. Setelah itu, bunga wijaya kusuma dapat dicampurkan ke dalam air gula dan didiamkan selama dua jam sebelum diminum. Ramuan ini dapat digunakan sebagai upaya pencegahan maupun pengobatan.

Sekian informasi mengenai bunga wijaya kusuma beserta manfaat, mitos, dan cara merawatnya. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur yang tertarik dan akan mulai menanam bunga ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!