negara terluas di dunia

Apakah Sedulur tahu mana saja negara terluas di dunia? Mungkin saja kamu hanya mengetahui Rusia, China, dan beberapa negara lain yang memiliki luas negara yang besar. Namun, kamu juha perlu tahu tentang daftar negara lainnya yang tak kalah luas.

Di kesempatan kali ini, dibahas daftar negara terluas di dunia sesuai dengan luas yang dimilikinya secara berurutan. Jangan salah, Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas terbesar. Lantas bagaimana dengan negara lainnya? Yuk, mari kita simak ulasannya di sini!

BACA JUGA: Daftar Negara di Benua Eropa Serta Suku dan Karakter Iklimnya

1. Rusia

rusia negara terluas di dunia
Unsplash

Sangat jelas kalau Rusia adalah negara terluas di dunia di daftar pertama. Sedulur bisa lihat di peta atau globe bagaimana luas Rusia hampir menyentuh ujung Eropa di sebelah barat hingga berbatasan dengan China, Korea Utara, dan Jepang di sebelah timurnya. Hal ini disebabkan Rusia memiliki luas dengan total area 17.098.242 kilometer persegi dengan luas daratan 16.376.870 kilometer persegi. Hal ini membuat Russia memberikan 11% terhadan terhadap luas daratan dunia.

-->

2. Kanada

10 negara terluas di dunia
Jack Study

Kanada adalah negera kedua yang ada dalam daftar negara terluas di dunia. Negara yang terletak di utara benua Amerika ini memiliki total area 9.984.670 kilometer persegi dengan luas daratan 9.093.510 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 6,1%. Salah satu negara di Amerika Serikat yang jarang kita dengan beritanya karena Kanada memiliki tingkat kedamaian dan keamanan yang tinggi.

3. China

20 negara terluas di dunia
Kongres Advokat Indonesia

China adalah negara terluas di benua Asia. Total luas daratannya China adalah 9.706.961 kilometer persegi dengan luas daratan 9.388.211 kilometer persegi. Dari luas total yang dimiliki China, memberikan presentase terhadap luas daratan dunia 6,3%. Saat ini, China merupakan salah satu negara yang berpengaruh di dunia.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Kompas

Setelah China, Amerika Serikat menyusul di urutan selanjutnya sebagai negara terluas di dunia. Seakan tidak ingin berhenti bersaing dengan China dalam segala hal, termasuk dalam luas negara yang dimiliki. Total luas yang dimiliki oleh Amerika Serikat adalah 9.372.610 kilometer persegi. Luas daratan sebesar 9.147.420 kilometer persegi. Luas tersebut membuat Amerika Serikat memberikan presentase terhadap luas daratan dunia 6,1%.

5. Brazil

negara terluas di dunia
Dagen

Negara terluas di dunia selanjutnya dipegang oleh Brazil, salah satu negara di Amerika Latin. Negara yang memiliki budaya sepak bola yang kental ini memiliki total dengan luas sebesar 8.515.767 kilometer persegi dengan luas daratan 8.358.140 kilometer persegi. Luas tersebut memberikan presentase terhadap luas daratan dunia 5,6%.

6. Australia

Australia
Kompas

Negara terluas di dunia selanjutnya adalah Australia dengan total area 7.692.024 kilometer persegi dan luas daratan 7.682.300 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 5,2%. Australia merupakan negara yang besar yang terletak di selatan dunia. Terletak dalam pulau yang besar membuat Australia menjadi salah satu benua yang paling kecil saat ini.

7. India

negara terluas di benua asia
Educations

India masuk dalam daftar 10 negara terluas di dunia. Negara di Asia Selatan ini memiliki luas dengan total 3.287.690 kilometer persegi dengan luas daratan 2.873.190 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 2%. Hubungan India dan Indonesia sejak dari masa lalu sudah terjalin erat. Mulai dari kebudayaan, bahasa, dan secara politik, hal ini masih terus bertahan bahkan hingga saat ini.

8. Argentina

Argentina
Liputan6

Total luas yang dimiliki Argentina adalah 2.780.400 kilometer persegi dengan luas daratan 2.736.690 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 1,8%. Hal ini membuat Argentina masuk dalam daftar negara terluas di dunia, bahkan masuk dalam 10 negara terluas, bersama Brazil yang sama-sama berasal dari Amerika Latin.

9. Kazakhstan

Kazakhstan
Tribunnews

Kazakhstan merupakan wakil dari Asia Tengah yang masuk dalam jajaran negara terluas di dunia. Total luas yang dimiliki oleh Kazakhstan sekitar 2.724.900 kilometer persegi dengan luas daratan 2.699.700 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 1,8%.

10. Algeria

Algeria
International Financial

Algeria atau Aljazair merupakan negara di Timur Tengah yang memiliki luas negara sebesar 2.381.741 kilometer persegi dengan luas daratan 2.381.740 kilometer persegi. Hal ini membuat Algeria memberikan presentase terhadap luas daratan dunia 1,6% dan menjadikannya sebagai salah satu negara terluas di dunia.

11. Republik Kongo

negara terluas di dunia Republik Kongo
Kompas

Negara terluas di dunia selanjutnya adalah Republik Kongo yang terletak di benua Afrika. Luas negara yang dimiliki oleh Congo adalah 2.344.858 kilometer persegi dengan luas daratan 2.267.050 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 1,5%.

12. Greenland

Greenland
INews

Greenland adalah daerah luas yang terletak di utara bumi. Total luas 2.166.086 kilometer persegi dengan luas daratan 410.450 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 0,3%. Kendati sebagai daerah terluas, kondisi di Greenland sangat dingin dan penuh dengan salju.

13. Saudi Arabia

negara terluas di asia tenggara
Pinterest

Negara terluas di dunia selanjutnya adalah Saudi Arabia yang merupakan negara kaya akan sumber daya alamnya serta negara yang menjadi tujuan umat muslim di seluruh dunia untuk menunaikan salah satu ibadahnya. Saudi Arabia memiliki total luas negara yaitu total area 2.149.690 kilometer persegi dengan luas daratan 2.149.690 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 1,4%.

14. Meksiko

Meksiko
Pikiran Rakyat

Meksiko merupakan negara terluas di dunia selanjutnya dengan total luas yaitu  1.964.375 kilometer persegi dengan luas daratan 1.943.950 kilometer persegi dan presentase terhadap luas daratan dunia 1,3%. Negara yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat yang memiliki bahasa dan kebudayaan yang eksotis.

15. Indonesia

di kawasan asia indonesia merupakan negara terluas ke
iStock

Selanjutnya adalah negara kita tercinta. Indonesia negara terluas di dunia urutan ke-15, serta merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu, di kawasan Asia Indonesia merupakan negara terluas ke-5 dan sekaligus negara terluas di Asia Tenggara yang menduduki urutan nomor 1. Wajar saja karena  Indonesia memiliki total luas 1.904.569 kilometer persegi dengan luas daratan 1.811.570 kilometer persegi dan presentase terhadap luas daratan dunia 1,2%.

16. Sudan

negara termiskin di dunia
Medcom

Sudan merupakan negara yang masuk dalam 20 negara terluas di dunia. Salah satu negara termiskin di dunia ini memiliki total luas area yaitu 1.886.068 kilometer persegi. Dengan luas daratan 1.765.048 kilometer persegi yang memberikan persentasi terhadap luas daratan dunia sebanyak 1.2%. Namun, kondisi di negaranya tidak sebanding dengan luas negara yang dimiliki. Sangat ironis.

17. Libya

negara terluas di dunia Libya
INews

Negara terluas di dunia selanjutnya adalah Libya. Negara bekas diktator Khadaffi berkuasa ini memiliki luas negara dengan total 1.759.540 kilometer persegi. Dari luas daratan yang dimiliki Libya tersebut, memberikan persentasi terhadap luas daratan dunia sebesar 1.2% yang sama dengan Sudan.

18. Iran

Iran
Europarl

Negara dengan luas besar selanjutnya berasal dari Timur Tengah, yaitu Iran. Iran memiliki luas dengan total area 1.648.195 kilometer persegi, luas daratan 1.628.550 kilometer persegi, presentase terhadap luas daratan dunia 1,1%. Iran merupakan salah satu negara yang kaya dengan peninggalan sejarah dan merupakan salah satu perdabaan kuno yang maju saat itu, yaitu peradaban Persia.

19. Mongolia

Mongolia
INews

Negara bekas penguasa terbesar dalam sejarah tinggal, yaitu Jengis Khan. Mongolia memiliki luas yang sangat besar, dengan total area 1.564.110 kilometer persegi dengan luas daratan 1.553.580 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 1%. Negara satu ini berbatasan dengan China dan Russia.

BACA JUGA: 5 Negara Pendiri ASEAN Tahun 1967 dan Sejarah Bedirinya

20. Peru

peru
Peru Travel

Negara terluas di dunia yang menduduki urutan ke-20 adalah Peru. Total area yang dimilik oleh Peru sebagai bagian dari kekuasaan pemerintahnnya yaitu 1.285.216 kilometer persegi dengan luas daratan 1.280.000 kilometer persegi serta presentase terhadap luas daratan dunia 0.9%. Dengan begitu, Peru menjadi salah satu negara di Amerika Latin yang masuk dalam daftar negera terluas.

Itulah tadi daftar negara terluas di dunia yang memberikan sumbangsih terhadap persentase luas daratan dan lautan. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dengan tanah air yang dimiliki negara kita. Hal tersebut menunjukan bahwa negera kita merupakan salah satu negara besar dengan kebudayaan dan nilai tradisi yang kental.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!