Yogurt dikenal sebagai salah satu olahan susu yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, manfaat yogurt untuk kesehatan ternyata cukup beragam. Salah satu manfaat yogurt yang selama ini paling dikenal adalah untuk melancarkan saluran pencernaan. Yogurt juga aman dikonsumsi mulai dari bayi yang sudah masuk masa MPASI hingga orang dewasa.

Namun ternyata manfaat minuman yogurt tak hanya untuk kesehatan saluran pencernaan saja lho Sedulur. Ada beberapa manfaat yogurt lain yang mungkin tak banyak orang atau Sedulur tahu. Untuk lebih mengetahui manfaat lainnya, yuk simak penjelasan lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: Manfaat Ikan Gabus Kaya Nutrisi yang Baik Untuk Pertumbuhan

Kandungan nutrisi yang ada di dalam yogurt

manfaat yogurt
Unsplash

Dilansir dari Hello Sehat, yogurt memiliki bahan utama yakni susu. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan susu dengan bakteri, salah satunya adalah bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Campuran antara susu dengan kedua jenis bakteri ini dilakukan selama beberapa jam dalam suhu 43-46 derajat celcius.

Selama didiamkan ini, terjadilah proses fermentasi yang membentuk yogurt. Susu memiliki kandungan gula yang disebut laktosa. Bakteri yang dicampurkan ke dalam susu ini akan memecah laktosa menjadi asam laktat. Zat inilah yang akhirnya membuat tekstur susu menjadi lebih kental dan rasanya berubah menjadi lebih asam. Inilah ciri khas yang kita semua kenal sebagai yogurt.

Lalu apa saja sih kandungan nutrisi yang terkandung dalam satu porsi yogurt?

Masih dilansir dari Hello Sehat, berikut kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram yogurt:

  • Energi: 52 kkal
  • Protein: 3,3 gram
  • Lemak: 2,5 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Vitamin A: 22 miligram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2):0,1 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 miligram
  • Kalsium: 120 miligram
  • Fosfor: 90 miligram
  • Zat besi: 0,1 miligram
  • Natrium: 40 miligram
  • Kalium: 299 miligram
  • Zinc: 0,6 miligram

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam yogurt, kini saatnya Sedulur mengetahui apa saja kegunaan yogurt untuk kesehatan. Agar Sedulur juga mengetahui bahwa yogurt sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin.

1. Membantu menurunkan berat badan

manfaat yogurt
Unsplash

Bagi Sedulur yang memiliki masalah kelebihan berat badan, mengonsumsi yogurt ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Manfaat yogurt untuk diet antara lain akan membuat Sedulur lebih cepat kenyang saat mengonsumsinya. Yogurt merupakan makanan yang tinggi protein dan kalsium yang dapat menekan nafsu makan berlebih. Selain itu, lemak dalam kandungan yogurt adalah lemak sehat yang mampu mengontrol pertambahan berat badan Sedulur.

Karena manfaatnya yang cukup baik untuk diet itulah, yogurt termasuk cemilan sehat yang tak masalah jika dikonsumsi secara rutin. Sebab tak akan membuat berat badan Sedulur naik. Namun yang perlu diingat, jika ingin hasil yang maksimal, Sedulur lebih baik pilih untuk mengonsumsi yogurt yang tawar atau greek yogurt.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Daun Suji yang Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

2. Manfaat yogurt untuk ibu hamil

manfaat yogurt
Unsplash

Ibu hamil tentu harus banyak mengonsumsi banyak makanan bergizi selama masa kehamilannya. Hal ini sangat diperlukan agar janin yang dikandung dapat memiliki perkembangan yang baik dan sehat. Salah satu rekomendasi makanan sehat yang baik untuk ibu hamil adalah yogurt.

Dilansir dari Alodokter, yogurt memiliki banyak manfaat kesehatan apabila dikonsumsi ibu hamil. Antara lain:

Memenuhi asupan nutrisi ibu hamil dan janin

Kandungan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan untuk perkembangan janin. Kandungan dalam yogurt yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut antara lain protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, zinc, dan probiotik.

Kandungan tersebut pulalah yang bisa membantu mengontrol tekanan darah ibu hamil, mendukung proses pembentukan organ janin, dan membentuk imunitas ibu hamil dan janin.

Menjaga berat badan selama hamil agar tetap sehat

Saat menjalani masa kehamilan, kenaikan berat badan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, idealnya wanita yang sedang hamil mengalami kenaikan berat badan di kisaran 11-16 kilogram. Konsumsi yogurt secara rutin akan membantu ibu hamil untuk mengontrol kenaikan berat badannya secara sehat.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, yogurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang membuat siapapun yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan

Yogurt dipercaya mampu membantu mengontrol tekanan darah pada ibu hamil. Itulah mengapa risiko kehamilan seperti preeklamsia dapat sedikit diturunkan risikonya. Selain itu, jika ibu hamil rutin mengonsumsi yogurt tawar, risiko diabetes gestasional juga dapat diturunkan.

Sementara itu, ada fakta lain yang harus Sedulur tahu. Ternyata tak hanya untuk ibu hamil, ada pula manfaat yogurt untuk rahim. Dilansir dari Liputan6, Nurses Health Study dalam penelitiannya menemukan fakta bahwa wanita yang rutin mengonsumsi produk susu seperti yogurt dan keju, bisa memiliki kesuburan yang lebih baik daripada wanita yang tidak rutin dalam mengonsumsinya.

3. Manfaat yogurt untuk wajah

manfaat yogurt untuk wajah
Unsplash

Tak hanya manfaatnya untuk kesehatan dalam tubuh, yogurt juga ternyata bisa berguna untuk kesehatan luar tubuh. Manfaat yogurt untuk kulit badan dan wajah salah satunya adalah bisa melembapkan. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam yogurt cukup banyak. Dikutip dari Hello Sehat, dari 100 gram yogurt tawar, 88 persen di antaranya adalah air.

Maka dari itu, yogurt bisa sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki masalah kulit kering dan sensitif. Cara menggunakan yogurt untuk melembapkan kulit selain dikonsumsi adalah dengan membuat masker yogurt. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 4 sdm yogurt tawar, 1 sdm cokelat bubuk, dan 1 sdm madu. Campur aduk semua bahan di mangkok, lalu oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Cara ini akan membawa manfaat yogurt dan madu untuk kesehatan kulit Sedulur.

4. Menjaga kesehatan tulang

manfaat yogurt
Pexels

Manfaat yogurt untuk menjaga kesehatan tulang mungkin masih belum terlalu familiar. Yogurt mengandung protein dan vitamin D yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Itulah mengapa mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Selain itu, karena teksturnya yang lembut, yogurt juga akan mudah dikonsumsi untuk Sedulur yang sudah masuk usia senja dan membutuhkan banyak suplemen untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Menurunkan tekanan darah

Pexels

Yogurt mengandung kalium yang dipercaya mampu mengeluarkan kelebihan natrium dalam tubuh. Natrium sendiri adalah zat yang dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Zat ini sering ditemukan dalam makanan yang tinggi kandungan garamnya.

Dilansir Hello Sehat, sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi 2 – 3 porsi yogurt per hari, mengalami penurunan tekanan darah. Masih dikutip dari sumber yang sama, penurunan tekanan darah tersebut bahkan bisa mencapai hingga 50 persen dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi yogurt.

BACA JUGA: 14 Manfaat Minum Air Hangat Tiap Hari, Bikin Awet Muda

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

Pexels

Yogurt dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein), meski lemak yang dikandungnya cukup tinggi. Namun, lemak yang ada dalam yogurt adalah lemak sehat yang aman bagi tubuh. Itulah mengapa banyak ahli percaya bahwa manfaat yogurt salah satunya adalah untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, manfaat yogurt untuk menurunkan tekanan darah juga dipercaya bisa menyehatkan jantung, dan mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pexels

Kandungan probiotik dalam yogurt dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan probiotik memiliki efek antiperadangan, sehingga membantu tubuh menangkal segala bibit penyakit seperti bakteri dan virus.

8. Meredakan iritasi kulit akibat infeksi atau terbakar matahari

Pexels

Manfaat yogurt selanjutnya adalah mampu meredakan kulit yang mengalami iritasi karena terbakar sinar matahari atau infeksi. Sedulur bisa menggunakan masker yogurt untuk mengatasi masalah ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker antara lain:

  • 40 gram yoghurt tawar
  • 40 gram mentimun. kupas dan cincang kasar
  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 1 sdm madu
  • beberapa tetes minyak chamomile (opsional)

Campur semua bahan jadi satu dalam sebuah wadah hingga menjadi pasta. Oleskan secara rata pada wajah, diamkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih dengan air dingin. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya maksimal.

Itulah sejumlah manfaat yogurt yang harus Sedulur tahu. Mungkin Sedulur akan bertanya-tanya, merk yogurt apa yang baik untuk dikonsumsi. Salah satu merk yogurt yang cukup mudah ditemukan di pasaran adalah cimory. Manfaat yogurt cimory juga dipercaya seperti hal-hal yang disebutkan di atas.

Namun, dalam memilih yogurt sehat, pastikan Sedulur memilih yogurt yang minim kandungan gula. Sehingga manfaat-manfaat kesehatan untuk tubuh bisa lebih optimal. Jika Sedulur ingin berbelanja yogurt dan kebutuhan pokok lainnya, Sedulur bisa berbelanja lewat Aplikasi Super lho. Sedulur tinggal unduh aplikasinya di sini dan mulai belanja serta mendapatkan banyak promo murah.