Penyakit yang menyerang pada tubuh bisa diatasi dengan berbagai cara. Baik dengan pengobatan ke dokter ataupun pengobatan herbal, semuanya bisa dilakukan agar penyakit yang diderita cepat untuk sembuh. Salah satu obat herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk tubuh adalah daun binahong.

Daun yang juga merupakan tanaman obat ini punya banyak sekali khasiat untuk tubuh, dan dipercaya menjadi salah satu daun yang digunakan untuk mengatasi baik penyakit ringan sampai berat. Apa aja sih manfaat daun binahong itu? Simak rangkumannya di bawah ini, ya.

BACA JUGA: Berikut Tata Cara Wudhu yang Benar dan Sesuai Sunnah

1. Menyembuhkan luka bakar

sehatQ

Khasiat daun binahong yang pertama adalah untuk mengobati luka bakar. Kandungan aktif seperti tanin, flavonoid, dan juga saponin mampu mencegah infeksi pada luka. Sehingga, luka akan menjadi cepat sembuh karena adanya antiseptik dalam daun ini. Kandungan aktif tersebut juga membuat kolagen dalam kulit menjadi cepat terbentuk dan luka akan cepat menutup.

2. Mencegah resiko penyakit jantung dan mengobati darah tinggi

klikdokter

Manfaat selanjutnya dari daun binahong ini adalah untuk mencegah penyakit jantung serta darah tinggi. Itu karena ekstrak dari daun ini bisa menurunkan denyut pada jantung dan juga urin akan berproduksi lebih banyak lagi. Jadi, darah tinggi bisa terobati dengan ini. Kolesterol jahat penyebab timbulnya penyakit jantung juga akan turun jika rutin mengkonsumsinya

3. Mengobati gatal

kompas

Daun binahong kaya akan flavonoid dan saponin, sehingga jika Sedulur sedang gatal-gatal, daun ini cocok untuk dijadikan obat. Kandungan tersebut sifatnya adalah anti jamur yang merupakan salah satu penyebab iritasi pada kulit. Jadi, gatal-gatal pada kulit akan teratasi.

4. Sebagai obat anemia

pexels

Anemia merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan darah. Untuk membuat sel darah merah ini meningkat, bisa diatasi dengan menggunakan daun binahong. Hal itu bisa dilakukan karena daun ini mempunyai zat besi alami yang bisa membuat darah merah dipacu untuk berproduksi. Maka dari itu, daun ini bisa mengobati penyakit anemia.

5. Mengobati penyakit maag

pexels

Rasa nyeri serta panas pada lambung disebut juga dengan penyakit maag. Baik muda maupun tua, maag bisa menyerang. Salah satu cara untuk mengatasi maag adalah dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin. Jika Sedulur tidak mau minum obat-obatan kimia, maka dengan merebus 10 lembar daun ini dengan segelas air dan tunggu sampai mendidih, bisa menjadi salah satu obat herbal untuk menyembuhkannya. Minum air rebusan binahong ini secara rutin tiga kali sehari, ya.

6. Mengobati sariawan kronis

kompas

Khasiat lain dari daun binahong adalah untuk mengobati sariawan pada mulut. Saat menderita sariawan, tentunya ada perasaan tidak nyaman serta susah untuk mengunyah makanan, apalagi makanan pedas dan panas. Dengan meminum air rebusan tanaman obat yang satu ini, maka sariawan akan sembuh dan Sedulur bisa mengunyah makanan dengan nyaman.

7. Mengatasi lemah syahwat

orami

Lemah syahwat atau bisa disebut juga impotensi, merupakan suatu masalah seks pada pria yang dapat menimbulkan berbagai macam efek. Seperti renggangnya hubungan, percaya diri akan menurun, serta dapat menimbulkan stress.

Dikutip dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Yusuf CK Arianto, daun binahong bisa untuk mengatasi penyakit ini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 3-10 lembar daun dengan 2 gelas air matang, lalu minum selagi hangat. Minum air rebusan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal, ya.

8. Membantu melancarkan haid

pexels

Selain memberikan manfaat untuk mengatasi impotensi pada pria, daun ini juga memberikan khasiat untuk wanita. Jika Sedulur adalah wanita yang pada saat mengalami haid merasa tidak nyaman dan juga tidak lancar, cukup dengan merebus 3 lembar daun binahong dengan air mendidih sebanyak dua gelas, lalu minum secara rutin air rebusan daun itu. Haid akan menjadi lancar dan juga nyaman.

9. Sebagai obat asam urat

sehatQ

Gejala nyeri disertai pembengkakan di daerah persendian adalah tanda penyakit asam urat. Selain melalui obat-obatan kimiawi, obat herbal juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tersebut. Salah satunya adalah daun binahong. Dengan merebus daun binahong serta meminumnya secara rutin, maka penyakit ini bisa sembuh. Itu karena daun ini bisa membantu menurunkan putin yang bisa menyebabkan asam urat.

Daun ini juga diperkaya dengan flavonoid yang digunakan untuk mencegah dan menghambat pembentukan asam urat di tubuh.

10. Meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh

pexels

Untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh yang diakibatkan salah satunya karena cuaca yang tidak menentu, daun binahong bisa menjadi solusinya. Rebus daun ini satu lembar dengan dua gelas air matang sampai menyisakan setengahnya saja. Lalu, minum air rebusan dari daun ini secara rutin sehari sekali untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah Tanpa Diet

11. Mengatasi komedo pada wajah

klikdokter

Selanjutnya adalah manfaat daun binahong untuk wajah yaitu mengatasi komedo. Pasti akan mengganggu penampilan jika ada komedo yang terlihat di wajah. Lama kelamaan, komedo tersebut bisa menyebabkan jerawat sehingga tambah mengganggu penampilan. Dengan merebus daun ini dan digunakan untuk mencuci muka, maka komedo yang membandel pada wajah akan berkurang dan teratasi. Gunakan cara ini selama tiga kali dalam sehari untuk memaksimalkan hasil.

12. Menjaga fungsi ginjal

alodokter

Fungsi dari binahong berikutnya adalah untuk menjaga fungsi ginjal. Terutama pada penderita gagal ginjal kronis, daun ini memberikan efek yang bagus serta aman. Cara yang digunakan cukup mudah, yaitu dengan merebus 10-15 gram daun dengan segelas air sampai mendidih, kemudian minum air dari rebusan tersebut secara rutin tiga kali sehari. Lakukan cara ini sebelum makan agar hasil maksimal.

13. Menyembuhkan batuk

pexels

Selain menjadi salah satu obat untuk gagal ginjal, daun binahong juga bisa menyembuhkan penyakit batuk. Batuk bisa dipicu pada berbagai hal, diantaranya adalah alergi, infeksi virus dan bakteri, serta ketika asam lambung naik.

Selain minum obat kimia, minum air rebusan dari daun ini bisa berkhasiat untuk mengobati batuk yang menimbulkan rasa tidak nyaman di dalam tenggorokan. Daun yang digunakan untuk merebusnya adalah sebanyak sepuluh lembar, lalu rebus dan minum selagi masih hangat.

14. Sebagai obat herbal sesak nafas

klikdokter

Fungsi dari daun binahong selanjutnya adalah menjadi obat herbal saat sesak nafas. Caranya cukup mudah, rebus 7 lembar daun ini dengan dua gelas air matang, rebus sampai mendidih sampai tersisa satu gelas air. Kemudian, minum air rebusan ini selagi masih hangat. Konsumsi obat herbal ini secara rutin ya, agar penyakit cepat sembuh.

15. Mencegah penyakit kanker

doktersehat

Manfaat selanjutnya dari daun binahong adalah sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker. Daun ini diperkaya dengan antioksidan pigmen karotenoid esensial, diantaranya adalah lutein, zeaxanthin, serta betakaroten. Kandungan tersebut efektif untuk mencegah penyakit kanker. Rebus daun singkong secara rutin tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain yang telah dijelaskan diatas, ada sekitar 30 manfaat daun binahong atau lebih yang baik untuk kesehatan tubuh maupun wajah. Sebelum mengkonsumsi obat herbal ini, terlebih dulu perhatikan jika Sedulur mempunyai riwayat alergi pada daun ini atau tidak. Hindari konsumsi daun herbal ini jika Sedulur sedang hamil atau menyusui. Semoga bermanfaat!

Selain mengetahui daun herbal yang punya ragam manfaat,  Aplikasi Super juga mempunyai ragam kebutuhan harian dan pokok yang bisa kamu beli. Kepoin, yuk!