porang

Jika masih ingat, pada 2019 yang lalu porang menjadi tanaman yang ramai diperbincangkan. Hal dikarenakan pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Beliau berujar bahwa tanaman ini akan menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia yang baru. Para pemerhati dan pelaku bisnis pun dibuat kaget oleh pernyataan tersebut.

Pasalnya, belum banyak yang mengetahui tanaman jenis umbi-umbian satu ini. Porang bahasa Jawa dikenal dengan iles-iles dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sebutan khusus untuk tanaman ini. Hal tersebut yang membuat banyak pihak kaget dengan pernyataan tersebut sekaligus banyak yang berlomba untuk menanamnya agar bisa mendapatkan untung lebih dulu.

Tapi, bagaimana asal-usul tanaman yang akan menjadi komoditas ekspor terbaru Indonesia tersebut? Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara budidayanya? Mari langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Budidaya Porang Untuk Pemula, Bernilai Jual Jutaan

-->

Asal-usul tanaman porang

budidaya porang
tirto.id

Tanaman porang sudah dikenal masyarakat Indonesia untuk dimanfaatkan sejak Jepang menjajah Indonesia. Saat itu, tentara Jepang memerintahkan orang Indonesia untuk mencari porang tanaman ke hutan. Tanaman yang didapatkan akan diolah oleh Jepang sebagai bahan pangan dan industri mereka.

Hal tersebut ternyata benar adanya. Disampaikan oleh Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi bahwa pohon porang merupakan tanaman anggota dari famili Aracacea yang dikenal dengan nama Bunga Bangkai. Penyebutan nama ini berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa disebut dengan iles-iles. Ada daerah lain ada yang menyebut iles kuning acung atau ada juga yang menyebutnya acoan.

Jika dilihat sekilas, tanaman ini memiliki kesamaan secara bentuk dengan Suweg dan Walur. Kegunaan porang di luar negeri dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk industri, baik makanan dan kecantikan. Hal ini yang mendorong Presiden Jokowi secara yakin menyampaikan bahwa tanaman iles-iles sebagai komoditas ekspor utama Indonesia.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

Manfaat porang

manfaat porang
antaranews

Lantas, apa saja sih manfaat dari tanaman ini sehingga Presiden Jokowi memberikan pernyataan resmi akan menjadikan ekspor porang sebagai komoditas utama? Terdapat beberapa manfaat dari tanaman ini yang bisa digunakan  untuk menyehatakan tubuh. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam darah
  • Membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan secara maksimal
  • Dapat secara efektif menurunkan berat badan
  • tepung porang dapat digunakan sebagai bahan dasar industri
  • Dapat diolah menjadi berbagai bahan dasar produk makanan menyehatkan

Berdasarkan dari manfaat di atas, wajar saja jika harga buah porang perkilonya bisa mencapai harga yang menjanjikan. Atas dasar itu juga banyak mendorong masyarakat yang mulai untuk membudidayakannnya dan menjadikannya sebagai ide bisnis untuk menambah penghasilan bulanan. Lantas seperti apa cara membudidayakannya?

Cara budidaya

Cara Budidaya porang
cnnindonesia

Bagi Sedulur yang tertarik untuk budidaya tanaman ini dan dijadikan sebagai bisnis, Sedulur harus mengatahui bagaimana cara membudidayakannya. Berikut ini tahapan yang bisa dilakukan untuk budidayakannya agar bisa panen dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.

1. Periode menanam

Tanaman ini sebaiknya ditanam pada awal musim penghujan sekitar akhir September hingga awal Oktober. Seperti yang tengah kita alami saat ini. Kita bisa melakukan pembibitan terlebih dahulu dalam polybag dan gunakan metode penanaman menggunakan biji. Tanaman ini hanya memiliki masa hidup selama 5 bulan.

Lewat dari 5 bulan, tanaman ini akan menguning dan mati. Dalam tanaman ini, terdapat istilah yang disebut dengan katak atau bintil yang muncul di pangkal dan tangkai daun ketika tanaman mati katak tersebut akan berjatuhan. Katak tersebut yang menjadi bedih dari tanaman ini dan bisa ditanam kembali.

BACA JUGA: Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila Untuk Memulai Bisnis Jutawan

2. Merawat

Musuh utama dari tanaman porang adalah gulma. Gulma akan menganggu pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, kita harus sering membersihkannya agar pertumbuhan tidak terganggu. Selanjutnya, kita harus meninggikan guludan. Tujuannya agar tanaman bisa berdiri dengan tegak dan perkembangan umbi bisa lebih cepat dan menghasilkan kualitas yang baik.

Jangan lupa juga untuk melakukan proses pemupukan. Gunakan pupuk organik kompos yang telah difermentasi terlebih dahulu. Setelah tumbuh sedikit, lakukan kembali pemupukan dengan menggunakan pupuk anorganik. Tahap selanjutnya adalah melakukan penjarangan yang mencegah terdapat banyak tanaman dalam satu lubah.

Hal ini perlu dilakukan agar umbi yang tumbuh dan dihasilkan bisa maksimal dan memiliki kualitas yang baik. Kualitas umbi yang baik dapat memilik daya tawar yang tinggi di pasaran.

3. Panen

Bagian ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu oleh setiap petani. Umbi yang telah dapat dipanen yaitu yang telah berusian sekitar 7 bulan masa tanam. Namun jika yang ditanam menggunakan biji katak, proses panen bisa dilakukan setelah 18-24 bulan masa tanam.

Kualitas bibit sangat menentukan masa panen. Umbi yang dihasilkan juga akan berbeda. Jika kualitas umbi baik, hal tersebut akan sangat meningkatkan manfaat porang untuk industri, terutama di luar negeri.

Sekian penjelasan terkait porang baik terkait manfaat dan cara budidaya. Semoga penjelasan di atas bisa turut merangsang jiwa bisnis Sedulur. Seperti yang telah disampaikan secara resmi oleh Presiden Jokowi bahwa tanaman porang merupakan komoditas ekspor andalan Indonesia yang baru. Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah peluang bisnis untuk dikembangkan.

Selain peluang bisnis di atas, terdapat juga peluang bisnis agar Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih. Yaitu bergabung menjadi Super Agen, mitra resmi dari Aplikasi Super. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan dengan menjadi Super Agen. Pertama, penghasilan tetap setiap bulannya. Kedua, bonus dengan total jutaan rupiah dan keuntungan lainnya yang menggiurkan.

Jika Sedulur tertarik, Sedulur bisa mempelajari segala hal untuk menjadi Super Agen dengan klik di sini. Jangan lupa juga, Sedulur harus download Aplikasi Super agar bisa mengikuti segala perkembangan harga sembako yang dapat memudahkan Sedulur ketika menjadi Super Agen nantinya.