manfaat daun sungkai

Manfaat daun sungkai untuk berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kesuburan hingga menjadi penangkal COVID-19.

Salah satu tanaman yang cukup terkenal di tanah Borneo adalah daun sungkai. Daun yang juga tersebar di wilayah Sumatera dan Jawa ini dipercaya mempunyai banyak khasiat. Beragam manfaat dari sungkai itulah yang membuat tanaman ini banyak dicari oleh orang.

Daun ini juga diduga mujarab untuk mengatasi virus COVID-19 dan sempat ramai dibicarakan. Lalu, apakah benar daun sungkai bisa mengobati virus ini? Selain dipercaya sebagai obat dari virus berbahaya ini, daun ini juga bisa bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi malaria. Untuk mengetahui lebih lanjut, cek faktanya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Aman

-->

1. Menyembuhkan sariawan dan sakit gigi

obat sariawan daun sungkai
alodokter

Sariawan adalah penyakit yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada mulut, terutama saat makan makanan pedas dan panas. Orang-orang sering menganggap sariawan sebagai penyakit yang sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ternyata sariawan adalah salah satu penyakit yang bila disepelekan dan dibiarkan akan menjadi peradangan yang serius.

Untuk mengobati sariawan, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan menyiapkan daun sungkai. Manfaat daun sungkai untuk kesehatan ini bisa didapatkan dengan cara menjadikannya sebagai obat kumur. Caranya cukup mudah. Tinggal rebus daun sungkai beberapa lembar hingga mendidih lalu diamkan sampai suhunya hangat. Setelah itu, langsung saja berkumur dengan ekstrak daun sungkai ini. 

Selain itu, daun dari Kalimantan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi, bau mulut, kuman yang bersarang di mulut yang bisa menyebabkan sakit gigi. Penggunaan daun sungkai ini bisa menyembuhkan sakit pada gigi dengan cara yang mudah. Cukup rebus daun sungkai muda sampai mendidih lalu biarkan sampai hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur supaya kuman di mulut menghilang.

2. Mengatasi malaria

manfaat daun sungkai kering
halodoc

Manfaat daun sungkai selanjutnya adalah untuk mengatasi malaria. Tepatnya pada masyarakat suku Lembak di Bengkulu, daun sungkai ini dipercaya ampuh untuk mengatasi malaria dan menjadi salah satu obat tradisional mereka. Daun ini memiliki kandungan untuk membuat sel darah putih meningkat dan infeksi pada tubuh juga akan dilawan.

Selain itu, kandungan antipiretik dalam daun ini juga berfungsi untuk menurunkan panas demam yang mana adalah salah satu gejala penyakit malaria. Tak berhenti di situ, daun sungkai juga kaya akan sitosterol, isopropanol, phytol, dan peronemin untuk meningkatkan kadar leukosit. Cara untuk mengkonsumsi daun ini cukup mudah. Tinggal rebus daun sungkai beberapa lembar sampai mendidih, lalu minum selagi hangat.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

manfaat daun sungkai untuk kesehatan
pexels

Manfaat daun sungkai berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat yang satu ini sudah dipercaya turun temurun oleh masyarakat suku Lembak, Bengkulu. Leukosit yang berada di dalam daun ini adalah sel yang berperan membentuk komponen darah. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat karena kandungan sel darah putihnya juga meningkat.

Cara mengonsumsinya agak berbeda dengan sebelumnya yakni dengan memilih daun sungkai muda yang daunnya berwarna ungu kemerahan . Setelah itu, cuci bersih lalu rebus segenggam daun sungkai muda itu dengan air, kemudian minum. 

4. Sebagai penyedap rasa alami

pohon sungkai penyedap rasa
pexels

Manfaat daun asal Kalimantan berikutnya adalah untuk penyedap rasa yang alami. Daun sungkai sebagai penyedap ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Suku Dayak untuk menambah cita rasa pada masakan. Di sana, daun ini mudah sekali didapatkan. Di pasar banyak yang menjual daun sungkai baik itu dalam bentuk kering, bubuk atau serbuk, ataupun segar.

Manfaat daun sungkai kering bisa digunakan sebagai bahan masakan pada makanan tradisional khas Suku Dayak. Cara yang dilakukan adalah dengan mencampurkan daun sungkai yang telah ditumbuk dengan ubi kayu. Setelah itu, tumis keduanya hingga wangi.

Sayangnya, belum dilakukan banyak riset mengenai kandungan apa saja yang membuat daun sungkai mempunyai rasa enak dan umami. Sehingga, perlu adanya kajian untuk membahas apa saja kandungan yang berkontribusi dalam daun sungkai sehingga rasanya menjadi enak.

BACA JUGA: Ciri Ciri Terkena Virus Corona, Gejala dan Penceganannya

5. Daun sungkai untuk atasi COVID-19?

manfaat daun sungkai covid-19
pexels

Belakangan ini, ramai dibicarakan oleh masyarakat bahwa daun sungkai menjadi salah satu obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi Coronavirus. Masyarakat pun banyak yang memburu daun sungkai karena berita itu dianggap benar oleh mereka.

Setelah marak beredar, kemudian Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP) bernama dr. Erlinda Burhan mengatakan bahwa belum ada bukti ilmiah mengenai daun ini dapat mengatasi virus COVID-19. Jadi berita tentang daun ini bisa mengatasi COVID-19 adalah salah. Namun, khasiat dari daun sungkai ini masih dikaji oleh peneliti dan memiliki potensi khasiat untuk menurunkan pusing maupun mengobati demam.

6. Kesuburan rahim perempuan

manfaat daun sungkai untuk kesuburan
tribunnews

Kesuburan rahim perempuan dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Konsumsi obat tertentu, kelelahan akibat terlalu banyak bekerja, stres pikiran, ataupun kelebihan dan kekurangan berat badan bisa berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang wanita. Untuk mengatasinya, Sedulur harus melakukan hal-hal yang tidak membuat stres seperti me time, rutin berolahraga, hingga mengkonsumsi obat herbal atau tradisional.

Salah satu tumbuhan yang bisa mengatasinya adalah daun sungkai. Manfaat daun sungkai untuk kesuburan bisa dilakukan dengan cara merebus daun mudanya hingga mendidih. Lalu, minum air rebusannya selagi dalam keadaan hangat. Pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan juga bisa mengkonsumsi air rebusan dari daun sungkai ini karena membuat istri terjaga kesuburannya. Selain itu, rebusan daun ini juga mempunyai khasiat untuk memperlancar menstrusdi. Caranya adalah sama seperti di atas yakni dengan merebus lalu meminumnya. 

Masih seputar kesehatan pada wanita, daun sungkai juga bisa dijadikan ramuan mandi bagi ibu yang habis melahirkan, lho. Caranya adalah dengan mencampurkan air mandi dengan air daun sungkai dan jadikan sebagai air untuk mandi. Masyarakat Suku Dayak di Kalimantan mempercayai hal ini untuk merelaksasi otot tubuh pada ibu usai melahirkan. Namun perlu diingat bahwa melakukan hal ini hanya untuk ibu dengan proses bersalin normal saja, ya.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa Sedulur ketahui dari daun sungkai. Perlu diperhatikan bahwa meskipun memiliki bermacam-macam khasiat, sebaiknya batasi konsumsi daun dari Kalimantan ini. Menurut dr. Arrum Putri Amalina, jangan konsumsi daun ini terlalu sering karena masih sedikit bukti dari riset yang membahas takaran yang pas untuk mengkonsumsi daun sungkai.

Sebaliknya, daun ini bisa dikeringkan dan dijadikan bumbu. Namun, akan mengurangi khasiat yang ada dalam daun itu sendiri karena adanya proses pemanasan bersuhu sangat tinggi.

Selain mengetahui daun sungkai yang manfaatnya beragam, Sedulur juga bisa lho belanja di Aplikasi Super karena punya banyak juga manfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari beras, minyak, kopi, cemilan, dan berbagai produk penting lainnya. Banyak sekali pilihan yang bisa dibeli dan caranya pun cukup mudah. Download segera, yuk.