Manfaat Ikan Gabus

Rutin mengkonsumsi ikan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan protein Sedulur lho, termasuk mengkonsumsi ikan gabus. Manfaat ikan gabus salah satunya memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh dan membentuk otot yang kuat.

Ikan gabus dalam bahasa inggris dikenal dengan nama snakehead atau ikan berkepala ular. Biasanya, ikan ini banyak ditemui di daerah Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra dan Papua. Sebab, di wilayah tersebut, masih banyak ditemukan rawa-rawa, sehingga sangat sesuia dengan habitat dari Ikan gabus.

Berbicara mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan, tim Aplikasi Super akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai keunggulan ikan ini. Yuk simas penjelasan di bawah ini Sedulur:

Kandungan nutrisi dalam Ikan Gabus

Dirangkum dari berbagai macam sumber, banyak sekali kandungan protein yang ada dalam ikan gabus, salah satu ikan yang hidup di rawa-rawa. Banyaknya nutrisi  yang ada di Ikan Gabus mendorong peneliti atau perusahaan farmasi menciptakan sebuah kapsul yang berisi minyak atau ekstrak dari ikan gabus untuk kesehatan tubuh. Sebab manfaat minyak ikan gabus untuk kesehatan ternyata cukup banyak.

-->

Berikut informasi yang diambil dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI) 

  • Air: 79,6 g
  • Kalori: 80 kilokalori (kkal)
  • Protein: 16,2 g 
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat: 2,6 g
  • Kalsium: 170 miligram (mg)
  • Fosfor: 139 mg
  • Zat besi: 0,1 mg
  • Natrium: 65 mg
  • Kalium: 254 mg 
  • Tembaga: 0,3 mg 
  • Vitamin A: 335 mikrogram (μg)
  • Vitamin B1: 0,4 mg
  • Vitamin B2: 0,2 mg
  • Vitamin B3: 0,1 mg

BACA JUGA : 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

1. Mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi

Manfaat Ikan Gabus
kompas

Meski tampilan ikan gabus cukup mengerikan, namun banyak nutrisi yang terkandung dalam ikan yang masuk dalam kelas predator ini. Salah satu manfaat ikan gabus itu ialah untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Khasiat ikan gabus untuk penyembuhan luka sudah sudah diketahui sejak lama. Sebab, untuk mempercepat penyembuhan luka, diperlukan kadar albumin yang cukup pada tubuh. Sebuah studi menemukan, kapsul konsentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0,7 gram. Tidak hanya itu, ada kandungan albumin dalam daging ikan tersebut sehingga manfaat albumin ikan gabus sangat baik bagi Sedulur yang sedang menjalani masa pemulihan akibat terjatuh atau tergelincir. Luka-luka akibat terjatuh menjadi persoalan yang serius, sebab jika tidak ditangani secara benar bisa menyebabkan infeksi yang berkepanjangan.

2. Mengobati malnutrisi

Manfaat Ikan Gabus
kompasiana

Kondisi malnutrisi atau kekurangan gizi bisa dialami oleh anak-anak hingga balita. Masalah seperti ini bisa terjadi karena tubuh mereka mengalami kekurangan asupan albumin. Mengatasi persoalan malnutrisi, maka mengkonsumsi ikan gabus bisa menjadi solusinya. Manfaat ikan gabus sangat baik untuk tumbuh kembang anak, balita, ibu hamil hingga bayi. Setidaknya mengkonsumsi 100 gram ikan gabus perhari, sangat penting untuk kesehatan tubuh.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat Ikan Gabus
TheAsianparent

Mengalami masalah pencernaan memang sangat merepotkan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak sekali penyakit yang terjadi di saluran pencernaan seperti diare, wasir, sembelit dan masih banyak lagi. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh virus. Namun tenang,  masalah seperti ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan gabus.

Manfaat ikan gabus sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Sebab, Ikan gabus memiliki tekstur daging yang empuk, sehingga tidak akan membahayakan sistem pencernaan sedulur. Tidak hanya itu, dalam daging ikan ini terkandung protein  kolagen yang lebih rendah dari jenis daging lainnya. Protein dari kolagen ini dipercaya mampu memberikan kesehatan juga untuk kulit sedulur. Kolagen dapat memperkuat kulit serta sangat bermanfaat untuk elastisitas dan hidrasi.

BACA JUGA: Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

4. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat Ikan Gabus
kompas

Penyakit Diabetes Melitus merupakan penyakit metabolik yang diakibatkan oleh kadar glukosa darah yang tinggi atau kondisi hiperglikemik. Indonesia pun masuk dalam urutan ke-7 sebagai negara yang warganya mengalami penyakit diabetes.

Semua orang bisa mengidap penyakit ini, baik orang tua ataupun anak muda. Untuk menekan, atau mencegah penyebaran  penyakit diabetes semakin  bertambah parah, maka perlu asupan nutrisi yang baik. Mengkonsumsi ikan gabus sangat dianjurkan untuk mengatasi penyakit tersebut. Sebab, dalam ikan gabus terdapat kandungan protein yang tinggi, sehingga manfaat ikan gabus sangat baik untuk mereka yang sedang mengidap penyakit kronis ini.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Bit yang Baik Untuk Kesehatan Otak & Jantung

5. Membantu pertumbuhan otot

Ikan Gabus Sumber Protein Kaya Manfaat
KlikDokter

Tidak hanya bermafaat untuk menyembuhkan penyakit, ternyata manfaat ikan gabus sangat baik untuk membantu pertumbuhan otot pria maupun wanita. Kandungan protein bisa mengungguli sumber protein hewani lainnya. Sedulur bisa memperoleh sekitar 16,2 gram protein dengan mengkonsumsi 100 gram ikan gabus.

Banyaknya kandungan gizi yang ada dalam daging ikan gabus, sangat baik untuk perkembangan tubuh. Termasuk salah satunya adalah membentuk otot yang kuat dan membantu pertumbuhan. Jadi, membentuk otot tidak hanya dicapai melalui aktivitas gym saja, namun juga perlu diimbangi dengan makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi salah satunya mengkonsumsi ikan gabus.

6. Mengobati penyakit stroke

Ikan Gabus Sumber Protein Kaya Manfaat
CNN Indonesia

Memiliki riwayat penyakit stroke memang menjadi momok bagi setiap orang. Sebab, penyakit ini tidak hanya menyerang lansia, namun di usia muda pun bisa saja terserang penyakit ini bila tidak bisa menjaga pola kesehatan. Biaya pengobatan penyakit ini pun relatif mahal, sehingga tidak semua masyarakat bisa menjangkaunya. Sehingga apabila tidak memiliki dana yang cukup kamu harus mencari pengobatan alternatif lain yang tetap bisa menurunkan risiko atau mengurangi rasa sakit dari stroke.

Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut, tenyata mengkonsumsi ikan gabus sangat ampuh untuk menurunkan risiko penyakit stroke lho Sedulur. Bukan tanpa sebab mengapa ikan gabus sangat penting bagi penderita stroke. Albumin pada ikan gabus mengandung substansi zat asam amino lysin dan prolin yang berguna untuk jantung. Dengan mengonsumsi kandungan prolin secara teratur dapat menguatkan kembali otot-otot jantung. Kadar homosistein yang tinggi dalam darah juga tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner. Itulah manfaat ikan gabus untuk penyakit stroke.

7. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ikan Gabus Sumber Protein Kaya Manfaat
KlikDokter

Selama ini, kita mendengar bahwa ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak karena mengandung kalori dan lemak sehat dan juga kaya akan asam lemak omega-3. Ternyata ada satu jenis ikan lagi yang bisa meningkatkan kecerdasan anak, yaitu ikan gabus. Ya, manfaat ikan gabus diketahui sangat baik untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Usia anak 1-5 tahun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan gabus karena anak sangat membutuhkan kandungan albumin untuk proses tumbuh kembang.

Apabila nantinya kekurangan zat albumin, maka anak bisa mengalami masalah malnutrisi atau kekurangan gizi. Sehingga dengan tercukupinya zat abumin, setidaknya bisa memberikan sebuah kekebalan tubuh bagi anak.

Selain manfaat ikan gabus untuk keperluan kesehatan, ikan gabus atau ikan channa ternyata bisa menjadi ikan peliharaan di rumah. Saat ini banyak penghobi ikan mulai melirik ikan gabus ini untuk dimasukan kecdalam aquarium.

Harga satu ekornya pun terbilang cukup fantatis. Harga satu ikan gabus atau channa ukuran kecil bisa dihargai 200 ribu hingga ada yang seharga mobil. Semuanya tergantung dengan jenis ikan gabus itu sendiri baik yang kelas biasa hingga yang kelas super . Semakin bagus corak yang ditampilkan, maka harganyapun semakin mahal.

Demikian tadi 7 manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh beserta dengan kandungannya. Namun, sangat penting bagi kamu untuk tetap menjaga konsumsi makanan dengan seimbang, supaya khasiat ikan gabus pun bisa dirasakan dengan optimal dan bisa dirasakan manfaatnya dengan nyata 

Nah, itu tadi sebuah pemaparan dan dijelasakan secara detail mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Pastikan nutrisi sedulur juga harus terpenuhi dengan gizi yang seimbang supaya tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Yuk segera unduh Aplikasi Super dan dapatkan kebutuhan-kebutuhan pokok yang anda cari.