Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang dapat dengan mudah dijumpai dan menjadi favorit banyak orang karena manfaat buah nanas yang terkandung. Rasanya yang lezat, manis, dan menyegarkan, sangat cocok untuk dinikmati pada saat cuaca panas. Buah tersebut juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis hidangan, seperti dibuat rujak dan sambal, dimasukkan ke dalam topping pizza, atau dapat juga dikonsumsi langsung dan dijadikan jus.

Lebih daripada itu, buah nanas mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh kita. Ia juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga sangat tepat dikonsumsi oleh Sedulur yang sedang menjalani program diet.

Pada artikel kali ini, Sedulur akan diajak untuk mengintip apa saja 15 manfaat buah nanas bagi tubuh. Yuk, simak terus ulasannya sampai akhir!

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

-->

Fakta unik buah nanas

manfaat buah nanas
Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan kandungan dan manfaat buah nanas, ada beberapa fakta tentang buah berduri tersebut yang perlu Sedulur ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Dalam bahasa Inggris, buah nanas disebut dengan pineapple. Walaupun begitu, buah nanas tidak termasuk ke dalam keluarga tumbuhan pinus atau buah apel, tetapi nanas termasuk dalam kelompok buah beri.
  • Hampir keseluruhan bagian buah nanas dapat digunakan sebagai pembuatan cuka dan alkohol.
  • Daerah produsen buah nanas terbesar di dunia adalah Hawaii, Amerika Serikat. Daerah tersebut menghasilkan setidaknya ⅓ dari total buah nanas yang ada di dunia.
  • Satu tanaman nanas hanya bisa menghasilkan satu buah nanas saja dalam satu musim.
  • Tanaman nanas apabila dibiarkan di alam liar dapat bertahan hidup dan menghasilkan buah hingga 50 tahun lamanya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Zuriat untuk Program Kehamilan & Kesuburan

Kandungan nutrisi dalam buah nanas

manfaat buah nanas
Depositphotos

Tanaman dengan nama latin Ananas comosus ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang melimpah. Kira-kira apa saja, ya kandungan nutrisi dan vitamin tersebut?

Kandungan utama dalam buah nanas adalah vitamin C dan mangan. Vitamin C merupakan sebuah vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan, perkembangan, serta sistem kekebalan tubuh kita. Mangan sendiri adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme, serta memiliki sifat antioksidan.

Mengutip dari situs MedicalNewsToday, kandungan dalam satu cup berisi potongan nanas segar adalah:

  • 0,89 gram protein
  • 21,65 gram total karbohidrat (termasuk di dalamnya 16 gram gula dan 2,3 gram serat)
  • 2 milligram sodium
  • 0 gram kolesterol
  • 0,2 gram lemat
  • 82 kalori
  • 131% vitamin C (berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian)
  • 2% vitamin A (berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian)
  • 2% kalsium (berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian)
  • 3% zat besi (berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian)

Selain itu, terdapat juga vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), asam pantotenat, magnesium, mangan, kalium, dan beta karoten.

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan

manfaat buah nanas
Depositphotos

Setelah kita mengetahui tentang fakta dan manfaat dari buah nanas, pada bagian ini kita akan membahas tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita. Di bawah ini adalah 15 manfaat tersebut.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Telah disinggung pada bagian sebelumnya bahwa salah satu kandungan utama buah nanas adalah vitamin C. Kadar dari vitamin C tersebut diperkirakan berkisar pada 131% dari AKG harian atau setengah dari jumlah yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Nah, vitamin C ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tubuh. Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk melawan kerusakan sel dan juga mencegah nyeri sendi, serta penyakit jantung yang termasuk dalam manfaat buah nanas untuk kolesterol.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Buah nanas memiliki kadar kalium yang tergolong tinggi. Kalium berfungsi sebagai vasodilator alami yang kuat untuk meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan serta meningkatkan sirkulasi darah menuju berbagai bagian tubuh. 

Ketika pembuluh darah rileks, maka tekanan darah akan berkurang dan alirannya tidak terlalu dibatasi. Maka dari itu, buah nanas sangat bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit serius seperti stroke dan aterosklerosis.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan mental

Asam amino triptofan juga terdapat dalam buah nanas. Asam amino triptofan berguna untuk memicu tubuh agar memproduksi serotonin, atau yang dijuluki dengan hormon bahagia. Memenuhi kebutuhan asam amino triptofan dan vitamin B sangatlah penting untuk menjaga sistem saraf tetap aktif dan lancar. Alhasil, tubuh dapat berfungsi dengan semestinya, memiliki energi yang cukup, serta membuat suasana hati yang positif.

4. Meredakan gejala mual

Depositphotos

Buah nanas dapat diolah dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan dibuat jus. Manfaat buah nanas yang dibuat menjadi jus segar ternyata dapat membantu mengatasi mual di pagi hari bagi ibu hamil. Selain itu, jus nanas bisa juga dikonsumsi Sedulur sebelum melakukan perjalanan jauh agar bebas dari mabuk kendaraan.

5. Mencegah rambut rontok dan menebalkan rambut

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sifat antioksidan dari vitamin C tersebut ternyata sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang beresiko menyebabkan kerusakan pada rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan ekstrak nanas ke kulit kepala, agar nutrisi-nutrisi penting dapat langsung terserap oleh folikel dan membuat rambut tumbuh lebih tebal dan lebih berkilau.

6. Menjaga pola diet

Manfaat buah nanas lainnya adalah untuk membantu Sedulur agar menjaga pola diet supaya meraih berat badan yang ideal. Meskipun begitu, klaim buah nanas dapat membantu menjaga pola diet masih perlu diteliti lebih lanjut. Pasalnya, saat ini penelitian tentang fenomena tersebut baru dilakukan terhadap hewan saja. Mengutip dari Food Science and Biotechnology, peneliti menemukan fakta bahwa jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak serta meningkatkan pemecahan lemak pada hewan. Belum terdapat data terpercaya dan relevan mengenai klaim ini pada manusia.

Di sisi lain, manfaat buah nanas tetap dapat kita dapatkan apabila buah tersebut dikonsumsi oleh Sedulur yang sedang menjalani program diet. Buah nanas memiliki kandungan enzim yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak. Lebih lanjut lagi, nanas kaya akan vitamin, mineral, dan rendah kalori jika dibandingkan dengan makanan-makanan lainnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Sedulur menambahkan buah nanas atau olahannya ke dalam daftar menu diet Sedulur.

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Membantu mencegah risiko penyakit kanker

Berbagai penelitian telah berhasil mengungkapkan fakta bahwa buah nanas dan senyawa yang dikandung dapat membantu untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. Senyawa dalam nanas dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. 

Salah satu senyawa tersebut bernama bromelain. Bromelain dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel. Penelitian lebih lanjut juga mengungkapkan fakta bahwa bromelain dapat menekan pertumbuhan kanker di kulit, saluran empedu, sistem lambung, serta usus besar.

8. Menjaga kesehatan mata

Pada bagian sebelumnya telah disinggung bahwa buah nanas kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Alhasil, manfaat buah nanas selanjutnya adalah mampu memelihara dan menjaga kesehatan mata kita. Buah nanas dapat mengurangi risiko degenerasi makula, atau yang sering disebut dengan penyakit kehilangan penglihatan pada mata. 

Beta karoten juga tersimpan banyak dalam buah berwarna kuning tersebut, dimana ia menjadi salah satu kandungan penting untuk menjaga kesehatan mata.

9. Mempercepat pemulihan pasca operasi dan olahraga berat

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa memakan buah nanas dapat mempercepat pemulihan pasca operasi atau olahraga berat? Ya, manfaat tersebut memang benar adanya. Hal ini disebabkan karena sifat anti-inflamasi bromelain yang terkandung di dalam buah tersebut. 

Bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, serta nyeri yang lazim terjadi pasca tindakan operasi. Bromelain pun dapat mempercepat pemulihan kerusakan jaringan otot yang disebabkan oleh olahraga berat, serta meredakan jaringan-jaringan yang meradang.

10. Menjaga kesehatan usus dan pencernaan

Buah nanas bermanfaat untuk meredakan penyakit radang usus dengan mengurangi peradangannya dan mencegah diare. Lebih lanjut lagi, nanas dapat membantu usus dalam mencerna makanan yang kaya protein, seperti daging, dan sebagainya.

11. Menjadi obat untuk batuk dan pilek

Pembahasan selanjutnya adalah manfaat buah nanas untuk batuk dan pilek. Dengan kandungan senyawa bromelain anti-inflamasi dan vitamin C yang tinggi, nanas dapat bermanfaat sebagai obat batuk dan juga obat pilek. Bromelain dikenal luas untuk mengurangi masalah pembengkakan dan pernafasan. 

Berbagai macam enzim yang terkandung dalam buah nanas juga dapat berfungsi untuk meredakan peradangan dan mengurangi lendir berlebihan yang terdapat pada sistem pernapasan.

12. Memperkuat struktur tulang

Selain kaya akan vitamin C, ternyata buah nanas juga kaya akan kandungan mangan. Mangan merupakan salah satu senyawa yang dapat memperkuat tulang serta jaringan penghubung. Mangan juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada tulang wanita pasca-menopause. 

Kadar yang terkandung dalam satu gelas jus nanas segar adalah lebih dari 70% kebutuhan harian kita. Maka dari itu, mengkonsumsi nanas secara rutin dapat menjaga kondisi tubuh agar terus optimal.

13. Meredakan peradangan

Peradangan memang biasa terjadi pada tubuh pada saat kita sakit. Buah nanas dapat menjadi salah satu makanan yang mengurangi pembengkakan atau peradangan tersebut. Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki efek anti-inflamasi yang menyebabkan tubuh memproduksi zat yang melawan rasa sakit serta peradangan. 

Lebih lanjut lagi, enzim bromelain juga bisa merangsang perkembangan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pembengkakan atau peradangan yang terjadi.

14. Mengurangi diare

Kemudian, manfaat buah nanas yang lain adalah untuk mengurangi diare. Bromelain yang terkandung dalam buah nanas juga dapat mengatasi diare. Bromelain dapat melawan beberapa patogen usus, seperti Vibrio cholera dan Escherichia coli yang menjadi patogen penyebab utama dari diare.

15. Meningkatkan stamina bagi pria

Masih berkaitan dengan enzim bromelain, ternyata kekurangan enzim tersebut dapat menyebabkan hilangnya semangat dan berkurangnya sel sperma pada pria. Mengutip salah satu artikel jurnal pada European Journal of Sport Science tentang manfaat buah nanas untuk pria, enzim bromelain pada buah nanas dapat memicu produksi testosteron yang selanjutnya akan meningkatkan semangat dan gairah pada pria. Tingginya kadar vitamin C dan vitamin B1 juga dapat menambah energi dan stamina.

Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai 15 manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh. Buah nanas memiliki kandungan tinggi vitamin C, mangan, enzim bromelain, dan senyawa-senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari buah tersebut adalah meningkatkan sistem imun, meredakan gejala mual bagi ibu hamil, menjaga kesehatan mata, mempercepat pemulihan pasca operasi dan olahraga berat, serta memperkuat struktur tulang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.