manfaat buah naga

Setiap buah yang dapat dikonsumsi manusia tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Tak terkecuali buah berwarna merah dengan sisik memanjang yang dikenal sebagai buah naga. Buah ini tidak hanya memiliki bentuk yang unik, namun juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah naga mengandung vitamin B1,  vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium dan zat besi. Kandungan nutrisi yang sangat bervariasi ini memiliki kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. 

Ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat dari buah naga ini? Simak artikel berikut ini ya, Sedulur!

BACA JUGA: 8 Manfaat Brown Rice yang Lebih Baik daripada Beras Putih

-->

1. Menjaga kulit kencang dan elastis

manfaat buah naga
iStock

Manfaat selanjutnya adalah menjaga kulit agar tetap kencang dan  elastis. Hal ini karena buah naga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan berbagai senyawa bioaktif lainnya.

Antioksidan sendiri memiliki fungsi sangat penting untuk menjaga kulit sehingga tetap kencang dan elastis. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit sehingga dapat dikatakan bahwa buah ini dapat dikonsumsi untuk tetap awet muda. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik mencobanya?

2. Mampu mengontrol kadar gula darah

Manfaat selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah karena buah naga mengandung serat yang mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat ini dapat dirasakan ketika seseorang mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi yang selanjutnya kandungan dalam buah ini akan menekan lonjakan gula yang terjadi.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa buah naga mampu melawan  resistensi insulin . Seperti pada penelitian yang dipublikasikan pada jurnal PLoS One di tahun 2016, menyebutkan bahwa buah naga dapat digunakan untuk melawan resistensi insulin pada tikus yang merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes.

BACA JUGA: Pengertian Kloning Beserta Manfaat, Contoh & Macamnya

3. Mengurangi risiko terkena kanker

manfaat buah naga
iStock

Manfaat selanjutnya buah naga adalah mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Hal ini karena buah naga mengandung senyawa antioksidan, yaitu likopen maupun hydroxycinnamates yang memiliki khasiat untuk membantu mencegah risiko kanker.

Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, maupun kanker paru.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah naga selnajutnya adalah membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena buah ini mengandung likopen, betalain, juga serat. Selain itu, biji yang terdapat pada daging buah naga juga  kaya akan lemak omega-9 dan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan demikian, buah naga dapat digunakan untuk membantu mencegah penyakit jantung.

5. Menurunkan berat badan

buah naga
iStock

Apakah Sedulur mencari cara mudah untuk menurunkan berat badan? Jika iya, buah naga dapat menjadi solusinya. Buah ini dapat dijadikan camilan lezat yang menyehatkan. Ingin perut kenyang tapi berat badan berkurang? segera konsumsi buah naga.

Manfaat ini dapat dirasakan ketika Sedulur sedang dalam program penurunan berat badan. Hal ini karena buah naga mengandung serat yang kaya dan kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan rendah kalori, Sedulur akan merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga membuat selera makan terhambat dan akhirnya makan dalam porsi yang sedkit. Dengan begitu, berat badan akan berkurang sedikit demi sedikit dan dapat mengindari dari penyakit obesitas.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lain dari buah naga adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena buah naga mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini hampir sama pada setiap jenis buah naga, baik buah naga merah maupun putih.

Kandungan antioksidan inilah yang membantu tubuh dalam mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Layanan Kunjung Pajak: Pengertian, Manfaat & Cara Daftarnya

7. Meredakan flu dan batuk

batuk
iStock

Manfaat ini masih terkait dengan manfaat sebelumnya, yaitu buah naga mampu membantu meredakan  flu dan batuk karena kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Meski buah ini mampu meredakan flu dan batuk, Sedulur tetap harus memeriksakan diri ke dokter danmeminum obat sesuai resep. Buah naga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Selain itu, mengonsumsi buah atau makanan mengandung vitamin C juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang nantinya akan mempercepat penyembuhan.

8. Mengobati radang sendi

Manfaat buah naga merah dapat digunakan untuk mengobati radang sendi atau arthritis. Penyakit ini merupakan penyakit yang menimbulkan iritasi parah pada persendian dan menyebabkan penderitanya bisa mengalami kesulitan gerak.

Dengan mengonsumsi buah naga, penyakit ini dapat terobati sedikit demi sedikit. Hal ini karena buah naga mengandung senyawa antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi untuk membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

9. Menjaga kesehatan tulang

sehat
iStock

Manfaat buah naga  selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena buah naga juga mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Beberapa mineral tersebut antara lain, yaitu magnesium, kalsium, dan fosfor. Bahkan menurut Food Revolution Network, pada satu cangkir potongan buah naga, dapat mengandung 80 mg magnesium yang merupakan seperempat dari rekomendasi minuman harian.

BACA JUGA: Toleransi: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh Sikapnya

10. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah naga juga dapat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena buah naga mengandung tinggi serat yang dapat memberikan manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi makanan berserat mampu membantu mengontrol gerakan usus, sehingga buah naga dapat dijadikan alternatif untuk mencegah sembelit. Selain itu, buah naga juga kaya akan oligosakarida yang merupakan salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan. 

Ternyata sangat banyak sekali manfaat buah naga, ya, Sedulur.

11. Mengurangi jerawat

jerawat
iStock

Selanjutnya adalah manfaat buah naga untuk wajah. Buah naga selain mampu mencegah tanda penuaan dini, juga dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit lainnya, seperti mengobati dan mengurangi jerawat. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Cara termudah adalah dengan menghancurkan buah naga hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta buah naga ke area kulit wajah yang berjerawat maupun kemerahan. Lakukan selama dua kali dalam sehari hingga jerawat benar-benar mengering. Sangat mudah, ‘kan?

12. Pereda nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari

Manfaat lain dari buah naga adalah digunakan sebagai pereda nyeri kulit. Pasta buah naga yang sebelumnya digunakan sebagai obat jerawat, ternyata juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Manfaat ini akan menjadi sangat optimal apabila pasta tersebut dicampurkan dengan jus mentimun sehingga mendapatkan khasiat yang tepat. Adapun manfaat ini dapat diperoleh karena buah naga juga mengandung vitamin B3 yang memiliki fungsi penting untuk melembapkan kulit serta melepaskan panas di area kulit yang terbakar sinar matahari.

BACA JUGA: 10 Manfaat Plank untuk Kesehatan Tubuh Beserta Caranya

13. Menjaga kesehatan rambut

rambut indah
iStock

Selanjutnya adalah manfaat buah naga bagi rambut. Selain kulit, buah naga juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Buah naga yang dihaluskan dapat membantu untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut.

Caranya adalah dengan menghancurkan buah naga menjadi pasta, kemudian mengoleskannya pada kulit kepala. Selain menggunakan buah naga secara langsung, Sedulur juga dapat menggunakan kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga. Melalui cara ini, rambut akan bernapas dengan bebas karena folikel rambut akan tetap terbuka. Manfaatnya, rambut akan menjadi sehat dan juga halus.

14. Mengurangi risiko anemia

Manfaat lain dari buah naga adalah digunakan untuk mengurangi risiko penyakit anemia. Zat besi dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah. Adanya zat besi ini dapat membantu kerja sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh.

Zat besi ini tidak hanya baik untuk ibu hamil namun juga untuk semua orang. Kekurangan zat besi ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit anemia defisiensi besi.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Macam Penyakit

15. Menjaga kesehatan saat hamil

hamil
iStock

Selanjutnya adalah manfaat buah naga untuk wanita, salah satunya yaitu ibu hamil. Pada ibu hamil, kebutuhan nutrisi tentu sangat tinggi dibandingkan dengan keadaan biasa. Ibu hamil membutuhkan berbagai macam nutrisi, seperti vitamin C, zat besi, vitamin B, dan juga kalsium, yang mana nutrisi tersebut sudah ada dalam buah naga.

Vitamin C dan kalsium pada buah naga akan membantu memperkuat pertumbuhan gigi dan tulang. Sementara itu, zat besi akan membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, serta vitamin B akan mencegah bayi mengalami cacat lahir. Selain itu, adapula kandungan serat pada buah naga yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

16. Sumber zat besi

Setelah melihat manfaat langsung dari buah naga di atas, tentu Sedulur tidak meragukan lagi manfaat buah naga sebagai sumber zat besi. Selain memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, zat besi juga memiliki peran penting dalam memecah makanan menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, banyak orang ternyata tidak mendapatkan sumber zat besi yang cukup. Hal ini sesuai dengan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine yang menemukan bahwa 30% populasi dunia mengalami kekurangan zat besi.

Nah, Sedulur, sekarang sudah tahu bukan jika mengonsumsi buah naga secara rutin dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh? Untuk mengonsumsi buah naga sebagai sumber zat besi juga sangat mudah. Sedulur dapat memakannya secara langsung maupun memprosesnya menjadi jus buah naga.

17. Sumber Magnesium

buah naga
iStock

Tidak hanya sebagai sumber zat besi, buah naga juga digunakan sebagai sumber Magnesium. Hal ini karena buah naga mengandung lebih banyak magnesium daripada buah lainnya.

Magnesium merupakan mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Magnesium memiliki berperan yang besar dalam proses kontraksi otot, pemecahan energi, juga dalam pembentukan DNA.

BACA JUGA: Linkedin: Pengertian, Manfaat & Cara Membuatnya

18. Mengandung banyak vitamin

Buah naga mengandung vitamin C dan juga kelompok vitamin B (B1, B2 dan B3) yang memiliki peran penting dalam kesehatan. Vitamin C bermanfaat sebagai antionsidan. Sementara vitamin B1 memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi energi dan metabolisme karbohidrat.

Vitamin B2 bermanfaat sebagai multivitamin dan digunakan untuk membantu memperbaiki serta memulihkan nafsu makan yang hilang. Sedangkan, vitamin B3 berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan memberikan tampilan kulit yang halus dan lembab. Tidak hanya itu, vitamin B3 juga berperan dalam mencegah hipertensi dan meningkatkan indera penglihatan.

19. Tinggi serat

buah naga
iStock

Manfaat lain dari buah naga adalah menjadi sumber serat untuk tubuh. Hal ini karena rekomendasi jumlah serat per hari untuk wanita adalah sebanyak 25 gram dan pria sebanyak 38 gram. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambahkan makanan yang kaya serat dalam konsumsi harian. 

20. Kaya akan cairan

Selain kaya akan serat, buah naga juga kaya akan cairan meski hidup di daerah kering. Hal ini membuat buah naga bermanfaat dalam mencegah dehidrasi dan memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi. Namun Sedulur juga jangan terlalu banyak mengonsumsi buah naga, karena efek samping buah naga merah yang dikonsumsi terlalu banyak adalah membuat urin berwarna kemerahan.

Itulah manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika sedulur memiliki keluhan atas beberapa masalah seperti di atas, Sedulur dapat menjadikan buah naga sebagai salah satu alternatif pengobatannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!