manfaat buah sawo

Manfaat buah sawo ada banyak khasiatnya. Sawo adalah buah asal Amerika Tengah yang dikenal pula dengan berbagai nama. Dalam bahasa Inggris, ia dikenal dengan sebutan sapodilla. Di Brazil dan Kuba namanya sapota, sedangkan di Meksiko ia disebut chicopote. Lain halnya di India dan Singapura di mana buah ini dikenal dengan nama chikoo. Apapun itu, nama ilmiahnya adalah Manilkara zapota dan masuk dalam keluarga Sapotaceae.  

Buah ini berbentuk oval dengan warna cokelat pada kulit dan daging buahnya. Rasanya cenderung manis saat sudah matang dengan tekstur daging yang renyah dan sedikit berair. Sawo adalah buah yang tumbuh subur di kawasan tropis, baik di benua Amerika maupun Asia. Selain jadi buah yang manis dan segar, apa saja sih manfaat buah sawo? Mari kita kupas bersama, Lur!

BACA JUGA: 15 Manfaat Sarang Burung Walet, Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

1. Kandungan buah sawo 

Kandungan buah sawo
pexels

Sebelum membahas tentang manfaat buah sawo bagi kesehatan, mari kita bedah kandungan dominan di dalamnya. Berikut kandungan dominan sawo seperti dilansir University of Rochester Medical Center dan jurnal Systematic Reviews in Pharmacy yang ditulis Pravin dan Shashikant. 

-->
  • Phenolic termasuk gallic acid, ellagic acid, ferulic acid, kaempferol, hydroxybenzoic,  trans sinamic acid 
  • Flavonoid berupa quercetin, myricetin, caffeic acid
  • Carotenoid dalam bentuk lycopene
  • Mineral seperti magnesium, fosfor, zinc, selenium, copper, zat besi, kalium, dan kalsium 
  • Serat 
  • Karbohidrat 
  • Vitamin A, C dan B6 
  • Asam folat 
  • Asam lemak 
  • Protein 

Dari kandungan di atas, berikut bisa disimpulkan beberapa keuntungan mengkonsumsi buah sawo matang. 

2. Kaya antioksidan termasuk pada kulitnya 

apa manfaat buah sawo
Instagram @delectable.day

Pravin dan Shashikant dalam jurnalnya juga mengupas tuntas tentang Manilkara zapota. Ini dipengaruhi oleh keberadaan senyawa-senyawa phenolic acid, flavonoid, dan karotenoid. Ketiganya merupakan senyawa phytochemicals yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan dan proliferasi yang selama ini dipercaya sebagai awal mula kanker dan tumor.

Hal ini mereka buktikan dalam jurnal tersebut dan hasilnya positif. Sawo punya potensi mencegah kanker dan meredakan gejalanya bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu. 

3. Antimikroba dan antijamur

manfaat buah sawo bagi kesehatan
Instagram @tonypescatori

Masih dari sumber yang sama, ternyata apa manfaat buah sawo berkaitan erat pula dengan fungsinya melawan bakteri. Sawo diuji dengan beberapa spesies bakteri dari gram negatif dan gram positif. Pun diuji pada beberapa spesies jamur. Hasilnya mereka menunjukkan aktivitas atau reaksi antibakteri dan antijamur yang baik. Dengan begitu, dua peneliti tersebut sepakat bahwa sawo memiliki potensi menjadi antimikroba alami yang aman efek samping. 

4. Manfaat buah sawo untuk kecantikan

manfaat buah sawo untuk kecantikan
Unsplash

Merujuk pada aktivitas antioksidan, antijamur, dan antimikroba di atas, Sedulur pun sudah bisa menyimpulkan sendiri manfaat buah sawo sebagai masker wajah. Ketiga fungsi tersebut tentunya ampuh membasmi masalah kulit, mulai dari tekstur yang tidak rata, milia, hingga jerawat membandel. Coba sendiri bikin masker wajah dari sawo di akhir pekan nanti. Sawo juga mengandung vitamin C yang bisa membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. 

BACA JUGA: 9 Manfaat Keladi Tikus, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

5. Sumber energi karena kaya gula dan karbohidrat

sumber energi
Instagram @youthful_vegan

Sawo juga kaya energi, bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian untuk Sedulur yang sedang diet. Fungsinya kurang lebih sama dengan pisang yang kaya energi, tetapi juga tinggi serat. Ini akan memperlancar pencernaan dan mempercepat proses penurunan berat badan. Namun, tetap hati-hati dengan kadar gulanya yang cukup tinggi. Jadi, konsumsi secukupnya saja, ya. 

6. Mengandung folat 

manfaat buah sawo untuk ibu hamil
Instagram @fruitscapes_

Dengan kandungan asam folatnya yang lumayan tinggi, tak heran kalau banyak yang percaya akan manfaat buah sawo untuk ibu hamil. Seperti yang kita tahu folat adalah vitamin B9 yang berfungsi menunjang produksi sel darah merah dan putih di sumsum tulang belakang. Orang dewasa membutuhkan 400 mcg folat per hari.

Namun, ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak, yaitu sekitar 500-600 mcg per harinya. Selain dari susu khusus kehamilan, folat pun bisa didapat dari asupan makanan. Salah satunya sawo ini, Sedulur. 

7. Baik untuk tulang 

sawo untuk tulang
Instagram @jrfarmz

Manfaat buah sawo mentah ada pada kandungan mineralnya yang tinggi dan kadar gulanya yang lumayan rendah. Keberadaan fosfor, kalium, magnesium dan kalsium memungkinkan sawo dipakai untuk menjaga kepadatan tulang. Anak-anak pun bisa mengonsumsinya tanpa efek samping apapun dan merasakan khasiat yang tak kalah dengan susu. 

8. Bisa mengatasi kekurangan zat besi 

manfaat buah sawo untuk jantung
Instagram @healthydynamiclife

Menurut tabel kandungannya, sawo juga mengandung kadar zat besi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian kita. Bahkan banyak pasien anemia yang disarankan mengonsumsi sawo untuk kebutuhan tersebut. Tentunya harus tetap diimbangi dengan usaha dan nutrisi dari sumber makanan lainnya. 

9. Kandungan lycopene baik untuk mata, jantung, dan saraf sekaligus 

lycopene
Instagram @my_garden.26

Jangan lupakan pula beta karoten yang dikandung sawo, tepatnya dalam bentuk senyawa lycopene. Lycopene ini dikenal sebagai antioksidan karena mampu memperbaiki sel yang rusak dan melawan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Ia juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan membasmi kolesterol jahat. Lycopene adalah senyawa yang membuktikan manfaat buah sawo untuk jantung. 

Tak cuma di situ, lycopene juga bisa mencegah atau menunda katarak serta gangguan penglihatan lainnya yang disebabkan oleh faktor usia. Bahkan dipercaya pula memiliki efek meredakan neuropati atau rasa sakit pada saraf akibat berbagai sebab. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Minyak Esensial Untuk Kesehatan dan Cara Kerjanya

10. Berpotensi mengontrol gula darah dan kolesterol jahat 

kolesterol jahat 
Instagram @miamifruit

Potensi ini ditemukan oleh sekelompok peneliti asal Brasil, Barbalho, dkk. dalam Journal of Medicinal Food di 2015. Mereka menemukan bahwa kandungan myricetin di dalam sawo mampu menurunkan kadar insulin dan leptin yang biasanya konsentrasinya tinggi pada pengidap isu obesitas, darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Ini adalah temuan yang menggembirakan buat para pengidapnya yang ingin menjadikan asupan makanan harian sebagai obat alami. 

11. Membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan 

manfaat buah sawo mentah
Instagram @garrenteed

Pembuktiannya dilakukan oleh Riaz, dkk. dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences di 2019. Dari situ mereka mereka menyimpulkan bahwa caffeic acid dalam sawo mampu melakukan tugas memblokade histamine-2 yang mana fungsinya mengontrol produksi asam lambung. Inilah yang membuat mereka menyimpulkan bahwa sawo menunjukkan aktivitas anti-diare serta anti-ulkus yaitu bisa mencegah luka pada lambung dan usus.   

12. Efek samping makan buah sawo

efek samping makan buah sawo
Instagram @olysfarm

Meski begitu, tetaplah bijak dalam mengonsumsi makanan. Manfaatnya yang kaya tidak bisa dijadikan justifikasi untuk memakannya secara berlebihan. Ada risiko alergi yang mengintai, terutama jika buah dimakan dalam kondisi mentah. Ini karena sawo mengandung lateks yang bisa saja memicu alergi pada sebagian orang.

Selain sawo, buah lain yang mengandung lateks adalah pepaya, apel, melon, alpukat, kiwi, mangga, markisa, stroberi, dan lain sebagainya. Selain lateks, seperti yang dilansir dari jurnal tulisan Hamzah, dkk di Rasayan Journal of Chemistry, sawo mengandung tanin yang ada pada bagian kulitnya. Bila konsumsinya berlebihan bisa memicu sensasi gatal pada bibir, bahkan inflamasi pada tenggorokan dan lambung.

Seperti sebuah ungkapan yang berbunyi makanan adalah obatmu, sawo memang bisa jadi alternatif nutrisi yang kaya khasiat sesuai dengan pembuktian yang sudah dilakukan para ahli. Tentunya, tetap konsumsi dengan bijak. Jadikan sawo salah satu sumber nutrisi, tetapi jangan jadikan ia satu-satunya. Ada banyak jenis buah yang bisa Sedulur eksplorasi lebih jauh. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.