manfaat buah mangga

Ada banyak manfaat buah mangga yang sangat baik untuk tubuh. Beragam manfaat tersebut, tentu saja bisa didapatkan dari sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari serat, tembaga, vitamin A, vitamin C, kalium, tiamin, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu, mangga merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Jika sedang dalam musimnya, Sedulur bisa dengan mudah menemukan buah yang satu ini di pasar-pasar tradisional hingga supermarket.

Ya, rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat banyak orang gemar mengonsumsi buah ini. Namun tidak hanya dari rasanya, tidak sedikit orang mengonsumsi mangga karena kandungannya. Nah, berikut ini beberapa kandungan buah mangga yang telah diketahui.

  • Kalori: 99
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Protein: 1,4 gram
  • Serat makanan: 2,6 gram
  • Vitamin A
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Tembaga
  • Folat
  • Kalium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Niasin
  • Riboflavin
  • Tiamin

Ditinjau dari kandungan vitamin dalam buah mangga dan juga gizi yang lainnya, buah ini mampu memenuhi asupan vitamin serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan. Untuk penjelasan secara lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat dari buah mangga untuk kesehatan kita.

-->

BACA JUGA: 10 Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

manfaat buah mangga
Pexels

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada hewan, salah satu faktor kerontokan rambut yang cukup parah adalah kekurangan vitamin A. Hal ini karena vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan jaringan epitel pada rambut serta kulit kepala, agar keduanya tetap sehat dan juga lembab.

Tidak hanya vitamin A saja, buah dengan rasa manis masam ini juga mengandung sekitar 75% vitamin C harian untuk tubuh. Nah, kombinasi antara vitamin A dan C dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak kolagen.

Kolagen sendiri merupakan protein khusus yang menjaga elastisitas kulit serta mencegah kulit lebih cepat keriput dan mengendur. Jadi bisa dibilang jika manfaat makan buah mangga setiap hari, yakni agar awet muda.

2. Melindungi fungsi retina dan lensa mata

        manfaat buah mangga
Pexels

Zeaxanthin dan lutein merupakan dua antioksidan yang sangat banyak ditemukan dalam buah mangga. Kedua antioksidan tersebut dinilai mampu membantu melindungi fungsi lensa dan retina mata.

Ketika retina dan lensa mata berfungsi dengan baik, maka ketajaman penglihatan akan meningkat, efek silau mata yang tidak nyaman berkurang, dan waktu yang diperlukan mata untuk pulih setelah melihat cahaya terang berkurang.

Zat zeaxanthin dan lutein juga bekerja untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya, memperlambat perkembangan katarak, dan meminimalisir terjadinya degenerasi makula.

3. Menurunkan tekanan darah dan mencegah stroke

manfaata buah mangga
Pexels

Umumnya, makanan manis menjadi penyebab naiknya gula darah. Akan tetapi, hal ini justru berbanding terbalik dengan efek yang diberikan oleh buah mangga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University, menunjukkan jika kadar gula darah orang-orang dengan berat badan berlebih, berhasil turun setelah rutin mengonsumsi mangga dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, para partisipan diminta untuk mengonsumsi 10 gram mangga kering (dengan kadar gula setara setengah mangga segar) secara rutin setiap hari. Penurunan kadar gula darah ini diduga terjadi karena efek dari senyawa aktif dan antioksidan khusus yang terkandung dalam buah mangga.

Selain itu, mangga juga dinilai mampu mencegah risiko stroke. Buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium. Ya, dalam 100 gram mangga, terdapat kurang lebih 189 mg kalium. Kalium sendiri sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terjadinya stroke.

4. Berpotensi mencegah kanker

manfaat buah mangga
Pexels

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research, menemukan bahwa ekstrak polifenol dalam buah mangga mampu mencegah berkembangnya sel kanker.

Kemudian ada penelitian lain dari Malaysia yang menunjukkan jika kulit mangga memiliki kandungan zat karotenoid, polifenol, vitamin C, vitamin E, serat makanan, dan berbagai senyawa aktif lain yang berpotensi sebagai terapi antikanker yang lebih baik dibanding daging buahnya sendiri.

Buah mangga ini dinilai memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang terjadi pada payudara, usus besar, leukemia, paru-paru, serta jaringan prostat. Akan tetapi, dikatakan efek yang paling efektif adalah untuk mencegah risiko kanker usus besar dan payudara.

5. Menurunkan berat badan dan meredakan sembelit

manfaat buah mangga
Pexels

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, ternyata mangga juga bisa memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan, lho. Kulit dari buah ini mengandung zat fitokimia yang berfungsi sebagai untuk menghilangkan secara lemak alami.

Sedangkan di dalam dagingnya, terkandung banyak serat yang dapat memunculkan perasaan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ketika makan sayur atau buah berserat tinggi, Sedulur tidak akan merasa cepat lapar.

Itulah mengapa makan makanan yang berserat tinggi, dapat mencegah Sedulur makan berlebih yang malah bisa membuat berat badan sulit diturunkan.

Sebuah studi yang meneliti orang dengan sembelit kronis menyebutkan, konsumsi buah mangga ternyata tidak kalah efektif jika dibandingkan dengan makanan yang berserat seperti halnya biji-bijian, kacang-kacangan, atau gandum.

Seperti yang telah kita tahu, jika mangga termasuk makanan utama dalam pola diet FODMAP. FODMAP adalah jenis diet dengan menghindari makanan yang bisa memicu gas dan kembung untuk orang yang memiliki riwayat penyakit IBS.

6. Membantu mencegah sakit jantung

manfaat buah mangga
Pexels

Kandungan serat, vitamin, dan kalium yang ada di dalam buah ini, sudah lama dipercaya bisa menangkal penyakit atau masalah yang biasa terjadi pada jantung. Hal ini karena kenaikan asupan kalium, akan sebanding dengan penurunan zat sodium di dalam tubuh.

Nah apabila Sedulur mengonsumsi cukup asupan buah mangga dalam sehari, tentu saja risiko terjadinya masalah penyakit jantung bisa berkurang secara drastis.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

7. Bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil

Pexels

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil bisa didapatkan dari kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya. Untuk vitamin A, diperlukan untuk pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, buah mangga juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk perkembangan janin, dan mencegah terjadinya kelainan ketika bayi lahir.

Sedangkan untuk vitamin C, menjadi salah satu bahan pembangun untuk kulit. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi sel-sel dari kerusakan. Jadi bisa dibilang jika buah mangga ini sangat baik untuk ibu hamil.

8. Baik untuk kesehatan wanita usai menopause

Pexels

Konsumsi dua cangkir mangga setiap hari, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah sistolik, terutama bagi wanita pasca-menopause yang sehat. Hal itu telah dipresentasikan dalam pertemuan American Society for Nutrition tahun 2018.

Kandungan polifenol seperti quercetin, mangiferin, asam galat, dan galotanin yang terkandung di dalam buah ini, berkontribusi dalam menjaga kesehatan wanita, khususnya bagi wanita yang telah mengalami menopause alias masa akhir siklus menstruasi wanita.

9. Mengurangi jerawat

Pexels

Yang berikutnya manfaat buah mangga untuk wajah berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Kekurangan asupan vitamin A bisa menyebabkan produksi kreatin meningkat. Adanya kadar kreatin yang berlebihan, dapat memicu penyumbatan pori-pori dan folikel rambut yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Ya, jika dikonsumsi, buah mangga memang bermanfaat untuk mengurangi timbulnya jerawat. Namun, Sedulur perlu berhati-hati jika menggunakan mangga secara topikal. Kandungan lemak yang cukup tinggi di dalamnya, justru bisa memicu timbulnya jerawat.

10. Mengatasi radang sendi

Pexels

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester, menyatakan jika antioksidan yang berasal dari buah-buahan berwarna kuning, mempunyai hubungan dengan menurunnya risiko radang sendi.

Bagi Sedulur yang belum tahu, beberapa jenis antioksidan yang dimaksud adalah cryptoxanthin, karotenoid beta, vitamin C, dan zeaxanthin.  Jadi tidak heran jika buah mangga sudah lama dipercaya sebagai salah satu obat alami untuk meredakan radang sendi.

11. Meningkatkan imunitas tubuh

Pexels

Dapat dikatakan jika mangga merupakan sumber nutrisi yang mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Untuk satu buah mangga dengan berat 165 gram, mampu menyediakan paling tidak 10 persen dari vitamin A harian yang dibutuhkan.

Vitamin A tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, karena bisa membantu mengatasi infeksi.

Selain itu, buah yang satu ini juga menyediakan tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian. Dengan ini, maka buah tersebut dapat membantu tubuh agar memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk meningkatkan pertahanan kulit dan juga melawan berbagai penyakit.

Tidak hanya sampai disitu saja, buah mangga juga mengandung vitamin K, folat, vitamin B, dan vitamin E, yang dinilai mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

12. Meratakan warna kulit

Pexels

Buah mangga ternyata cukup efektif untuk mengatasi belang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Buah ini memiliki komponen yang mampu mendinginkan dan memutihkan kulit secara alami, serta menutrisi kulit setelah terkena paparan matahari.

Caranya untuk mendapatkan manfaatkan manfaat ini cukup mudah, lho. Sedulur hanya perlu menggosokkan kulit bagian dalam mangga, diamkan kurang lebih 15 menit, lalu cuci dengan air dingin sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukan perawatan ini antara dua hingga tiga kali dalam seminggu.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

Nah, itulah informasi mengenai kandungan mangga dan manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh. Semua manfaat yang sudah dijelaskan di atas, bisa Sedulur dapatkan pada hampir semua jenis buah mangga yang ada di Indonesia.

Walaupun baik, namun pastikan Sedulur tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Terlalu banyak mengonsumsi mangga, bisa menimbulkan beberapa gejala seperti diare dan penambahan berat badan. Jangan sampai manfaat buah mangga yang baik, malah berubah menjadi negatif.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.