Jangankan mengetahui manfaat buah zuriat, mungkin sebagian dari kita belum banyak yang tahu apa itu buah zuriat. Buah zuriat merupakan buah yang berasal dari Mesir. Dari sejak zaman dahulu, buah ini dipercaya karena dapat memberikan segudang manfaat untuk tubuh.

Dalam sejarah peradaban Mesir, buah zuriat telah digunakan untuk berbagai pengobatan. Mamasuki masa modern, berbagai penelitian ilmiah dilakukan untuk meneliti buah ini. Penelitian-penelitian tersebut menunjukan bahwa buah zuriat memiliki banyak kandungan. Beberapa manfaat buah zuriat yang perlu Sedulur ketahui dapat Sedulur simak dalam penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Apa Itu Vegan: Pengertian, Manfaat, Bedanya dengan Vegetarian

1. Mendukung kesuburan

manfaat buah zuriat
Alodokter

Bagi para pria, terdapat manfaat buah zuriat yang dapat mendukung kesuburan. Penyebab kesuburan pria terganggu karena penyakit dan gaya hidup yang mempengaruhi kualitas sperma. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah zuriat. Buah zuriat memiliki efek bioaktif yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam studi tersebut, ekstrak buah zuriat memperlihatkan kemampuan menyokong pergerakan sperma yang memicu naiknya tingkat kesuburan dari sperma tersebut.

-->

Maka dari itu, manfaat buah zuriat untuk laki-laki satu ini sangat penting diketahui. Bukan hanya itu, buah zuriat juga dapat meningkatkan kepekatan sperma dan dapat menguatkan dinding rahim wanita. Untuk wanitas sendiri, akan dibahas khusus terkait manfaat buah zurian di bawah ni.

2. Buah zuriat untuk wanita

Popmama

Terdapat beberapa manfaat buah zuriat untuk wanita, mulai dari manfaat untuk meningkatkan kesuburan hingga manfaat buah zuriat untuk haid. Hormon seksual pada perempuan akan meningkat ketika mengkonsumsi buah zuriat. Selain itu, buah zuriat juga dapat meningkatkan kelancaraan saat perempuan memasuki masa haid.

Hal tersebut disebabkan oleh buah zuriat yang dapat melancarkan peredaran darah dan menyeimbangkan hormon, hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi lancar. Selain itu, buah zuriat mengandung vitamin B kompleks yaitu B1, B2, B3, B6, B9 dan B12 yang baik untuk perempuan. Sehingga manfaat buah zuriat untuk PCOS (poly cystic ovarian syndrome) bisa diatasi.

Bukan hanya untuk kesuburan pria dan wanita, dan membantu program hamil bagi pasangan suami istri. Untuk kesehatan tubuh secara umum, buah zuariat juga bisa memberikan manfaat. Berikut di bawah ini akan dijelaskan manfaatnya secara berturut-turut. Yuk, kita simak!

3. Sebagai sumber antioksidan

manfaat buah zuriat
Klik Dokter

Manfaat buah zuriat lainnya adalah sebagai sumber antioksidan. Karena buah zuriat mengandung sifat antioksidan yang sangat tinggi, disebabkan oleh kandungan olifenol yang ada pada buah zuriat. Antioksidan sendiri memiliki peran yang besar dalam mencegah pembentukan radikal bebas, yang umumnya mengarah ke reaksi stres oksidatif.

Reaksi ini diartikan sebagai ketidakseimbangan antara oksidan dan antioksidan, di mana oksidan (yang mungkin berasal dari radikal bebas) menyebabkan kerusakan pada tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa rutin mengkonsumsi buah zuriat.

4. Dapat melawan kanker

Halodoc

Manfaat buah zuriat yaitu dapat melawan kanker. Kadar antioksidan yang tinggi pada buah seringkali memiliki kaitan dengan kemampuannya mencegah kanker. Hal ini pula berlaku pada buah zuriat yang punya ciri antioksidan yang aktif. Ekstrak buah zuriat dapat menurunkan aktivitas sel tumor secara signifikan. Sel tumor yang mati juga mengalami peningkatan setelah konsentrasi ekstrak zuriat dinaikkan.

Dari pengujian tersebut, diketahui bahwa buah zuriat punya efek menghambat sel leukemia begitu juga dengan efek anti-tumor serta anti-kanker. Hal ini didasari pada senyawa fenolik yang berperan dalam menjalankan aktivitas antioksidan di buah tersebut.

5. Mengatur tekanan darah

manfaat buah zuriat
Alodokter

Sedulur yang memiliki tekanan darah yang tinggi, bisa mengkonsumsi buah zuriat untuk mengatasinya. Karena salah satu manfaat buah zuriat yaitu dapat mengatur tekanan darah. Karena senyawa flavonoid dan saponin di dalamnya, tak heran bila buah zuriat sering diaplikasikan sebagai pengobatan tradisional, termasuk untuk mengatasi tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Kondisi tekanan darah tinggi dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius, seperti serangan jantung.

6. Menekan kadar kolesterol

Lifepack

Terdapat juga manfaat buah zuriat untuk kolesterol. Ekstrak buah zuriat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL jahat sekaligus meningkatkan kolestero HDL baik. Kolesterol LDL ini sering dikaitkan dengan pembentukan atheroma. Atheroma merupakan istilah medis untuk penumpukan atau plak zat-zat seperti lemak, kolesterol, dan kalsium di dinding pembuluh arteri.

Sebaliknya, kolesterol HDL dapat menyingkirkan kolesterol dari atheroma. Efek buah zuriat ini dinilai bagus untuk menghindari risiko penyakit kardiovaskular.

7. Menjaga berat badan

manfaat buah zuriat
Kompas

Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat buah zuriat, terutama bagi yang tengah berusaha menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan sifat hypoglycemia (glukosa rendah) yang membuatnya dapat memelihara gula darah dari kenaikan yang pesat. Saponin juga menghambat pengeluaran enzim lipase yang mengolah lemak sehingga tubuh akan menyerap lemak lebih sedikit.

Selain kandungan saponin, zuriat juga mengandung serat yang tinggi. Hal ini dapat membuat Sedulur merasakan kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi buah zuriat. Bukan hanya itu, kandungan buah zuriat juga bisa memperlancar pencernaan dan mengolah kotoran sehingga bertekstur lembuh sehingga dapat mudah dibuang.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

8. Baik untuk penderita diabetes

Halodoc

Ada juga manfaat buah zuriat yang baik untuk para penderita diabetes. Sifat hypoglycemia pada buah zuriat juga membawa khasiat bagi penderita diabetes. Sebab, mereka perlu menjaga gula darah pada tingkatan yang normal dan sumber makanan yang tidak menaikkan gula darah begitu dianjurkan.

Sedulur yang memiliki penyakit diabetes bisa secara rutin mengkonsumsi buah zuriat dengan cara apapun. Usahakan untuk mengkonsumsinya secara rutin, agar khasiatnya bisa segera dirasakan.

9. Melindungi fungsi jantung

manfaat buah zuriat
Detik

Terdapat larangan minum buah zuriat, hal tersebut jika dikonsumsi berlebihan. Namun jika dikonsumsi pada batas wajar, Sedulur bisa mendapatkan khasiatnya. Salah satunya yaitu dapat melindungi fungsi jantung. Penyebabnya adalah karena kandungan buah zuriat mampu mengatur tekanan darah dan kolesterol, konsumsi buah zuriat dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

Saponin pada buah zuriat juga bisa memperlancar aliran darah karena kapabilitasnya dalam menurunkan kemungkinan terjadinya plak di pembuluh darah akibat kolesterol yang tidak terkendali. Perlu Sedulur ketahui, penyakit jantung saat ini masih merupakan penyebab kematian nomor 1 di dunia. Oleh karena itu, menjaga fungsi jantung tetap bekerja dengan baik adalah hal yang wajib untuk diwujudkan.

10. Meningkatkan sistem imun

Freepik

Terdapat juga manfaat buah zuriat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Sistem imun tubuh sangat diwajibkan untuk tetap tinggi. Lagi-lagi manfaat satu ini didapatkan karena kandungan saponin yang tinggi dalam buah zuriat.

Saponin memiliki ciri untuk meningkatkan anti-mikroba. Anti-mikroba dapat membuat sistem imunitas mempertahankan tubuh dari serangan virus, jamur, dan bakteri. Di tengah masa pancaroba dan juga pandemi Covid-19 saat ini, memiliki sistem imunitas tubuh yang tinggi merupakan salah satu hal wajib yang penting untuk kit miliki

11. Memperkuat tulang

manfaat buah zuriat
Liputan6

Manfaat buah zuriat selanjutnya yaitu dapat memperkuat tulang. Komponen kalsium memungkinkan adanya manfaat buah zuriat lainnya dalam menjaga kekokohan tulang. Mineral yang satu ini telah dikenal sebagai komponen pembentukan tulang. Pada orang dewasa di usia 30 tahun ke atas, kalsium yang ada pada tulang mereka akan berkurang secara perlahan.

Berkurangnya kadar kalsium tersebut bisa menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Oleh sebab itu, konsumsi makanan dengan komposisi kalsium yang mencukupi seperti buah zuriat akan membantu mencegah defisit kalsium tersebut. Agar dapat mengalami tulang yang kuat di masa tua, konsumsi buah zuriat bisa kita mulai selagi muda..

12. Dapat mencegah batu ginjal

Alodokter

Terdapat juga manfaat buah zuriat untuk ginjal, yaitu menghindari kita agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Batu ginjal merupakan kondisi ketika terdapat gumpalan zat di yang dapat terbentuk pada urine yang terkonsentrasi. Kalsium merupakan zat yang umumnya memicu hal tersebut.

Sedulur sebenarnya dapat mencegah terkena penyakit ginjal. Sedulur bisa mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kalium. Karena kadar kalium yang tinggi, berperan untuk menurunkan kadar kalsium dalam urine. Kelengkapan kalium pun bisa mudah diperoleh dengan menambahkan buah zuriat sebagai sumber kalium ke menu makanan harian.

13. Menghindari migrain

manfaat buah zuriat
Bodrex

Bagi Sedulur yang sering terkena migrai, Sedulur bisa menggunakan manfaat buah zuriat. Penyebab migrain biasanya akibat kadar magnesium yang rendah dalam daran dan bagian tubuh lainnya. Kondisi kekurangan magnesium dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium seperti buah zuriat.

Beberapa studi menyatakan kalau suplemen magnesium yang diresepkan dokter dapat membantu mengurangi frekuensi migrain. Walau begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah zuriat memiliki efek yang sama terhadap penyakit migrain.

14. Memelihara kesehatan otak

Alodokter

Terdapat juga beberapa efek samping buah zuriat, di antaranya pusing, sakit kepala, dan perut terasa perih. Reaksi setelah minum buah zuriat ini bahkan bisa langsung terasa setelah beberapa hari mengonsumsi air rebusan buah zuriat secara rutin. Namun, hal ini merupakan kondisi adapatasi tubuh dengan kandungan dari buah zuriat.

Salah satu manfaatnya yaitu dapat memelihara kesehatan otak. Senyawa flavonoid yang ada di dalam buah zuriat dipercaya memiliki fungsi penting bagi enzim dan sistem reseptor otak. Bahkan, flavonoid pernah menunjukkan efek pencegahan sistem saraf pusat dari degenerasi saraf yang berkaitan dengan Alzheimer dan Parkinson.

15. Memiliki sifat anti-inflamasi

manfaat buah zuriat
Detik

Manfaat buah zuriat juga mengandung sifat anti-inflamasi. Hal ini bisa diatasi karena zuriat mengandung senyawa flavonoid, hususnya quercetin, menunjukkan kapabilitas senyawa tersebut dalam membantu menghambat proses awal terbentuknya inflamasi.

Buah zuriat juga mengandung tipe senyawa flavonoid yang sama dan hal ini menjelaskan adanya kemampuan buah zuriat dalam mencegah inflamasi di tubuh selagi meningkatkan sistem imun. Meski begitu, penelitian lebih lanjut dengan buah zuriat perlu dilakukan untuk mengetahui hubungan senyawa tersebut.

Itulah daftar manfaat buah zuriat yang bisa Sedulur rasakan untuk tubuh Sedulur, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait bahan alami yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Jangan lupa juga perhatikan asupan nutrisi penting lainnya untuk tubuh.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.