doa nabi yunus

Nabi Yunus merupakan nabi yang ditelan paus. Dalam keadaan terdesak tersebut, akhirnya ia memanjatkan doa yang kemudian dikenal sebagai doa Nabi Yunus. Berdasarkan riwayat tersebut, banyak umat muslim yang membaca doa tersebut untuk memohon hajat dan untuk keperluan lainnya.

Doa atau tasbih nabi Yunus juga dikenal dengan nama dzikir Nabi Yunus. Doa Nabi Yunus dalam shalat taubat memiliki keutamaan dan manfaat juga syafaat. Bacaan tasbih Nabi Yunus bukan hanya sekedar bacaan belaka. Terdapat keutamaan doa Nabi Yunus, yang merupakan sholawat Nabi Yunus.

Apakah Sedulur sudah mengetahui seperti apa bacaan doa Nabi Yunus? Berikut ini Super telah merangkum informasi lengkap mengenai bacaan doa Nabi Yunus beserta kisah atau riwayatnya ketika masuk ke dalam perut ikan. Selain itu juga akan dipaparkan keutamaan membaca doa ini. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: Ampuh! 9 Bacaan Doa Meluluhkan Hati Seseorang dan Artinya

-->

Apa itu doa Nabi Yunus?

doa nabi yunus
Detik

Doa Nabi Yunus adalah bacaan doa yang dipanjatkan Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan. Menurut tafsir surat Al Anbiya ayat 87 sebagaimana dijelaskan pada laman Kementerian Agama (Kemenag), Nabi Yunus pergi meninggalkan kaumnya karena mereka berpaling dan tidak mau menerima ajaran Allah. Ia kemudian naik pergi ke dermaga dan menaiki sebuah perahu. Namun, beban perahu yang ditumpanginya terlalu berat sehingga orang-orang di atas perahu tersebut membuat undian untuk menentukan siapa yang akan dilemparkan ke laut.

Setelah dilakukan pengundian sebanyak tiga kali, Nabi Yunus terpilih sebagai orang yang harus meninggalkan perahu tersebut. Di sisi lain, Allah Swt. mendatangkan seekor ikan yang kemudian menelan Nabi Yunus. Saat itulah Nabi Yunus kemudian sadar akan kesalahan yang ia lakukan sebagai nabi. Maka, ia lantas memanjatkan doa kepada Allah Swt.

Berikut adalah bunyi surat Al Anbiya ayat 87 beserta artinya yang dapat Sedulur simak.

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

Latin:

Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

Artinya:

“(Ingatlah pula) Zun Nun (Yunus) ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya. Maka, dia berdoa dalam kegelapan yang berlapis-lapis, “Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim.”

Untuk diketahui, “kegelapan yang berlapis-lapis” ditafsirkan sebagai keadaan yang sangat gelap yang dirasakan Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan, di dalam laut, dan pada malam hari.

BACA JUGA: Bacaan Doa Akhir atau Penutup Majelis Lengkap dengan Artinya

Bacaan doa Nabi Yunus kepada Allah Swt.

doa nabi yunus
Sindonews

Saat menjalani misi kenabiannya, Nabi Yunus mendapatkan banyak cobaan dari Allah Swt., hal tersebut semata-mata untuk menguji keimanan dari Nabi Yunus itu sendiri. Salah satu cobaan terberatnya adalah ditelan ikan paus dan terkurung di dalamnya. Dalam situasi tersebut, Nabi Yunus menyadari kesalahan dan kelalaiannya. Oleh karenanya, ia lantas bertobat kepada Allah Swt. dengan membaca doa yang berbunyi:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Latin:

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya:

“Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Segera setelah membaca doa tersebut, Nabi Yunus segera meminta agar segala kesalahan dan kelalainnya dimaafkan oleh Allah Swt. Nabi Yunus membaca doa tersebut selama 40 hari berturut-turut tanpa henti untuk mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

Makna doa yang dibaca oleh Nabi Yunus

doa nabi yunus
Freepik

Telah diketahui bersama bahwa bacaan doa di atas memiliki makna sebagai berikut:

“Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Berangkat dari kondisi tersebut, banyak ulama yang mengamalkan doa tersebut. Karena diyakini memiliki syafaat dan manfaat. Syeik Sayyid Muhammad bin Al-Alawy Al-Maliky Al-Hasani dalam kita Abwab Al-Faraj mengatakan bahwa dengan membaca doa ini sebanyak 40 kali setelah salat subu tanpa putus akan mendapatkan manfaatnya. Seperti apa saja manfaat dan syafaatnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dari Gelisah & Gundah Gulana

Keutamaan membaca doa Nabi Yunus

iStock

Doa Nabi Yunus as. memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Hal ini pun sudah diamini oleh para ulama dan ahli agama Islam dari berbagai mazhab. Bagi Sedulur yang penasaran seperti apa keutamaan dan manfaat lengkap dari doa ini. Mari simak berikut.

1. Hajat dan keinginannya dikabulkan Allah Swt.

Bagi yang mengamalkan doa di atas secara rutin dan tidak pernah putus akan mendapatkan keinginannya yang terkabul. Ha tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah saw. yang bersabda:

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (Hadist Riwayat At-Tirmidzi).

2. Mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

iStock

Nabi Yunus memanjatkan doa di atas dengan tujuan untuk mendapatkan ampunan dari Allah, barang siapa yang mengamalkan dan mengucapkan doa di atas secara rutin selepas salat akan mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Sebab, Allah akan menerima taubat umatNya yang membaca doa sebagaimana yang telah dipaparkan di atas.

3. Mendapatkan pahala seperti orang yang mati syahid

Syafaat dan manfaat selanjutnya adalah apabila membaca doa di atas ketika sakit sebanyak 40 kali dan kemudian seseorang tersebut meninggal, maka pahala orang yang meninggal tersebut sama dengan pahala seseorang yang mati syahid yang gugur dalam sebuah peperangan membela agama Allah Swt.

4. Sebagai bentuk pujian kepada Allah Swt.

iStock

Keutamaan lain dari membaca doa ini adalah memuji Allah Swt. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bacaan doa tersebut memiliki arti “tidak ada tuhan selain Engkau” yang merupakan bentuk pujian atas keesaan Allah Swt.

5. Mendapatkan kekuatan ketika diterpa cobaan

Membaca doa ini juga diyakini memiliki keutamaan yaitu mendapatkan kekuatan ketika diterpa cobaan, musibah, ataupun cobaan. Sebab, membaca doa ini sama dengan memohon pertolongan dari Allah Swt. sehingga dapat melewati setiap cobaan yang dihadapi di dunia.

6. Mendapatkan keselamatan

Freepik

Seperti yang diketahui, bacaan doa ini dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus. Selain untuk memohon ampunan, Nabi Yunus juga melantunkannya untuk memohon keselamatan kepada Allah Swt. Untuk itu tak ada salahnya menjadikan bacaan doa ini sebagai amalan sehari-hari agar selalu mendapat perlindungan dari Allah Swt.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sebelum Bekerja Agar Berkah dan Lancar

Cara mengamalkan doa Nabi Yunus

Freepik

Dilansir Detik.com, Sa’ad bin Abi Waqqash menceritakan bahwa Rasulullah pernab bersabda mengenai doa Nabi Yunus, sebagaimana tertuang dalam hadis riwayat Imam Hakim yang artinya:

“Barangsiapa yang berdoa dengannya kepada orang yang sakit sebanyak 40 kali maka jika ia mati, ia mati dalam keadaan membawa pahala mati syahid. Jika sembuh maka sembuh dalam keadaan dosanya terampuni,” (HR Imam Hakim).

Di sisi lain, Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani dalam kitab Abwab al-Faraj menjelaskan bahwa sebagian ulama dan wali membaca doa ini sebanyak 40 kali setelah salat Subuh tanpa terputus. Selain itu ada pula yang melantunkannya sebanyak 1.000 kali setiap hari.

Kapan waktu yang diutamakan untuk membaca doa Nabi Yunus?

iStock

Setelah mengetahui bacaan doa Nabi Yunus beserta arti dan keutamaan serta cara mengamalkannya, Sedulur tentu ingin tahu kapan saja waktu yang diutamakan untuk membaca doa ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebagian ulama dan wali memiliki kebiasaan membaca doa ini sebanyak 40 kali setelah menunaikan ibadah salat subuh. Di samping itu, ada pula yang membacanya setiap hari sebanyak 1.000 kali. Nah, Sedulur bisa mengikuti kebiasaan para ulama dan wali tersebut dalam mengamalkan bacaan doa satu ini.

Demikian penjelasan mengenai apa itu doa Nabi Yunus beserta bacaan, arti, keutamaan, syafaat, dan manfaat mengamalkannya. Selain itu juga telah dipaparkan cara mengamalkan dan kapan waktu membaca doa ini. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.