Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Amalan membaca doa nabi Yunus, simak keutamaan dan manfaatnya. Sedulur yang mengamalkannya wajib tahu!

Nabi Yunus merupakan nabi yang ditelan paus, dalam keadaan terdesak tersebut, akhirnya menghasilkan doa nabi Yunus dalam perut ikan. Berdasarkan riwayat tersebut, banyak umat muslim yang membaca doa nabi Yunus untuk hajat dan untuk keperluan lainnya. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan cara mengamalkan doa nabi Yunus.

Doa atau tasbih nabi Yunus juga dikenal dengan nama dzikir nabi Yunus. Doa nabi Yunus dalam shalat taubat memiliki keutamaan dan manfaat juga syafaat. Bacaan tasbih nabi Yunus bukan hanya sekedar bacaan belaka. Terdapat keutamaan doa nabi Yunus, yang merupakan sholawat nabi Yunus.

Seperti apa doa nabi Yunus dalam perut ikan dan artinya dalam riwayat atau cerita nabi yunus dimakan ikan paus? Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

Bacaan Doa Ampunan Nabi Yunus Kepada Allah SWT

Bacaan Doa Ampunan Nabi Yunus Kepada Allah SWT
liputanaceh.com

Saat menjalani misi kenabiannya, nabi Yunus mendapatkan banyak cobaan dari Allah SWT, hal tersebut semata-mata untuk menguji keimanan dari nabi Yunus itu sendiri. Salah satu cobaan terberatnya adalah ditelan ikan paus dan terkurung di dalamnya. Dalam situasi tersebut, nabi Yunus menyadari kesalahan dan kelalaiannya, lalu kemudian bertobat kepada Allah SWT sambil membaca doa yang berbunyi:

ا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin

Segera setelah membaca doa tersebut, nabi Yunus segera meminta agar segala kesalahan dan kelalainnya dimaafkan oleh Allah SWT. Nabi Yunus membaca doa tersebug selama 40 hari berturut-turut tanpa henti untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Arti Doa yang Dibaca oleh Nabi Yunus

Arti Doa yang Dibaca oleh Nabi Yunus
islampos.com

Bacaan doa dari nabi Yunus di atas memiliki arti sebagai berikut:

“Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Berangkat dari kondisi tersebut, banyak ulama yang mengamalkan doa dari nabi Yunus tersebut. Karena diyakini memiliki syafaat dan manfaat. Syeik Sayyid Muhammad bin Al-Alawy Al-Maliky Al-Hasani dalam kita Abwab Al-Faraj mengatakan bahwa dengan membaca 40 kali setelah sholat subuh doa nabi Yunus tanpa pusut akan mendapatkan manfaatnya. Seperti apa saja manfaat dan syafaatnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Begini Panduan Doa Sebelum & Sesudah Makan + Artinya

Keutamaan, Manfaat dan Syafaat Doa Nabi Yunus

1. Keinginannya Dikabulkan Allah SWT

1. Keinginannya Dikabulkan Allah SWT
islampos.com

Bagi yang mengamalkan doa di atas secara rutin dan tidak pernah putus akan mendapatkan keinginannya yang terkabul. Ha tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang bersabda:

Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (Hadist Riwayat At-Tirmidzi).

2. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

2. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT
tribunnews.com

Nabi Yunus memanjat kan doa di atas dengan tujuan untuk mendapatkan ampunan dari Allah, barang siapa yang mengamalkan dan mengucapkan doa dari nabi Yunus di atas ecara rutis selepas sholat akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan Allah SWT akan menerima taubat umatNya yang membaca doa dari nabi Yunus di atas.

3. Mendapatkan Pahala Orang yang Mati Syahid

3. Mendapatkan Pahala Orang yang Mati Syahid
humairoh.com

Syafaat dan manfaat selanjutnya adalah ketika membaca doa di atas ketika sakit sebanyak 40 kali dan kemudian seseorang tersebut meninggal, maka pahala orang yang meninggal tersebut masa dengan pahala seseorang yang mati syahid yang gugur dalam sebuah peperangan membela agama Allah SWT.

Penjelasan di atas merupakan keutamaan, syafaat dan manfaat dari doa nabi Yunus, selain itu juga dijelaskan bacaan doa beserta artinya. Bulan Ramadan sebentar lagi tiba dan kita harus lebih banyak berdoa dan bertaubat kepada Allah SWT agar bisa menjadi seorang muslim yang baik dengan membaca doa dari nabi Yunus di atas.

Untuk menyambut bulan puasa, Sedulur juga harus menyiapkan berbagai kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan buka puasa. Sedulur bisa menyiapkan stok dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.