doa agar hati tenang

Sebagai manusia, sangat wajar apabila kamu merasakan kegelisahan dan gundah gulana. Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan perasaan tersbeut adalah dengan membaca doa agar hati tenang. Terdapat beberapa doa yang mungkin telah Sedulur hafal dan sering dipanjatkan.

Doa agar hati tenang tidak hanya satu. Terdapat beberapa bacaan yang bisa Sedulur panjatkan sebagai doa agar kamu mendapatkan ketenangan hati yang sempurna. Bacaan yang dimaksud adalah di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Doa Wudhu Pendek Sesuai Sunnah

1. Doa penenang hati yang gelisah

Doa penenang hati yang gelisah
Deposit Photos

Kumpulan pertama doa agar hati tenang Arab yang bisa Sedulur lafalkan untuk menangkan hati yang gelisah. Doa ini juga merupakan lafal dzikir penenang hati yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT. Berikut doanya:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).

2. Doa agar hati tenang dan sabar

Doa agar hati tenang dan sabar
Bincang Syariah

Kumpulan bacaan dzikir supaya hati tenang adalah doa penguat hati yang bisa Sedulur panjatkan agar mendapatkan hati tenang dan sabar. Kamu bisa membaca doa agar hati tenang ini setelah sholat fardu. Berikut bacaan doanya:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapan-Mu dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

3. Doa ketika hati sedih

ketika hati sedih
DDHK News

Sebagai manusia, ketika menghadapi masalah seringkali merasakan kegelisahan dan membuat hati menjadi sedih dan kecewa. Hal tersebut seringkali mangantarkan kita memiliki perasaan negatif. Berikut ini merupakan bacaan doa agar hati tenang rumaysho yang bisa Sedulur baca:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَس وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

4. Doa mengikhlaskan hati dan berlapang dada

mengikhlaskan hati dan berlapang dada
Utusan TV

Setelah mendapatkan hati yang tenang karena Sedulur melafalkan doa di atas, Sedulur juga wajib menjadi seorang pribadi yang lebih ikhlas dan juga berlapang dada. Kamu bisa istighfar untuk ketenangan hati dan membaca doa agar hati tenang dan tidak cemas.  

Berikut ini adalah bacaan doa yang secara garis besar memiliki harapan Ya Allah tenangkan hati dan pikiranku. Baca agar kamu bisa memiliki hati yang ikhlas dan berlapang dada:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

5. Doa agar hati tenang

doa agar hati tenang dan ikhlas
Liputan6

Terdapat beberapa ayat penenang hati dan pikiran yang juga dijadikan sebagai doa hati gelisah. Karena Alquran merupakan kitab suci umat muslim yang dijadikan sebagai panduan dan pedoman bagi umat muslim. Berikut ini beberapa doa penenang hati yang bersumber langsung dari Alquran.

Doa agar hati tenang yang pertama berasal dari Surat Al-Baqarah ayat 250, yaitu:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin.

Artinya: Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir (Q.S Al-Baqarah ayat 250).

6. Doa agar hati bahagia

hati bahagia
Ikilho Jatim

Selain surat Al-Baqarah, terdapat juga doa agar hati tenang yang berasal dari surat Thaha Ayat 25-28, yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku (QS. Thaha ayat 25-28).

Ayat Quran di atas merupakan penggalan yang bisa dijadikan bacaan doa agar hati tenang dan ikhlas. Sedulur juga bisa memohon langsung dengan melafalkan dalam hati kalimat Ya Allah tenangkan hati dan pikiranku, kemudian dilanjut dengan membaca doa di atas.

7. Doa mendapatkan ketenangan sejati

ketenangan sejati
Muslim Obsession

Terdapat juga doa agar hati tenang dan mendapatkan ketenangan sejati. Bacaan doa yang bisa Sedulur baca adalah:

huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu’minīna liyazdādū īmānam ma’a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu ‘alīman ḥakīmā

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

BACA JUGA: Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Beserta Arti dan Keutamaannya!

8. Kumpulan doa agar hati tenang lainnya

doa agar hati tenang lainnya
Mina News

Terdapat beberapa doa lainnya yang bisa Sedulur baca. Doa tersebut adalah

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: “Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

Selain bacaan QS Ad-Dhuha di atas, Sedulur juga bisa membacakan doa di bawah ini, tujuannya agar Sedulur mendapatkan hati yang tenang dan keikhlasan yang sempurna, bacaan yang dimaksud adalah:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya.”

Itulah kumpulan bacaan doa agar hati tenang yang bisa Sedulur baca. Kamu bisa membaca secara ruitn dan dengan hati yang tulus selepas sholat. Dijamin kamu akan mendapatkan ketenangan hati.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!