doa akhir majelis

Saat menghadiri suatu majelis, Sedulur biasanya akan melafalkan doa secara bersama-sama sebelum memulai aktivitas pembelajaran atau pengajian. Demikian pula ketika pengajian sudah selesai, Sedulur bersama jemaah lainnya akan membaca doa akhir majelis.

Pembacaan doa pembuka dan penutup majelis sendiri bukan dilakukan tanpa alasan. Pasalnya, umat Islam memang dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hal itu bertujuan agar kegiatan yang dilakukan dilimpahi oleh keberkahan dan rida dari Allah Swt.

Nah, apakah Sedulur sudah tahu bagaimana doa akhir majelis? Berikut ini Super telah merangkum beberapa macam doa akhir majelis dan artinya.

BACA JUGA: 7 Doa Perjalanan Jauh agar Dilindungi & Selamat Sampai Tujuan

Mengenal arti majelis dalam Islam

doa akhir majelis
Kabupaten Bangka Tengah

Sebelum menyimak contoh-contoh doa penutup majelis dan artinya, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan majelis taklim. Seperti yang diketahui, majelis taklim atau biasa disebut majelis saja merupakan istilah yang telah dikenal luas oleh umat Islam di Indonesia. Secara umum, kata majelis digunakan untuk menyebut perkumpulan dalam rangka mempelajari ajaran Islam atau pengajian.

Dikutip dari Republika, istilah majelis ternyata hanya populer digunakan oleh umat Islam Indonesia. Kata majelis sendiri berasal dari kata bahasa arab yakni jalasa yang artinya duduk. Sementara, taklim atau ta’lim berasal dari ‘allama yang memiliki arti pengajaran. Adapun jika digabungkan, istilah majelis taklim dapat dimaknai sebagai tempat pengajaran.

Lebih jauh, Ketua Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) KH Zulfa Mustafa menjelaskan bahwa majelis taklim adalah sebuah lembaga pendidikan keagamaan non formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Di sisi lain, majelis taklim juga didefinisikan sebagai  tempat pengajaran atau pendidikan agama Islam yang tidak terikat waktu, fleksibel, dan terbuka untuk berbagai kalangan tanpa batasan usia dan latar belakang.

BACA JUGA: 5 Bacaan Doa Sholawat Nabi untuk Perbanyak Amalan

Keutamaan doa pembuka dan penutup majelis

Freepik

Rasulullah saw. menganjurkan untuk membuka dan menutup acara majelis dengan membaca doa. Doa penutup majelis sendiri juga disebut sebagai doa kafaratul majelis yang mana pengamalannya tertuang dalam hadits riwayat Abu Daud dan Ahmad berikut sebagaimana diceritakan oleh Abu Barzah Al Aslami.

“Dari Abu Barzah Al-Aslami, berkata bahwa Rasulullah SAW di akhir majelis ketika hendak berdiri meninggalkan majelis berkata, (Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik, artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu), ada seseorang yang berkata pada Rasul SAW, ‘Wahai Rasulullah, engkau mengucapkan suatu perkataan selama hidupmu,’ Beliau bersabda, (Doa itu sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis).” (HR Abu Daud dan Ahmad).

Menurut hadits di atas, membaca doa akhir majelis dimaksudkan untuk menambal atau memperbaiki kesalahan yang dilakukan dalam majelis. Kesalahan yang dimaksud dalam hadits tersebut meliputi kata-kata laghwu atau ucapan yang sia-sia yang terlontar saat menghadiri majelis.

Di samping itu, keutamaan membaca doa penutup majelis juga tercantum dalam hadits lainnya sebagaimana diceritakan Abu Hurairah. Dikatakan, Rasulullah saw. bersabda bahwa apabila seseorang tidak mengakhiri majelis dengan membaca doa, maka tidak ada manfaat pula yang akan diperoleh dari majelis itu.

“Setiap kaum yang bangkit dari majelis yang tidak ada zikir pada Allah, maka selesainya majelis itu seperti bangkai keledai dan hanya menjadi penyesalan pada hari kiamat.” (HR Abu Daud dan Ahmad).

BACA JUGA: Bacaan Doa Ruku Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Ragam doa akhir majelis

Freepik

Terdapat beberapa contoh doa akhir majelis yang bisa Sedulur amalkan setiap selesai mengikuti sebuah majelis. Salah satunya adalah doa kafaratul majelis sebagaimana yang disunahkan Rasulullah saw., yaitu subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Di samping itu ada pula doa akhir majelis ilmu untuk memohon keteguhan, rezeki yang luas, dan keberkahan. Berikut empat contoh bacaan doa akhir majelis dalam bahasa arab, latin, dan artinya.

1. Doa akhir majelis taklim menurut sunah Rasulullah saw.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Latin: 

Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: 

Maha Suci Engkau ya Allah, aku memujiMu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu. (HR Tirmidzi)

2. Bacaan doa penutup majelis untuk memohon keteguhan

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَارَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّارسُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Latin:

Rabbana Afrigh Alainaa Shobran Wa Tsabit Aqdaamanaa. Rabbanaa Aatina Fiddunya Hasanah Wafil Aakhirati Hasanah Waqinaa Adzaabannaar. Subhaana Rabbika Rabbil Izzati Ammaa Yashifuun Wasalaamu Alal Mursaliin Walhamdulillahi Rabbil Aalaamiin.

Artinya:

Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

3. Bacaan doa akhir majelis latin untuk memohon rezeki

ﺭَﺏِّ ﺍْﻧﻔَﻌْﻨَﺎ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﻠَّﻤْﺘَﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻋَﻠِّﻤْﻨَﺎ ﺍَّﻟﺬِﻱْ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻓَﻘِّﻬْﻨَﺎ ﻭَﻓَﻘِّﻪْ ﺃَﻫْﻠَﻨَﺎ، ﻭَﻗَﺮَﺍﺑَﺎﺕِ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺩِﻳْﻨِﻨَﺎ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌَﻠُّﻢٍ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌْﻠِﻴﻢٍ، ﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ الوَاسِعَةَ، ﻭَﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ ﺍﻷَﻣَﺎﻧَﺔ

Latin:

Robbinfa’naa bi maa ‘allamta na, robbi ‘allim na alladzi yanfa’una. Robbi faqqih na wa faqqih ahlana, wa qoroobaatin lana fi diini na. Tawassalna bi ta’allumin, tawassalna bi ta’limiin. An tarzuqo nal wasi’ah, wa an tarzuqo nal amaanah.

Artinya:

Ya Allah, berilah kami manfaat dari apa yang telah engkau ajarkan pada kami. Ya Allah, berilah kami pengetahuan terhadap apa yang bermanfaat bagi kami. Ya Allah, berilah pemahaman pada kami, dan pada keluarga kami, Serta para kerabat kami dalam memahami agama. Kami bertawasul dengan belajar, kami bertawasul dengan mengajar. Agar Engkau beri kami rejeki yang luas dan agar Engkau beri kami rezeki amanah.

4. Doa penutup majelis latin dan artinya untuk memohon keberkahan ilmu

Allohummarham na bil qur’an. Waj’al hu lanaa imaama, wa nuuro, wa hudaa, wa rohmah. Allohumma dakkir na minhu ma nasiina, wa ‘allimna minhu ma jahilna warjuqna tilaawatahu. Aana-al laili wa atroofan nahaar. Waj’alhu lana hujjatan, yaa Robbal ‘alamiin.

Artinya:

Ya Allah, rahmatilah kami dengan al-Qur’an. Jadikan ia pimpinan, cahaya, petunjuk, dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah kami apa yang terlupa darinya dan ajarkanlah apa yang tidak kami ketahui darinya. Dan berikanlah kami rejeki membacanya sepanjang siang dan malam. Serta jadikanlah ia hujjah penolong kami. Wahai Allah Tuhan semesta alam.

BACA JUGA: Bacaan Doa Istighosah Lengkap Beserta Dalil dan Artinya

Doa pembuka majelis

doa akhir majelis
Freepik

Sementara itu, berikut ini Super juga merangkum dua contoh doa pembuka majelis yang dapat Sedulur amalkan. Seperti yang diketahui, umat Islam dianjurkan untuk membuka dan menutup majelis dengan membaca doa. Oleh karenanya, Sedulur juga perlu mengetahui bacaan doa pembuka majelis.

1. Bacaan doa pembuka majelis singkat

Sebelumnya, doa penutup majelis lebih banyak dimaksudkan untuk memohon keberkahan ilmu dan ampunan atas kesalahan yang dilakukan saat mengikuti majelis. Sementara itu, doa pembuka majelis diamalkan dalam rangka memohon kelancaran dan kemudahan urusan. Oleh karenanya salah satu doa yang banyak dibaca untuk membuka majelis diambil dari doa Nabi Musa ketika menghadapi keangkuhan Fir’aun yang tertuang dalam surat Thaha ayat 25-28 sebagai berikut.

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Latin:

Rabbisyrahlii shâdrii wayassyirlii amrii wahlul uqdatam mil-lisaanii yafqahuu qaulii.

Artinya:

“Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

2. Bacaan doa pembuka majelis khutbah hujjah

Rasulullah saw. juga menganjurkan untuk membuka majelis dengan khutbah hujjah. Berikut bacaan dan artinya dalam bahasa Indonesia.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَ

Latin:

Innalhamdalillahi nakhmaduhu wanasta’inuhuu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusiina waminayyi ati’ma linaa manshdihillahu falaa mudhila lahu waman yusdhlil fala haadiya lahu. 

Asyhadu Allaa ilaaha illallaah wa asyhadu inna muhammadan abduhu warusuluh. Allahumma sholli wasallam wabara’ala muhammadiin wa’ala alihi wasohbihi wamanihtada bihuda hu ila yaumil qiyamah.

Artinya:

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

Demikian tadi contoh doa akhir majelis beserta keutamaannya. Di samping itu, telah dipaparkan juga contoh doa pembuka majelis yang bisa Sedulur amalkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.