Doa luluhkan hati

Sedang galau terhadap perasaan seseorang? Sedulur bisa membaca doa meluluhkan hati seseorang agar tidak bertepuk sebelah tangan!

Terdapat beberapa doa untuk menaklukan atau meluluhkan hati seseorang. Mulai dari doa penunduk hati, doa meluluhkan hati, doa melembutkan hati dan doa meluluhkan hati seseorang. Perihal meluluhkan hati seseorang, disampaikan dalam Al-Quran terkait bagaimana Nabi Daun menundukan hati seseorang.

Doa Nabi Daud dalam Al Quran digunakan menjadi contoh doa meluluhkan hati seseorang oleh umat muslim. Selain nabi memang seseorang tauladan bagi umat muslim, keutamaan apa yang disampaikan dalam Al-Quran menjadi sangat penting, karena segala sesuatu yang terdapat dalam Al-Quran menjadi tuntunan bagi umat muslim. Apa saja daftar doa yang bisa dibaca untuk meluluhkan hati seseorang? Simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Seseorang Merindukan Kita, Yuk Amalkan!

Daftar Doa Meluluhkan Hati Seseorang Beserta Artinya

Ada banyak doa yang bisa digunakan untuk meluluhkan hati seseorang. Hal ini pun sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan juga diterapkan oleh para sahabat rasul saat ingin melunakkan hati orang lain.

1. Doa Meluluhkan Hati yang Keras

tribunnews.com

Daftar pertama merupakan doa penakluk hati, doa ini berasalkan dari ayat untuk meluluhkan hati seseorang. Dan juga merupakan doa melembutkan hati seseorang dari jauh. Berikut doa yang bisa Sedulur baca:

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii … (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya:

“Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir’aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.”

BACA JUGA: Al-Quran Surat Al-Hajj Ayat 7, Kepastian Datangnya Kiamat

2. Doa Melembutkan Kerasnya Hati Suami

detik.com

Bagi Ibu Super yang ingin memiliki seorang suami yang lembut. Sedulur bisa membaca doa menghadapi orang keras kepala. Doa meluluhkan hati seseorang yang keras kepala juga bisa dibacakan sebagai doa meluluhkan hati seseorang, terutama seorang pria.

Ibu Super hanya perlu mengulang lafaz Yaa Jabbar, Yaa Aziz, Yaa Mutakabbir setelah sholat. Ulang lafaz dzikir secara rutin agar suami, pasangan atau seseorang yang Sedulur kasihi memiliki hati yang sabar.

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Jibril, Amalan Doa Penarik Rezeki

3. Doa Agar Istri Menjadi Lembut dan Penyabar

doa meluluhkan hati seseorang
tribunnews.com

Mengetahui doa meluluhkan hati wanita merupakan hal yang sangat penting. Terkadang, perempuan merupakan seorang wanita yang memiliki hati yang keras, perlu usaha dan doa meluluhkan hati orang yang keras yang dilakukan secara berbarengan. Berikut doa meluluhkan hati seseorang yang bisa Sedulur baca:

Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah.

Artinya:

“Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak.” (QS. Ali-Imran: 14)

BACA JUGA: Jarang Umbar Kehidupan Percintaan, Ini 3 Fakta Pernikahan Maudy Ayunda

4. Doa Pembuka Hati Agar Lancar Segala Urusan

doa meluluhkan hati seseorang
popmama.com

Selain mengetahuin doa meluluhkan hati seseorang, Sedulur juga bisa mengamalkan doa pembuka hati agar segala urusan yang Sedulur lakukan lancar. Dengan begitu, doa meluluhkan hati seseorang pun bisa Sedulur amalkan. Meluluhkan hati seseorang merupakan salah satu urusan yang sedang diusahakan agar menjadi lancar. Berikut doa yang bisa Sedulur baca:

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

BACA JUGA: 150 Kata-kata Romantis untuk Pasangan yang Penuh Makna

5. Doa Meluluhkan Hati Orang Tua

dream.co.id

Orang tua merupakan tempat mengabdi bagi anak-anaknya. Namun, terkadang orang tua memiliki hati yang keras, terutama untuk beberapa pilihan yang diambil oleh setiap anaknya. Terdapat beberapa doa meluluhkan hati orang tua. Doa penunduk hati orang tua yang bisa Sedulur baca adalah:

Abdullah bin ‘Amru radhiallahu ‘anhuma ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Ridho robbi fii ridhoo walidi, wasihaturrobbi fii sahotil walidi.

Artinya:

“Ridha Allah tergantung pada ridha orangtua dan murka Allah tergantung pada murka orangtua.” – (HR. Thabrani)

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

6. Doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh

doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh
Freepik

Berikutnya adalah doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh. Sedulur bisa membaca doa ini untuk memohon agar seseorang dilembutkan hatinya sekaligus sebagai doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai dengan menyebut namanya. Berikut bacaan doa meluluhkan hati seseorang dalam bahasa Arab dan artinya.

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzi laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allahumma sakhirli (nama orang) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika wa qolbuhu fi yadika. Jalla tsanau wajhik ya arhamar rahimin

Arti doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh

“Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar, sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina, tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau.

Ya Allah, tundukkanlah (nama orang) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir’aun pada Musa as. dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud as. Karena sungguh dia tidak akan berbicara kecuali dengan izin-Mu.

Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang Maha Penyayang dari para penyayang.”

7. Doa meluluhkan hati seseorang yang membenci kita

Freepik

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita menghadapi konflik dengan orang lain. Hal ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman hingga gelisah. Terlebih jika harus berhadapan dengan orang yang membenci kita atau berkonflik dengan kita. Nah, berikut ini adalah lafaz doa yang bisa Sedulur baca untuk membuat hati menjadi lebih tentram.

Alhamdulillahi ala kulli halin rabbi a’uzu bika min hali ahlin nari allahumma la aisha illa asiyul akhirati.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah atas segala hal. Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari keadaan penghuni neraka. Ya Allah, tidak ada kehidupan yang abadi kecuali kehidupan akhirat.”

8. Doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai

Freepik

Berikut ini adalah bacaan doa-doa untuk meluluhkan hati seseorang yang dicintai. Doa-doa ini diambil dari kutipan ayat Al Quran, yaitu dari surat Taha dan surat Al Qasas.

  • Quran Surat Taha ayat 25-28

Robbis rohli sodri, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

  • Quran Surat Al Qasas ayat 24

Rabbi, inni lima anzalta ilayya min khairin faqir.

Artinya:

“Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

9. Doa meluluhkan hati anak

doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh
iStock

Selayaknya manusia pada umumnya, seorang anak juga memiliki ego dan keinginannya sendiri. Sementara, sebagai orang tua, adalah hal yang wajar apabila Sedulur menginginkan sang buah hati bisa berperilaku baik atau penurut. Untuk menghadapi anak yang memiliki hati yang keras, Sedulur bisa membaca doa berikut ini.

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyyatinaa qurrata a’yun, waj’alna lil muttaqiina imaama.

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon: 74)

Waktu mustajab untuk berdoa

Freepik

Setelah mengetahui doa-doa untuk meluluhkan hati seseorang, ada baiknya Sedulur juga menyimak tentang kapan waktu yang mustajab untuk berdoa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mustajab sendiri memiliki arti sebagai dapat dengan mudah atau lekas menyembuhkan, manjur, atau mujarab. Dengan kata lain, waktu mustajab adalah waktu-waktu yang dianggap baik atau lebih utama untuk berdoa. Kapan sajakah waktu mustajab untuk berdoa? Berikut rangkuman informasinya.

1. Hari Jumat

iStock

Seperti yang diketahui, hari Jumat merupakan hari yang istimewa untuk orang Islam. Pada hari tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan termasuk dengan memperbanyak doa. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang artinya adalah sebagai berikut.

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut,” (HR. Bukhari)

2. Antara azan dan ikamah

Pixabay

Tahukah Sedulur? Jeda waktu antara azan dan ikamah merupakan waktu yang mustajab atau dianjurkan untuk berdoa. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Al Tirmidzi yang artinya sebagai berikut.

“Doa yang dipanjatkan antara azan dan ikamah tidak akan ditolak.” (HR Al-Tirmidzi).

3. Sepertiga malam terakhir

Freepik

Umat Islam dianjurkan untuk beribadah pada sepertiga malam terakhir, yakni dengan melaksanakan salat tahajud dan memperbanyak doa. Sebab sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, sebagaimana tertuang dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini.

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: “Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tips meluluhkan hati seseorang selain dengan doa

iStock

Selain memanjatkan doa kepada Allah Swt., Sedulur juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk meluluhkan hati orang lain. Cara-cara ini bisa dicoba kepada pasangan, anak, maupun orang tua.

1. Dengarkan ceritanya

doa meluluhkan hati seseorang dari jarak jauh
Freepik

Cara pertama untuk meluluhkan hati seseorang adalah dengan mendengarkan cerita atau curahan hatinya. Cobalah untuk memahami situasinya tanpa menghakimi. Sehingga yang perlu Sedulur lakukan adalah mendengarkan dan memberikan tanggapan yang secukupnya saja. Seperti yang diketahui, didengarkan adalah hal yang seringkali nampak sederhana namun sebenarnya bisa membuat seseorang senang. Sebab, ketika ada yang mendengarkan ceritanya, ia akan merasa ada yang peduli kepadanya. Ketika ia merasa orang lain peduli kepadanya, tentu ia pun akan luluh kepada orang tersebut.

2. Tunjukkan sikap menghargai

Freepik

Bersikap sopan dan santun tidak terbatas hanya kepada mereka yang berusia lebih tua maupun yang memiliki jabatan lebih tinggi. Melainkan Sedulur bisa menunjukkan sikap sopan kepada siapa saja, termasuk mereka yang berusia lebih muda. Dengan demikian, seseorang akan merasa lebih dihargai. Alhasil ia pun akan menjadi luluh karena menilai Sedulur sebagai sosok dengan kepribadian yang baik.

3. Jangan memaksakan kehendak

iStock

Cara meluluhkan hati seseorang yang berikutnya adalah dengan mengikuti keinginannya. Dengan kata lain, Sedulur sebaiknya jangan memaksakan kehendak kepada orang tersebut, baik itu pasangan, orang tua, maupun anak. Karena seseorang akan luluh hatinya ketika ia merasa keberadaannya dihargai dan dianggap penting. Termasuk pendapat dan keinginannya. Meski demikian bukan berarti pula Sedulur harus menuruti semua keinginannya begitu saja. Lakukan negosiasi dengan penuh kehati-hatian apabila memang keinginannya tidak bisa Sedulur wujudkan.

4. Hindari perdebatan

iStock

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, cara untuk meluluhkan hati seseorang adalah dengan menghindari perdebatan dengannya. Seperti yang diketahui, perdebatan dapat memperburuk hubungan yang tentu ini sangat bertentangan dengan tujuan Sedulur yang ingin meluluhkan hatinya. Untuk itu, kendalikan emosi ketika terjadi perbedaan pendapat dan cobalah untuk berbicara secara baik-baik.

5. Jalin hubungan baik dengan teman-teman maupun keluarganya

Freepik

Untuk meluluhkan hati seseorang, Sedulur juga bisa menggunakan cara berikut ini, yaitu menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekatnya, baik itu teman maupun keluarganya. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Sedulur tidak hanya menerima dirinya, namun juga dunianya yang diwakili oleh orang-orang di sekitarnya.

Semoga daftar doa yang telah dijelaskan di atas bisa Sedulur amalkan sesuai dengan kebutuhan yang Sedulur inginkan. Bagi yang ingin meluluhkan hati suami/istri, Sedulur pun bisa membaca doa di atas.

Selain berdoa, Sedulur juga tentu saja harus tetap berusaha. Berdoa dan berusaha merupakan kombinasi yang baik untuk mendapatkan segala sesuatunya. Jangan berhenti dan menyerah untuk meluluhkan hati seseorang, butuh perjuangan keras untuk mendapatkannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.