daun insulin

Daun yakon atau lebih populer disebut sebagai daun insulin merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan. Satu di antaranya ialah mengobati penyakit diabetes. Sesuai namanya, daun ini dipercaya memiliki manfaat yang sama dengan metode pengobatan suntik insulin untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain mengobati diabetes, masih banyak manfaat lain dari tanaman asal Amerika Selatan ini bagi kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh? Berikut sudah Super rangkum informasi mengenai ragam manfaat daun insulin serta cara mengolah dan efek samping yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Jarak Serta Jenis & Efek Sampingnya

Mengenal daun insulin

daun insulin
Tribunnews

Sebelum mencari tahu daun insulin manfaatnya apa saja, ada baiknya Sedulur mengenal terlebih dahulu daun insulin seperti apa.

-->

Dikutip dari Manfaat Daun Insulin (Smallanthus sonchifolius) sebagai Antidiabetes dalam Jurnal Majority Volume 5 Nomor 4 terbitan Oktober 2016, daun atau tanaman insulin memiliki nama ilmiah Smallanthus sonchifolius. Adapun nama lain daun insulin adalah daun yakon atau daun yakon.

Tanaman ini disebut berasal dari pegunungan Andes, Peru dan masih merupakan keluarga bunga matahari. Di Indonesia, tanaman insulin baru populer beberapa tahun terakhir. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti Wonosobo, Jawa Tengah.

Sekadar informasi, daun insulin dalam bahasa Jawa kerap dianggap sama dengan daun paitan atau rondo semoyo. Namun, menurut laman Alodokter, kedua tanaman tersebut sebenarnya berbeda meski sama-sama diteliti dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Daun paitan sendiri memiliki nama latin Tithonia diversifolia.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

Kandungan daun insulin

daun insulin
iStock

Masih mengutip dari artikel yang sama, daun insulin atau daun yakon diketahui mengandung sejumlah senyawa yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Di antaranya adalah komponen phenol seperti chlorogenic, caffeic, dan ferulic. Selain itu, tanaman ini juga mengandung  protein, lipid, serat dan sakarida, catechone, terpenes, dan flavonoid. Kandungan tersebut membuat tanaman ini memiliki efek seperti insulin, yaitu dapat menurunkan produksi glukosa di hepatosit.

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

Cara mengkonsumsi daun insulin

daun insulin
iStock

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat daun insulin bagi kesehatan tubuh. Sesuai dengan namanya, bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun. Sedulur dapat langsung merebus daun insulin dan kemudian mengkonsumsi air rebusannya.

Daun insulin juga dapat dimanfaatkan dengan cara dimasak atau direbus bersama teh. Daun ini disebut dapat menjadi pemanis yang bagi penderita diabetes melitus.

Selain direbus, tanaman yang juga dikenal dengan nama daun yakon ini juga dapat dikonsumsi dengan cara lainnya, yaitu dikunyah. Mengutip dari situs Halodoc, Sedulur dapat mengunyah daun ini setiap pagi dan malam hari.

Adapun cara lainnya yang juga bisa dicoba untuk mendapatkan manfaat daun yakon adalah dengan mengeringkannya. Setelah kering, daun dapat ditumbuk hingga menjadi bubuk. Nantinya Sedulur cukup melarutkan bubuk daun yakon dengan air dan meminumnya secara rutin.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Macam Penyakit

10 manfaat daun insulin untuk kesehatan

Freepik

Setelah mengetahui asal, kandungan, dan cara mengolah daun insulin, tentu Sedulur ingin tahu apa saja manfaat dari daun satu ini. Berikut ini Super telah merangkum 10 manfaat daun insulin untuk kesehatan.

1. Menjaga kadar gula dalam darah

Seperti yang sudah disampaikan, daun insulin mengandung sejumlah senyawa yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat daun insulin untuk diabetes pun telah banyak diketahui hingga membuat tanaman ini kerap dijadikan sebagai obat alternatif.

Namun perlu diperhatikan bahwa Sedulur tidak dianjurkan untuk menggunakan tanaman ini untuk pengobatan tunggal. Untuk itu ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis sebelum menggunakan tanaman ini sebagai obat alternatif. Terlebih, manfaat tanaman ini untuk pengobatan pasien diabetes juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

The Asianparent

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, tanaman yang masih satu keluarga dengan bunga matahari ini juga dikenal bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan daun insulin memiliki kandungan probiotik yang dapat memaksimalkan proses penyerapan vitamin dan mineral dalam sistem pencernaan. Secara lebih spesifik, daun ini disebut dapat mengatasi sejumlah masalah pencernaan, mulai dari sembelit, perut kembung, dan lain sebagainya.

3. Menjaga kesehatan dengan efek diuretik

Tanaman bernama latin Smallanthus sonchifolius ini juga memiliki efek diuretik seperti halnya obat furosemide. Perlu diketahui, efek diuretik adalah proses yang bekerja dengan membantu ginjal melepaskan lebih banyak garam dan cairan tubuh yang tidak dibutuhkan dari pembuluh darah melalui urine.

4. Melawan radikal bebas

SehatQ

Manfaat daun yakon yang berikutnya adalah melawan efek radikal bebas, yaitu molekul berbahaya dari lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan sel hingga sejumlah penyakit kronis. Efek radikal bebas dapat dicegah dengan antioksidan seperti yang terdapat dalam kandungan tanaman insulin. Diketahui, tanaman ini mengandung dua senyawa antioksidan, yaitu quercetin dan diosgenin.

5. Membantu menurunkan berat badan

daun insulin
Unsplash

Rendahnya kandungan pati dan kalori pada tanaman insulin disebut dapat memberikan manfaat berupa membantu menurunkan berat badan. Namun manfaat ini disebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keakuratannya.

6. Mencegah kanker

daun insulin
Unsplash

Manfaat daun yakon untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah kanker. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menyebut adanya kandungan flavonoid pada ekstrak daun insulin yang memiliki sifat antikanker. Dengan kata lain, kandungan tersebut dapat mencegah berkembangnya penyakit kanker.

7. Mencegah infeksi kuman dan bakteri

Selain mencegah kanker, kandungan flavonoid dalam daun yakon juga memiliki khasiat sebagai antiradang atau antiinflamasi dan antimikroba. Hal ini memungkinkan daun yakon dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman maupun bakteri.

Di sisi lain, ditemukan pula ekstrak metanol pada tanaman ini yang juga memiliki sifat antibakteri. Beberapa jenis bakteri yang disebut dapat dilawan oleh senyawa ini adalah Bacillus megaterium, Micrococcus luteus, Staphylococcus aureus dan lactis, serta bakteri Pseudomonas aeruginosa negatif.

8. Menjadi obat hipertensi atau tekanan darah tinggi

Unsplash

Efek diuretik yang menyebabkan peningkatan produksi urine karena ginjal melepaskan garam dan cairan lain yang tidak dibutuhkan disebut dapat membawa dampak baik pada tekanan darah. Sebab, ketika berkurangnya jumlah cairan dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan menurunnya tekanan darah. Sehingga hal ini dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat membawa dampak baik berupa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung, mulai dari penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke.

10. Menjadi obat pereda nyeri

Manfaat daun yakon yang terakhir adalah membantu meredakan nyeri. Senyawa yang terkandung dalam daun ini disebut memiliki efek analgesik yang dapat menghambat, meminimalisasi, bahkan menangkal rasa nyeri dari sistem saraf.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Efek samping daun insulin

Halodoc

Selain dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, terdapat sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa efek samping yang dimungkinkan dapat timbul akibat mengonsumsi tanaman yakon.

  • Hipoglikemia, yaitu kadar gula darah sangat rendah atau berada di bawah batas normal.
  • Lipohipertrofi atau pertumbuhan abnormal jaringan kulit.
  • Gangguan kecemasan yang ditandai dengan sulit untuk berkonsentrasi, jantung berdebar, pusing, dan diare.
  • Meningkatkan kolesterol jahat atau LDL.
  • Menyebabkan kerusakan pada sel otot jantung.

Demikian tadi pembahasan tentang daun insulin manfaat dan efek sampingnya. Telah diketahui bahwa tanaman yang juga dikenal dengan nama daun yakon ini memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula dalam darah serta berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Namun perlu dicatat, bahwa mengkonsumsi daun yakon tidak dianjurkan untuk dijadikan pengobatan tunggal. Terlebih manfaat daun ini bagi kesehatan juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

 Selain itu, pada artikel ini juga sudah dipaparkan cara mengolah daun insulin. Nah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.