Manfaat daun kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu jenis daun yang kerap digunakan sebagai bahan makanan untuk dimasak maupun dimakan langsung. Namun, dibalik rasanya yang khas ternyata manfaat daun kemangi begitu banyak untuk kesehatan tubuh.

Menurut sejumlah penelitian, daun yang memiliki nama ilmiah ocimum basilicum ini bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin. Bahkan, beberapa orang percaya jika daun kemangi juga mampu meningkatkan vitalitas pria dan wanita.

Lalu seperti apa sih sebenarnya kandungan nutrisi dan manfaat daun kemangi bagi tubuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Ayam Rica Rica Kemangi Bumbu Pedas dan Sedap

-->

Kandungan mutrisi dalam daun kemangi

Manfaat daun kemangi
Bukalapak

Daun kemangi memang sangat terkenal jika diolah sebagai makanan maupun lalapan. Tetapi, manfaat daun kemangi bagi tubuh ternyata sangatlah banyak.

Berdasarkan penelitian dari United States Department of Agriculture, dalam 1 sendok makan daun kemangi terdapat 6 zat penting seperti berikut:

  • Kalsium sebesar 4,6/1.000-1.300 mg
  • Vitamin A sebesar 6,9/700-900 mcg
  • Beta karoten sebesar 81,7 mcg
  • Beta cryptoxanthin sebesar 1,2 mcg
  • Lutein dan zeaxanthin sebesar 147,0 mcgg
  • Vitamin K sebesar 10,8/75-120 mcg

Selain didominasi kandungan zat penting di atas, daun kemangi juga bisa memberikan asupan vitamin B, zat besi dan antioksidan meskipun nilainya tidak begitu besar.

1. Bermanfaat mengurangi stres

Happy woman
Pixabay

Kandungan antioksidan memang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan radikal bebas yang ada dalam tubuh manusia. Dimana radikal bebas merupakan molekul tak stabil yang berasal dari metabolisme manusia akibat hidup tidak sehat.

Kemunculan radikal bebas ini pula yang meningkatkan stres oksidatif penyebab penyakit seperti kanker, jantung, sampai diabetes.

Dalam hal ini, daun kemangi bisa mengurangi resiko kemunculan stres oksidatif karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Selain itu daun kemangi juga memberikan rasa rileks karena aromanya yang khas.

2. Menjaga kulit sehingga terhindar dari penuaan dini

Masalah kulit wanita
Pixabay

Salah satu manfaat daun kemangi untuk kecantikan memang bukan isapan jempol belaka. Berdasarkan penelitian dari DARU Journal of Pharmaceutical Science yang dilakukan pada tahun 2011 lalu, ditemukan manfaat daun kemangi dalam melindungi sel kulit dari efek penuaan dini.

Penelitian itu menjelaskan, daun kemangi bisa mengurangi reaksi penuaan dini karena memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit secara efektif.

Dari penelitian tersebut, para sampel yang diuji coba berhasil mendapatkan kulit yang kencang, halus, dan bebas kerutan.

Tidak heran daun kemangi jadi salah satu makanan yang sering disarankan oleh pakar kecantikan. Jadi buat Sedulur yang ingin menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari penuaan dini, bisa mencoba untuk rutin menyantap daun kemangi.

3. Menurunkan gula darah

Minyat basil
Harapan Rakyat

Manfaat daun kemangi dimakan mentah bisa dilihat dari turunnya kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan. Penggunaan kemangi untuk hal ini sendiri sudah banyak diterapkan oleh praktisi pengobatan modern dan tradisional.

Khasiat ini juga telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Macedonian Journal of Medical Sciences, dimana sampel yang rutin memakan kemangi dalam jangka panjang mengalami gula darah yang stabil dibanding yang tidak memakan kemangi.

Alhasil, beberapa terobosan ekstrak daun kemangi saat ini juga terus dikembangkan untuk menjadi obat bagi para penderita diabetes.

4. Menjaga kesehatan hati

Minyak daun kemangi
Pixabay

Tingginya kandungan antioksidan dalam kemangi juga memberikan manfaat pada kesehatan liver atau hati.

Manfaat daun kemangi ini sendiri sudah diuji pada studi Ayurvedic pada tahun 2015 lalu. Dalam uji coba yang menggunakan tikut sebagai sampel ini, daun kemangi bubuk terbukti ampuh menghilangkan efek racun pada tikus sehingga tidak mengalami kerusakan hati yang fatal.

Khasiat ini sendiri juga telah dibuktikan secara langsung oleh beberapa orang di India, dimana daun kemangi bubuk sering dijadikan obat tradisional di sana.

5. Efektif mengurangi kulit berminyak

Kulit berminyak
Quora

Kulit berminyak memang jadi salah satu masalah yang banyak dialami oleh orang pada umumnya. Namun, masalah ini bisa diatasi dan berkurang dengan memanfaatkan daun kemangi.

Daun kemangi biasanya akan diolah menjadi pasta agar bisa dijadikan masker pada kulit. Namun, pasta daun kemangi ini perlu dicampur dengan cendana dan air mawar agar lebih berkhasiat.

Sedulur cukup mengoleskan pasta daun kemangi dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.

Terobosan ini juga jadi manfaat daun kemangi untuk kecantikan. Belum lagi, pasta daun kemangi memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba sehingga menurunkan resiko munculnya jerawat di kulit.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

6. Mencegah infeksi

Kemangi
Mediatani

Kemampuan daun kemangi sebagai antimikroba juga bukan rumor belaka. Banyak praktisi pengbatan tradisional menggunakan kemangi sebagai bahan mencegah infeksi.

Salah satu cara yang digunakan adalah mengekstrak daun kemangi dan menjadikannya minyak oles. Minyak daun kemangi pun sudah diuji berhasil melawan bakteri E Coli yang bisa menyebabkan infeksi pernafasan, perut, kencing, dan kulit.

7. Efektif mengurangi peradangan

Khasiat basil
Orami

Sifat anti inflamasi dari daun kemangi juga telah terbukti mampu mengobati perdangan dan pembengkakan yang ada dalam tubuh.

Beberapa peneliti pun sudah mencoba membuktikannya dengan 2 olahan minyak esensial daun kemangi. Dalam penelitian tersebut, minyak kemangi bisa mengobati peradangan akibat stres oksidatif.

Sayangnya, efek anti inflamasi ini belum terbukti secara ilmiah bila dilakukan dengan cara dimakan langsung sebagai lalapan.

8. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kesehatan pencernaan
CNN

Manfaat daun kemangi untuk asam lambung itu memang benar adanya. Seperti dikutip dari Alodokter, daun kemangi mampu menurunkan kadar asam lambung di perut.

Selain itu, zat yang dihasilkan dari daun kemangi juga memunculkan lapisan lender yang bisa melindungi dinding lambung dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Masalah seperti diare, disentri dan mual juga bisa diatasi dengan memakan daun kemangi. Namun, konsumsi daun kemangi tidak perlu berlebihan dan secukupnya saja.

9. Melawan kanker

Kemangi lawan kanker
Klikdokter

Kanker memang jadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia karena penyebabnya yang masih misterius dan obatnya yang belum terlalu banyak.

Namun, peneliti dari Nutrition and Cancer pada tahun 2013 lalu berhasil menemukan khasiat daun kemangi dalam mencegah dan melawan sel kanker.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa zat fitokimia dalam daun kemangi bisa mencegah serangan kanker kulit, hati, mulut dan paru-paru.

Hal ini sendiri bisa terjadi karena daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Selain itu, terjadi perubahan dalam ekspresi gen, memicui kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel kanker.

Namun, uji coba ini masih bersifat praklinis lantaran baru dilakukan pada hewan. Sementara efeknya pada manusia masih dalam penelitian lebih lanjut para pakar.

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

10. Menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental
Pixabay

Kesehatan mental jadi salah satu perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini lantaran kesehatan mental bisa berpengaruh pada produktifitas dan kemampuan kognitif seseorang.

Belum lagi, kesehatan mental juga bisa menimbulkan resiko peningkatan radikal bebas yang bisa memicu masalah kesehatan yang lebih parah.

Journal of Ayurveda and Integrative Medicine berhasil menemukan khasiat daun kemangi dalam mengatasi masalah kesehatan mental. Mereka percaya jika mengkonsumsi daun kemangi bisa mengurangi stres dan depresi.

Selain itu, kemangi juga bisa menguatkan kemampuan mengingat, berpikir, dan bernalar seseorang. Bahkan para peneliti menilai kemampuan daun kemangi hampir sama dengan obat diazepam dan antidepresan.

11. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Khasiat basil
Pixabay

Selain manfaat daun kemangi di atas, ternyata daun kemangi juga bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Misalnya kandungan vitamin A pada daun kemangi bisa membantu dalam tumbuh kembang janin sehingga memiliki jantung, paru-paru, dan mata yang baik setelah dilahirkan.

Daun kemangi juga bisa mengaktifkan pembentukan tulang pada janin. Hal ini tak lepas dari kandungan zat mangan yang bisa mendukung pembentukan tulang rawan dan tulang bayi.

Sifat anti inflamasi dari daun kemangi juga diyakini mampu mengurangi efek sakit dan nyeri yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Selain itu, kandungan dalam kemangi juga bisa meningkatkan jumlah ASI sehingga ibu yang baru saja melahirkan tidak mengalami masalah kurang ASI.

12. Meningkatkan vitalitas pria

manfaat daun kemangi
Digstraksi

Banyak orang mengatakan daun kemangi bisa menguatkan vitalitas seorang pria, ternyata hal ini memang benar.

Berdasarkan sejumlah penelitian yang dirilis dalam laman Lybrate, dalam kemangi ditemukan zat arginin yang diketahui bisa meningkatkan masa hidup sperma.

Penelitian ini juga memastikan manfaat daun kemangi untuk kejantanan pria sebagai pencegah kemandulan dan kesuburan sperma.

Zat arginin juga membuat daun kemangi sebagai agen afrodisiak atau meningkatkan gairah seksual pada para pria. Peningkatan kemampuan ini diketahui usai sampel yang diuji coba memakan kemangi secara rutin baik sebagai masakan maupun lalapan.

Konon katanya, kemangi juga bisa membuat sperma menjadi lebih wangi dan harum. Sayangnya manfat daun kemangi dalam hal ini belum bisa dipastikan karena belum diteliti lebih lanjut oleh para pakar kesehatan.

13. Menjaga agar miss V tetap wangi

Khasiat kemangi untuk miss v
Orami

Khasiat daun kemangi untuk miss V berasal dari kandungan eugenol dalam daun kemangi. Zat eugenol memang mampu membunuh kuman dan jamur yang menyebabkan bau pada vagina.

Daun kemangi bisa menghilangkan bau pada miss V juga berkat kandungan atsiri sehingga vagina bisa lebih harum dan memiliki aroma yang natural.

Namun, cara menggunakan daun kemangi agar wangi bukanlah dijadikan pasta atau masker karena malah bisa membuat vagina menjadi kering.

Sedulur cukup mengkonsumsi daun kemangi baik sebagai lalapan maupun dijadikan minuman. Namun, bagi yang memiliki riwayat asam urat lebih baik jangan terlalu banyak mengkonsumsi daun kemangi ya.

BACA JUGA: 8 Jenis Pelumas Seks yang Aman Digunakan & Tips Memilihnya

14. Mencegah anemia dan meningkatkan imunitas

Manfaat Kemangi
Sweet

Kemangi juga dipercaya mampu mencegah anemia. Hal ini tak lepas dari kandungan zat besi dari daun kemangi yang cukup tinggi. Hal ini jadi manfaat daun kemangi yang paling penting.

Zat besi sendiri memang ampuh untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Pada porsi yang cukup, daun kemangi bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil lho.

Belum lagi dengan adanya kandungan folat pada daun kemangi yang juga bisa membantu dalam menyuplai darah dari ibu hamil dan janin.

Daun kemangi juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas tubuh terutama dari serangan radikal bebas. Hal ini sempat dijelaskan dalam buku Healing Foods.

Dalam buku tersebut, terdapat dua jenis antioksidan flavonoid dalam kemangi yang larut dalam air yakni orientin dan viceninare.

Dua antioksidan ini mampu memperkuat sistek kekebalan tubuh dan melindungi struktur sel dan DNA dari kerusakan.

Cara mengkonsumsi daun kemangi yang tepat

Manfaat daun kemangi
Freepik

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengkonsumsi daun kemangi, seperti dimakan secara langsung, dijadikan minyak, sampai ditumbuk.

Namun, cara makan daun kemangi mungkin yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal ini tak lepas dari kemangi yang menjadi salah satu menu lalapan paling favorit.

Memang manfaat daun kemangi dimakan mentah akan lebih terasa. Tapi dari hal tersebut ternyata juga bisa memberikan efek samping seperti membuat gigi berubah warna.

Perubahan warna gigi ini karena adanya kandungan merkuri yang bisa melunturkan enamel gigi. Sehingga, sangat disarkan agar menyantap kemangi dengan cara tidak banyak dikunyah.

Selain itu, efek samping daun kemangi lainnya adalah bisa membuat pusing pada orang-orang yang memiliki masalah gula darah rendah. Jadi lebih baik tetap berhati-hati dan tidak mengkonsumsi terlalu banyak daun satu ini.

Nah, demikian ulasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat daun kemangi bagi kesehatan. Ternyata selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kemangi juga mampu meningkatkan vitalitas pria dan membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

Semoga ulasan di atas bisa memberikan manfaat bagi Sedulur yang ingin merasakan manfaat langsung daun kemangi. Namun, tetap berhati-hati dan jangan mengkonsumsi secara berlebihan ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.