sirih cina

Sirih cina merupakan salah satu jenis dedaunan yang memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat untuk tubuh. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah menggunakan dedaunan dan bahan-bahan herbal lainnya untuk menyembuhkan penyakit. Sebelum ditemukannya obat di era modern, tumbuhan adalah obat paling mujarab yang pernah ada.

Daun siri cina merupakan salah satu daun mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, untuk menambah wawasan Sedulur terkait manfaat bahan-bahan alami, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berbagai khasiat dan manfaat daun sirih cina untuk menyembuhkan penyakit di tubuh kita. Yuk, mari kita cek!

BACA JUGA: 10 Manfaat Vitamin A Tak Hanya untuk Mata tetapi Juga Tubuh

1. Mengatasi rematik

sirih cina
Bisnis

Manfaat pertama yang bisa Sedulur rasakan adalah dapat mengatasi arthritis rheumatoid atau rematik. Sedulur bisa melakukan cara mengonsumsi sirih cina dengan mengolahnya menjadi jus yang diekstrak dari batang dan daunnya. Sedulur bisa meminumnya setiap hari seperti di pagi dan malam hari.

Namun, Sedulur juga harus memperhatikan betul cara mengonsumsinya, jika bisa bertanya pada ahli gizi atau ahli pengobatan herbal. Karena, ramuan dari daun ini akan memberikan efek secara langsung dalam waktu singkat seketika setelah mengonsumsinya.

2. Mengobati asam urat

Detik

Terdapat juga manfaat sirih cina untuk asam urat. Dari penelitian para ahli dan pakar, membuktikan bahwa daun sirih cina dapat menurunkan kadar asam urat sebesar 44% yang ada di dalam darah.

Berdasarkan penelitian para ahli tersebut, dapat dipahami bahwa daun sirih memiliki kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengontrol kadar asam urat dengan efektif. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu harus mengonsumsi secara rutin dengan kadar dan dosis yang sesuai. Jangan berlebihan, ya!

3. Menjaga sistem pencernaan

sirih cina
Halodoc

Daun sirih cina juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan selalu sehat. Rebusan daun sirih cina telah terbukti meringankan pasien yang menderita mag. Ekstrak daun sirih cina ini dapat menghambat kerusakan mukosa lambung, atau lapisan selaput lendir yang berisi kelenjar dan lubang lambung.

Jika Sedulur mempunyai kondisi kesehatan berkaitan dengan pencernaan, konsumsi ramuan daun sirih cina bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang bisa dilakukan.

4. Membantu mengobati kanker

Alodokter

Terdapat juga khasiat daun sirih cina untuk mengobati kanker. Daun ini terbukti dapat berperan dalam mengobati kanker dan menghambat pertumbuhannya. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan daun ini untuk mencegah dan melawan tumbuhnya sel kanker. Bukan hanya kanker, pertumbuhan seperti patogen, bakteri, dan senyawa radikal bebas lain dapat diatasi oleh daun satu ini.

5. Menyembuhkan patah tulang

sirih cina
Hello Sehat

Manfaat dan khasiat selanjutnya dari sirih cina adalah dapat menyembuhkan patah tulang. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan mineral yang terdapat dalam daun ini, sangat berguna untuk menyembuhkan segala permasalahan yang dialami oleh tulang di dalam tubuh.

Sedulur bisa konsumsi ramuan dari ekstrak rumput liar ini guna mempercepat penyembuhan patah tulang secara efektif. Tentu saja agar bisa merasakan khasiatnya dengan baik, Sedulur harus mengonsumsinya secara teratur dan tentu saja diawasi oleh ahlinya.

6. Membantu mengatasi depresi

Kompas

Daun sirih cina dapat mengatasi depresi. Hal tersebut dibuktikan oleh temuan yang menyampaikan bahwa dalam daun ini terkandung aktivitas sebagai depresan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi daun ini secara teratur, kondisi depresi bisa dicegah dan diatasi.

Sedulur bisa konsumsi ekstrak daun dengan dosis yang tepat dan sesuai untuk membantu serta mendukung pengobatan gangguan rangsangan mental yang berlebihan, termasuk depresi. Namun segala obat yang berkaitan dengan psikoterapi, sangat perlu pengawasan dan anjuran dari dokter, dalam hal ini psikiater.

7. Anti-inflamasi

sirih cina
Sajian Sedap

Sirih cina juga mengandung anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu meredakan gejala peradangan. Gejala peradangan yang dimaksud seperti kondisi kulit yang memerah, panas, dan bengkak. Segala permasalahan radang yang Sedulur hadapi akan hilang dengan mengonsumsi daun ini secara teratur.

8. Menurunkan darah tinggi

Kompas

Daun sirih cina juga efektif untuk menurunkan darah tinggi. Dengan mengonsumsi rebusan daunnya, akan efektif menurunkan kadar darah tinggi. Bukan hanya menurunkan darah tinggi, daun ini juga sangat efektif meredakan sakit kepala. Sakit kepala bisa diatasi oleh daun ini seperti migrain dan vertigo. Bagi Sedulur yang sering mengalami sakit kepala dan terindikasi darah tinggi, bisa coba mengonsumsi daun ini.

9. Menurunkan kadar kolesterol

sirih cina
Kompas

Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Rebusan yang terbuat dari daun sirih cina, bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Manfaat ini sangat berguna untuk mengurangi kemungkinan risiko terkena serangan jantung, strok, dan penyakit terkait sistem kardiovaskular lainnya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Apel Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

10. Mengatasi gangguan sistem kemih

Grid Health

Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan berikutnya yang tidak kalah penting yaitu dapat mengatasi gangguan sistem kemih. Di Filipina dan beberapa negara Asia, daun sirih cina dibuat menjadi teh herbal dan dikonsumsi sebagai ramuan yang dapat mengobati penyakit kencing atau ginjal. Ramuan ini dapat bekerja menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara efektif. Jika kerap mengalami gangguan penyakit kencing, konsumsi rebusan berbahan daun sirih cina ini bisa menjadi pilihan.

11. Anti-jamur

sirih cina
Pikiran Rakyat

Khasiat selanjutnya yaitu mengandung anti-jamur. Sifat anti-jamur yang terdapat dalam daun sirih cina sangat efektif untuk melawan pertumbuhan jamur dalam kulit. Perlu Sedulur ketahui, pertumbuhan jamur bisa menyebabkan berbagai penyakit dan hal tersebut tentu saja bisa Sedulur cegah dengan daun ini.

Manfaat daun sirih cina dan cara penggunaannya bisa Sedulur gunakan langsung dengan menghaluskan daun dan mengoleskannya ke bagian kulit yang gatal-gatal akibat jamur. Selain mencegah, tentu saja daun ini juga dapat secara efektif mengobati jamur dalam tubuh.

12. Mengobati asam lambung

Suara

Terdapat juga manfaat sirih cina untuk asam lambung, karena daun ini efektif untuk menormalkan tingkat pH asam lambung untuk meredakan gejala mag, GERD, dan rasa sakit yang ditimbulkan karena perut kembung. Kandungan antioksidan dalam daun sirih dapat melindungi usus dari radikal bebas yang berbahaya.

13. Tinggi antioksidan

sirih cina
Baaca

Sirih cina manfaatnya untuk membersihkan senyawa radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi di setiap satu lembar daunnya. Sebagaimana yang Sedulur ketahui, kandungan antioksidan yang tinggi sangat efektif untuk melawan hingga membersihkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

14. Terkandung antibakteri

Tirto Rahayu

Di dalam daun sirih cina ini, terdapat kandungan antibakteri yang secara efektif dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian luar seperti kesehatan kulit dan bagian luar tubuh lainnya. Bukan hanya itu, kandungan antibakteri juga terbukti dapat ikut berperan mengeluarkan kandungan radikal bebas yang ada di dalam tubuh, yang didapatkan akibat polusi.

15. Mengobati jerawat

sirih cina
Alodokter

Manfaat terakhir adalah daun sirih cina untuk jerawat. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi dari daun ini, yang kaya akan vitamin C sehingga bisa mengobati jerawat. Bukan hanya itu, kandungan antibakteri dan anti-jamur yang terdapat dalam daun ini sangat efektif membuat kulit tubuh menjadi semakin mulus.

Dari sekian banyak manfaat di atas, dengan harga sirih cina yang terjangkau Sedulur tidak boleh menyia-nyiakan lagi manfaatnya. Demi terwujudnya tubuh yang sehat dan kuat Sedulur harus mulai mempertimbangkan kesehatan tubuh secara lengkap.

Itulah tadi daftar manfaat dan khasiat dari daun sirih cina yang bisa Sedulur rasakan. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur jadi lebih sadar manfaat dari bahan-bahan herbal yang tidak kalah efektif dengan obat modern. Bahkan, bahan herbal merupakan obat yang ampuh sekaligus sangat aman bagi tubuh. Dijamin tidak menimbulkan efek samping.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!