daun capo

Obat tradisional masih menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi masalah kesehatan. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan tanaman herbal untuk diolah sendiri menjadi obat tradisional di rumah. Salah satu tanaman yang kerap dijadikan obat tradisional adalah daun capo.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama lain daun sembung ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meredakan demam hingga mengobati maag dan diare. Ingin tahu lebih jauh tentang daun capo? Berikut ini sudah dirangkum informasi lengkap mengenai daun capo, termasuk manfaat, cara mengolah, hingga efek sampingnya khusus untuk Sedulur.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Macam Penyakit

Mengenal daun capo

daun capo
iStock

Dihimpun dari berbagai sumber, daun capo juga umum dikenal dengan nama lain daun sembung. Sementara nama latin dari tanaman perdu ini adalah Blumea balsamifera.

-->

Tanaman daun sembung sendiri banyak dijumpai di zona tropis dan subtropis Asia, terutama di India dan Asia Tenggara. Sejumlah literatur menyebut tanaman ini berasal dari Nepal dan biasa hidup di tepi sungai ataupun tanah berpasir yang agak panas.

Ciri umum daun capo

Popmama

Selain banyak dijumpai di wilayah Asia, ciri umum daun capo dapat dilihat dari penampakan fisiknya. Menurut Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit oleh Dewi Damayanti, daun capo atau daun sembung merupakan tanaman perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 4 meter. Daun sembung juga memiliki ciri khas berupa bulu-bulu halus  dengan tekstur bergerigi di tepi daun.

Bentuk daun sembung umumnya adalah bundar telur dan lonjong dengan bagian pangkal serta ujungnya berbentuk lancip. Sementara itu, permukaan daun sembung atau daun capo cenderung kasar. Sedangkan pada bagian bawahnya halus seperti beludru.

Di sisi lain, mungkin Sedulur pernah mendengar nama tanaman yang mirip dengan daun sembung, yaitu daun sembung rambat. Namun keduanya memiliki nama latin yang berbeda. Telah diketahui bahwa nama latin daun sembung atau daun capo adalah Blumea balsamifera. Sementara, nama latin daun sembung rambat adalah Mikania cordata. Sekadar informasi, daun sembung rambat merupakan tanaman merambat dan termasuk dalam keluarga Asteraceae atau tanaman berbunga.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat daun capo untuk kesehatan

daun capo
iStock

Setelah menyimak tentang ciri-ciri umumnya, tentu Sedulur juga ingin tahu daun sembung manfaatnya apa saja. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tanaman ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengobati masalah pencernaan hingga dapat membantu mengatasi masalah menstruasi pada wanita. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian tentang manfaat daun sembung selengkapnya.

1. Mengobati maag

Manfaat daun capo atau daun sembung yang pertama adalah dapat mengobati penyakit maag. Sakit maag adalah kondisi terjadinya peradangan pada lapisan dalam perut. Peradangan atau iritasi pada lambung ini akan menimbulkan rasa perih pada penderitanya. Adapun penyakit maag pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan terlambat makan dan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya sakit maag secara berlebihan.

Sementara itu, daun sembung atau daun capo yang memiliki sifat analgesik dapat membantu meredakan nyeri lambung. Selain itu, juga bermanfaat sebagai antiinflamasi atau antiradang.

Nah, untuk mendapatkan manfaat daun sembung sebagai obat penyakit maag, Sedulur dapat mengkonsumsi rebusan daunnya. Caranya adalah rebus lima lembar daun sembung dengan tiga gelas air. Setelah rebusan air tersisa 1/2 gelas, tambahkan sedikit garam dan minum sebelum sarapan di pagi hari.

2. Meredakan demam, flu, dan batuk

Manfaat daun sembung atau daun capo berikutnya adalah dapat menyembuhkan demam, flu, dan batuk. Seperti diketahui, ketiga masalah kesehatan itu kerap terjadi bersamaan. Hal itu tentunya dapat mengganggu aktivitas. Nah, untuk mengobati demam, flu, dan batuk, Sedulur dapat memanfaatkan daun sembung sebagai obat tradisional.

Pada resep olahan daun capo kali ini, Sedulur juga memerlukan tanaman herbal lainnya, yaitu daun bayam duri, pulosari, adas, dan kayu angin. Cara membuat ramuan ini adalah siapkan 1/4 genggam daun capo, 1/3 daun bayam duri, pulosari seukuran satu jari tangan, 1/2 sendok adas, dan 1/4 genggam kayu angin. Setelah semua bahan dicuci bersih, rebus dengan empat gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa setengah takaran dan ramuan siap dikonsumsi. Sedulur juga bisa menyaring rebusan tersebut agar lebih nyaman saat mengkonsumsinya. Adapun ramuan ini bisa diminum sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

3. Mengatasi masalah menstruasi pada wanita

Sedulur juga perlu mengetahui manfaat daun sembung untuk wanita. Sebab ada sejumlah manfaat daun sembung untuk rahim yang salah satunya adalah meredakan masalah menstruasi. Kandungan fitokimia pada daun capo dipercaya dapat membantu meredakan kram dan rasa nyeri akibat menstruasi.

Adapun cara memperoleh manfaat daun sembung untuk meredakan nyeri akibat menstruasi adalah dengan membuat rebusan daun sembung dan biji kedaung. Caranya adalah siapkan lima lembar daun sembung dan lima biji kedawung. Kemudian panggang atau sangrai kedua bahan tersebut, dan haluskan. Selanjutnya rebus bahan yang sudah dihaluskan tadi dengan dua gelas air dan biarkan mendidih hingga airnya tersisa seukuran satu gelas.

Di sisi lain, daun sembung juga disebut memiliki manfaat untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Caranya adalah siapkan 3/5 genggam daun sembung dan cuci bersih. Selanjutnya rebus dengan 3 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa 3/4 takaran. Sedulur dapat menambahkan madu sebelum meminum ramuan tersebut.

Sementara itu, belum ditemukan bukti ilmiah terkait manfaat daun sembung untuk alat vital.

4. Manfaat daun capo untuk mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami. Umumnya, obat herbal yang digunakan untuk menyembuhkan diare adalah daun sirih dan daun jambu biji. Namun ternyata Sedulur juga bisa memanfaatkan daun sembung atau daun capo untuk mengatasi diare.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup siapkan satu genggam daun sembung kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya, rebus daun sembung dengan 3 gelas air hingga mendidih. Apabila air sudah menyusut dan tersisa setengah takaran atau sekitar satu setengah gelas, rebusan siap untuk diminum. Sedulur juga bisa menambahkan madu untuk menetralisir rasa pahit dari daun capo.

5. Meningkatkan empedu

Manfaat daun sembung selanjutnya adalah dapat meningkatkan empedu. Untuk diketahui, empedu adalah cairan berwarna hijau kekuningan yang memiliki sifat basa. Cairan ini memiliki fungsi untuk membantu pencernaan lemak di usus dua belas jari. Kekurangan empedu dapat menyebabkan munculnya gejala seperti diare, kram perut, perut kembung, hingga sulit buang gas atau kentut.

Sementara, manfaat daun sembung untuk meningkatkan empedu bisa diperoleh dengan mengkonsumsi rebusan daunnya. Caranya, siapkan 4 lembar daun sembung, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus daun sembung dengan 110 ml air hingga mendidih. Sedulur dapat meminum rebusan daun sembung sebanyak 1 kali sehari dengan takaran 100 ml.

6. Mengobati penyakit beri-beri

Penyakit beri-beri juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun sembung. Sekadar informasi, beri-beri adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit beri-beri, Sedulur dapat mengkonsumsi rebusan daun sembung dengan resep sebagai berikut.

Pertama, siapkan 1/4 genggam daun sembung, daun turi, daun lagundi, dan tiga buah cabe. Kemudian cuci bersih seluruh bahan dan rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Rebusan daun sembung siap dikonsumsi. Perlu dicatat, ramuan obat tradisional ini bisa Sedulur konsumsi sebanyak dua kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

7. Mencegah gagal ginjal

Daun sembung juga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya gagal ginjal. Manfaat daun sembung untuk masalah ginjal bahkan disebut telah dibuktikan secara ilmiah. Sejumlah hasil studi pun menunjukkan bahwa kandungan yang ada di dalam daun ini bisa memperkecil risiko seseorang harus melakukan transplantasi ginjal. Dalam literatur lain disebutkan, meminum ramuan herbal daun sembung untuk pasien dengan masalah ginjal telah direkomendasikan oleh Institut Ginjal dan Transplantasi Nasional Filipina.

8. Menjaga kesehatan jantung

Terakhir, rebusan daun sembung disebut dapat memberikan dampak baik pada kesehatan jantung. Sebab, kandungan di dalam daun bernama latin Blumea balsamifera ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan menangkal radikal bebas. Adapun Sedulur bisa merasakan manfaat tersebut dengan meminum rebusan daun sembung sebanyak tiga kali sehari dengan porsi 3/4 gelas.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Songke, Benarkan Bisa Menangkal Covid-19?

Efek samping daun capo yang perlu diketahui

Kompas

Di samping berbagai manfaatnya, daun capo atau daun sembung juga memiliki sejumlah efek samping yang dapat muncul apabila tidak dikonsumsi secara tepat. Oleh karenanya, penting bagi Sedulur untuk mengetahui bahaya daun sembung sebagai berikut.

1. Menyebabkan alergi

Salah satu efek samping daun sembung yang perlu Sedulur waspadai adalah potensi terjadinya reaksi alergi. Pada umumnya, reaksi alergi muncul akibat konsumsi daun sembun secara berlebihan. Untuk itu ada baiknya Sedulur tidak mengkonsumsi olahan dari daun sembung secara cukup.

2. Mengganggu kesehatan kandungan

Telah diketahui bersama bahwa daun sembung memiliki manfaat untuk kesehatan organ reproduksi perempuan yaitu meredakan nyeri akibat menstruasi serta mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Kendati demikian, daun sembung ternyata juga bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi ramuan tanaman obat tersebut saat dalam kondisi mengandung.

3. Menyebabkan sakit maag

Salah satu manfaat daun capo atau daun sembung adalah mengatasi sakit maag. Akan tetapi, kandungan di dalam daun sembung ternyata malah bisa menyebabkan munculnya penyakit maag apabila tidak diolah secara tepat. Oleh karena itu, perhatikan cara pengolahan serta kebersihan bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan ramuan obat tradisional dengan daun sembung.

Itu dia pembahasan singkat mengenai daun capo. Dapat diketahui bahwa tanaman perdu yang juga dikenal dengan nama daun sembung ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain itu, pengolahan daun capo menjadi obat tradisional juga tidaklah sulit. Sehingga Sedulur dapat mencobanya sendiri di rumah. Selamat mencoba, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.