Sedulur pernah mendengar peribahasa bahwa hidup tidak selebar daun kelor? Peribahasa tersebut berarti bahwa kehidupan itu sangat luas, banyak hal yang bisa dicoba dan bisa dilakukan. Peribahasa ini hadir karena daun kelor yang memilki bentuk mungil dan sangat kecil.

Mungkin Sedulur mengetahui daun kelor karena peribahasa di atas, namun Sedulur bisa dipastikan belum mengetahui bahwa daun yang dijadikan peribahasa tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa manfaat tersebut berikut dengan cara mengolahnya. Yuk, langsung saja kita simak daftarnya di sini!

BACA JUGA: Apa Itu Vegan: Pengertian, Manfaat, Bedanya dengan Vegetarian

1. Mencegah hipertensi

daun kelor
Nutrimart

Daun kelor adalah tanaman tropis yang sejak dari dulu digunakan untuk pengobatan, hal ini disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang terdiri dari protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan asam folat. Hal ini yang membuat daun kelor sangat bermanfaat.

-->

Manfaat pertama yang dirasakan adalah dapat mencegah hipertensi. Tekanan darah dalam tubuh akan tetap normal dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Sedulur bisa menyeduh daun kelor sebagai teh dan meminum. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor.

2. Mencegah kanker

CNN Indonesia

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Daun kelor dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksida yang bisa melawan radikal bebas yang menjadi penybab kanker. Untuk mendapatkanya, Sedulur bisa merebus daunnya dan meminum air rebusannya.

Namun, Sedulur juga harus memperhatikan jumlah konsumsi daun ini, karena jika berlebihan Sedulur bisa merasakan bahaya daun kelor. Salah satu efek samping yang akan dirasakan yaitu dapat mengalami diare. Tentu hal ini tidak ingin Sedulur rasakan.

3. Menjaga kesehatan mata

daun kelor
Klik Dokter

Daun kelor menurut Islam adalah tanaman yang dapat memberikan kesejukan dan menyenangkan hati. Ciri-ciri tumbuhan kelor yang sejuk ini disebutkan sebagai tanaman yang sengaja diciptakan oleh Allah SWT untuk menjengkelkan hati orang-orang kafir dan meneduhkan hati orang-orang beriman.

Secara ilmiah, salah satu khasiat daun kelor untuk lelaki dan perempuan yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh kandungan seperi senyawa fenolik, flavonoid, betakroten, zeaxanthin dan lutein yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata.

4. Mengatasi asam lambung

daun kelor
Unsplash

Daun kelor manfaat selanjutnya yaitu dapat mengatasi asam lambung. Manfaat ini berasal dari kandungan tanan dan flavonoid yang terdapat didalamnya. Kandungan ini bisa meredakan peradangan, iritasi dan mengatasi gejala maag yang dialami.

Daun ini merupakan salah satu obat herbal yang sering diberikan untuk mengetasi asam lambung dan penyakit lambung lainnya. Sedulur bisa melakukan cara mengkonsumsi daun kelor yang paling mudah, yaitu dengan merebusnya dan meminum air rebusannya. Atau jika ingin lebih nikmat, Sedulur bisa mengeringkan daunnya dan menyeduhnya menjadi teh.

5. Dapat mengurangi kolesterol jahat

daun kelor
Gardunesia

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu dapat mengurangi kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit jantung, untuk itu perlu adanya penanganan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang bsia mengatasi masalah tersebut karena memiliki berbagai senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kadar kolestrol jahat yang tinggi dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu dari beberapa penyakit dalam yang mengancam kesehatan bahkan mengancam nyawa.

6. Mencegah penuaan dini

Kompas

Selain bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya dan membuat kandungan di dalam tubuh tetap seimbang, ternyata daun kelor juga memiliki menfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Manfaat pertama yaitu dapat mencegah penuaan dini.

Penuaan dini bisa menimpa siapapun di usia muda, hal tersebut dapat terlihat dari munculnya kerutan, noda hitam, garis halus dan gejala-gejala lainnya.  Khasiat satu ini disebabkan oleh kandungan dari daun yang mampu melawan radikal bebas yang seringkali menjadi penyebab utama munculnya penuaan dini.

7. Mencerahkan kulit

daun kelor
Jovee

Selain berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, daun kelor juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerahan warna kulit dalam tubuh. Wajah kita seringkali mengalami warna yang tidak rata dan kusam. Hal tersebut kita bisa cegah dengan memanfaatkan khasiat yang dimiliki oleh daun satu ini.

Sedulur bisa mengolah daun satu ini sebagai masker dan menggunakannya untuk menghasilkan kulit wajah yang sehat dengan meratakan warna kulit yang sudah kusam. Kemampuan satu ini disebabkan oleh kandungan dari daun ini yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit pada wajah.

8. Mengangkat komedo di wajah

Halodoc

Manfaat daun kelor berikutnya yaitu bisa untuk menghilangkan komedo yang sering muncul di beberapa bagian wajah. Komedo ini jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan jerawat yang memberikan rasa sakit. Maka dari itu, jika merasa memiliki komedo membandel segera lakukan perawatan, salah satunya dengan menggunakan daun kelor.

Daun ini bisa menghambat produksi minyak yang menyebabkan komedo. Dengan melakukan perawatan secara rutin, Sedulur bisa mendapatkan kulit mulus dan bersih tanpa komedo.

9. Menghilangkan jerawat

daun kelor
Alodokter

Tidak hanya efektif untuk mengangkat komedo yang menjadi penyebab jerawat, daun ini juga memiliki khasiat yang dapat menghilangkan jerawat. Bahkan ketika Sedulur telah berhasil mengangkat komedo yang menjadi penyebab jerawat, namun bukan mustahil jerawat tidak akan muncul di wajah.

Jika kemudian jerawat muncul, Sedulur bisa segera mengonsumsi kelor atau menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan daun yang memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh penyebab jerawat. Selain itu, daun ini juga mampu mengurangi minyak berlebih dalam wajah yang  menjadi pemicu munculnya jerawat itu sendiri.

BACA JUGA: 10 Manfaat Vitamin A Tak Hanya untuk Mata tetapi Juga Tubuh

10. Meningkatkan produksi air susu ibu

Kompas

Manfaat daun kelor selanjutnya dapat dirasakan oleh seorang ibu yang sedang menyusui. Karena daun ini dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). ASI merupakan makanan utama bagi bayi, dan tidak sebuah ibu yang baru melahirkan dapat memproduksi ASI. Terkadang membutuhkan pemicu agar payudara memproduksi ASI.

Hal ini disebabkan karena kandungan galactogogue yang juga terdapat dalam daun katuk. Dapat memberikan efek yang meningkatkan produksi ASI. Dengan jumlah produksi ASI meningkat, dapat memenuhi kebutuhan ASI bagi bayi sehingga dapat meningkatkan nutrisi dalam tumbuh kembang bayi itu sendiri.

11. Mencegah anemia pada ibu hamil

daun kelor
Klik Dokter

Terdapat juga manfaat yang dapat mencegah anemia bagi ibu yang sedang hamil. Anemia menjadi penyakit yang berisiko untuk ibu hamil. Pasalnya kadar darah di dalam tubuh ibu hamil sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dirinya dan anak yang dikandungnya. Selain itu, anemia juga membahayakan saat proses melahirkan.

Untuk mengatasi bahaya anemia pada ibu hamil, konsumsi daun ini bisa menjadi salah satu solusinya. Daun ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan hemoglobin sehingga risiko penyakit anemia bisa dicegah. Ibu hamil bisa mengkonsumsinya dengan cara menjadikannya sayur atau merebusnya langsung dan meminum air rebusannya.

12. Dapat digunakan sebagai masker untuk bibir

Liputan6

Daun kelor juga bermanfaat untuk digunakan sebagai maseker bibir, karena daun memiliki khasiat dan manfaat untuk menghilangkan bibir kering. Hal ini dapat membuat kondisi bibir Sedulur menjadi sangat tidak nyaman. Untuk dapat memiliki bibir yang sehat, Sedulur bisa menggunakan bahan alami untuk menyembuhkannya.

Hal ini disebabkan kandungan dalam daun yaitu kandungan asam oleat yang baik untuk membuat bibir lembab dan dapat tetap menjaga kesehatan dari bibir tersebut.

13. Menjaga daya tahan tubuh

daun kelor
Alodokter

Daun ini juga terkenal dengan manfaatnya yang dapat menjaga daya tahan tubuh.  Daya tahan tubuh atau sistem imun sangat bermanfaat untuk mencegah virus, bakteri dan segala macam penyakit agar tidak menyerang tubuh. Di tengah Covid-19 saat ini, meningkatkan daya tahan tubuh amat sangat penting.

Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi dalam tubuh, yang dapat membuat sistem imun mempertahankan kinerjanya dengan baik. Selain sangat bermanfaat untuk mencegah covid-19, juga dapat mencegah tubuh kita terhindar dari penyakit di tengah musim pancaroba atau peralihan cuaca.

14. Mencegah risiko komplikasi pada ibu hamil

Detik

Manfaat selanjutnya dapat dirasakan oleh ibu hamil dari khasiat daun satu ini adalah dapat mencegah komplikasi terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil seringkali mengalami komplikasi, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan. Namun hal ini tentu saja dapat dicegah, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan kelor.

Hal tersebut disebabkan karena daun satu ini mengandung vitamin D yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu vitamin D, daun satu ini juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan. Maka sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kelor dengan cara disayur, supaya kandungan tinggi dalam daunnya bisa sepenuhnya diserap.

15. Meningkatkan antioksidan bagi wanita setelah menopause

daun kelor
Kompas

Setelah mengalami menopause, seorang wanita akan mengalami berkurangnya produksi hormon esterogen dalam tubuh. Kurangnya produksi hormon esterogen dapat mempengaruhi tubuh wanita dalam memproduksi antioksidan sendiri dalam tubuhnya. Sementara itu, antioksidan merupakan kandungan yang amat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk itu, Sedulur bisa mengolah kelur untuk dikonsumsi dapat mencegah terjadinya kekuarangan antioksidan dalam tubuh. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengolahnya menjadi sayur dan mengkonsumsinya.

16. Mencegah diabetes

Honest Docs

Manfaat lainnya dapat mencegah diabetes dalam tubuh. . Agar terhindari dari penyakit diabetes Sedulur bisa meminum teh daun kelor secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya. Kandungan asam klorogenat dalam teh daun kelor bisa menurunkan kadar gula setelah makan yang juga dapat membantu dalam mencegah diabetes.

Karen biasanya setelah makan, tubuh akan mengalami penambahan kadar gula dalam jumlah yang banyak, dan teh daun kelor bisa mencegah hal ini terjadi.

BACA JUGA: 14 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari

17. Menurunkan kadar gula darah

daun kelor
Hello Sehat

Diabetes dalam tubuh dapat dicegah secara efektif dengan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Karena, dengan kadar gula yang tinggi potensi untuk menderita diabetes bisa lebih tinggi pula. Daun kelor memiliki kemampuan untuk menjaga kandungan gula dalam darah tetap rendah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan dari daun kelor yang dapat meningkatkan kinerja dari hormon insulin dalam tubuh. Hormon ini berperan untuk menjaga tubuh tetap terhidar dari kandungan gula yang tinggi.

18. Mengurangi peradangan

Hello Sehat

Daun kelor juga dikenal sangat efektif mengobati peradangan, Peradangan merupakan respons natural tubuh terhadap infeksi atau cedera. Peradangan merupakan mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan yang besar jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Peradangan berkelanjutan dapat menimbulkan beberapa penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Dengan meminum teh dari daun satu ini secara secara teratur, hal tersebut bisa Sedulur cegah bahkan dihindari. Sedulur juga bisa mengkonsumsi daun ini dengan cara lainnya, seperti misalnya menjadikannya sayuran sebagai lauk makan atau merebus daun kelor dan meminum air rebusannya secara teratur.

19. Menghilangkan lemak

daun kelor
Suara

Bagi Sedulur yang memiliki masalah lemak dalam tubuh dengan jumlah yang banyak, daun kelor dapat secara efektif menghilangkan lemak berlebih dalam tubuh. Daun kelor dikenal karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral esensial yang dapat memobilisasi lemak visceral yang tertimbun dalam tubuh.

Selain itu, teh daun kelor kaya akan antioksidan, yaitu polifenol yang dapat memberikan dampak positif dalam proses menurunkan berat badan. Sedulur yang memiliki masalah dengan berat badan, wajib mencoba teh dari daun ini dan minum secara rutin. Atau jika membuat teh terlalu sulit, Sedulur bisa hanya sekedar merebusnya dan meminum air rebusannya dengan rutin.

20. Mengontrol tekanan darah

Grid.Id

Manfaat terakhir dari daun kelor yang dibahas dalam artikel kali ini adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah yang ada dalam tubuh Sedulur. Hal ini disebabkan oleh kandungan quercetin yang dapat membuat tekanan darah kembali menjadi normal sedia kala. Sedulur yang memiliki masalah dalam tekanan darah yang tinggi atau rendah, disarankan untuk mulai meminum teh daun kelor secara rutin.

Tekanan darah yang tinggi dapat memicu beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan penyakit stroke. Bahkan kedua penyakit tersebut saat ini merupakan penyabab kematian tertinggi di dunia. Untuk mencegah kedua penyakit tersebut menyerang tubuh kita, tentu saja kita harus senantiasa menjaga tekanan darah dalam tubuh kita.

Bukan hanya mencegah tekanan darah menjadi tinggi, namun juga dapat secara efektif untuk mencegah teknan darah rendah. Baik tekanan darah tinggi atau rendah, keduanya menunjukan sesuatu yang tidak normal sedang terjadi pada peredaran darah tubuh kita. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi rutin daun ini dengan berbagai cara pengolahan yang bisa dilakuan.

21. Kaya akan antioksidan

Kompas

Terkahir, daun kelor sangat kaya akan antioksidan. Beberapa khasiat yang bisa dirasakan telah dijelaskan sebelumnya. Antioksidan merupakan senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stress dan depresi, yang juga dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya.

Senyama antioksidan yang ditemukan dalam teh daun kelor adalah vitamin C, quercetin, dan asam klorogenat. Kandungan asam klorogenat juga dapat ditemukan dalam kopi yang dapat membantu menurunkan kadar gula setelah makan.

Itu tadi manfaat yang bisa Sedulur rasakan untuk tubuh Sedulur dengan rajin mengonsumi daun kelor. Sedulur bisa merasakan manfaat baik untuk tubuh, ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengolahnya. Sedulur bebas memilih cara yang menurut Sedulur mudah untuk dilakukan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.