oregano adalah

Penyedap rasa dalam makanan memiliki bentuk yang bermacam-macam. Salah satunya yang terkenal adalah oregano. Daun oregano adalah bagian dari tanaman oregano yang digunakan sebagai penyedap masakan tersebut. 

Penggunaan tanaman oregano sebagai penyedap masakan sudah dilakukan sejak dahulu kala. Hal ini karena oregano memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dijadikan penyedap makanan, oregano juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ingin tahu apa saja manfaat oregano bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Pengertian oregano adalah

oregano
iStock

Tanaman oregano adalah tanaman yang berasal dari pegunungan Yunani dan menjadi ciri khas dalam masakan di wilayah Mediterania. Tanaman ini sudah dibudidayakan di Inggris sejak abad ke-13 dan di Amerika Serikat mulai tahun 1930-an.

-->

Daun oregano dalam bahasa Indonesia tidak memiliki sebutan khusus, yakni tetap daun oregano. Sementara dalam bahasa ilmiah, oregano dikenal dengan sebutan Oregano vulgare. Karena oregano adalah daun berwarna hijau, banyak orang yang salah dan menganggap bahwa oregano adalah kemangi.

Oregano berasal dari keluarga tanaman mint atau Lamiaceae dengan ciri-ciri memiliki tinggi sekitar 20-80 centimeter dan memiliki bunga yang berwarna merah muda atau ungu. Batangnya berkayu dan ditutupi bulu-bulu halus dengan daun kecil yang beraroma tajam.

Tanaman herbal ini tidak hanya digunakan sebagai campuran dalam masakan, namun juga tersedia dalam bentuk ekstrak berupa minyak atsiri oregano. Beberapa masakan yang menggunakan oregano contohnya adalah casseroles, saus, stew, dan pizza.

Jenis oregano adalah

oregano
iStock

Ada empat jenis oregano, dimana setiap jenis oregano tersebut memiliki aroma dan rasa yang berbeda-beda. Berikut adalah pembagiannya:

  1. Mediterranean oregano, yakni oregano yang memiliki rasa ringan dengan aroma yang tajam. 
  2. Mexican oregano, yakni oregano yang memiliki rasa pedas dan biasa dijadikan sebagai campuran bubuk cabai. 
  3. Italian oregano, yakni oregano yang memiliki rasa lebih manis dan segar.  
  4. Cretan oregano, yakni oregano yang berasal dari Turki dengan rasa dan aroma yang mirip dengan oregano pada biasanya.

BACA JUGA: 12 Menu Masakan Harian untuk di Rumah Agar Tidak Bosan

Rasa oregano adalah

oregano
iStock

Oregano memiliki rasa diantara manis dan pedas dengan sedikit rasa pahit. Perpaduan rasa pada oregano ini sangat unik, hal ini karena oregano mengandung minyak esensial, seperti limonene, thymol, pinene, dan carvacrol.

Manfaat oregano bagi tubuh

Selain dijadikan penyedap rasa untuk memperlezat masakan, oregano juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat oregano saat dikonsumsi.

1. Mampu menangkal radikal bebas

oregano
iStock

Kandungan molekul antioksidan pada oregano berperan penting dalam pengendalian radikal bebas berlebih. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat memicu kerusakan sel dan bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. 

Kombinasi oregano dengan makanan kaya antioksidan lainnya tentunya dapat memberikan perlindungan yang baik bagi kesehatan tubuh. 

2. Berpotensi melawan bakteri

oregano
iStock

Tidak hanya kaya akan antioksidan, oregano juga memiliki sifat antibakteri. Hal ini ditunjukkan dari studi yang menyatakan bahwa oregano mampu melawan 23 spesies bakteri. Namun, penelitian terkait efek antibakteri oregano ini masih terbatas pada tingkatan in vitro sehingga diperlukan studi lanjutan untuk menguatkan temuan ini.

3. Berpotensi untuk melawan virus

oregano
iStock

Selain menangkal bakteri, uji in vitro pada oregano juga mendapatkan hasil bahwa oregano berpotensi untuk melawan virus tertentu. Hal ini karena adanya kandungan senyawa carvacrol dan thymol yang memiliki efek antivirus. 

Dalam Journal of Applied Microbiology, disebutkan bahwa carvacrol dapat meredakan norovirus, yakni infeksi virus yang dapat memicu diare, mual, dan sakit perut. Meskipun begitu, tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk menguatkan temuan tersebut.

4. Berpotensi untuk menghambat sel kanker

oregano
iStock

Manfaat oregano yang lain adalah berpotensi menghambat sel kanker. Kandungan antioksidan pada oregano telah diteliti secara in vitro dalam penghambatan pertumbuhan sel kanker pada usus besar. 

Meskipun banyak penelitian yang mengungkapkan potensi oregano, penting untuk diingat bahwa penelitian-penelitian tersebut menggunakan ekstrak oregano dengan konsentrasi tinggi atau dalam kata lain tidak sesuai dosis umum yang biasa dikonsumsi manusia.

BACA JUGA: 11 Fakta dan Manfaat Kunyit Hitam untuk Kulit hingga Lambung

5. Meredakan peradangan

oregano
iStock

Oregano juga dapat meredakan peradangan karena mengandung senyawa carvacrol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Fungsi ini sangat baik karena mampu mencegah tubuh terkena penyakit jantung, diabetes, dan gangguan autoimun.

Kandungan nutrisi oregano adalah

oregano
iStock

Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada pada satu sendok teh oregano:

  • Kalori: 2,7 gram
  • Karbohidrat: 0,7 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Kalsium: 16 milligram
  • Fosfor: 1,5 milligram
  • Kalium: 12,6 milligram
  • Vitamin B9: 2,4 mikrogram

Selain kandungan nutrisi di atas, oregano juga mengandung berbagai molekul antioksidan seperti arginine, triptofan, valine, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Risiko mengonsumsi oregano

oregano
iStock

Secara umum, oregano aman untuk dikonsumsi. Namun ketika seseorang akan menjalani tindakan bedah, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi oregano dan turunan produknya selama dua minggu sebelumnya.

Tidak hanya itu, oregano juga memiliki risiko dalam mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, seperti zat besi, tembaga, dan zinc. Oregano juga sering dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan reaksi alergi.

Berikut adalah risiko mengonsumsi oregano pada beberapa kondisi.

  • Ibu hamil. Konsumsi oregano yang melebihi batas wajar diyakini memiliki keterkaitan dengan risiko keguguran bagi ibu hamil, baik secara oral maupun ditambahkan ke dalam masakan.
  • Pasien dengan gangguan pendarahan. Konsumsi oregano dapat berpotensi memperparah kondisi pasien dengan gangguan pendarahan.
  • Pasien yang akan menjalani prosedur operasi. Seseorang yang akan menjalani prosedur operasi sangat direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi oregano, setidaknya dua minggu sebelum tindakan medis dilakukan karena oregano dapat meningkatkan risiko pendarahan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

Tips menggunakan oregano

oregano
iStock

Oregano untuk masakan apa? Biasanya daun oregano kering akan dicampurkan ke berbagai makanan seperti pizza dan pasta, salad dan olahan sayuran, ikan, makanan pedas, dan makanan yang dipanggang. 

Pastikan untuk menggunakan oregano dalam batas yang wajar saat mencampur ke berbagai masakan. Namun jika Sedulur secara tidak sengaja menambahkan oregano terlalu banyak ke dalam masakan, Sedulur dapat menggunakan tips berikut ini:

  • Memasak makanan lebih lama. Telah diketahui bahwa oregano merupakan bumbu penyedap alami yang akan mengeluarkan aroma dan rasa sesuai dengan lama waktu memasak. Dengan begitu, semakin cepat waktu memasak hidangan, maka aroma dan rasa oregano akan terasa lebih kuat. Sementara jika memasak hidangan lebih lama, maka aroma dan rasa oregano akan tidak begitu mencolok.
  • Menambahkan rasa manis. Tips menggunakan oregano dalam masakan selanjutnya adalah menyeimbangkan rasa oregano dengan rasa manis. Sedulur dapat menambahkan gula, madu, atau bahan makanan lain seperti kentang. 
  • Gunakan pengganti oregano. Sedulur bisa menggunakan basil segar atau kering untuk menggantikan aroma dari oregano yang terlalu banyak .

Demikian pengertian oregano beserta manfaatnya saat dikonsumsi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang senang berkreasi dalam memasak terlebih jika menggunakan bubuk daun oregano kering. Ingat, selalu gunakan bahan masakan dalam batas wajar, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.