Serum Anti Aging

Penuaan dini bisa dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, menggunakan serum anti aging terbaik harus mulai dibiasakan dari sekarang. Produk perawatan kulit yang kaya akan bahan aktif ini akan membantu melindungi kulit agar tetap awet muda dan cantik.

Ada banyak produk serum anti aging di pasaran yang bisa Sedulur coba. Produk-produk tersebut biasanya dibekali beberapa bahan aktif, seperti Vitamin E, Bakuchiol, Ceramide, dan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang memiliki fungsi utama masing-masing. Untuk itu, Sedulur perlu teliti saat akan membeli produk serum dan selalu menyesuaikan dengan kondisi kulit pribadi.  Bila Sedulur masih bingung ingin membeli serum anti aging yang mana, simak 17 rekomendasi di bawah ini sebagai referensi!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merk Kutek Gel Yang Bagus dan Tahan Lama

Manfaat Serum Anti Aging

serum anti aging terbaik
iStock

Secara sederhana, serum adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan konsentrasi tinggi bahan aktif tertentu pada kulit. Produk ini secara umum berbentuk larutan gel yang berwarna jernih, bertekstur ringan, dan tentunya bebas minyak. Salah satu manfaat serum adalah mengatasi masalah penuaan pada kulit wajah.

-->

Serum untuk mengatasi penuaan dini atau serum anti-aging akan memberikan manfaat pada kulit, seperti mengatasi kerutan, bintik hitam, hingga kulit yang mulai kendur. Serum anti aging biasanya juga dibekali dengan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi, sebab penggunaannya bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit agar tetap terlihat awet muda. 

Tips Memilih Serum Anti Aging

iStock

Sebelum memutuskan membeli serum, ada baiknya bila Sedulur menyimak beberapa tips berikut ini.

  1. Ketahui merk serum dan karakteristiknya

Ada banyak merk serum yang beredar di pasaran. Untuk itu, Sedulur perlu lebih teliti dalam memilihnya. Selain melihat merk, Sedulur juga perlu mengetahui karakteristiknya masing-masing. Hal ini karena setiap merk memiliki bahan yang berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda pula. 

  1. Pilih kandungan bahan aktif sesuai kebutuhan kulit

Setelah menemukan merk serum terbaik, berikutnya adalah memilih kandungan bahan aktif sesuai dengan kebutuhan kulit. Hal ini sangat penting karena beberapa tanda penuaan pada wajah, seperti kulit kering, garis halus, bintik hitam, dan kerutan, membutuhkan perawatan yang cukup berbeda. 

Bila Sedulur mencari serum untuk menjaga kekencangan kulit, maka pilih serum dengan kandungan bahan aktif berupa bakuchiol. Kandungan yang populer pada produk anti-aging lokal ini mampu menjaga kekencangan kulit sehingga membuat wajah tampak awet muda. Serum ini idealnya digunakan untuk pemilik kulit berjerawat, sebab bahan ini bersifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mencegah timbulnya jerawat.

Sementara bila Sedulur menginginkan produk yang mampu membantu regenerasi kulit wajah, maka memilih serum dengan kandungan retinoid adalah pilihan yang tepat. Retinoid merupakan turunan vitamin A yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu regenerasi kulit. Dengan demikian, masalah kerutan dan garis halus di wajah akan teratasi dengan baik. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa retinoid (retinyl palmitate, retinaldehyde, dan retinol) sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Selain dua bahan aktif tersebut, ada juga bahan aktif vitamin E yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Dengan pemakaian yang teratur, kerutan pada kulit tidak akan muncul lagi. Serum dengan kandungan antioksidan vitamin E ini juga cocok dipilih oleh Sedulur yang berusia 30 tahunan.  

Berikutnya adalah bahan aktif hyaluronic acid dan ceramide yang mampu mengembalikan kelembapan kulit. Serum ini akan mengatasi permasalahan kulit kering dan keriput yang disebabkan oleh menurunnya kelembapan pada kulit. Tak hanya itu, ada juga bahan aktif alpha hydroxy acid (AHA) yang mampu membantu menyamarkan bintik hitam. Serum dengan kandungan bahan ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan dan meratakan warna kulit, serta mengatasi masalah flek hitam.

  1. Periksa jenis kemasan

Berikutnya adalah memeriksa jenis kemasan atau botol serum yang digunakan. Kemasan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan karena dua jenis botol, yakni pipet dan pump, yang biasanya digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Pada botol serum pipet, Sedulur akan lebih mudah saat menentukan takaran serum. Selain itu, bila isinya sudah hampir habis, serum tetap bisa diambil dengan mengarahkan pipet pada bagian yang tersisa. Namun, serum dengan kemasan pipet lebih rawan mengalami oksidasi dan terpapar bakteri.

Sementara itu, pada botol pump, Sedulur akan lebih praktis dalam menggunakannya. Higienitas produk juga lebih terjaga karena Sedulur tidak perlu membuka tutup botol saat akan menggunakannya. Akan tetapi, penggunaan pump seringkali mengeluarkan isi yang berbeda sehingga tidak selalu sesuai dengan takaran.  

  1. Pastikan keamanan produknya

Tips terakhir yang tak kalah penting diperhatikan adalah memastikan keamanan produk. Dalam hal ini, Sedulur harus waspada dengan produk-produk yang beredar di pasaran dengan klaim yang bombastis. Pastikan bahwa produk sudah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar terjamin keamanannya.  

Rekomendasi Serum Anti Aging Terbaik

Berikut adalah 17 rekomendasi merk serum anti aging terbaik untuk segala usia yang bisa Sedulur simak dengan baik sebelum membelinya.

1. SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2%

Female Daily

Rekomendasi serum anti aging yang pertama hadir dari brand SOMETHINC. Serum ini cocok untuk para remaja dan Sedulur yang berusia 20 tahunan. Dengan kandungan granactive retinoid, serum ini diklaim mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, produk ini juga mengandung snow mushroom yang memberikan sensasi sejuk di kulit.

Tak hanya itu, SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2% juga dilengkapi dengan natural alpha bisabolol dan vitamin E (tocopherol). Dikemas dalam botol pump berisi 20 ml, Sedulur bisa mendapatkan serum ini dengan harga mulai dari Rp169.000.

2. Inez 900 Anti Aging Serum

Inez

Berikutnya ada Inez 900 Anti Aging Serum yang diperkaya dengan bahan aktif salicylic acid. Dengan pemakaian yang rutin, sel kulit mati penyebab kulit kusam akan terangkat sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah. Serum ini juga bisa membersihkan pori-pori tersumbat sehingga cocok untuk pemilik kulit berminyak. 

Kandungan utama dari serum ini adalah Palmitoyl oligopeptide & palmitoyl tetrapeptide-7, apple stem cell, hyaluronic acid, AHA, witch hazel extract, allantoine, dan salicylic acid. Dikemas dalam botol pump berisi 20 ml, Sedulur bisa membawa pulang serum ini dengan harga mulai dari Rp95.000. 

3. ERHA Age Corrector Serum

Watsons

ERHA merupakan salah satu brand skin care yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu produk ERHA yang bisa Sedulur coba adalah ERHA Age Corrector Serum. Serum ini mengandung tinggi antioksidan sehingga mampu merangsang regenerasi kulit. Selain itu, kandungan beta white-nya juga memberikan efek lebih cerah pada wajah.

Lebih jelasnya, serum ini memiliki kandungan snail mucin, D-panthenol, carnosine, prodizia, bio sodium hyaluronate, soybean phytoplacenta extract, juventide, matrigenics, dan peptide complex. Produk ini juga diklaim mampu membuat kulit terasa kencang hanya dalam waktu empat minggu saja, lho! Tertarik mencobanya? Siapkan uang mulai dari Rp213.920 untuk ukuran 20ml.

BACA JUGA: Rekomendasi Foundation yang Tahan Lama

4. Y.O.U Golden Age Refining Serum

serum anti aging terbaik
incidecoder

Serum dari Y.O.U merupakan pilihan serum anti aging terbaik yang harus Sedulur coba. Mengandung hyaluronic acid yang berperan sebagai anti-wrinkle, serum ini akan membuat masalah penuaan seperti kerutan dan garis halus menjadi tersamarkan. Serum ini juga dilengkapi dengan jojoba seed oil, Achillea millefolium extract, Punica granatum extract, Agave tequilana leaf extract yang sangat bermanfaat.

Produk serum ini hadir dalam tiga ukuran, yang sachet 2ml, kemasan 5 ml, dan kemasan 20 ml. Dengan begitu, Sedulur bisa membeli varian kecilnya terlebih dahulu untuk mengetes kecocokan terhadap kulit. Bila sudah cocok, saatnya Sedulur beralih ke kemasan 20 ml dalam botol pipet yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp129.000.  

5. True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum

Beautynesia

Selanjutnya adalah True to Skin Bakuchiol Anti-aging Serum. Produk ini mengandung bahan aktif yang ideal untuk kulit berjerawat, yakni bakuchiol. Bahan natural retinol tersebut akan merawat kulit berjerawat dan melawan bakteri penyebab jerawat dengan baik. Selain itu, serum ini juga mampu menyamarkan flek hitam dan tanda penuaan lainnya.

Selain kandungan bakuchiol, serum ini juga dilengkapi dengan lactobionic acid (PHA), probiotics, dan 7 seed beans complex. Dikemas dalam botol piper berisi 20 ml, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp119.000.

6. Organic Basic Anti Aging Serum

Organic Basic

Beberapa efek yang terjadi akibat sering terpapar radikal bebas adalah hiperpigmentasi, jerawat, kulit kusam, serta munculnya kerutan dan garis halus. Untuk itu, Sedulur membutuhkan serum anti aging terbaik seperti Organic Basic Anti Aging Serum. Serum ini juga mengandung peptide, bakuchiol, blueberry extract, dan ceramide yang akan membuat kulit terasa lebih segar tiga kali lebih lama. 

Produk serum ini dikemas dalam botol pipet dengan isi 20 ml. Bila tertarik menggunakannya, Organic Basic Anti Aging Serum ini dijual dengan harga mulai dari Rp115.000.

BACA JUGA: 15 Gaya OOTD Kemeja Putih, Keren On Point!

7. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

serum anti aging terbaik
Halal Shop

Berikutnya ada Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum yang mengandung 10 bahan aktif untuk mengatasi berbagai tanda penuaan. Mulai dari kerutan, kulit kering, bintik hitam, hingga tekstur yang tidak merata, semua bisa ditangani oleh serum ini. 

Kandungan lima ekstrak tumbuhan, yakni bilberry, sugar cane, sugar maple, sugar orange, dan sugar lemon, juga akan membantu eksfoliasi kulit. Bila Sedulur tertarik, serum yang dikemas dalam botol pipet berisi 17 ml ini dijual dengan harga mulai dari Rp82.500.

8. Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Masker Korea

Dari banyaknya serum Avoskin, varian Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root adalah serum anti aging yang layak dicoba. Perpaduan antara marine collagen dengan akar gingseng akan menjaga kekencangan kulit wajah dan membuatnya terasa lembap.

Dengan tekstur yang kental dan mudah menyerap ke kulit, produk ini akan sangat cocok untuk pemilik kulit kering dengan banyak bekas jerawat. Bila Sedulur tertarik membeli serum dalam kemasan pipet berisi 30 ml ini, siapkan uang setidaknya Rp139.000 untuk setiap produknya. 

9. Azarine Revitalizing Anti Aging Serum

Female Daily

Tak hanya terkenal akan produk sunscreen, Azarine juga memiliki Revitalizing Anti Aging Serum yang mampu menyamarkan kerutan serta membuat kulit menjadi tampak lebih muda. Dengan kandungan bahan aktif bakuchiol, serum ini aman untuk pemilik kulit sensitif, serta ibu hamil dan menyusui. 

Selain bakuchiol, produk ini juga mengandung multi-peptide, ginseng, apple stem cell, dan hyaluronic acid. Dikemas dalam botol pipet berisi 20 ml, Sedulur bisa mendapatkan serum dengan tekstur licin ini senilai Rp75.000.

BACA JUGA: 13 Outfit Korean Style Casual Simpel Untuk Hangout

10. Mineral Botanica Age Defying Serum

serum anti aging terbaik
Mineral Botanica

Berikutnya adalah Mineral Botanica Age Defying Serum yang mengandung adansonia extract, aloe vera, arbutin, collagen, dan hyaluronic acid. Kandungan serum tersebut diklaim mampu menyamarkan garis halus dan kerutan, serta selalu menjaga kelembapan kulit. Dengan pemakaian rutin selama 2 bulan, Sedulur akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Bila tertarik, produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp95.000.

11. ElsheSkin Anti Aging Serum

Sheilla Utama

ElsheSkin Anti Aging Serum merupakan serum anti aging dengan kandungan retinol yang mampu menstimulasi kolagen. Serum ini bisa membantu memudarkan garis-garis halus di wajah, lalu melembapkan dan meremajakan kulit. Serum dari ElsheSkin ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp175.000.

12. For Skin’s Sake Retinol Serum

My Skin But Better

Selain ElsheSkin, serum anti aging terbaik lainnya adalah For Skin’s Sake Retinol Serum. Produk ini dilengkapi dengan 0,1 retinol yang diperkaya dengan adanya hyaluronic acid, jojoba oil, dan vitamin E untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari mengganti sel kulit lama dengan sel kulit baru, meratakan tekstur dan warna kulit, serta menghaluskan garis-garis halus. Harga dari serum ini dimulai dari Rp270.000. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen SPF 50, Lindungi Kulit dari Sinar UV

13. Raiku Anti Aging Serum

serum anti aging terbaik
Miss Karulina

Rekomendasi serum anti aging berikutnya adalah Raiku Anti Aging Serum. Serum dengan kandungan bahan aktif berupa Niacinamide, Rice Extract, collagen, Safflower, AHA, Milk, Hyaluronic Acid, Chamomile Extract, Vitamin E, dan Vitamin C ini mampu bekerja hingga lapisan kulit terdalam untuk menyamarkan noda hitam dan keriput pada wajah. Bila tertarik, Sedulur bisa mendapatkan serum ini dengan harga mulai dari Rp100.000.

14. Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years

Paras Ayu

Tak hanya untuk usia dibawah 30 tahunan, penggunaan serum anti aging juga bisa digunakan oleh para wanita berusia lebih dari 50 tahun. Sensatia Botanicals Anti-Wrinkle Serum for 50+ Years adalah pilihan produk yang bisa Sedulur coba. Memiliki formula yang sangat lembut di kulit, membuat serum ini cocok untuk pemilik kulit sensitif. 

Untuk mendapatkan serum yang mengandung Schisandra berries, minyak daun violet, minyak neroli, dan vitamin E ini, Sedulur perlu mengeluarkan uang sekitar Rp360.000 untuk kemasan berisi 20 ml. 

15. Sariayu Econature Face Serum

Merk Bagus

Selanjutnya adalah Sariayu Econature Face yang dibekali dengan organic pomegranate extract, collagen, dan ekstra moisturizer. Serum ini akan menutrisi lapisan kulit terdalam, sehingga dapat membuat kulit semakin lembap, kenyal, dan menghambat penuaan dini. Ingin mencobanya? Serum dari Sariayu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp100.000.

BACA JUGA: 18 Gaya Rambut Taper Fade Terpopuler yang Disukai Wanita

16. Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum

serum anti aging terbaik
Gita Cinta

Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum merupakan serum yang dilengkapi dengan formula khusus berupa Intelligent Pro-Cell Complex. Selain itu, kandungan kombinasi dari 6 bahan bioaktifnya akan menstimulasi kulit dari dalam agar bisa meregenerasi kulit 3x lebih cepat. Dengan begitu, garis-garis halus, kerutan, maupun flek hitam akan berkurang dalam 7 hari. Tertarik? Sedulur bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp85.000.

17. La Tulipe Anti Aging Serum

Indozone

Rekomendasi serum anti aging terbaik yang terakhir adalah La Tulipe Anti Aging Serum. Produk dari brand lokal ini dibekali dengan Croton Lechleri Resin Extract yang akan membantu dalam meratakan tekstur kulit. Tak hanya itu, kandungan Panicum Miliaceum Seed Extract (Millet) juga akan membantu menyamarkan garis halus maupun kerutan pada wajah. Serum yang bekerja dengan meregenerasi kulit wajah dan menangkal radikal bebas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp70.000.

Itulah 17 rekomendasi serum anti aging terbaik yang bisa Sedulur gunakan untuk mencegah penuaan dini. Selain serum, Sedulur juga perlu menggunakan produk perawatan kulit lainnya, seperti toner, sunscreen, dan moisturizer agar hasilnya semakin optimal. Dengan penggunaan yang rutin, kulit wajah akan lebih terawat dan tampak awet muda.

Nah, Sedulur bisa memenuhi semua kebutuhan skin care tersebut dengan belanja di Aplikasi Super. Selain serum anti aging, ada juga serum untuk mencerahkan seperti BHUMI Luminight Exfoliating Serum, Gripal Rose Extract Brightening Serum, dan The Juicy Gal ABC Brightening Serum.

Selain mendapatkan produk berkualitas, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik setiap transaksi serta gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Tunggu apalagi? Download Aplikasi Super di PlayStore dan dapatkan berbagai produk skincare dengan harga terbaik sekarang juga!