sunscreen spf 50

Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet berlebihan. Ada cukup banyak jenis sunscreen yang bisa Sedulur gunakan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, pemilihan tabir surya dibedakan dengan melihat tingkatan SPF-nya. Namun, untuk Sedulur yang tinggal di daerah tropis maka suncreen SPF 50 merupakan pilihan terbaik untuk digunakan. 

Sunscreen tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit wajah saja, produk perlindungan diri ini bisa juga membantu untuk mencegah penuaan dini dan meminimalisasi munculnya flek hitam pada kulit. Maka dari itu, pemilihan sunscreen pun tidak boleh sembarangan. Agar Sedulur tidak salah pilih, berikut ini beberapa ulasan lengkap tentang produk sunscreen SPF 50 yang bisa Sedulur coba. 

BACA JUGA : 20 Model Rambut Man Bun yang Bikin Makin Keren dan Trendi

Tips memilih sunscreen

sunscreen spf 50
Freepik

Agar Sedulur tidak salah dalam memilih jenis sunscreen, berikut tips yang harus Sedulur perhatikan. 

-->

1. Pilih formula sesuai jenis kulit

Tipas pertama dalam memilih sunscreen adalah sesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit sensitif, carilah sunscreen tanpa wewangian yang berpotensi akan menyebabkan iritasi. Physical sunscreen juga dapat dijadikan pilihan karena tidak menimbulkan iritasi. Sedangkan untuk kulit berminyak, Sedulur dapat memilih sunscreen dengan formula matte atau powdered yang dapat menyerap minyak berlebih.

Sedulur juga perlu memilih sunscreen dengan formula hypoallergenic dan non-comedogenic jika memiliki kulit sensitif atau mudah berjerawat. Formula ini bagus untuk kulit, karena tidak akan menyumbat pori-pori. Lalu untuk kulit dewasa, gunakanlah produk yang dapat menghadapi tanda penuaan dan juga polutan.

2. Cari sunscreen dengan label “Broad Spectrum”

Label “Broad Spectrum” adalah tanda sunscreen tersebut akan melindungi kulit dari sinar paparan UVA dan UVB. Sinar UVA cenderung dapat menembus kulit bagian dalam dan berdampak lebih parah dari UVB, sehingga perlu sunscreen yang dapat melindungi kulit wajah dari kedua sinar tersebut.

3. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi

Tips memilih sunscreen selanjutnya adalah mencari kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, sunscreen dengan SPF 30 akan mencegah 97 persen sinar UVB mencapai kulit. Sehingga semakin tinggi SPF akan semakin baik untuk kulit. Selain memilih sunscreen dengan SPF tinggi, jangan lupa juga untuk memilih sunscreen yang mudah diaplikasikan kembali karena efektifitasnya akan terasa saat digunakan tiap dua jam. Jadi, carilah produk yang mudah diaplikasikan kembali, seperti bentuk spray dan krim.

4. Pilih yang cocok dengan warna kulit

Bagi Sedulur yang memiliki kulit yang lebih gelap bisa mempertimbangkan chemical sunscreen yang tidak meninggalkan residu pada warna kulit. Akan tetapi, pastikan untuk selalu  menghindari sunscreen dengan kandungan bahan kimia berbahaya bagi kulit dan lingkungan, seperti oxybenzone. Jangan selalu bergantung pada make up dengan SPF saja karena kandungan SPF tidak cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Engelman merekomendasikan untuk tetap memakai sunscreen biasa meski menggunakan make up. Sedulur dapat  mengaplikasikan sunscreen sebagai langkah terakhir dalam rutinitas skincare sebelum mengaplikasikan foundation dan make up.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering dan Bersisik

Rekomendasi sunscreen SPF 50

Setelah mengetahui tips memilih sunscreen, berikut rekomendasi sunscreen SPF 50 terbaik yang dapat melindungi kulit wajah secara maksimal.

1. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence

Wardah Beauty

Rekomendasi sunscreen SPF 50 yang pertama adalah Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++. Produk ini keluaran dari Wardah ini dijual dalam kemasan 30 ml. Suncreen Wardah ini memiliki tekstur cair yang dapat menghidrasi kulit. Perbedaan sunscreen Wardah SPF 30 dan SPF 50 terletak pada perlindungannya yang lebih ekstra. Sedulur tidak perlu khawatir karena  sunscreen Wardah bebas alkohol dan non comedogenic. 

2. Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick

Wardah Beauty

Satu lagi sunscreen SPF 50 dari Wardah, kali ini dikemas dalam bentuk stick dengan konsep on the go. Produk ini yaitu Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick SPF 50 PA++++. Perbedaan sunscreen Wardah SPF 30 dan 50 ini adalah adanya kandungan formula broad spectrum protection, yang mampu bekerja 50 kali lebih optimal untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tak hanya itu, kulit wajah akan terlihat matte dan halus jika menggunakan tabir surya ini.

3. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Beauty Journal

Dibuat di Jepang, Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ mengandung Hyalorunic Acid yang mampu memberikan kelembaban maksimal pada kulit wajah. Produk ini sangat cocok digunakan sebelum memakai make up. Sunscreen dari Biore ini juga tahan air lho Sedulur. Meskipun tahan air, Sedulur  jangan lupa untuk tetap melakukan reapply setiap dua jam sekali untuk bisa melindungi kulit wajah secara maksimal ya! Harga Biore UV Aqua Rich Watery Essence dibanderol kisaran Rp121.600 untuk kemasan 50 g. 

4. La Roche Posay Anthelios Mist Spray

La Roche Posay

Jika Sedulur ingin sunscreen dengan proteksi tinggi, dengan kemasan praktis, maka La Roche Posay Anthelios Mist Spray SPF 50+ PA++++ bisa menjadi solusinya.  Sunscreen ini dikemas dalam bentuk spray sehingga mudah dan praktis untuk digunakan dan diaplikasikan ulang. Produk ini juga mengandung Mexoryl XL yaitu filter UV yang membuat kulit akan terasa tidak lengket dan tidak berminyak saat kamu memakai tabir surya ini. La Roche Posay Anthelios Mist Spray dibanderol dengan harga  Rp270.000 untuk kemasan 75 ml.

5. Nivea Sun Face Protection Serum Oil Control

Nivea

 Bagi Sedulur yang ingin menggunakan sunscreen dengan harga terjangkau tapi kualitasnya maksimal dapat mencoba NIVEA Sun Face Protection Serum SPF 50+ PA+++ sebagai alternatifnya. Sunscreen Nivea ini memiliki tekstur gel yang ringan, dan juga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Tak usah khawatir, produk ini memilii sifat non comedogenic dan tidak akan menyumbat  pori-pori. Harga NIVEA Sun Face Protection Serum Oil Control dibanderol denga harga Rp60.600 untuk ukuran 30 ml. 

6. LANEIGE Watery Sun Cream

Laneige

Para penggemar Korean skincare tentunya sudah tidak asing dengan merek yang satu ini. Laneige juga memiliki produk sunscreen terbaik yaitu LANEIGE Watery Sun Cream. Tabir surya dari Korea Selatan ini hadir dengan tekstur lightweight sehingga tidak terasa berat saat dipakai. Tak hanya itu, produk ini juga cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit kering karena dapat menghidrasi dan melindungi kulit dengan maksimal.Harga LANEIGE Watery Sun Cream cukup mahal yaitu Rp360.000 untuk ukuran 50 ml. Harga ini tentunya sesuai dengan kualitas dan juga hasilnya.

7. Skin Aqua UV Moisture Milk

Review SOCO

Skin Aqua menjadi salah satu lagi produk tabir surya dengan harga terjangkau yang bisa Sedulur coba. Dijual dengan harga Rp58.000, Skin Aqua UV Moisture Milk dapat digunakan di bagian wajah dan leher dengan tekstur yang tidak lengket. Selain SPF 50+, Skin Aqua UV Moisture Milk mengandung Improved Hyalorunic Acid (AcHA) yang dapat melembutkan kulit. Jadi tida perlu takut kulit terasa berat saat memakai sunscreen SPF 50 ini.

BACA JUGA : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dengan Mudah dan Cepat

8. L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen

sunscreen spf 50
Review Female Daily

L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen merupakan seri tabir surya keluaran L’Oreal Paris. Beberapa varian yang tersedia antara lain Matte & Fresh, Moist & Fresh, Bright & Clear, dan Correct & Protect. Sesuai namanya, masing-masing produk memiliki fungsinya masing-masing. Kamu tinggal memilih produk mana yang sesuai dengan jenis kulitmu. Harga L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen cukup murah yaitu Rp 161.500 (50 ml).

9. Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum

Review Female daily

Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum merupakan chemical sunscreen yang aman dan cocok untuk kulit normal, kering, sensitif, maupun kombinasi. Produk ini juga mengandung 11 ukuran Hyalorunic Acid, Vitamin C & E yang sangat baik untuk kulit. Ada juga kandungan vitamin C Anti Blue Light & Anti Pollution Protection sebagai proteksi kulit yang maksimal. Harga Azarine Hydramax-C Sunscreen Serum dibanderol kisaran Rp65.000 untuk ukuran 40 ml. 

10. SOMETHINC Glowing Up Sunscreen Stick

somethinc

Merek lokal SOMETHINC tak mau kalah dengan merek luar negeri, Sobat Shopee. SOMETHINC mengeluarkan Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA++++ yang dikemas dalam bentuk stick. Produk ini merupakan chemical sunscreen dengan kandungan Rice Bran Oil yang mampu menenangkan dan menutrisi kulit. Finishing produk yang healthy glow tidak membuat wajah kamu terlihat abu-abu!

11. Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Avoskin Beauty

Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ diklaim berfungsi secara optimal untuk menjaga kulit dari efek buruk dan berbahaya paparan sinar UVA/UVB/. Produk ini juga dilengkap dengan kandungan zinc oxide, niacinamide, centella asiatica, dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu menenangkan kulit, meminimalisasi efek polusi, serta aman untuk kulit sensitif. Harga Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ adalah kisaran sekitar Rp50.000-135.000.

12. Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+

cataphil

Cetaphil UVA/UVB cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan kulit kering. Teknologi Mexoryl pada produk ini memberikan perlindungan yang tinggi dan sistem perlindungan UVA/UVB yang luas. Tabir surya ini juga sudah dilengkapi dengan SPF 50+ dan glycerin yang membuatnya dapat bekerja ganda, menutrisi sekaligus melembapkan. Produk ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit baik yang berminyak ataupun berjerawat.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Lip Tint yang Tahan Lama, Dijamin Gak Luntur!

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

sunscreen spf 50
Medical Nes Today

Saat ini masih banyak orang yang salah salah membedakan antara sunscreen dan sunblock. Meski sama-sama melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Perbedaan sunscreen dan sunblock dapat dilihat dari beberapa hal. Di antaranya yaitu sebagai berikut ini.

  1. Kandungan

Perbedaan antara sunscreen dan sunblock yang pertama dapat dilihat dari kandungannya. Kandungan dalam sunscreen umumnya berupa avobenzone, oxybenxone, dan para-amnobenzoic acid atau PABA. Sementara itu, sunblock umumnya mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

  1. Cara kerja

Sunscreen menggunakan berbagai bahan aktif yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengeluarkannya kembali dari kulit sebagai energi panas sebelum sinar ini menembus kulit lebih dalam. Sementara itu, sunblock bekerja seperti perisai yang menghalangi, kemudian memantulkan sinar UV.

  1. Cara pemakaian

Perbedaan sunscreen dan sunblock lainnya adalah dari cara penggunaannya. Sedulur tidak bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kedua produk ini apabila salah menggunakannya.

Sunscreen sebaiknya digunakan dengan cara digosok-gosok agar bahan aktifnya dapat menyerap ke dalam kulit dan menahan paparan sinar UV. Sedangkan, sunblock cukup digunakan dengan cara dioleskan pada kulit untuk menghalangi paparan sinar matahari tanpa perlu digosok. Oleskan sunblock secara merata ke seluruh bagian tubuh yang mudah terpapar sinar matahari.

  1. Hasil akhir

Perbedaan sunscreen dan sunblock juga akan terlihat dari hasil akhir pemakaian. Sunscreen umumnya tidak meninggalkan bekas apa pun setelah dioleskan dan warnanya transparan mengikuti warna asli kulit. Berbeda dengan sunscreen, penggunaan sunblock cenderung meninggalkan whitecast atau bekas putih pada kulit.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai sunscreen SPF 50 beserta tips memilihnya. Gunakan sunscreen secara rutin sebelum menggunakan make up agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. 

Nah, Sedulur yang sedang membutuhkan sunscreen dan skincare lainnya, Sedulur dapat membelinya di Aplikasi Super. Selain produknya yang lengkap dan harganya terjangkau, belanja di Aplikasi Super juga banyak promo dan grtais ongkir setiap hari lho. Tunggu apa lagi? Langsung download dan belanja sekarang juga!